bacaterus web banner retina

18 Karakter One Piece Episode of Skypiea, Misi Pulau Langit

One Piece Episode of Skypiea (2018) merupakan sebuah film spesial yang diadaptasi dari seri anime arc Skypiea atau Sorajima (Pulau Langit).

Film ini menceritakan kisah kru Topi Jerami yang pergi berpetualang ke Pulau Langit. Luffy dan krunya membuktikan kalau Pulau Langit bukan hanya sebuah legenda tapi memang benar adanya.

Selain kru Topi Jerami, ada juga karakter lain yang muncul di film One Piece ini, terutama karakter yang menjadi penghuni langit juga orang yang mengetahui tentang legenda Pulau Langit. Sambil bernostalgia, simak ulasan 18 daftar karakter film spesial One Piece Episode of Skypiea (2018).

1. Monkey D. Luffy (Tanaka Mayumi)

luffy_

Luffy sangat bersemangat ketika mendengar tentang Pulau Langit. Ia pun langsung meminta Nami untuk memandu mereka menuju ke sana. Namun, sebelumnya Luffy dan teman-temannya pergi ke Pulau Jaya terlebih dahulu, dan di sana Luffy bertemu dengan Cricket.

Dari Cricket-lah Luffy mendapatkan informasi tentang cara menuju ke Pulau Langit. Sesampainya di Pulau Langit, Luffy bertemu dengan penghuni di sana.

Beberapa di antaranya adalah Gan Fall dan anaknya, Conis. Namun, tiba-tiba Luffy diserang oleh salah satu utusan dari Dewa Petir. Luffy pun mulai menyerang Satori dan berhasil mengalahkannya, kemudian Luffy segera menyusul Nami dan yang lainnya. 

Luffy bersama Zoro, Robin dan Chopper pergi mencari jejak Kota Emas. Namun, dalam perjalanan Luffy terpisah dengan yang lainnya, bahkan Luffy dimakan oleh seekor ular raksasa. Setelah berhasil keluar dari dalam ular tersebut, Luffy langsung menyerang Enel yang merupakan dewa petir.

Luffy berkali-kali mendapat serangan petir dari Enel, namun jurus Enel tidak mempan terhadap Luffy karena Luffy adalah seorang manusia karet. Di akhir cerita, Luffy berhasil mengalahkan Enel dan bahkan menemukan lonceng emas raksasa, sehingga Luffy bisa membuktikan kepada Cricket dan yang lainnya kalau Pulau Langit itu benar-benar ada.

2. Roronoa Zoro (Nakai Kazuya)

zoro_

Zoro kembali beraksi mengeluarkan beberapa jurus andalannya ketika melawan musuhnya di Pulau Langit. Zoro merasa kesal ketika melihat rekannya yang terluka karena mendapatkan serangan dari Ohm yang merupakan salah satu utusan dari Enel.

Setelah beberapa kali melawan Ohm, akhirnya Zoro berhasil mengalahkan Ohm. Namun, ketika Enel muncul, Zoro yang hendak membantu Robin pun terkena serangan dari Enel dan dikalahkan oleh Enel yang menyerangnya dengan serangan petir yang cukup besar.

Zoro mendapatkan sebuah gambaran perintah dari Nami yang ditulis di sebuah daun berukuran besar. Melihat permintaan tersebut, Zoro langsung menebang pohon sesuai dengan permintaan dari Nami untuk membantu Luffy menyerang Enel.

3. Nami (Okamura Akemi)

nami_

Nami memastikan pulau yang menjadi tujuan berikutnya aman setelah memeriksa log pose. Namun, jarum loge pose tiba-tiba mengarah ke atas langit. Awalnya Nami mengira kalau log posenya rusak. Tapi setelah mengetahui tentang Pulau Langit, Nami pun mengerti kenapa arah jarum log pose mengarah ke atas.

Meski sempat ragu untuk pergi ke atas langit, Nami pun dengan percaya diri membimbing teman-temannya ketika berada di arus laut yang terkena tekanan dari knock up stream, sehingga Nami dan yang lainnya sampai di Pulau Langit dengan selamat.

Ketika Nami melihat waver sebuah kapal kecil bertenaga dial yang merupakan alat misterius (berbentuk seperti kerang), Nami langsung bisa mengendalikan waver dan selalu menggunakannya. 

Ketika bertemu dengan Enel, Nami sangat terkejut karena Usopp dan Sanji dapat dengan mudah dikalahkan. Nami kemudian diajak oleh Enel ke kapal milik Enel, dan Nami berhasil diselamatkan oleh Luffy yang berusaha untuk mengalahkan Enel seorang diri.

4. Sanji (Hirata Hiroaki)

sanji_

Sanji bersama Luffy dan Usopp melawan Satori yang tiba-tiba muncul untuk membunuh mereka. Namun, ketika Luffy memegangi Satori, Sanji langsung menendang Satori dan berhasil mengalahkannya. Sanji dan yang lainnya langsung pergi menyusul ke tempat Nami, Chopper, dan yang lainnya berada.

Ketika Luffy, Zoro, Robin dan Chopper pergi, Sanji dan sisanya menunggu mereka di kapal. Namun, saat itu tiba-tiba Enel muncul di hadapan mereka dan langsung menyerang Sanji dan Usopp hingga terluka cukup parah.

Di beberapa menit terakhir, Sanji dan Usopp kembali muncul menyusul Nami yang berada di kapal milik Enel. Sanji kembali mencoba menyerang Enel meskipun akhirnya ia pingsan kembali, tapi sebelumnya Sanji sempat meloloskan Nami dan Usopp.

5.Usopp (Yamaguchi Kappei)

usopp_

Sebelum pergi ke Pulau Langit, Usopp sedang sibuk membuat suatu alat baru. Namun, ketika ia melihat Luffy dan Chopper bertingkah konyol, Usopp pun langsung tertawa terbahak-bahak karena perilaku mereka.

Ketika di Pulau Langit, bersama dengan Luffy dan Sanji, Usopp pun ikut mencoba melawan Satori yang menyerang mereka. Keesokan harinya, Usopp kembali mendapatkan serangan yang lebih dahsyat ketika diserang oleh Enel.

Bersama dengan Sanji, Usopp mencoba membebaskan Nami, dan sebelum sampai di bagian teratas kapal, Usopp mencoba mengacaukan mesin yang ada di kapal tersebut. Setelahnya, Usopp bersama dengan Nami berhasil meloloskan diri dari Enel.

6. Nico Robin (Yamaguchi Yuriko)

robin_

Robin sebenarnya baru bergabung dengan Luffy sebelum arc Skypiea dimulai. Masih belum terlalu akrab dengan kru Luffy, Robin selalu memanggil rekan kru Luffy sesuai dengan profesi mereka di kapal.

Robin mengetahui tentang legenda Pulau Langit, kemudian membantu Luffy mencari informasi yang berguna. Akhirnya Robin menemukan sebuah pulau yang dikenal dengan Pulau Jaya.

Setelah sampai di Pulau Langit, Robin langsung tertarik untuk mencari sejarah yang ada di sana. Robin pun menelusuri beberapa reruntuhan pulau Jaya di Pulau Langit. Di sini, Robin menemukan Kota Emas yang sebelumnya tidak pernah ditemukan kembali.

7. Tony Tony Chopper (Ootani Ikue)

tony chopper_

Ketika di Pulau Langit, Chopper ditarik oleh udang yang memiliki kecepatan tinggi dan dibawa ke sebuah altar yang ada di Pulau Langit. Ketika sedang sendirian di kapal yang sekarang berada di altar itu, Chopper diserang oleh Shura. Beruntung, ketika Chopper hampir kewalahan, Gan Fall muncul dan menolong Chopper.

Keesokan harinya, Chopper, Zoro, Luffy, dan Robin menyusuri reruntuhan Kota Jaya. Namun, Chopper dan yang lainnya terpisah karena dikejar-kejar oleh ular raksasa.

Ketika sendirian, Chopper kembali mendapatkan serangan dari Ohm yang tiba-tiba saja muncul di hadapannya. Namun, karena kekuatan dari Ohm yang lebih hebat dari dirinya, Chopper pun kewalahan ketika melawan Ohm.

8. Montblanc Norland (Ootsuka Houchuu)

norland_

Montblanc Norland adalah seorang pelaut yang sekarang lebih dikenal sebagai ‘Norland Si Pembohong’, karena dianggap mengarang tentang kota emas di Pulau Jaya, sehingga Norland dieksekusi di depan banyak orang atas perintah raja.

Namun, sebenarnya Norland adalah seorang pria yang baik hati, jujur, dan berani, juga peduli kepada orang lain. Ia juga memiliki tekad kuat, serta ramah. 

Norland yang tiba di Pulau Jaya melihat salah satu penduduk pulau yang terkena sebuah wabah penyakit. Norland bermaksud untuk menyelamatkan penduduk di Pulau Jaya dengan ilmu pengetahuan yang ia tahu, meski awalnya Calgara yang menjadi pemimpin di Pulau Jaya saat itu, menganggap Norland sebagai ancaman.

Berkat tekad dari Norland yang tulus dan bisa dipercaya, Norland pun berhasil menyembuhkan orang-orang di sana. Setelah itu, Norland diajak oleh Calgara melihat sebuah kota emas yang terdapat lonceng emas raksasa di sana.

Ketika Norland akan pulang, sempat terjadi kesalahpahaman yang membuat Carlgara marah, namun tak lama bisa diatasi, sehingga akhirnya Norland dan Calgara menjadi teman baik dan berjanji akan bertemu kembali.

9. Calgara (Shibata Hidekatsu)

calgara_

Calgara dianggap sebagai seorang pahlawan oleh orang-orang Shandia yang hidup ketika Upper Yard masih menjadi bagian dari Pulai Jaya.

Saat itu, sekitar 400 tahun yang lalu, Calgara bertemu dengan seorang pelaut yang menjelajah dunia bernama Norland.

Calgara yang menjadi pemimpin saat itu, sangat percaya pada tradisi yang sudah lama terjadi di rakyatnya. Ia juga tidak mempercayai orang asing, termasuk salah satunya Norland yang datang ke Pulau Jaya.

Kepribadian Calgara mulai berubah ketika melihat kebaikan dan ketulusan dari Norland. Ia dan Norland menjadi teman baik, meskipun sempat terjadi kesalahpahaman di antara mereka.

Calgara meminta Norland untuk datang kembali ke Pulau Jaya, dan sebagai tanda Pulau Jaya berada, Calgara selalu membunyikan lonceng emas yang ada di Pulau Jaya agar Norland mengetahui keberadaannya.

Namun, tiba-tiba sebagian Pulau Jaya terbelah dan terbang ke atas langit dan kini dikenal dengan Kota Shandia. Untuk mengenang jasa dari Calgara, di Kota Shandia dibuat sebuah patung Calgara yang melambangkan kekuatan dan keberaniannya.

10. Montblanc Cricket (Uchida Naoya)

cricket_

Montblanc Cricket adalah salah satu keturunan dari Norland. Kini Cricket tinggal di belahan Pulau Jaya masih tersisa.

Sebagai seorang keturunan dari Norland, Cricket sangat mempercaya semua ucapan kakek moyangnya tersebut. Meskipun orang-orang menganggap kalau cerita yang Norland ucapkan hanyalah sebuah bualan.

Ketika bertemu dengan kru Topi Jerami, Cricket memberi tahu semua tentang Norland dan menginformasikan mereka cara untuk menuju ke pulau langit.

Di akhir cerita, Cricket menyaksikan sebuah bukti tentang pulau langit itu benar-benar ada berkat Luffy yang berhasil mengalahkan Enel.

11. Enel (Morikawa Toshiyuki)

enel_

Enel menganggap dirinya sebagai seorang dewa yang tak terkalahkan. Enel percaya kalau dia adalah makhluk ilahi dan abadi. Dengan kekuatan yang dimilikinya, Enel akan mengambil atau menghancurkan apa pun yang diinginkannya.

Enel selalu tampil percaya diri tanpa rasa takut dan tak peduli dengan dunia. Enel memiliki kemampuan mengeluarkan petir dan bisa mendengar orang-orang yang berada jauh dari jangkauannya. Seperti ketika kru Luffy datang, Enel tahu dengan persis jumlah dan tempat Luffy berada.

Enel mengutus bawahannya untuk menghukum Luffy dan yang lainnya. Lalu, Enel langsung mendatangi beberapa kru Luffy dan langsung menghukum mereka dan mengatakan akan membuat sebuah permainan ‘survival game’. Enel meramalkan akan ada lima orang yang bertahan dari permainan tersebut termasuk dirinya sendiri.

Ketika Luffy mulai menyerang Enel, dia merasa terkejut karena Luffy tidak mempan dengan serangan petir yang ia keluarkan. Di akhir cerita Enel berhasil dikalahkan oleh Luffy.

12. Gan Fall (Ennosuke IV Ichikawa)

gan fall_

Gan Fall dulunya adalah salah seorang dewa yang berada di Skypiea. Namun, karena suatu hal ia diberhentikan dari tugasnya tersebut. Gan Fall memiliki seorang putri yang bernama Conis. Ketika melihat kru Luffy, Gan Fall membantu Chopper yang saat itu diserang oleh Shura.

Gan Fall menjelaskan tentang sejarah Pulau Langit, penduduk Shandia juga tentang penduduk Skypiea yang kini berada dibawah pengawasan Enel. Gan Fall yang tidak menyukai tindakan dari Enel, ikut berusaha menyerang Enel, meski sebenarnya ia masih terluka cukup parah karena sebelumnya bertarung melawan Shura.

13. Conis (Takahashi Rieko)

canis_

Conis adalah anaknya Gan Fall. Begitu bertemu dengan kru Luffy, Conis langsung bisa akrab dengan mereka. Conis menjelaskan beberapa barang seperti dial dan waver yang biasa digunakan oleh penduduk Skypiea.

Conis membantu Robin dan Zoro menyusul Chopper yang ditarik oleh udang yang berlari cepat. Ketika mengetahui tujuan dari Enel, Conis bergegas memberi tahu penduduk Skypiea yang lainnya agar melarikan diri dan menyelamatkan diri. 

14. Wiper (Aizawa Masaki)

wiper_

Wiper adalah penduduk Shandia. Kini ia memimpin prajurit Shandia yang berjuang merebut kembali Upper Yard dari Enel. Wiper menggunakan burn bazooka sebagai alatnya untuk bertarung. Wiper merupakan keturunan dari Calgara dan memiliki sifat yang cenderung sama kerasnya dengan Calgara.

Setelah mendengar kondisi dari Aisa, Wiper memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertarung dengan Enel.

Wiper dan prajurit dari Shandia langsung pergi bergegas untuk menyerang Enel dan yang lainnya. Ketika melihat Shura, Wiper menyerangnya menggunakan reject dial yang memiliki kekuatan dahsyat, tapi sebagai gantinya, Wiper pun ikut terluka karena menggunakan reject dial.

Sempat terjadi bentrokan kecil dengan kelompok Luffy. Namun, Wiper bergabung dengan kru Luffy untuk mengalahkan Enel. Ketika Wiper mengetahui tentang lonceng emas raksasa juga Kota Emas yang telah lama menghilang, dia merasa sangat bahagia. Apalagi ketika Luffy berhasil membunyikan lonceng emas kembali.

15. Aisa (Suzuki Masami)

aisa_

Aisa adalah salah satu anak penduduk Shandia, sama seperti Wiper. Sejak lahir, Aisa memiliki kemampuan yang dikenal dengan ‘mantra’; suatu kekuatan yang membuatnya bisa mengetahui jumlah orang dan suara-suara orang yang berada di kejauhan.

Aisa memberi tahu keadaan di Skypiea kepada Wiper. Namun, ketika mengetahui Wiper menggunakan reject dial, Aisa marah pada Wiper, karena alat tersebut Wiper menjadi ikut terluka juga.

16. Satori (Takato Yasuhiro)

satori_

Satori adalah salah satu bawahan Enel yang diutus untuk mengalahkan kru Luffy. Satori memiliki kemampuan mengeluarkan sebuah bola ajaib yang berisi berbagai jebakan yang cukup mematikan. Satori juga dapat memprediksi pergerakan musuhnya, sehingga Satori sering kali bisa menghindari serangan tersebut.

Di film ini, Satori menyerang Luffy, Sanji, dan Usopp di tepi pantai tempat mereka mendarat, berbeda dengan di seri animenya. J

Di seri animenya Satori menyerang Luffy, Sanji, dan Usopp di sebuah hutan di jalur milky road. Setelah beberapa kali berhasil menyerang mereka bertiga, karena tindakan dari Luffy yang tak terprediksi akhirnya Satori berhasil dikalahkan.

17. Ohm (Takemoto Eiji)

ohm_

Ohm adalah salah satu utusan Enel. Ohm memiliki kemampuan yang cukup kuat. Pedang yang digunakannya bisa memanjang dan langsung mengarah kepada lawan yang ditujunya. Ketika bertemu dengan Chopper, Ohm berhasil mengalahkan Chopper dengan kekuatan yang dimilikinya.

Ketika melawan Zoro, Ohm cukup kewalahan, sehingga ia memaksimalkan serangan yang dikeluarkannya. Namun, Ohm terkejut karena pedang dan serangan pamungkasnya berhasil dikalahkan oleh Zoro, dan pertempuran dimenangkan oleh Zoro.

18. Shura (Oota Shinichirou)

shura_

Sama seperti Satori dan Ohm, Shura juga merupakan utusan Enel. Shura memiliki kemampuan yang cukup hebat. Biasanya, ia akan menjerat musuhnya menggunakan tali yang tak terlihat, emudian mengalahkannya menggunakan sebuah tombak yang didalamnya terdapat heat dial.

Ketika melawan Chopper, Shura menusuk bahu Chopper menggunakan tombaknya. Namun, ketika akan membunuh Chopper, pertarungannya diganggu oleh Gan Fall. Shura kemudian menjerat Gan Fall menggunakan tali tak terlihatnya itu dan mengalahkan Gan Fall. 

Tak lama, Shura bertemu dengan Wiper dan langsung terjadi pertarungan. Meskipun Shura sempat unggul, tapi akhirnya Shura dikalahkan oleh Wiper yang menggunakan reject dial.

Sekian ulasan 18 daftar karakter One Piece Episode of Skypiea (2018). Bagi yang ingin bernostalgia dengan arc Skypiea bisa menonton film ini, tapi sebelumnya lebih baik membaca ulasan sinopsis dan review-nya sebelum memutuskan untuk menonton filmnya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram