bacaterus web banner retina

10 Karakter Wanita Antagonis Paling Ikonik di Disney Universe

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 30 Mei 2021

Disney adalah salah satu media hiburan raksasa asal Amerika Serikat yang dibangun oleh dua saudara, Walt Disney dan Roy Oliver Disney pada tahun 1923. Setiap karakter yang diciptakannya selalu berhasil mencuri perhatian para penonton yang ada di seluruh Dunia. Mulai dari tokoh animasi Mikey Mouse yang legendaris hingga deretan putri cantik Disney yang memiliki latar cerita menarik.

Nah, dari sekian banyak tokoh dalam cerita Disney. Beberapa karakter wanita yang akan Bacaterus bahas kali ini menjadi simbol kejahatan yang cukup ikonik di dunia Disney. Siapa saja mereka? Yuk, simak daftarnya dalam artikel di bawah. Berikut adalah ulasannya:

1. Maleficent

10 Karakter Wanita Antagonis Paling Ikonik di Disney Universe 1

Sebelum karakternya bergeser menjadi tokoh protagonis di film terbarunya, Maleficent adalah karakter jahat yang berhasil menciptakan kutukan jarum untuk Putri Aurora di cerita Sleeping Beauty. Karakter yang dikenal dengan julukan "Mistress of All Evil" ini sendiri adalah seorang peri kegelapan yang menggunakan kekuatan sihirnya untuk menyingkirkan setiap musuhnya.

Nah, salah satu kalimat yang cukup ikonik dari karakter yang menjadi simbol untuk kejahatan ini adalah "You poor simple fools. Thinking you could defeat ME!? Me, The Mistress of ALL EVIL!".

2. Ursula

10 Karakter Wanita Antagonis Paling Ikonik di Disney Universe 3

Karakter wanita antagonis lainnya yang tidak kalah dalam hal kejahatan adalah Ursula. Ia adalah villain dari putri duyung cantik bernama Ariel yang muncul di dalam cerita The Little Mermaid. Ursula sendiri digambarkan sebagai sosok ambisius yang kerap melakukan berbagai cara licik untuk mencapai tujuannya menguasai samudera.

Ursula dikenal karena penampilannya yang cukup nyentrik dengan make up tebal serta memakai gaun berwarna hitam. Ia sendiri bertubuh gemuk dengan bagian kakinya berupa tentakel mirip seperti gurita.

3. Cruella de Vil

10 Karakter Wanita Antagonis Paling Ikonik di Disney Universe 5

Jika kamu salah satu penggemar film 101 Dalmatians, maka pasti sudah tidak asing dengan karakter jahat yang satu ini. Cruella de Vil sendiri adalah wanita kaya raya yang sangat terobsesi dengan anjing jenis Dalmatian. Cruella diketahui telah menculik 97 atau 99 anak anjing Dalmatian yang akan dimanfaatkan kulitnya untuk industri fashion.

Cruella sendiri digambarkan sebagai sosok yang sangat serakah, sombong, dan kerap berpenampilan glamor. Salah satu ciri khas yang ada pada wanita ini adalah warna pada bagian rambut dan pakaiannya yang didominasi warna hitam dan putih mirip warna pada anjing Dalmatian.

4. The Evil Queen / Queen Grimhilde

10 Karakter Wanita Antagonis Paling Ikonik di Disney Universe 7

The Evil Queen adalah salah satu karakter antagonis yang ada dalam kisah Snow White and the Seven Dwarf. The Evil Queen dikenal sebagai wanita cantik dengan kepribadian jahat, berhati dingin, kejam, dan sangat terobsesi untuk tetap terlihat cantik. Ia sendiri dikenal memiliki sebuah cermin ajaib yang dapat melihat apapun yang diinginkan.

Kalimat terkenal yang sering diucapkan saat berada di depan cermin adalah "Mirror-mirror on the wall, who is the fairest of them all", dimana iblis berbentuk asap putih yang bersemayam dalam cermin tersebut akan muncul dan menjawab ia adalah wanita tercantik di dunia.

5. Mother Gothel

10 Karakter Wanita Antagonis Paling Ikonik di Disney Universe 9

Mother Gothel adalah karakter antagonis yang dikenal dalam kisah Rapunzel dalam cerita berjudul Tangled. Ia adalah seorang wanita yang berusaha memiliki kekuatan sihir penyembuhan yang berasal dari bunga emas ajaib. Bunga emas ajaib sendiri diketahui mampu membuatnya hidup abadi dan tetap cantik selama-lamanya.

Ketika bunga itu digunakan untuk menyembuhkan ratu kerajaan yang sedang sakit. Kekuatan tersebut turun pada putrinya yang bernama Rapunzel. Mother Gothel yang merasa hidupnya terancam, kemudian menculik Rapunzel ketika masih bayi dan memenjarakannya di menara serta menyamar menjadi ibunya. Tujuannya untuk mengeksplorasi kekuatan yang ada dalam diri Rapunzel.

Baca juga: Karakter Putri Disney Paling Ikonik Sepanjang Masa

6. The Wicked Stepmother / Lady Tremaine

10 Karakter Wanita Antagonis Paling Ikonik di Disney Universe 11

Karakter wanita antagonis berikutnya adalah The Wicked Stepmother atau dikenal juga dengan nama Lady Tremaine. Ia adalah ibu tiri dari putri paling populer di dunia, Cinderella. Lady Tremaine adalah sosok egois yang kerap memperlakukan Cinderella dengan sangat buruk. Ia sendiri sangat terobsesi menjadikan kedua putrinya, Anastasia and Drizella Tremaine menjadi keluarga kerajaan.

Lady Tremaine sendiri dikenal memiliki kucing hitam yang kerap bersamanya. Karakternya tersebut membuatnya dikenal sebagai ibu tiri paling jahat yang cukup ikonik.

7. The Queen of Heart

10 Karakter Wanita Antagonis Paling Ikonik di Disney Universe 13

Diantara karakter antagonis yang diciptakan Disney, The Queen of Heart adalah salah satu yang cukup nyentrik dan menyebalkan. Karakternya sendiri ada dalam kisah Alice In the Wonderland. Ia adalah sosok ratu penguasa yang kejam yang kerap bertindak sadis pada orang-orang atau hewan yang ada di sekitarnya.

Nah, selain kejam, ia juga adalah sosok yang memiliki temperamen tinggi, tidak sabaran, dan juga sangat cerewet. Nah, di negeri tempat asalnya ia adalah pemimpin diktator yang sangat ditakuti oleh rakyatnya.

8. Yzma

10 Karakter Wanita Antagonis Paling Ikonik di Disney Universe 15

Yzma adalah karakter antagonis yang tidak kalah jahat dari karakter-karakter yang telah dibahas sebelumnya. Karakter Yzma populer dalam kisah The Emperor’s New Groove. Ia merupakan wanita tua yang memiliki keahlian dalam bidang alkemis untuk membuat berbagai ramuan untuk melancarkan aksi kejahatannya.

Yzma sendiri dikenal sangat cerdas dan berbahaya. Ia memiliki ambisi untuk merebut tahta dari putra angkatnya yang bernama Kaisar Kuzco. Hal itu dilakukan olehnya sebagai bentuk pembalasan atas pemecatannya sebagai penasihat. Bersama dengan bawahannya, Kronk, ia pun kerap membuat berbagai masalah.

9. Zira

10 Karakter Wanita Antagonis Paling Ikonik di Disney Universe 17

Zira adalah karakter antagonis utama dalam cerita The Lion King. Zira adalah salah satu musuh Simba yang sangat berbahaya. Zira dikenal memiliki kepribadian sinis dan manipulasi. Ia juga kerap berkata kasar dan mengeluarkan cacian pada siapapun yang ada di sekitarnya.

Sebagai induk, Zira jarang menunjukkan sayang untuk anak-anaknya. Ia juga sanggup melukai anak-anaknya apabila mereka tidak patuh dan mengikuti usahanya untuk membalas dendam. Obsesi terhadap kematian Simba membuatnya secara diam-diam melatih sang putra, Kovu untuk bisa menyusup dan meraih kepercayaan Simba. Tujuannya sendiri untuk melenyapkan Simba.

10. Madame Medusa

10 Karakter Wanita Antagonis Paling Ikonik di Disney Universe 19

Madame Medusa adalah karakter antagonis yang muncul dalam cerita The Rescuers, Mickey's Magical, the House of Mouse, dan masih banyak lagi. Medusa sendiri digambarkan sebagai wanita serakah yang terobsesi dengan berlian terbesar di dunia bernama, Mata Iblis.

Ia adalah sosok pemarah yang suka mengintimidasi orang lain. Meskipun memiliki sifat canggung, namun ia dikenal cerdas dan sabar untuk mendapatkan keinginannya. Madame Medusa juga memiliki hewan peliharaan buaya yang kerap diperlakukan olehnya dengan sangat buruk.

Itulah 10 karakter wanita antagonis di Disney Universe yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Kehadiran karakter-karakter tersebut memang menambah keseruan jalan cerita. So, siapa di antara karakter-karakter wanita antagonis di atas yang berkesan menurutmu? Berikan alasanmu juga, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram