bacaterus web banner retina

16 Karakter Utama One Piece Film: Z, Luffy vs NEO Marinir

One Piece Film: Z adalah sebuah film anime yang disutradarai oleh Nagamine Tatsuya. Film ini merupakan film ke 12 yang berasal dari seri manga One Piece karya Eiichiro Oda. Pada film kali ini Luffy dan teman-temannya bertemu dengan seorang mantan angkatan laut bernama Z atau yang dikenal juga dengan Zephyr.

Ceritanya sendiri lebih fokus pada kisah Z dan menceritakan masa lalu Z yang merupakan seorang angkatan laut, tapi kemudian membuat kelompok baru yang dikenal dengan NEO Marinir.

Supaya lebih kenal ada siapa saja karakter yang muncul di filmnya, berikut ini Bacaterus telah membuat daftar karakter yang ada di film One Piece Film: Z.

1. Monkey D. Luffy (Tanaka Mayumi)

luffy_

Pada petualangan kali ini, ketika Luffy dan teman-temannya memutuskan untuk pergi ke gunung berapi, melihat seorang terapung di lautan.

Luffy menyelamatkan orang tersebut yang kemudian diketahui bernama Z. Luffy sempat terkagum-kagum dengan alat yang ada di lengan Z, karena alat tersebut terbuat dari batu laut yang bisa melumpuhkan para pemakan buah iblis.

Namun naas, Luffy dan teman-temannya berakhir harus bertarung melawan Z yang merasa dendam kepada bajak laut.

Luffy kalah dua kali oleh Z ketika bertarung. Ketika Luffy kembali ingin bertarung dengan Z, alasan utamanya adalah untuk mengambil topi miliknya yang direbut oleh Z. Pada pertarungan ketiga akhirnya Luffy menang dan berhasil merebut kembali topi miliknya.

2. Roronoa Zoro (Nakai Kazuya)

zoro_

Pada film kali ini, beberapa kali Zoro terlihat menggunakan kacamata yang membuatnya terlihat agak berbeda dari biasanya. Ketika Luffy memutuskan untuk bertarung melawan Z, Zoro pun tentu ikut membantu Luffy.

Tapi, Zoro tidak ikut melawan Z, melainkan melawan bawahan Z yang bernama Ain. Pertarungan Zoro dan Ain bisa dibilang cukup menarik, karena Zoro harus melawan Ain yang memiliki kemampuan buah iblis.

Tapi, pada akhirnya Zoro bisa mengalahkan Ain dan berhasil mengembalikan Nami dan yang lainnya yang sempat terkena efek dari kekuatan Ain.

3. Nami (Okamura Akemi)

nami_

Pada film kali ini Nami berubah menjadi anak kecil dan kembali ke tubuhnya yang masih berusia 8 tahun. Tubuh Nami jadi terlihat sangat menggemaskan karena terlihat seperti seorang gadis remaja, tapi tingkah lakunya masih sama seperti Nami yang biasanya yang terkadang ‘galak’ pada teman-temannya.

Tubuh Nami berubah menjadi kecil karena ia terkena efek dari kekuatan yang dimiliki oleh Ain ketika Nami sedang berusaha melawan Ain. Dengan tubuh kecilnya, Nami memanfaatkan hal tersebut untuk mencari informasi tentang Z. Kemudian, tubuh Nami kembali normal ketika Zoro berhasil mengalahkan Ain.

4. Usopp (Yamaguchi Kappei)

usopp_

Di film ini, awalnya Usopp sedang menyirami tanaman yang ia gunakan sebagai senjata dengan suatu cairan. Tapi ketika ia menyirami tanaman tersebut, Chopper sempat terkejut karena baunya yang cukup menyengat.

Peran Usopp kali ini cukup membantu dalam misi mencari informasi tentang Z. Meskipun Usopp terkadang merasa ketakutan, tapi kali ini Usopp cukup berani membantu Luffy dan yang lainnya mengalahkan kelompok NEO Marinir.

5. Sanji (Hirata Hiroaki)

sanji_

Seperti biasa, Sanji ini selalu bersikap ramah pada Nami dan Robin. Sanji sempat mengusulkan akan melawan Z bersama dengan Zoro, karena Luffy akan lemah ketika bersentuhan dengan batu laut yang ada di lengan Z.

Tapi, usulan tersebut ditolak oleh Luffy, karena Luffy merasa dendam kepada Z yang telah merebut topi miliknya.

Sanji pada akhirnya ikut membantu melawan salah satu bawahan Z yang bernama Binz. Awalnya, Sanji sempat kewalahan. Tapi, dengan semangat yang membara untuk menyelamatkan Nami, akhirnya Sanji berhasil mengalahkan Binz. 

6. Tony Tony Chopper (Ootani Ikue)

chopper_

sebagai seorang dokter, Chopper bersikeras ingin menyelamatkan Z yang terapung-apung di lautan. Selain itu, Chopper juga melihat kalau Z memiliki cukup banyak luka, sehingga ia ingin menyelamatkannya, meskipun Chopper tidak tahu kalau Z adalah musuh atau bukan. Namun berkat persetujuan dari Luffy, akhirnya Chopper bisa menyelamatkan Z.

Sempat kecewa karena ternyata Z adalah orang jahat, Chopper meminta maaf pada teman-temannya. Di film ini Chopper terlihat sangat menggemaskan dengan pakaian yang ia gunakan. Apalagi ketika Chopper berubah jadi semakin kecil ketika terkena efek dari kekuatan Ain.

7. Nico Robin (Hanae Natsuki)

robin_

Sama seperti Nami, Chopper, dan Brook, tubuh Robin juga berubah ke usianya yang lebih muda setelah terkena efek kekuatan Ain.

Namun perubahan tubuh Robin tidak begitu kelihatan, berbeda dengan Nami yang jelas-jelas berubah menjadi seorang gadis remaja. Saat itu, Robin sedang berusaha menyelamatkan Nami, tapi berakhir dengan terkena efek kekuatan Ain yang saat itu sudah berada di tangan Robin.

Robin membantu Nami mencari informasi tentang Z dengan cara menjadi seorang penari di sebuah bar tempat para angkatan laut berkumpul.

Tapi karena Nami sempat mengacau di sana, akhirnya identitas Robin ketahuan oleh angkatan laut. Kemudian, tubuh Robin kembali seperti semula saat Zoro berhasil mengalahkan Ain.

8. Franky (Yao Kazuki)

franky_

Scene Franky di film ini cukup banyak, terutama karena Franky harus memperbaiki Sunny yang hampir rusak akibat serangan dari Z. Tapi memang tidak diragukan lagi, kemampuan Franky dalam memperbaiki Sunny ini dahsyat. Bahkan, Sunny yang sebelumnya terlihat hampir hancur itu pun bisa kembali seperti semula.

Kemudian, saat Luffy melawan Z, Franky membantu Luffy dengan menggunakan robot miliknya; robot yang selalu dikagumi oleh Luffy, Chopper, dan Usopp. Selain itu, Franky juga berhasil mengalahkan Pacifista yang berjumlah cukup banyak.

9. Brook (Cho)

brook_

Di film ini sebenarnya scene Brook tidak terlalu banyak. Di awal cerita Brook diperlihatkan memiliki rambut berwarna pink dengan pakaian berwarna pink juga.

Ketika anggota NEO Marinir menyerang, Brook juga merupakan salah satu karakter yang terkena efek dari kekuatan Ain. Namun, perubahannya tidak terlalu terlihat jelas, meskipun Brook mengatakan kalau rambutnya jadi terlihat lebih halus.

Pertarungan Brook di film ini pun terlihat biasa-biasa saja dan tidak terlalu berkesan. Hal yang saya ingat hanya perubahan warna rambut pada Brook saja dari warna pink, kemudian hitam dan menjadi jingga. Tubuh Brook pun kembali normal saat Ain dikalahkan oleh Zoro.

10. Z / Zephyr (Suzuki Masami & Ootsuka Houchuu)

z_

Z atau Zephyr adalah karakter utama yang terakhir yang menjadi cerita utama juga di film ini. Z memiliki dendam kepada bajak laut, terutama yang memiliki kekuatan buah iblis. Bukan tanpa alasan, dulu Z adalah seorang laksamana angkatan laut yang selalu berusaha untuk menegakkan keadilan dan menangkap para bajak laut.

Namun yang membuat dendamnya semakin menjadi-jadi adalah karena istri, anak dan bawahannya pun ikut dibunuh oleh bajak laut.

Meskipun Z diselamatkan oleh kelompok bajak laut Luffy, tapi setelah mengetahui identitas Luffy, Z tanpa segan langsung menyerang Luffy dan berusaha membunuh mereka.

Walaupun di pertempuran terakhir Z berhasil dikalahkan oleh Luffy. Namun meskipun kalah, Z masih hidup dan justru mati ditangan anak didiknya, Borsalino.

Dibalik penggantian nama Zephyr menjadi Z, bermula ketika Z masih kecil yang sering bermain peran menjadi seorang pahlawan dan menyebutkan dirinya bernama Z.

11. Ain (Shinohara Ryoko)

ain_

Ain adalah bawahan Z yang dulunya sama-sama anggota angkatan laut. Ain adalah salah satu anggota Z yang selamat dari serangan bajak laut di masa lalu. Ain yang setia kepada Z, mengikuti langkah gurunya dan kemudian bergabung ke dalam NEO Marinir.

Ain memiliki kekuatan buah iblis yang dikenal dengan ‘Modomodo no Mi’. Kekuatan tersebut membuat Ain bisa merubah umur lawannya menjadi 12 tahun lebih muda dari umur aslinya. Caranya adalah dengan menyentuh kepala lawannya.

Ketika bertemu dengan anggota Luffy, Ain merubah Nami, Chopper, Robin, dan Brook menjadi 12 tahun lebih muda. Kemudian Ain bertempur melawan Zoro, namun ia berhasil dikalahkan oleh Zoro. Ain tidak menyesal jika ia meninggal, asalkan Z tetap selamat.

12. Binz (Kagawa Teruyuki)

binz_

Binz juga merupakan anggota NEO Marinir. Sama seperti Ain, Binz juga merupakan mantan angkatan laut dan merupakan murid Z yang selamat dari serangan bajak laut pada 9 tahun yang lalu.

Kini Binz berpenampilan seperti ninja dan memiliki kekuatan buah iblis yang dikenal dengan ‘Mosamosa no Mi’. Kekuatannya tersebut bisa memanipulasi tumbuhan yang ada disekitarnya, kemudian menumbuhkan tumbuhan tersebut untuk melawan musuhnya.

Binz ikut menyerang anggota Luffy ketika di kapal, kemudian menyerang anggota yang ada di sana dengan kekuatannya. Binz kemudian bertarung dengan Sanji dan berhasil dikalahkan oleh Sanji yang mengeluarkan jurus cukup brutal.

13. Monkey D. Garp (Naka Hiroshi)

garp_

Bagi pengikut setia anime One Piece, pasti sudah tidak asing dengan karakter yang satu ini. Garp adalah kakek Luffy yang merupakan seorang laksamana angkatan laut yang memiliki kekuatan cukup hebat dan dihormati.

Di film ini tidak ada scene Garp bertarung. Tapi, dari Garp penonton bisa mengetahui latar belakang Z yang dulunya merupakan seorang laksamana angkatan laut. Garp menceritakan latar belakang Z ketika Koby dan Helmeppo bertanya tentang siapa sebenarnya Z.

14. Borsalino / Kizaru (Ishizuka Unshou)

borsalino_

Borsalino atau yang dikenal juga dengan panggilan Kizaru adalah seorang jenderal di angkatan laut. Borsalino merupakan seorang angkatan laut yang memiliki kekuatan buah iblis yang bisa mengeluarkan cahaya sebagai kekuatannya.

Di film ini, diceritakan kalau Borsalino dulunya adalah salah satu murid Z. Di awal cerita, Borsalino sempat melawan Z dan hampir terbunuh karena ledakan dari Batu Dyna, namun, Borsalino berhasil melarikan diri dari ledakan besar itu. Di akhir cerita, Borsalino kembali bertarung melawan Z dan berhasil membunuh Z.

15. Aokiji / Kuzan (Koyasu Takehito)

aokiji_

Aokiji atau Kuzan adalah seorang mantan angkatan laut. Aokiji mengundurkan diri dari angkatan laut setelah kalah ketika bertarung dengan Akainu untuk memperebutkan posisi ketua angkatan laut. Namun, alasan ini tidak diceritakan oleh Aokiji kepada Luffy yang bertanya kepada dirinya.

Aokiji membantu memberikan informasi tentang keberadaan Z dan tujuan dari Z. Sama seperti Borsalino, Aokiji juga merupakan murid Z.

Aokiji memperhatikan pergerakan Luffy dan gurunya, Z, kemudian ia membuat benteng dari es menggunakan kekuatannya setelah melihat tekad dari gurunya. Namun, benteng tersebut membuat Z akhirnya terbunuh oleh Borsalino.

16. Mobston (Hirose Masashi)

mobston_

Mobston adalah seorang pengrajin kayu yang bekerja di sebuah dermaga dan memiliki tempat perbaikan kapal di Pulau Dermaga. Mobston adalah seorang mantan pelaut dan menghasilkan uang dengan memperbaiki kapal dan menyewakan dermaganya.

Ketika melihat kapal milik Luffy yang rusak parah, Mobston menduga kalau rusaknya kapal milik Luffy adalah karena perbuatan Z.

Mobston pun menceritakan kepada Luffy dan teman-temannya kalau akhir-akhir ini banyak kapal bajak laut yang diserang oleh Z. Demi membantu Luffy dan yang lainnya, Mobston memberikan peralatan milik bajak laut yang putus asa.

Nah, itulah 16 daftar karakter di film One Piece Film: Z. Kamu bisa membaca sinopsis dan review film ini di sini sebelum akhirnya memutuskan untuk menonton filmnya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram