Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Januari 2019

Sejak kemunculan Valak, karakter iblis dengan pakaian ala biarawati di film The Conjuring 2 tahun 2016, seluruh jagat maya dihebohkan dengan berbagai meme yang menggunakan karakter iblis tersebut. Image seram dan mengerikan selalu membayangi kemunculan Valak di setiap film-filmnya. Alhasil, Valak menjadi karakter film horor terseram saat ini.

Namun, tahukah Anda bahwa jauh sebelum kemunculan Valak ternyata ada 10 karakter film horor lainnya yang menjadi viral pada masanya. Sebut saja Freddy Krueger dan Jason Voorhees, dua karakter film horor ini menebarkan teror dengan cara-caranya tersendiri. Bahkan, meskipun filmnya sudah lama tayang, dua karakter ini masih mendapat tempat tersendiri di hati para penggemar film horor.

10 Karakter Film Horor Terpopuler

1. Jason Voorhees

Jason Voorhees Karakter Film Horor

Jason Voorhees adalah karakter film horor yang cukup terkenal. Dengan topeng ala kadarnya dan tangan kanan yang selalu membawa parang, Jason pertama kali diperkenalkan dalam film Friday the 13th di tahun 1980.

Sosok yang satu ini sebenarnya merupakan anak-anak, hanya saja ia memiliki tubuh bongsor. Jason menggunakan topeng untuk menutupi wajahnya yang cacat. Jason membunuh peserta camp untuk membalas dendam atas kematian ibunya.

Sebagai sosok yang tidak bisa dibunuh, Jason sempat dipertemukan dengan karakter horor terkuat lainnya, yaitu Freddy Krueger, dalam film “Freddy VS Jason” yang rilis di tahun 2003. Kira-kira siapakah sosok yang menang dalam film tersebut?

2. Freddy Krueger

Freddy Krueger

Tak ada yang bisa menampik keseraman karakter film horor yang satu ini. Freddy Krueger bagaikan sosok seram yang tak terkalahkan. Terbukti bahwa karakter ini sudah memiliki setengah lusin film seri yang menjadi box office. Freddy sendiri digambarkan sebagai karakter pria dengan kulit wajah dan tubuh terbakar, mengenakan pakaian loreng hitam-merah, dan salah satu tangannya terbuat dari mata pisau yang tajam.

Freddy dikenal sebagai sosok yang sangat kuat. Ia memiliki kemampuan untuk menyiksa dan membunuh manusia dari dalam mimpi. Bahkan, manusia yang berhadapan dengan Freddy jadi sulit membedakan dunia nyata dan mimpi. Freddy dipertemukan dengan rivalnya, Jason, dalam film “Freddy VS Jason”. Percayalah, setelah menonton film tersebut Anda pasti akan semakin membenci karakter Freddy Krueger.

3. Leatherface

Leatherface

Pembunuh brutal yang satu ini memang benar-benar akan menjadi mimpi terburuk Anda. Meskipun bukan hantu, Leatherface adalah pembunuh sekaligus kanibal keji yang akan memperlakukan korbannya seperti hewan ternak. Ciri khas Leatherface adalah memakai topeng yang terbuat dari kulit manusia dan membawa gergaji mesin.

Leatherface adalah tokoh sentral dari film “Texas Chainsaw Massacre” Sosok ini memiliki tubuh yang sangat besar layaknya seorang raksasa. Leatherface akan menebar terror yang membuat korbannya kesulitan untuk bisa bernafas dengan lega. Ia tidak segan memotong tubuh korbannya dengan gergaji mesin yang selalu dibawa ke mana-mana.

4. Michael Myers

Michael Myers

Sama seperti Leatherface, Michael Myers adalah pembunuh brutal yang mengenakan topeng. Bedanya, topeng yang dikenakan Michael ini berwarna putih. Topeng berwajah dingin dan datar yang dikenakan Michael semakin menambah keseraman karakter ini.

Michael Myers adalah karakter yang seram, cerdas, kuat, dan susah untuk dibunuh. Karakter yang berasal dari film Halloween ini tidak bermodalkan senjata yang canggih, hanya sebilah pisau saja yang menjadi senjata andalan Michael untuk membunuh.

Dalam setiap filmnya, Michael selalu berusaha mempermainkan korbannya sebelum dibunuh. Dia dapat muncul secara tiba-tiba dan tanpa buang waktu dia akan menggorok leher Anda dengan pisaunya.

5. Jigsaw

Jigsaw

Kalau Anda pernah menonton film “Saw” Anda pasti akrab dengan sosok Jigsaw. Ya, Jigsaw alias John Kramer adalah sosok yang cerdas dan kreatif. Sulit untuk menyebut Jigsaw sebagai seorang psikopat karena korbannya selalu merupakan orang-orang yang bersalah.

Jigsaw merancang berbagai permainan mematikan untuk setiap korbannya. Jika tidak meregang nyawa, minimal korbannya harus merasakan sakit karena luka atau kehilangan salah satu organ tubuhnya setelah mengikuti permainan yang dirancang oleh Jigsaw.

6. Ghostface

Ghostface

Jika setiap pembunuh bertopeng seperti Michael Myers dan Leatherface merupakan satu orang yang sama, berbeda dengan Ghostface. Karakter pembunuh dalam film “Scream” selalu merupakan orang yang berbeda-beda.

Tujuan Ghostface membunuh secara brutal hanya untuk kesenangan semata. Dengan topengnya yang berwajah seperti mengejek, Ghostface akan mempermainkan korbannya terlebih dahulu sebelum membunuhnya. Senjata andalan Ghostface ketika membunuh adalah sebuah pisau kecil.

7. Pennywise

Pennywise

Siapa yang tak kenal dengan karakter film horror yang satu ini? Di tahun 2017, film “It” membuat setiap orang mengenal sosok Pennywise. Padahal, jauh sebelum film tersebut, Pennywise sudah eksis dalam novel besutan Stephen King dengan judul yang sama di tahun 1986. Di tahun 1990, Pennywise juga tampil di sebuah miniseri dengan judul “It” juga.

Pennywise bukan sosok manusia karena makhluk ini lebih cocok disebut sebagai entitas misterius. Badut bertaring ini memiliki kekuatan supranatural yang di luar nalar manusia biasa. Korban yang diincar oleh Pennywise adalah anak-anak. Ia akan memancing anak-anak dengan balon atau mainan, kemudian menculiknya dan membunuh mereka untuk dijadikan makanannya.

Bagi Anda yang memiliki fobia terhadap badut, karakter Pennywise ini akan semakin menghantui Anda. Bahkan, Anda mungkin bisa memimpikan Pennywise setelah menonton filmnya.

8. Chucky

Chucky

Jauh sebelum Annabelle menjadi populer seperti saat ini ternyata sudah ada karakter seram dari film horor lain yang juga berwujud boneka seram, yaitu Chucky. Yang membedakan keduanya adalah Chucky mampu bergerak, berbicara, bahkan membunuh manusia dengan upayanya sendiri tanpa mengandalkan ilmu supranatural.

Chucky sebenarnya hanya sebuah boneka biasa. Namun, boneka tersebut kerasukan arwah seorang pembunuh berantai. Keinginan Chucky adalah mentransfer jiwanya untuk masuk ke dalam tubuh manusia. Ia berusaha mencari cara agar bisa kembali ke tubuh manusia, termasuk membunuh setiap orang yang dianggap menghalangi rencananya.

9. Regan MacNeil

Regan MacNeil

Ada banyak film mengenai pengusiran hantu. Namun, kami berani bertaruh bahwa The Exorcist tahun 1973 adalah film pengusiran hantu terseram sepanjang masa. Tokoh utama dalam film ini adalah Regan MacNeil, gadis berusia 12 tahun yang kerasukan roh jahat bernama Pazuzu.

Yang membuat Regan MacNeil menjadi tokoh horor yang tak bisa kita lupakan adalah segala tingkah lakunya saat ia mulai kerasukan roh jahat. Muntahan hijau yang keluar dari mulut Regan, aksi Regan merangkak di langit-langit kamar, sampai kepalanya yang bisa berputar 360 derajat adalah hal-hal seram yang bakal Anda ingat dari karakter ini.

10. Hannibal Lecter

Hannibal Lecter

Hannibal Lecter adalah seorang psikiater yang cerdas. Hanya saja ia memiliki sisi gelap yang bakal membuat Anda ogah berada di dekatnya. Ya, Hannibal Lecter adalah seorang kanibal. Ia mendapatkan “makanannya” dengan membunuh manusia dan memasaknya.

Karakter ini pertama kali diperkenalkan dalam film “Science of the Lambs”. Sebagai seorang psikiater, Hannibal Lecter menyusun strategi untuk membunuh korbannya dengan sangat cerdas.

Itulah 10 karakter film horor yang bakal menjadi mimpi buruk bagi Anda. Jika Anda penasaran dengan cerita rinci dari tokoh-tokoh ini, silakan langsung nonton film-filmnya, ya! Bagikan juga kepada Bacaterus dan pembaca lainnya mengenai karakter seram dari film horor favoritmu.