Bacaterus / Kapal / 7 Kapal Perang Terbesar di Dunia yang Gagah dan Keren

7 Kapal Perang Terbesar di Dunia yang Gagah dan Keren

7 Kapal Perang Terbesar di Dunia yang Gagah dan Keren

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Januari 2019

Hampir setiap negara memiliki armada perang yang dipersiapkan untuk menjaga keamanan negara dan juga untuk mempersiapkan diri saat kondisi membutuhkan angkatan perang. Dari 3 jenis armada, darat, laut, dan udara, angkatan laut merupakan salah satu armada yang dapat diandalkan untuk membantu pertahanan sebuah negara.

Kapal perang dibutuhkan untuk menambah kekuatan angkatan laut. Fungsinya dapat bervariasi. Kapal perang dapat berfungsi sebagai pengangkut ataupun murni untuk berperang yang tentunya dilengkapi berbagai senjata berat. Karena itulah, kapal laut ini memiliki ukuran yang besar. Berikut adalah kapal perang terbesar di dunia yang gagah dan keren.

1. Izumo-Class Helicopter Destroyer

* sumber: militarymachine.com

Izumo adalah kapal perang Jepang yang menggantikan tugas dari pendahulunya, Hyuuga. Izumo pertama kali diperkenalkan ke publik pada 6 Agustus 2013. Kapal sepanjang 248 meter ini mampu melaju hingga kecepatan 30 knot (56 km/jam).

Ukurannya yang besar dapat menampung hingga 28 pesawat tempur dan juga 970 kru dan pasukan militer. Izumo juga dilengkapi dengan 5 tempat pendaratan helikopter sehingga proses pendaratan dan lepas landas dapat berjalan dengan lancar.

Kapal ini dilengkapi dengan ketapel untuk menerbangkan pesawat tempur yang mampu lepas landas pada landasan pendek atau disebut juga dengan pesawat STOVL (Short Take Off Vertical Landing).

Awalnya, pemerintah Jepang menggunakan Izumo untuk membawa Bell-Boeing V-22 Osprey dan Lockheed Martin F-35 Lightning II. Namun kemudian Izumo mendapatkan modifikasi agar mampu membawa pesawat tempur F-35B yang memiliki bobot yang lebih berat dan tenaga jet yang lebih besar.

2. Kirov-class Cruiser

* sumber: militarymachine.com

Kirov-class Cruiser dibuat pada tahun 1935 dan selesai dibangun pada tahun 1944. Kapal ini mulai beroperasi sejak tahun 1938 hingga tahun 1970 untuk pemerintah Uni Soviet. Dengan 6 mesin boiler bertenaga air dan 2 turbin uap, Kirov dapat melaju hingga 35.94 knot.

Untuk menjalankan tugasnya sebagai kapal tempur, Kirov dilengkapi dengan berbagai persenjataan, seperti senapan dengan berbagai ukuran dari kaliber 12.7 mm hingga kaliber 180 mm, torpedo berkaliber 533 mm, ranjau dan juga peledak bawah air.

Untuk membangun Kirov, pemerintah Uni Soviet tidak mampu membangunnya sendiri. Karena itu, mereka meminta bantuan negara lain untuk menambah berbagai teknologi Kirov. Sayangnya, Kirov dianggap sebagai produk gagal karena berbagai pembaruan yang dimilikinya tidak mampu memberikan keunggulan dalam perang.

Salah satu bukti kegagalannya adalah saat Kirov dikirim dalam perang Baltik, kapal ini hanya mampu menembakkan 35 peluru sebelum mengalami kerusakan sehingga harus kembali ke pangkalan Angkatan laut Uni Soviet di Liepaja untuk perbaikan.

3. Wasp-Class Amphibious Assault Ship – Landing Helicopter Dock (LHD)

* sumber: militarymachine.com

Wasp adalah sebuah kapal tempur milik Angkatan Udara Amerika yang difungsikan sebagai pengangkut kapal amfibi dan juga sebagai area pendaratan helikopter tempur. Kapal sepanjang 257 meter ini mampu melaju dengan kecepatan 22 knot atau setara dengan 41 km/jam dengan daya tempuh sejauh 17,600 km.

Sebagai kapal tempur, Wasp dapat mengangkut 1,687 pasukan dan 1004 awak. Untuk sistem persenjataan, Wasp dilengkapi dengan 4 pelontar misil, empat senapan mesin MK 38 kaliber 25 mm dan empat senapan mesin kaliber .50 BMG.

Kendaraan yang mampu diangkutnya bervariasi, sesuai dengan misi yang dijalankan. Namun kendaraan standar yang diangkut antara lain enam AV-8B Harrier II, enam F-35B Lightning II, empat helikopter penyerang AH-1W/Z Super Cobra, dua belas MV-22B Osprey, empat CH-53E Super Stallion, dan tiga atau empat helikopter UH-1Y Venom.

4. America-Class Amphibious Assault Ship

* sumber: militarymachine.com

America-Class Amphibious Assault Ship adalah kapal pengangkut yang didesain untuk menggantikan Wasp. Namun, desain kapal tempur ini justru mengikuti desain kapal tempur milik Amerika yang lain, yaitu Makin Island. Hal ini dimaksudkan agar America-Class Amphibious Assault Ship memiliki ruang lebih besar untuk menampung pesawat tempur beserta suku cadang dan amunisi, serta bahan bakarnya.

USS America dapat mengangkut 20 unit AV-8B, F-35B, atau kombinasi dari keduanya. Kapal ini juga dapat mengangkut hingga 1,687 marinir, 65 petugas, dan 994 kru. Dua turbin bertenaga gas dan dua mesin pendorong bertenaga 5,000 tenaga kuda mampu membuat USS America melaju hingga 20 knot.

5. Charles De Gaulle-Class Aircraft Carrier

* sumber: militarymachine.com

Pada tanggal 3 Februari 1986, pemerintah Perancis memesan sebuah kapal perang pada salah satu kontraktor peralatan perang Angkatan Laut, DCNS. Dengan julukan CDG, Charles de Gaulle mulai berlayar pada 7 Mei 1994.

Dengan panjang 261.5 meter, CDG dilengkapi dengan dua reaktor Areva K15, dua turbin uap Alstom, empat mesin diesel, dan dua shaft agar kapal ini mampu melaju hingga 27 knot (walau awalnya tidak secepat itu). Untuk persenjataannya, CDG memiliki empat peluncur Sylver untuk misil darat-udara, dua peluncur Sadral untuk misil jarak pendek, dan delapan kanon 20 mm.

CDG mendapatkan perbaikan secara menyeluruh pada tahun 2007. Salah satu perbaikan yang dilakukan adalah mengisi ulang daya pada pembangkit nuklirnya yang telah digunakan selama enam tahun. Pemasangan baling-baling baru juga dilakukan sehingga CDG mampu mencapai kecepatan yang sesuai dengan desain awalnya, 50 km/jam.

Perbaikan ini selesai pada 2008 dan memberikan berbagai pembaruan dan peningkatan kemampuan CDG, termasuk peningkatan armada pesawat yang diangkutnya. Kini, pesawat tempur Rafale F3 dipersenjatai dengan misil nuklir ASMP-A dan misil penjelajah SCALP EG serta saluran komunikasi satelit yang ditingkatkan sepuluh kali lipat.

6. Clemenceau-Class Aircraft Carrier

* sumber: militarymachine.com

Kapal ini pertama kali dimiliki oleh armada Angkatan Laut Perancis, sebelum akhirnya berpindah kepemilikan pada Angkatan Laut Brazil pada tahun 2007 dan berubah nama menjadi Sao Paolo. Clemenceau merupakan kapal perang pertama Perancis yang dibuat pada masa perang dunia kedua.

Clemenceau kemudian dibuat versi keduanya dan diberi nama Foch. Keduanya juga mendapatkan peningkatan peralatan dan kapasitas kapal. Hasilnya, kedua kapal ini dapat membawa sepuluh F-8FN, 15 Super Etendard dan 3 Etendard IVP, 7 Alize, serta dua Super Frelon dan dua Alouette III.

7. Indian-Modified Kiev-Class Carrier

* sumber: militarymachine.com

Vikramaditya adalah kapal tempur milik India yang dibuat dengan menghabiskan dana sebesar $2.35 miliar. Kapal ini merupakan hasil modifikasi kapal perang Rusia, Kiev, yang diberikan kepada pemerintah India.

Dari hasil modifikasinya, Vikramaditya mendapatkan delapan mesin boiler turbo, empat turbin uap, dan empat shaft. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 180,000 tenaga kuda, yang membuatnya mampu melaju dengan kecepatan lebih dari 30 knot.

Dengan ukurannya yang besar, Vikramaditya mampu mengangkut hingga 36 pesawat. Selain itu, kapal ini juga dipersenjatai dengan empat unit AK-630 CIWS dan misil darat-udara tipe Barak 1 dan Barak 8.

Itulah beberapa kapal tempur terbesar yang pernah dibuat dalam sejarah. Masih ada kapal tempur lainnya yang sama atau bahkan melebihi ukuran kapal perang yang telah disebutkan di atas. Apakah Anda pernah melihat salah satu jenis kapal terbesar di atas tadi? Atau justru ingin menambahkan informasi lainnya seputar kapal terbesar di dunia? Silakan berbagi di kolom komentar, ya.

Dan bagi Anda yang masih tertarik dengan dunia perkapalan, kami juga masih punya sejumlah informasi menarik soal kapal. Namun kali ini, Bacaterus membahas seputar kapal pesiar yang super mewah dalam artikel 10 Kapal Termahal di Dunia. Siapa tahu Anda tertarik untuk berlayar dengan kesepuluh kapal termahal tersebut.

[sharethis-inline-buttons]

Tinggalkan komentar