bacaterus web banner retina

Ini Dia 10 Karakter Pokémon yang Paling Terkenal

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 11 Februari 2021

Sadarkah kamu sudah berapa tahun Pokémon menemani hidup kita? Lebih dari 20 tahun, loh! Itu di berarti untuk generasi sebelum tahun 2000, dari balita hingga dewasa, masih bisa menonton atau memainkan game Pokémon. Walaupun sudah ada lebih dari dua dasawarsa, Pokémon tidak mengalami penurunan, justru franchise ini semakin berkembang dan terus banyak memiliki fans baru selain fans setianya.

Sejauh ini, telah tercipta kurang lebih 800 jenis Pokémon. Setiap dari mereka spesial dengan caranya masing-masing, dan difavoritkan oleh orang yang berbeda-beda. Dari sekian banyaknya Pokémon, kira-kira ada tidak ya yang begitu terkenal karena disukai oleh banyak orang? (Atau, karena membuat kesal banyak orang, hihi). Jawabannya, ada.

Setidaknya, di Indonesia dan di kancah internasional, ada sepuluh macam Pokémon yang begitu dikenal dengan alasan yang berbeda pula. Ingin tahu ada apa saja? Yuk, langsung saja Bacaterus sampai habis untuk mengetahui sepuluh karakter Pokémon yang paling terkenal.

1. Pikachu

Ini Dia 10 Karakter Pokémon yang Paling Terkenal 81

Siapa, sih, yang nggak kenal Pikachu? ピカチュウ alias Pikachu adalah Pokémon utama-nya Ash Ketchum, protagonis (manusia) paling penting dalam semua series Pokémon. Pikachu juga sekaligus menjadi ikon dari hampir semua franchise baik anime, film, dan game Pokémon. Saking terkenalnya, Pikachu bahkan memiliki film tersendiri terlepas dari cerita aslinya, Pokémon Detective Pikachu yang tayang pada 2019 lalu.

Pikachu adalah Pokémon berjenis pika yang berwarna kuning, dengan dua telinga tegak berdiri beraksen hitam pada ujungnya, ekor zig-zag seperti petir yang sangat besar, serta pipi yang bersemu. Dari tampilannya, Pikachu termasuk salah satu Pokémon yang menggemaskan. Tapi, hati-hati, karena si menggemaskan ini punya kekuatan listrik!

Sebenarnya Pikachu tergolong Pokémon liar yang bisa ditemukan di ladang, hutan, atau dekat tempat bertenaga listrik. Tapi, Pikachu yang kita kenal sangat familiar dengan manusia, karena dia sudah dijinakkan oleh Ash.

Yang membuat Pikachu-nya Ash spesial adalah, dia selalu berada di luar Poké Ball-nya, karena dia tidak akan pernah kabur, selalu menempel dengan Ash. Biasanya kalau tidak berjalan sendiri di samping Ash, Pikachu suka naik ke pundak pemiliknya. Gemes banget!

2. Meowth

Ini Dia 10 Karakter Pokémon yang Paling Terkenal 83

* sumber: myanimelist.net

Walaupun hanya muncul pada cerita Pokémon seri pertama, Meowth (dalam bahasa Jepang ニャース, dibaca: Nyarth) masih tetap terkenang di benak kita semua generasi 90-an. Betul begitu, kan? Dia adalah Pokémon yang menjadi anggota Team Rocket (Jessie dan James bersaudara), yang menjadi rival utama Ash Ketchum dan teman-temannya dalam anime Pokémon generasi pertama.

Team Rocket termasuk Meowth sangat terobsesi untuk memiliki Pikachu-nya Ash. Sebenarnya Meowth ada beberapa jenis, tapi yang membuat Meowth Team Rocket spesial terletak pada kemampuannya untuk berbicara, berpikir, dan berjalan dengan dua kaki layaknya manusia.

Walaupun Meowth mungkin menjadi Pokémon yang paling tidak disukai sepanjang anime seri pertama, kadang dia memunculkan sifat baik dan menggemaskannya juga, kok!

3. Greninja

Ini Dia 10 Karakter Pokémon yang Paling Terkenal 85

Kalau dua Pokémon di atas tadi merupakan Pokémon yang sangat ikonik, sekarang kita masuk ke jenis Pokémon yang terkenal dan masih sering dimainkan dalam game. Adalah Greninja, Pokémon bipedal yang berbentuk mirip katak di dunia kita.

Sebagian besar tubuhnya berwarna biru tua dengan beberapa bagian badannya berwarna kuning (dan putih), serta bibir yang sangat lebar dan lidah panjang yang menjulur ke lehernya (keduanya berwarna merah muda).

Greninja bergerak dengan kecepatan dan keanggunan layaknya ninja. Dia bergerak sangat cepat untuk membuat musuhnya bingung, lalu dia akan mengiris sang musuh dengan senjatanya yang terbuat dari air terkompresi berbentuk bintang lempar (seperti senjata ninja yang sering kita lihat di anime). Bintang lempar Greninja sangat tajam, bahkan bisa membelah logam, loh.

Sama seperti Pikachu, Greninja yang lebih sering kita lihat adalah Greninja milik Ash. Dengan transformasi Bond Phenomenon, Greninja milik Ash bisa berubah menjadi bentuk alternatif yang dinamai Ash-Greninja.

Dalam bentuk tersebut, Greninja-nya Ash berubah warna menjadi biru muda dan pada wajahnya ada garis-garis merah serta sirip berwarna hitam (seperti rambut Ash!). Dalam bentuk ini, Greninja jadi lebih kuat (terutama kakinya). Dia pun bisa membentuk kemampuan baru, yaitu Water Shuriken (senjata air rahasia) di punggungnya.

4. Lucario

Ini Dia 10 Karakter Pokémon yang Paling Terkenal 87

Pokémon yang paling populer selanjutnya adalah Lucario. Dia merupakan Pokémon dual-type, yaitu tipe Tarung dan Baja. Dia diperkenalkan pada Pokémon Generasi ke-IV. Lucario berevolusi dari Pokémon Riolu saat naik level dengan tingkat persahabatan yang tinggi. Tapi, tidak sampai di situ saja, karena Lucario masih dapat Mega Evolve menjadi Mega Lucario menggunakan Lucarionite.

Lucario memiliki tonjolan tajam di bagian belakang kaki depan dan juga dadanya, mata yang merah, moncong yang panjang, dan telinga yang runcing. Saat mulutnya terbuka, terlihat dua pasang gigi runcing, satu pada rahang atas dan satu pada rahang bawahnya. Lucario juga memiliki pelengkap lapisan berwarna hitam yang mengelilingi kepalanya yang akan muncul ketika dia membaca atau memanipulasi aura, energi khusus miliknya.

Berkat kekuatannya itu, Lucario dapat memprediksi pergerakan lawannya dan melacak buruannya. Lucario juga memiliki kekuatan untuk memanipulasi energi ini dengan cara ofensif dalam bentuk bola energi eksplosif. Uniknya, dia juga dapat memahami ucapan manusia dan bisa berkomunikasi dengan manusia melalui telepati. Jadi, dia lumayan mirip dengan Meowth yang bisa berbicara dengan manusia, keren!

5. Mimikyu

Ini Dia 10 Karakter Pokémon yang Paling Terkenal 89

Dia agak mirip Pikachu gitu, ya? Tapi, dia sama sekali tidak ada relasi dengan Pokémon kepercayaan Ash tersebut. Mimikyu menjalani hidupnya dengan bersembunyi, tertutup oleh kain lusuh yang menyerupai Pikachu. Ya, tidak ada yang tahu bagaimana wujud asli Mimikyu.

Karena, jika ada yang melihat rupanya yang orisinal, baik itu Pokémon atau pun manusia, maka akan mengalami kejadian tak menyenangkan seperti mimpi buruk hingga akan terserang penyakit misterius yang berbahaya.

Jadi, kalau kamu ketemu Mimikyu, jangan coba-coba mengintip di balik jubahnya, ya. Tujuan Mimikyu menggunakan 'pakaian' adalah tubuhnya tidak bisa terkena sinar matahari. Tapi, ada alasan lainnya juga, yaitu karena Mimikyu ingin memiliki teman.

Mimikyu adalah Pokémon tipe Ghost/Fairy yang kesepian. Dia juga tidak bisa didekati karena kalau ada yang melihatnya maka akan terluka. Untuk itu, dia menggunakan kostum Pikachu yang notabene disayangi semua orang. Hiks, sedih, ya?

6. Charizard

Ini Dia 10 Karakter Pokémon yang Paling Terkenal 91

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/421368108885101824/

Charizard merupakan salah satu Pokémon generasi pertama, diperkenalkan dalam satu seri bersama Pikachu, Meowth, dan Eevee. Walaupun sudah lama sekali ada dan tersalup banyaknya Pokémon baru, ternyata Charizard masih digemari banyak orang hingga kini, loh.

Charizard dapat menyemburkan api yang cukup panas untuk melelehkan batu-batu besar. Dia juga dapat menyebabkan kebakaran hutan dengan meniup api dan dapat terbang mengitari langit. Sejak awal, Charizard memang Pokémon yang menonjol dalam semua aspek.

Dia adalah starter tipe Api yang kuat. Oh ya, Charizard itu versi Pokémon yang sudah ber-Evolusi Mega dan Gigantamax. Wujud awalnya banget itu Charmander yang menggemaskan dengan ekor api. Charizard tidak pernah gagal membawa sisi nostalgia dari zamannya Pokémon awal-awal yang berfokus pada petualangan Ash dan adanya Team Rocket.

7. Umbreon

Ini Dia 10 Karakter Pokémon yang Paling Terkenal 93

* sumber: www.spieltimes.com

Umbreon (dalam bahasa Jepang ブラッキー yang dibaca Blacky) adalah Pokémon tipe Dark yang diperkenalkan pada Generasi II. Familiar dengan Eevee?

Dia memang berevolusi dari Eevee, sekaligus bentuk terakhir dari Eevee, saat dinaikkan levelnya dengan tingkat persahabatan yang tinggi pada malam hari (pada game seri utama), atau saat dinaikkan levelnya dengan pertemanan yang tinggi dengan Moon Shard in the Bag (Pecahan Bulan di dalam Tas) pada Pokémon XD: Gale of Darkness.

8. Gengar

Ini Dia 10 Karakter Pokémon yang Paling Terkenal 95

Gengar, atau dalam bahasa Jepangnya ゲンガ (dibaca Gangar), adalah Pokémon tipe Ghost/Poison, yang sama seperti kebanyakan Pokémon di atas, yaitu pertama kali diperkenalkan pada Generasi I.

Gengar berevolusi dari Haunter saat diperdagangkan dan merupakan bentuk terakhir dari Gastly. Gengar memiliki kemampuan untuk bersembunyi dengan sempurna di bawah bayang-bayang objek apapun, memberikannya kemampuan bak siluman yang luar biasa.

Uniknya, tubuh Gengar berfungsi sebagai penyerap panas. Kehadirannya di suatu tempat akan mendinginkan suhu daerah sekitarnya hingga 5°C. Jadi, walaupun bersembunyi, kalau cuaca dan suhu tiba-tiba menurun tetap ketahuan ada Gengar, ya. Namanya juga jenis Ghost, Pokémon yang satu ini punya kemampuan untuk merasuki Pokémon lainnya maupun manusia, loh!

9. Gardevoir

Ini Dia 10 Karakter Pokémon yang Paling Terkenal 97

* sumber: knowyourmeme.com

Selanjutnya ada Pokémon yang penampilannya sangat cantik dan anggun, Gardevoir atau di Jepang dikenal sebagai Sirnight. Dia adalah karakter Pokémon generasi ketiga yang awalnya diperkenalkan sebagai Pokémon tipe Psikis, tapi diperkenalkan kembali sebagai tipe ganda Psikis/Peri dengan evolusi besar di Pokémon X/Y.

Karena kemiripan Gardevoir yang mencolok dengan humanoid wanita, karakter ini mendapatkan basis penggemar online yang luar biasa besar. Makanya dia sangat beken.

10. Mudkip

Ini Dia 10 Karakter Pokémon yang Paling Terkenal 99

* sumber: pokemon.fandom.com

Mudkip, dalam bahasa Jepangnya disebut ミズゴロウ (Mizugorou), adalah Pokémon tipe Air yang diperkenalkan pada Generasi III. Dia merupakan perkembangan dari Marshtomp ke Swampert. Mudkip mampu mendeteksi perubahan arus udara dan air serta badan air.

Siripnya juga bisa menunjuk ke arah tertentu, seperti yang bisa kita lihat pada anime-nya. Walaupun imut-imut badannya, Mudkip mampu memindahkan bahkan menghancurkan batu yang lebih besar dari dirinya sendiri, loh. Sirip ekornya yang besar juga memberikan akselerasi yang kuat untuk mendorongnya melewati air sehingga dia jago di air maupun di darat.

Nah, itu dia sepuluh Pokémon paling terkenal menurut Bacaterus. Tentu ranking ini dapat berubah sewaktu-waktu, apalagi kalau ada Pokémon-Pokémon baru di masa depan. Kalau menurut kamu, karakter Pokémon yang paling dikenal itu yang mana?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram