bacaterus web banner retina

10 Karakter Kunci Belle (2021), Film Anime dengan Cerita Seru

Film Belle (2021) atau yang dikenal dalam bahasa Jepang dengan judul Ryuu to Sobakasu no Hime merupakan film yang disutradarai oleh Mamoru Hosoda. Ia ingin sekali membuat film musikal dan terinspirasi dari cerita Beauty and the Beast dengan versi modern. 

Film ini juga digarap oleh beberapa kreator top dunia yang berada di bawah arahan yang sutradara Mamoru Hosoda, lho.

Beberapa di antaranya adalah arsitek dan desainer yang menggarap film Tangled, Frozen, Big Hero, dll. Kemudian ada juga desainer dan ilustrator yang menangani film Final Fantasy Square Enix dan masih banyak lagi sederet kreator top dunia lainnya yang sama-sama menggarap film ini.

Film yang menceritakan tentang seorang gadis bernama Suzu, dan karakter Suzu di dunia internet yang bernama Bell atau Belle ini, berhasil mendapatkan sederet penghargaan dan kritik positif.

Supaya lebih mengenal para karakternya, berikut ini Bacaterus telah merangkum karakter kunci yang muncul di film Belle (2021).

1. Naitou Suzu (Nakamura Kaho)

suzu_

Suzu adalah karakter utama di film ini yang suaranya diisi oleh Nakamura Kaho. Suzu adalah gadis SMA berusia 17 tahun dan memiliki freckles di wajahnya. Ia adalah seorang yang pemalu dan tidak percaya diri.

Setelah kehilangan ibunya, ia mulai menutup hatinya di dunia nyata dan takut untuk bernyanyi kembali. Padahal, ketika ibunya masih ada, menyanyi adalah hobi yang paling disukainya.

Di usia yang masih muda, Suzu pernah membuat lagu dengan menggunakan aplikasi yang ada di smartphone dan keyboards. Suzu tinggal di sebuah pedesaan di Prefektur Kochi bersama ayahnya. 

Hingga akhirnya ia menemukan sebuah aplikasi yang sedang viral yang dikenal dengan ‘U’. Di sana, orang-orang banyak berkumpul dan bisa menemukan jati dirinya sendiri. Kemudian, Suzu pun mulai mencoba menggunakan aplikasi tersebut. Dan secara mengejutkan, banyak orang yang menyukai avatar dirinya di sana.

Di akhir cerita, Suzu kembali mendapatkan keberaniannya untuk bernyanyi saat ia ingin menyelamatkan seseorang. Meskipun awalnya Suzu takut, tapi akhirnya ia berani menunjukan jati dirinya yang sesungguhnya, bahkan dikagumi oleh orang-orang sekitarnya dan orang-orang di dunia ‘U’.

2. Bell / Belle (Nakamura Kaho)

belle_

Bell atau Belle adalah avatar Suzu di dunia ‘U’ dengan pengisi suara yang sama, yakni Nakamura Kaho. Di dunia ‘U’, Belle digambarkan sebagai gadis yang paling cantik di sana, meskipun ada bintik-bintik di wajahnya, layaknya freckles yang dimiliki oleh Suzu di dunia nyata.

Belle menjadi seorang diva cantik dengan suara nyanyiannya yang sangat merdu. Bahkan tak butuh waktu lama, Belle menjadi sosok avatar tercantik dan terkenal di dunia ‘U’. Saat Belle sedang melakukan konser menyanyi di dunia ‘U’, ia bertemu dengan sosok Ryuu yang menjadi incaran oleh Justin dan anak buahnya.

Belle diam-diam mencari tempat tinggal Ryuu yang berada di dunia ‘U’. Ia juga bertekad untuk melindungi Ryuu dari ancaman Justin. Meskipun awalnya Ryuu tidak suka dengan dirinya, tapi Belle berusaha mendekati dan berhasil meluluhkan hati Ryuu.

3. Ryuu (Sato Takeru)

ryuu_

Ryuu (Naga) adalah karakter utama terakhir di film ini yang menjadi lawan main Belle dan yang menjadi pengisi suaranya adalah Sato Takeru.

Ryuu merupakan sosok misterius yang berbentuk naga buruk rupa. Ia menjadi sosok avatar yang dibenci oleh banyak orang di dunia ‘U’. Tapi menariknya, sosok Ryuu ini dianggap sebagai pahlawan oleh anak-anak.

Jubah yang dikenakan oleh Ryuu ini memiliki corak yang bermacam-macam. Belakangan diketahui kalau corak tersebut adalah luka lebam yang dimiliki sang pemilik avatar di dunia nyata.

Saat bertemu Belle, awalnya Ryuu merasa tidak suka. Tapi perlahan, Ryuu merasakan ketulusan dari Belle dan mulai membuka hatinya. Bahkan, Ryuu menyelamatkan Belle dari para penjaga dunia ‘U’ yang hendak membongkar identitas asli Belle.

4. Kei (Sato Takeru)

kei_

Kei adalah sosok asli Ryuu di dunia nyata. Ia adalah seorang anak laki-laki yang tinggal bersama ayah dan adik laki-lakinya. Ternyata, Kei ini sebenarnya selalu disiksa oleh ayah kandungnya sendiri. Ia rela terluka demi melindungi adik kandungnya.

Saat Suzu menghubungi dirinya, Kei awalnya tidak percaya dan membentak Suzu. Kei merasa lelah dengan ucapan orang-orang yang selalu mengatakan akan menolong ia dan adiknya.

Tapi, orang-orang itu hanya berkata saja tanpa ada tindakan yang nyata, sehingga ketika Suzu benar-benar datang dan menemui Kei dan adiknya, ia merasa sangat senang.

5. Hisatake Shinobu / Shinobu-kun (Narita Ryou)

shinobu_

Shinobu adalah teman masa kecil Suzu yang selalu ada untuk Suzu semenjak kematian ibunya. Ia memiliki kharisma yang cool dan sangat populer dikalangan murid perempuan. Ia mengikuti klub basket di sekolahnya.

Shinobu pernah mengatakan ketika kecil kalau ia akan selalu ada untuk Suzu. Dan ketika akhirnya Suzu bisa kembali menjadi jati dirinya sendiri, Shinobu merasa senang dan lega karena akhirnya ia bisa berteman seperti sebelumnya. 

Tanpa sepengetahuan Suzu, sebenarnya ia mengetahui karakter Belle di dunia ‘U’ adalah Suzu. Kemudian saat melihat Suzu ingin menyelamatkan Kei, ia mengatakan kalau Suzu harus bernyanyi sebagai ‘Suzu’ di dunia ‘U’ untuk membuktikan kebenaran kepada Kei.

6. Chikami Shinjirou / Kamishin (Sometani Shouta)

kamishin_

Chikami atau yang lebih sering dipanggil Kamishin adalah teman sekelas Suzu. Kamishin mengikuti klub kano dan merupakan satu-satunya anggota di klub tersebut. Ia bertujuan untuk menjadi seorang atlet dan mengikuti lomba antar sekolah.

Kamishin ini digambarkan dengan karakter yang sedikit lucu dan memiliki badan yang atletis. Tapi, kadang ia kurang peka dengan sekitarnya. Bahkan ketika ia mengetahui kalau Ruka menyukai dirinya, ia menjadi kikuk. 

Berkat bantuan dirinya, Suzu berhasil menemukan tempat tinggal Kei, yang kebetulan waktu itu Kamishin pernah mengambil foto di dekat tempat tinggal Kei yang ada di Tokyo.

7. Watanabe Ruka / Ruka-chan (Tamashiro Tina)

ruka_

Ruka adalah gadis cantik bak model yang menjadi primadona siswa laki-laki. Bahkan, siswa perempuan pun menyukai dirinya. Ia masuk ke dalam klub band musik dan memainkan alat musik saxophone

Ruka meminta bantuan kepada Suzu untuk mendekatkan dirinya pada lelaki yang ia sukai. Awalnya Suzu mengira kalau Ruka menyukai Shinobu, namun betapa mengejutkannya kalau ia ternyata menyukai Kamishin, sehingga ketika berpapasan dengan Kamishin, Ruka langsung kikuk dan malu. 

8. Betsuyaku Hiroka / Hiro-chan (Ikuta Rira)

hirochan_

Hiro, atau yang lebih sering dipanggil dengan Hiro-chan oleh Suzu, adalah sahabat baiknya Suzu. Ia merupakan orang yang sangat pengertian. Meskipun terkadang kalau berbicara selalu blak-blakan, tapi Hiro tak segan meminta maaf kalau ada perkataan yang menyinggung Suzu.

Secara mengejutkan, Hiro ini bisa dibilang memiliki kemampuan yang cukup mumpuni di bidang internet. Dengan kemampuannya, Hiro membantu Suzu yang ingin melacak keberadaan Ryuu. Dan dia adalah satu-satunya teman yang mengetahui identitas ‘Belle’ yang sebenarnya.

9. Ayah Suzu (Yakusho Kouji)

ayah suzu_

Ayahnya Suzu ini bisa dibilang seorang ayah yang masih terlihat masih muda, walaupun Suzu sendiri sebenarnya sudah remaja.

Sebelum istrinya meninggal, ayahnya Suzu bisa dibilang lumayan dekat dengan Suzu. Tapi semenjak kematian istrinya, hubungan mereka mulai berjarak, karena Suzu lah yang mulai menghindari ayahnya sendiri.

Meskipun Suzu terlihat selalu menjauhi dirinya, ia adalah sosok ayah yang sangat peduli terhadap putri satu-satunya. Ia selalu menanyakan Suzu ingin makan apa dan sebagainya. Hingga suatu ketika, saat Suzu ingin menyelamatkan seseorang, ayahnya tetap mengizinkannya pergi.

Ayahnya Suzu mengatakan, kalau Suzu tumbuh menjadi sosok anak perempuan yang baik hati seperti ibunya. Dan ketika Suzu kembali, ayahnya Suzu menyambut hangat kedatangan putrinya di stasiun dekat rumahnya. Hubungan mereka pun mulai membaik setelah itu.

10. Justin (Morikawa Toshiyuki)

justin_

Justin adalah satu-satunya tokoh antagonis di film ini. Ia adalah pemimpin di dunia ‘U’ yang dikenal dengan grup ‘Justice’ yang ada di dunia ‘U’. Justin memiliki kontrak dengan sponsor dan banyak perusahaan yang memberikannya kekuatan untuk bisa membongkar identitas avatar di dunia ‘U’ jika mengganggu ketertiban dunia ‘U’.

Tapi, Justin tidak berhasil membongkar identitas Ryuu, karena Belle melindungi Ryuu. Namun, Belle memaksa dirinya menggunakan kekuatan yang ia punya untuk membongkar identitas Belle.

Kemudian, setelah identitas Belle terbongkar dan Belle berhasil meraih simpati dari orang-orang, para sponsor yang selama ini ia banggakan pun satu persatu menghilang.

Nah, sekian ulasan 10 karakter yang muncul di film anime Belle (2021) yang memiliki peranan penting. Dan yang pasti cerita film Belle  ini menarik dan memiliki pesan moral yang cukup bagus.

Bisa dibilang pesan moralnya erat dengan dunia saat ini. Penasaran dengan ceritanya? Langsung tonton aja film ini di Netflix!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram