Bacaterus / Misteri Laut / Kisah Tragis 4 Kapal Terseram dan Misterius di Dunia

Kisah Tragis 4 Kapal Terseram dan Misterius di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain kisah legenda The Flying Dutchman hingga kapal hantu SS Ourang Medan yang sangat tersohor, ada juga kisah-kisah lain yang tak kalah tragis mengenai kapal terseram dan misterius di dunia.

Nah, pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan membahas mengenai 4 kapal naas tersebut. Penasaran, kapal apa saja yang kisahnya bisa membuat kalian bergidik ngeri ? Berikut pembahasan lengkapnya.

1. SS Baychimo

baychimo kapal terseram dan misterius di dunia

* sumber: www.grunge.com

Kapal terseram dan misterius yang pertama adalah SS Baychimo. Kapal ini kabarnya dibangun di Swedia pada tahun 1914 untuk kepentingan dagang. SS Baychimo sempat berlayar selama bertahun-tahun, sebelum akhirnya mengalami musibah.

Bukan, bukan tenggelam. SS Baychimo yang sedang berlayar di dekat Kota Barrow, Alaska, terjebak di es saat badai terjadi di musim dingin pada tahun 1931 silam. Akhirnya, kru kapal terpaksa meninggalkan SS Baychimo dan mengungsi ke Kota Barrow.

Namun, setelah mereka kembali, lagi-lagi SS Baychimo ini terjebak di es. Maka dari itu, perusahaan yang menjadi pemilik kapal tersebut memutuskan untuk menjemput para awaknya.

Tapi ternyata, tak semua awak kapal SS Baychimo mau dipulangkan. Beberapa di antara mereka tetap bertahan di area tersebut dan membangun tempat tinggal sementara, dengan harapan cuaca akan membaik. Sayangnya, badai salju yang ganas menerpa wilayah itu. Dan kapal tersebut hilang.

Beberapa hari setelahnya, seorang warga dari suku Inuit yang tinggal di sekitar tempat itu mengabari sang kapten, kalau SS Baychimo telah ditemukan. Lokasi kapal tersebut berada sekitar 72 kilometer jauhnya dari lokasi terakhir.

Dan, kapal itu akhirnya ditemukan. Para awak meyakini bahwa SS Baychimo sudah tak layak beroperasi dan hanya akan tenggelam dengan sendirinya. Alhasil, mereka mengambil muatan yang tersisa di dalamnya, lalu meninggalkan kapal naas tersebut.

Setelah para kru meninggalkan kapal itu begitu saja, tak sedikit orang yang melihat SS Baychimo melintas di beberapa wilayah. Tahun 1939, kapal ini ditemukan terapung, tapi tidak ada satu pun awak kapal di dalamnya. SS Baychimo pun kabarnya sempat melintas di lepas pantai Laut Beaufort pada tahun 1962.

Selang beberapa tahun, SS Baychimo ditemukan membeku di es. Setelahnya, tak ada satu pun orang yang melihat kapal ini melintas. Hingga kini, keberadaan dari kapal yang dijuluki The Ghost Ship of The Arctic alias Kapal Hantu Arktik, tidak diketahui sama sekali.

2. Mary Celeste

mary celeste kapal terseram dan misterius di dunia

* sumber: www.grunge.com

Kapal Mary Celeste berada di urutan kedua dari daftar kapal terseram dan misterius di dunia. Kapal yang sebelumnya bernama Amazon ini berlayar menuju New York pada akhir tahun 1872 silam. Kapal yang membawa sekitar 10 orang penumpang yang terdiri dari kapten kapal, istri dan anaknya serta tujuh orang awak ini seharusnya sudah sampai di tujuan setelah satu bulan berlayar.

Namun ternyata, kapal Mary Celeste tak pernah sampai ke tujuan. Malah, kapal yang satu ini ditemukan terombang-ambing di Samudera Atlantik oleh kapal Inggris yang bernama Dei Gratia. Awak kapal Dei Gratia lalu mencoba mencari tahu keberadaan para penumpang dan hendak menyelamatkan mereka.

Sayang, ketika sampai di kapal Mary Celeste, tak ada seorang pun di dalamnya. Di sana, hanya ada bahan makanan serta barang-barang milik para penumpang dan sekoci kapalnya sudah hilang. Saat itu, lantai kapal dalam keadaan basah oleh air laut setinggi tiga kaki.

Banyak teori yang beredar mengenai alasan mengapa Mary Celeste ditinggal begitu saja oleh kapten, kru dan penumpangnya. Ada yang bilang kapalnya dibajak hingga terjadi pembunuhan dan juga pemberontakan di dalam kapal.

Berdasarkan penuturan dari Grunge, hasil investigasi tahun 2002 menyebutkan bahwa kapal Mary Celeste terpaksa ditinggalkan kapten, kru dan penumpangnya karena khawatir kapal tersebut akan tenggelam.

Mengingat adanya cuaca buruk dan hanya satu dari dua mesin pompa kapal yang berfungsi serta lantai kapal sudah dibasahi air laut. Namun, tetap saja, sampai saat ini tak ada yang mengetahui pasti kemana para kapten, kru dan penumpang Mary Celeste pergi.

3. Jenny

jenny kapal terseram dan misterius di dunia

* sumber: www.rd.com

Kapal lain yang nggak kalah misterius dan menyeramkan adalah kapal hantu Jenny. Kapal Jenny mulai berlayar di tahun 1822 dan kehilangan kontak di bulan Januari 1823 silam. Tujuh belas tahun kemudian, kapal sekunar ini ditemukan membeku di penghalang es yang ada di Selat Drake. Selat Drake sendiri berlokasi di antara perairan Amerika Selatan dan Antartika.

Kapal Jenny pertama kali ditemukan oleh kapten kapal Hope, yang merupakan kapal penangkap ikan paus atau whaling ship. Bukan hanya kapalnya saja yang ditemukan dalam kondisi mengenaskan. Kapten kapal beserta krunya pun mati membeku di kapal itu.

Menurut astonishinglegends, sebagian dari masyarakat percaya bahwa kapten kapal Hope menguburkan jenazah awak kapal, kapten dan istri serta anjing milik kapten kapal hantu Jenny. Dan sebagian lagi meyakini kalau jenazah mereka dibiarkan begitu saja dan kapten kapal Hope hanya membawa buku catatan harian kapal Jenny.

Kebenaran dari kisah kapal hantu Jenny ini sebenarnya masih dipertanyakan. Tak sedikit masyarakat yang mempercayai kisah tragisnya, namun tak sedikit pula yang menganggapnya sebagai cerita fiksi belaka.

4. Carroll A. Deering

carroll-a-deering-ship

* sumber: www.nationalparks.org

Next, ada kapal Carroll A. Deering. Sebelum mengalami peristiwa misterius yang belum terpecahkan hingga saat ini, kapal Carroll A. Deering sempat berlayar dari Newport News, Virginia ke kota Rio de Janeiro, Brazil di akhir tahun 1920 silam.

Di tengah perjalanan menuju Rio De Janeiro, tepatnya di kapten kapal yang bernama William H. Merrit jatuh sakit. Kapal Carroll A. Deering kemudian memutuskan untuk berputar balik ke  Ia dan sang putra yang ikut dalam pelayaran tersebut kemudian diturunkan di pelabuhan Lewes yang ada di Kota Lewes, Negara Bagian Delaware, Amerika Serikat.

Karena itulah, seorang pensiunan kapten kapal bernama Willis B. Wormell dipilih untuk menggantikan kapten Merritt. Mereka lalu melanjutkan perjalanan  ke Brazil dan berhasil sampai dengan selamat di Kota Rio de Janeiro.

Di bawah pimpinan Willis B. Wormell, kapal Carroll A. Deering kemudian meninggalkan Brazil untuk kemudian berhenti di Barbados dalam rangka mengisi perbekalan untuk dirinya dan awak kapal asal Skandinavia yang ikut dalam pelayaran.

Setelahnya kapal Carroll A. Deering melanjutkan pelayaran. Di tengah perjalanan mereka, seorang awak kapal Carroll. A Deering menyampaikan pesan melalui megafon pada seorang penjaga mercusuar di Cape Hatteras Lighthouse yang ada di Pulau Hatteras. Awak kapal tersebut menyampaikan bahwa jangkar dari kapal Carroll A. Deering telah hilang akibat diterjang badai.

Sang awak kapal meminta si penjaga mercusuar untuk melaporkan kejadian itu pada perusahaan pemilik kapal. Sayangnya, ia tak dapat menyampaikan pesan tersebut segera karena sinyal radio yang bermasalah.

Beberapa hari kemudian, penjaga pantai di pos penjagaan yang ada di Cape Hatteras melihat kapal kapal yang karam di area perairan dangkal Diamond Shoals yang dikenal berbahaya. Sayangnya, penyidik tak bisa datang sesegera mungkin karena faktor cuaca buruk.

Setelah kondisi cuaca dinilai membaik empat hari kemudian, para penyidik mencoba mendekati area kapal karam yang ternyata adalah kapal Carroll A. Deering. Saat itu, kapal tersebut sudah dalam kondisi kosong, ditinggalkan oleh kapten serta para awaknya.

Entah kapal tersebut memang sengaja ditinggalkan atau tidak. Yang jelas, barang-barang milik para awak kapal serta serta sekoci yang ada di kapal Carroll A. Deering menghilang. Para penyidik menemukan kemudi kapal telah rusak. Mereka juga mendapati sajian di meja makan yang tampaknya belum disentuh sama sekali oleh para awak kapal. Sepertinya, saat itu mereka sedang bersiap untuk menikmati hidangan tersebut, namun akhirnya terpaksa meninggalkan kapal secara terburu-buru,

Seperti kapal-kapal terseram dan misterius lainnya, banyak yang mengira ada pembajakan hingga pemberontakan di kapal Carroll A. Deering. Namun, semua itu belum bisa dipastikan kebenarannya. Hingga sekarang, nasib dari awak kapal Carroll A. Deering masih menjadi misteri.

Nah, itulah pembahasan tentang kapal-kapal terseram dan misterius di dunia. Gimana, sekarang jadi tahu, kan, kalau ada kapal-kapal lain yang nggak kalah menyeramkan dari The Flying Dutchman atau SS Ourang Medan?

Oh ya, kalau kamu  mengetahui informasi menarik lainnya seputar kapal hantu, atau kisah misterius tentang pelayaran yang ada di berbagai belahan dunia, silakan komen langsung di bawah, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *