bacaterus web banner retina

10 Karakter Anime yang Malas tapi Pintar, Siapa Favoritmu?

Ditulis oleh Erika Erilia - Diperbaharui 2 Oktober 2021

Selain ceritanya yang unik, hal lain yang menjadi daya tarik utama sebuah anime adalah sifat atau kepribadian para tokohnya. Salah satu karakter yang cukup menarik perhatian adalah sifat tokoh yang pemalas, tapi di balik kemalasannya tersebut, ia sebenarnya memiliki otak yang pintar.

Dua sifat yang bertolak belakang ini membuat si tokoh anime jadi terlihat unik dan beda dari yang lain, bahkan mereka memiliki banyak penggemar, lho! Nah, buat kalian yang belum tahu, berikut 10 tokoh anime yang jenius tapi selalu terlihat malas-malasan.

1. Shikamaru Nara (Naruto)

10 Karakter Anime yang Malas tapi Pintar, Siapa Favoritmu? 1Sumber: naruto.fandom.com

Daftar ini dibuka dengan salah satu karakter anime yang cukup populer, yaitu Shikamaru Nara dari anime “Naruto”. Shikamaru selalu digambarkan sebagai ninja yang terlihat malas-malasan, kurang bersemangat, dan tidak suka terlibat dalam pekerjaan yang menurutnya merepotkan. Akan tetapi, hal ini bertolak belakang dengan kejeniusan yang ia miliki.

Di antara teman-temannya, Shikamaru termasuk ninja yang sangat cerdas dengan IQ lebih dari 200. Kalaupun nilai akademiknya buruk, itu bukan karena dirinya bodoh, tapi lebih karena malas untuk mengikuti ujian. Shikamaru juga selalu memiliki tak-tik jitu dalam melawan musuh sehingga ia sering memenangkan pertarungan.

2. Aokiji/Kuzan (One Piece)

10 Karakter Anime yang Malas tapi Pintar, Siapa Favoritmu? 3Sumber: onepiecetheories.com

Aokiji termasuk karakter yang terlihat sangat santai. Ia hampir tidak menunjukkan respon yang berarti terhadap apapun yang terjadi di sekitarnya. Gara-gara sifatnya tersebut, ia sering diremehkan orang lain, bahkan banyak yang tidak percaya kalau ia adalah marinir berpangkat tinggi.

Namun di balik sikap malasnya tersebut, Aokiji memiliki banyak kelebihan. Ia akan bertindak cepat dan agresif dalam situasi mendesak. Ia juga tergolong jenius dalam memaksimalkan kemampuannya saat bertarung. Selain itu, ia punya fisik yang luar biasa kuat sehingga dapat menahan serangan atau pukulan yang sangat keras.

3. Hiramaru Kazuya (Bakuman)

10 Karakter Anime yang Malas tapi Pintar, Siapa Favoritmu? 5

Hiramaru merupakan tokoh anime yang malas untuk bekerja. Ia kemudian memilih menjadi mangaka dengan alasan yang simpel, yaitu karena menurutnya mangaka adalah pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak tenaga. Jadi, Hiramaru sebenarnya tidak memiliki passion dan tidak benar-benar tertarik dengan industri manga.

Uniknya, tokoh yang satu ini punya bakat luar biasa sebagai mangaka. Setelah melatih diri dalam waktu singkat, Hiramaru bisa membuat manga dengan mudah hingga berhasil diterbitkan. Ia juga dianggap jenius oleh editornya. Namun saat mulai merasa kerepotan karena terus dipaksa bekerja, Hiramaru sering ‘kabur’ dari tugasnya sebagai mangaka.

4. Oreki Houtarou (Hyouka)

10 Karakter Anime yang Malas tapi Pintar, Siapa Favoritmu? 7Sumber: wallpapercave.com

Tokoh Oreki dan anime “Hyouka” bisa dinobatkan sebagai salah satu ikon karakter pemalas tapi berotak cerdas. Oreki selalu terlihat pasif, tidak banyak bicara, tampak lamban, dan terkesan malas melakukan sesuatu demi menghemat energinya.

Bagi Oreki, kalau pekerjaan itu bukanlah hal yang penting, ia tidak akan mengerjakannya. Namun bila ia terpaksa melakukannya, ia memilih menyelesaikannya dengan cepat. Walau terlihat malas, Oreki sebenarnya termasuk tokoh yang pintar dan jenius. Ia punya kemampuan analisis yang luar biasa dalam memecahkan misteri atau teka-teki.

5. Nozaki Mayu (Gekkan Shoujo Nozaki Kun)

Adik dari Umetarou ini selalu terlihat malas dan sebisa mungkin tidak menggunakan energinya terlalu banyak. Bahkan saking malasnya, ia kadang memilih menuliskan kalimat singkat tentang apa yang ingin ia ucapkan ketimbang berbicara langsung. Mayu memang pendiam sejak kecil sampai ia di-bully oleh teman-temannya.

Umetarou sendiri pernah berkata pada adiknya, kalau ada hal yang terlalu merepotkan, Mayu tidak perlu membuang-buang energi untuk mengurusnya. Itulah kenapa Mayu menjadi sosok yang terlihat minim energi. Tapi Mayu sebenarnya sangat berbakat dan punya passion tinggi dalam judo. Kalau mau, ia bahkan bisa mendapatkan nilai sempurna.

Baca juga: Inilah 10 Anime dengan Tokoh Utama yang Pura-Pura Lemah

6. Ayanokoji Kiyotaka (You-Zitsu/ Classroom of the Elite)

Ayanokoji Kiyotaka (You-Zitsu Classroom of the Elite)Sumber: less-real.com

Tokoh utama dari seri “You-Zitsu” ini juga terkesan malas-malasan. Ia tak mau buang-buang energi untuk hal yang tidak penting baginya. Ayanokoji dikenal sulit berkomunikasi sehingga ia juga kesusahan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Ia terlihat penyendiri dan tampak seperti murid laki-laki yang membosankan.

Namun di balik itu semua, Ayanokoji sebenarnya memiliki pemikiran yang cukup cerdas. Otaknya mampu memikirkan cara-cara kreatif atau rencana yang brilian untuk mencapai tujuannya. Tak hanya itu, bila ia benar-benar punya niat yang lebih kuat, Ayanokoji yang ditempatkan di kelas D sebenarnya mampu berada di kelas yang lebih tinggi seperti kelas A.

7. Karma Akabane (Assassination Classroom)

10 Karakter Anime yang Malas tapi Pintar, Siapa Favoritmu? 12Sumber: kaizobi.wordpress.com

Karma Akabane merupakan salah satu penghuni kelas 3-E di anime "Assassination Classroom” yang terkenal licik dan sadis. Di sisi lain, ia tergolong tipe murid yang sangat santai, bahkan terkesan malas. Karma tidak tertarik dan tak peduli dengan hal-hal yang menurutnya membosankan, tapi Karma termasuk karakter anime berotak cerdas.

Ia ditempatkan di kelas 3-E bukan karena nilainya yang rendah, tapi karena ia membuat kekacauan demi menyelamatkan senior yang di-bully. Karma juga dengan mudah mendapatkan nilai tinggi saat ujian, tapi ia bersikeras ingin tetap di kelas 3-E dan menolak ditransfer ke gedung utama tempat 'anak-anak bermasa depan cerah'.

8. Hajime Kindaichi (The Kindaichi Case Files)

10 Karakter Anime yang Malas tapi Pintar, Siapa Favoritmu? 14Sumber: kaorinusantara.or.id

Hajime Kindaichi merupakan salah satu tokoh fiksi detektif terkenal di dunia anime. Walau masih berstatus pelajar SMA, Hajime Kindaichi memiliki otak yang sangat cerdas dan memiliki kemampuan analisis yang sangat baik. Hal ini terbukti dari seringnya ia memecahkan kasus-kasus kriminal dengan misteri dan teka-teki rumit.

Tapi bagaimanapun juga Kindaichi terkenal dengan sifatnya yang pemalas. Ia sering tidak memperhatikan pelajaran di kelas, bahkan terkenal mesum dan lebih suka membaca majalah dewasa ketimbang buku sekolah. Bagi orang yang tidak mengenalnya, Kindaichi justru lebih terlihat seperti murid yang tak punya masa depan.

9. Toshino Kyouko (Yuru Yuri)

10 Karakter Anime yang Malas tapi Pintar, Siapa Favoritmu? 16Sumber: miscellaneoushi.com

Toshino Kyouko adalah seorang gadis otaku yang penuh semangat, berjiwa bebas, dan kadang sering mengganggu orang-orang di sekitarnya meskipun sama sekali tidak berniat buruk. Di samping itu, Kyouko juga terkenal malas dalam hal pelajaran dan tak suka belajar.

Walau malas-malasan, Toshino Kyouko selalu mendapat nilai bagus dalam ujian. Ia juga sebenarnya termasuk salah satu karakter yang penuh talenta dan sangat berbakat dalam hal seni. Kyouko terkenal sebagai seniman doujinshi (karya manga/anime yang dipublikasikan secara independen), ia bahkan lebih mementingkan doujinshi ketimbang belajar.

10. Umaru Doma (Himouto! Umaru-chan)

10 Karakter Anime yang Malas tapi Pintar, Siapa Favoritmu? 18Sumber: shuffleonline.net

Sumber gambar: https://shuffleonline.net/2015/09/23/himouto-umaru-chan-too-kawaii-for-words/

Umaru digambarkan punya dua karakter yang berbeda. Saat di luar rumah, Umaru punya image sebagai gadis yang nyaris sempurna. Ia cantik, humble, dan bisa mengerjakan apapun dengan sangat baik. Selain itu, ia termasuk murid pandai di sekolah dengan nilai akademik tinggi. Namun di rumah, ia punya sifat yang bertolak belakang.

Umaru adalah otaku yang sangat pemalas. Ia menghabiskan waktu dengan makan, membaca manga, menonton anime, atau main game. Umaru juga tak pernah melakukan pekerjaan rumah tangga dan sering membuat kakaknya, Taihei, kerepotan.

Itulah kenapa ia disebut himouto yang bisa diartikan sebagai 'adik tak berguna'. Himouto merupakan gabungan antara kata 'himono-onna' (wanita yang sempurna di depan publik, tapi super malas saat di rumah) dan kata imouto (adik perempuan).

Nah, dari 10 karakter anime di atas, mana tokoh termalas tapi pintar yang jadi favoritmu? Kalau tokoh kesukaanmu belum ada di dalam daftar, tuliskan saja di kolom komentar beserta judul animenya, oke?!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram