Bacaterus / FYI / 10 Kampus Terluas di Indonesia, Ada Kampusmu di Daftar Ini?

10 Kampus Terluas di Indonesia, Ada Kampusmu di Daftar Ini?

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Februari 2019

Berkuliah di universitas yang bergengsi tentu bisa menjadi kebanggaan bagi diri sendiri. Apalagi jika universitas tersebut benar-benar luas dan menyediakan banyak pilihan jurusan, tentu saja kita semakin bangga pernah menjadi bagian dari universitas tersebut.

Semakin banyak pilihan jurusan yang tersedia dalam sebuah universitas, tentu semakin luas pula kampusnya. Bagi kamu yang penasaran dengan kampus terluas di Indonesia, Bacaterus akan memberikan daftar perguruan tinggi yang bangunan dan lingkungannya paling luas setanah air. Yuk, baca ulasan selengkapnya dan siapa tahu kamu menemukan kampusmu di daftar ini.

10 Kampus Terluas di Indonesia

1. Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya Kampus Terluas di Indonesia

Kampus terluas di Indonesia yang pertama adalah Universitas Sriwijaya yang letaknya berada di Palembang. Universitas Sriwijaya (UNSRI) adalah perguruan tinggi negeri bergengsi di Sumatera Selatan. Ada 10 fakultas yang tersedia di perguruan tinggi ini, salah satu yang menjadi incaran calon mahasiswa baru adalah fakultas kedokteran dan fakultas ekonomi.

UNSRI memiliki kampus yang luas karena menempati tanah seluas 712 Ha. Mengingat wilayah UNSRI sangat luas, maka universitas ini dinobatkan sebagai kampus paling luas se-Indonesia. Perguruan tinggi yang satu ini memang sangat terkenal. Bahkan, mahasiswa dari luar Palembang pun saling berebut tempat untuk dapat kuliah di Universitas Sriwijaya.

2. Universitas Riau

Universitas Riau

* sumber: gadiansoma.wordpress.com

Masih di Sumatera, kali ini kita akan berjalan-jalan ke kampus terluas di Indonesia yang kedua, yaitu Universitas Riau. Perguruan tinggi ini menyediakan program studi S1, magister, sampai dengan studi S3. Yang menarik, Universitas Riau turut menyediakan fakultas perikanan dan kelautan.

Meskipun tidak terlalu banyak, pilihan fakultas yang ditawarkan di Universitas Riau cukup bergengsi. Hal ini terbukti dari beberapa fakultas yang disediakan universitas ini, seperti pertanian, keperawatan, sampai dengan kedokteran. Adapun Universitas Riau menempati lahan seluas 700 Ha. Dengan kampus seluas ini kamu pasti harus mengeluarkan sedikit tenaga jika ingin berjalan-jalan menyusuri setiap sudut kampus ini.

3. Universitas Andalas

Universitas Andalas

Kampus terluas di Indonesia yang ketiga juga masih berada di Sumatera, kali ini adalah Universitas Andalas yang berada di Kota Padang. Perguruan tinggi ini juga merupakan yang tertua di luar Pulau Jawa. Peresmian Universitas Andalas dilakukan tahun 1955 oleh Mohammad Hatta.

Sebagai salah satu universitas tertua di Indonesia, Andalas juga memiliki program studi yang cukup lengkap, mulai dari pertanian, kedokteran, kedokteran gigi, ilmu budaya, ilmu sosial dan politik, sampai dengan peternakan. Selain itu, Universitas Andalas juga menyediakan program profesi dan pascasarjana.

Disebut sebagai kampus terluas karena perguruan tinggi ini memiliki luas wilayah 502 Ha. Konon, Universitas Andalas merupakan saingan terberat Universitas Sumatera Utara (USU) yang juga tak kalah populer.

4. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara

* sumber: www.en.netralnews.com

Kalau bicara soal perguruan tinggi paling populer di Sumatera, Universitas Sumatera Utara (USU) adalah jawaban yang tepat. Perguruan tinggi ini selalu menjadi tujuan bagi siswa-siswi SMA yang ingin melanjutkan studinya di perguruan tinggi. Tak tanggung-tanggung, peserta ujian masuk USU tidak hanya berasal dari Medan saja, tapi juga wilayah lain di Sumatera.

USU menyediakan beberapa fakultas, seperti ekonomi dan bisnis, pertanian, hukum, farmasi, ilmu budaya, kedokteran, kehutanan, dan masih banyak lagi. Luas kampus USU di Padang Bulan adalah 116 Ha, sedangkan kampus USU di Kwala Bekala luasnya 300 Ha. Jika kedua kampus digabungkan maka luasnya bisa mencapai 416 Ha.

5. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

* sumber: gilangbiantara.com

Kalau ditanya mengenai kampus paling “hijau” se-Indonesia, mungkin Universitas Indonesia adalah jawaban yang paling tepat. Kampus bergengsi yang terletak di Depok, Jawa Barat ini memiliki magnet yang dapat menarik setiap calon mahasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi favorit ini.

Universitas Indonesia menempati lahan seluas 320 Ha. Namun, tidak semua lahannya digunakan sebagai bangunan kampus. 75 persen lahan Universitas Indonesia digunakan sebagi hutan kota dan delapan buah danau alam. 25 persen dari luasnya dimanfaatkan untuk bangunan perguruan tinggi negeri ini.

6. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu dari sekian banyak kampus terluas di Indonesia. Banyaknya program studi yang tersedia di UGM membuat perguruan tinggi ini harus memiliki lahan yang luas untuk membangun fasilitas untuk setiap fakultas.

Perguruan tinggi yang berlokasi di Yogyakarta ini memang sangat terkenal. Popularitas UGM menarik minat calon mahasiswa dari dalam maupun luar Pulau Jawa. Tak heran jika ujian seleksi masuk ke UGM cukup sulit. UGM memiliki kurang lebih 670 gedung. Luas wilayah perguruan tinggi ini mencapai 740.000 meter persegi. Dengan luas tersebut, tak heran jika UGM dinobatkan menjadi salah satu kampus terluas.

7. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga

Berada di Kota Surabaya, Universitas Airlangga (UNAIR) juga merupakan perguruan tinggi favorit di Indonesia. Mahasiswa UNAIR bukan berasal dari Surabaya saja, melainkan dari wilayah-wilayah lain di dalam maupun luar Pulau Jawa.

Program studi pendidikan yang disediakan UNAIR memang cukup lengkap, mulai dari kedokteran, farmasi, kedokteran gigi, kedokteran hewan, hukum, perikanan dan kelautan, dan masih banyak lagi. Untuk memberikan program studi dan fasilitas yang mumpuni, UNAIR berdiri di lahan seluas 650.308 meter persegi.

8. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung

* sumber: www.itb.ac.id

Satu lagi kampus terluas di Indonesia yang berada di Bandung. Institut Teknologi Bandung ini memang sangat terkenal. Perguruan tinggi teknologi tertua di Indonesia ini memiliki dua kampus, satu di Bandung dan satu lagi di Jatinangor.

Meskipun dikenal sebagai perguruan tinggi teknologi, ITB juga menyediakan program sarjana lain di luar ilmu teknologi, seperti matematika dan ilmu pengetahuan alam, seni rupa dan desain, bisnis dan manajemen, arsitektur, dan farmasi. Luas lahan yang ditempati ITB adalah 286.830 meter persegi. Walaupun luasnya tidak mencapai hitungan hektar, tapi luas kampus ITB bisa membuatmu capek jika harus mengelilinginya.

9. Universitas Negeri Manado

Universitas Negeri Manado

* sumber: ignasiusbagus.blogspot.com

Yang satu ini adalah perguruan tinggi terluas yang lokasinya berada di Sulawesi Utara. Universitas Negeri Manado sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi tertua karena diresmikan pada tanggal 22 September 1955. Luas lahan Universitas Negeri Manado adalah 270 Ha. Kampusnya sendiri berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut sehingga udara di kampus ini benar-benar sejuk.

10. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor adalah kampus favorit di Indonesia. Banyak orang yang ingin berkuliah di perguruan tinggi yang satu ini. Namun, seleksi mahasiswa masuk IPB juga terbilang cukup ketat.

IPB berdiri di lahan seluas 250 Ha. Meskipun dikenal sebagai perguruan tinggi pertanian, IPB juga menyediakan beragam program studi sarjana, seperti kedokteran hewan, perikanan dan ilmu kelautan, peternakan, kehutanan, serta ekonomi dan manajemen.

10 kampus terluas di Indonesia ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Apakah kampusmu ada di daftar ini? Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya! Baca juga artikel mengenai kampus terseram di Indonesia dengan segudang mitos dan cerita mistisnya yang bikin bulu kudukmu merinding.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

8 pemikiran pada “10 Kampus Terluas di Indonesia, Ada Kampusmu di Daftar Ini?”

  1. maaf min kampus ITERA 275 Hektare. nambahin aja hehe

  2. Universitas palangkaraya 5000 hektar min

    • Terima kasih atas infonya. 👍🏻

Tinggalkan komentar