Bacaterus / Peralatan Bayi / 10 Ide Kado untuk Kelahiran Bayi yang Bagus dan Bermanfaat

10 Ide Kado untuk Kelahiran Bayi yang Bagus dan Bermanfaat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kelahiran seorang bayi merupakan momen yang sangat istimewa. Bukan hanya bagi sang ibu, kebahagiaan juga ikut dirasakan oleh keluarga, saudara, dan juga sahabat terdekat.

Ketika kita mendapatkan kabar kelahiran dari salah satu kerabat, hal yang biasa kita pikirkan pertama kali adalah mencari kado yang pantas untuk kita berikan saat mengunjunginya. Ya, memberikan kado saat menjenguk bayi baru lahir, memang telah menjadi tradisi yang tidak boleh dilewatkan. Kita pun mulai memutar otak agar tidak salah dalam memilih kado.

Banyaknya keperluan ibu dan bayi yang beraneka ragam, sering membuat kita kebingungan dalam memilih. Maka dari itu, apabila memungkinkan, ada baiknya jika kita menanyakan terlebih dulu hal apa saja yang kiranya sedang diinginkan atau dibutuhkan oleh ibu dan bayi agar kado yang kita berikan tidak sia-sia.

Selain itu, beberapa hal yang harus kita pertimbangkan dalam memilih kado kelahiran antara lain adalah budget keuangan, jenis kelamin bayi, pilihan bahan, warna dan ukuran, fungsi, serta manfaat dari kado itu sendiri. Cukup membingungkan, bukan? Tapi tidak perlu khawatir! Berikut ini Bacaterus merekomendasikan 10 kado untuk kelahiran bayi yang bagus dan bermanfaat

10 Ide Kado untuk Kelahiran Bayi

1. Perlengkapan Tidur

Perlengkapan Tidur

* sumber: www.videoblocks.com

 

Pada masa awal kelahirannya, bayi akan lebih banyak tidur dan hanya sesekali terbangun karena lapar atau buang air. Karena sebagian besar waktunya dihabiskan di tempat tidur, maka tidak salah jika kita memilih untuk memberikan perlengkapan tidur bayi seperti kasur, selimut, bantal guling, ataupun boneka.

Jika telah memutuskan untuk memberikan perlengkapan tidur, selanjutnya yang harus kita perhatikan adalah kualitas dan bahan yang digunakan. Mengingat kenyamanan tidur bayi sangat penting, kita jangan hanya terpaku pada motif yang lucu, tetapi pastikan material bahannya lembut, tidak kaku, dan juga tidak panas.

2. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan Mandi

* sumber: health.clevelandclinic.org

Memandikan bayi setiap hari sangat penting untuk menjaga kulitnya agar selalu bersih dan sehat. Sehingga bayi pun membutuhkan perlengkapan mandi tersendiri, mulai dari handuk, shampo, sabun, bedak, body lotion, dan lain sebagainya yang diperlukan untuk merawat kulitnya agar terhindar dari iritasi.

Kita bisa memilih untuk memberikan salah satunya atau bahkan semuanya sekaligus. Sekarang ini sudah banyak produk perlengkapan mandi bayi yang dikemas dalam bentuk paket lengkap atau gift box, baik ukuran kecil maupun besar. Selain kemasan yang lebih menarik, harganya pun terhitung lebih hemat dibanding jika kita membelinya secara satuan.

Selain itu, jika tidak kerepotan, opsi lain yang bisa kita pertimbangkan adalah memberikan bath tub khusus bayi.

3. Pakaian Bayi

Pakaian Bayi

* sumber: www.aliexpress.com

Menghadiahi pakaian bayi adalah pilihan yang tidak pernah salah. Warna dan model baju bayi yang lucu dan menggemaskan, membuat ibu tidak akan keberatan dengan bertambahnya koleksi pakaian si kecil, baik itu pakaian untuk dipakai sehari-hari maupun untuk bepergian.

Selain bahan yang lembut, menentukan ukuran pakaian yang tepat juga tidak kalah penting. Sebaiknya pilihlah satu ukuran yang lebih besar daripada ukuran yang digunakannya saat ini. Hal ini penting dikarenakan pertumbuhan berat badan bayi yang lumayan cepat setiap bulannya, dan agar pakaian yang kita berikan dapat digunakan untuk waktu yang cukup lama.

Setelah mengetahui ukuran yang pas, kita tinggal memilih warna dan motif pakaian sesuai dengan jenis kelamin bayi.

4. Sepatu dan Aksesoris

Sepatu dan Aksesoris

* sumber: id.aliexpress.com

Sebagai pelengkap pakaian, alternatif lain yang bisa kita hadiahkan antara lain adalah sepatu, kaos kaki, dan aksesoris kepala, seperti topi atau bandana. Sama halnya dalam memilih pakaian, kita juga harus memastikan ukuran sepatu dan aksesoris yang dipilih agar cocok dengan usia bayi. Setelahnya, barulah kita bisa mulai menyeleksi berdasarkan warna, model, dan motif yang disesuaikan dengan jenis kelamin bayi.

5. Peralatan Makan Bayi

Peralatan Makan Bayi

* sumber: www.potterybarnkids.ca

Saat usianya menginjak 6 bulan ke atas, bayi baru mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Meskipun demikian, tidak ada salahnya memberikan perlengkapan makan bayi sebagai kado kelahiran

Satu set perlengkapan makan yang terdiri dari piring, mangkuk, gelas, sendok, dan garpu dengan warna dan motif yang serasi akan membuat aktivitas makan si bayi menjadi lebih menyenangkan.

Pastikan tulisan BPA Free tertera dalam kemasan produk yang kita pilih. BPA Free sendiri merupakan tanda bahwa produk tersebut terbebas dari bahan bisphenol-A atau sejenis zat kimia sintetis yang biasa digunakan pada beragam produk, salah satunya botol susu dan alat makan bayi. Setelah memastikan hal tersebut, selanjutnya tinggal menyesuaikan dengan budget yang kita miliki.

6. Perlengkapan Bepergian

Perlengkapan Bepergian

* sumber: www.morningmacchiatos.com

Bepergian bersama bayi memang lumayan merepotkan. Banyak hal yang harus dipersiapkan agar selama perjalanan si ibu tetap nyaman bersama si kecil. Tas besar berisi keperluan bayi, stroller, dan gendongan bayi akan selalu menjadi hal yang wajib untuk dibawa ketika jalan-jalan atau traveling bersama bayi. Untuk itu, kita bisa menjadikan salah satu perlengkapan bepergian sebagai alternatif kado yang bisa kita berikan.

7. Mainan

Mainan

* sumber: borgarbokasafn.is

Tumbuh kembang bayi dari hari ke hari semakin cepat saja. Ia pun mulai menunjukkan banyak keahlian seperti duduk, merangkak, berdiri, dan mulai berbicara serta berjalan. Alangkah baiknya jika fase pertumbuhan ini kita tunjang dengan mainan edukatif yang dapat membantu mengasah kemampuannya.

Warna-warni yang cerah, mengeluarkan bunyi atau suara, serta tekstur dan bentuk yang unik, kira-kira seperti itulah jenis mainan yang cocok dan aman kita berikan untuk bayi. Rattle stick, boneka jari, atau kotak musik adalah beberapa di antara pilihannya. Selain untuk bermain, mainan edukatif ini, dalam waktu bersamaan juga berfungsi melatih kepekaan panca inderanya.

8. Baby Bouncer

Baby Bouncer

* sumber: mommyasia.id

Layaknya kursi goyang, baby bouncer merupakan tempat duduk atau tempat tidur bayi yang bisa diayun-ayun. Saat ini keberadaannya sedang populer di kalangan para ibu karena fungsinya yang dapat mengayun-ayun bayi sehingga ibu yang sedang kelelahan dapat istirahat sejenak dari tugasnya menggendong bayi.

Oleh sebab itu, tidak heran barang ini semakin laku di pasaran dan sering sekali dijadikan sebagai kado kelahiran. Bingung cari baby bouncer? Langsung kunjungi Bukalapak di link ini untuk menemukan baby bouncer yang berkualitas.

9. Peralatan Meng-ASI-hi

Peralatan Meng-ASI-hi

* sumber: www.consumerreports.org

Khususnya bagi ibu bekerja, memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan memang tidak mudah. Dengan cuti melahirkan yang hanya tiga bulan saja, membuat ibu tidak mempunyai pilihan, selain memberikan ASI perah atau ASIP untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayinya selama ditinggalkan bekerja.

Produksi ASIP itu sendiri memerlukan beberapa alat penunjang yang terdiri dari breastpump atau alat pompa ASI, botol ASIP, apron menyusui, cooler bag, penghangat susu, dan juga alat steril botol.

Kado yang berisi peralatan untuk memompa ASI sangat cocok kita berikan kepada ibu yang bekerja. Jika dirasa harganya terlalu mahal untuk kita beli sendirian, maka kita dapat mengajak teman-teman yang lain untuk patungan sehingga tetap terasa ringan di kantong kita.

10. Uang

* sumber: labelshabel.com

Seperti halnya hadiah pernikahan, memberikan “amplop” atau sejumlah uang masih menjadi hal yang biasa dilakukan di masyarakat kita. Jangan merasa canggung untuk memberikannya, karena justru terkadang memberikan uang dapat lebih bermanfaat karena si ibu bisa membeli langsung apa yang benar-benar ia butuhkan dengan uang yang kita berikan.

Demikian 10 rekomendasi kado untuk kelahiran bayi versi bacaterus. Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan kado apa yang akan Anda berikan? Apapun pilihan Anda, yang terpenting adalah niat baik dan ketulusan Anda yang akan dituangkan melalui sebuah kado. Semoga bermanfaat, dan selamat belanja!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *