Bacaterus / Sekolah / 10 Ide Kado Sederhana untuk Guru yang Bagus dan Berkesan

10 Ide Kado Sederhana untuk Guru yang Bagus dan Berkesan

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juli 2019

Selain keluarga, pasangan, dan teman, ada satu lagi yang lebih dari sekadar layak untuk diberi kado, yakni guru kita. Tanpa mereka kita nggak akan jadi seperti sekarang ini. Kalau memang mampu, kenapa kita nggak membahagiakan beliau dengan sebuah kado?

Itu bisa jadi sebuah ungkapan kalau kita berterima kasih atas semua ilmu yang telah diberikan. Meskipun beliau nggak pernah meminta, meskipun hadiah yang kita berikan pasti nggak cukup mengganti ilmu yang beliau berikan.

Urusan kado memang susah-susah gampang. Kadang kita nggak punya pilihan untuk memilih, kadang pula kita terlalu banyak pilihan sampai bingung untuk memilih. Sudah pasti kita ingin yang terbaik sebagaimana beliau yang selalu memberikan yang terbaik.

Untuk itulah artikel ini ditulis. Harapannya supaya kamu yang ingin mempersembahkan kado untuk sang guru mendapatkan bahan pertimbangan ketika memilih. Perlu diingat kalau kado itu nggak harus sesuatu yang mewah dan mahal. Cukup hal-hal sederhana tetapi punya makna meskipun harganya murah meriah. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

10 Kado Sederhana untuk Guru

1. Album Kenangan

Album Kenangan

Waktu perpisahan sekolah biasanya suka dibuat buku tahunan sebagai bentuk kenang-kenangan bagi mereka yang akan lulus. Seorang teman mengusulkan untuk membuat sesuatu yang serupa dengan itu tetapi khusus untuk teman sekelas dan guru yang mengajar.

Kamu berlomba-lomba mengumpulkan bahan untuk digabungkan menjadi sebuah album kenangan. Ada foto-foto, tulisan, nggak lupa ucapan terima kasih atas segala ilmu yang telah diberikan. Hasil akhirnya menyerupai sebuah majalah.

Kamu bisa membuat ini dengan teman-teman sekelasmu. Atau kalau kamu ingin menjadikan ini sebagai proyek pribadi, misalnya karena guru yang ingin kamu beri kado adalah guru privat, kamu bisa membuat album kenangan sendiri. Manfaatkan yang ada di rumah, lalu buatlah kliping atau scrapbook. Ini akan menjadi kado tak terlupakan untuk gurumu.

2. Kain

* sumber: unsplash.com

Guru-guru biasanya berpakaian formal. Untuk itu, mereka pasti membutuhkan banyak pakaian formal. Kain bisa menjadi pilihan untuk dijadikan kado, biasanya batik, atau jenis kain lainnya yang sekiranya akan disukai gurumu.

Kamu pasti tahu dari apa yang beliau pakai sewaktu mengajar, jenis kain seperti apa yang dia sukai. Dengan memberikan kain, beliau bisa menentukan sendiri akan dijahit dengan model seperti apa. Kamu juga nggak perlu menebak ukuran, nggak perlu khawatir kekecilan atau kebesaran.

Sebenarnya ini sudah menjadi kado yang sangat umum. Seorang guru pernah bilang kalau setiap kenaikan kelas selalu ada orang tua murid yang memberinya kain. Tentu saja beliau senang sekali menerima kado sejenis itu karena sangat bermanfaat bagi beliau. Jadi, kado yang kamu berikan nggak akan sia-sia. Jangan bingung cari kain untuk guru, karena kamu bisa membelinya di Bukalapak lewat link ini.

3. Karikatur

* sumber: unsplash.com

Biasanya souvenir semacam ini diberikan kepada teman yang lulus kuliah. Mungkin kamu sering melihat temanmu yang wisuda diberi kado karikatur yang lucu. Ada banyak pilihan media yang bisa kamu pilih, digital, manual, sampai cetak tiga dimensi.

Nggak ada salahnya kalau kamu memberikan ini untuk gurumu. Jangan lupa sertakan ucapan terima kasihmu di dalamnya. Kado sejenis ini pasti akan dipajang di rumahnya. Jadi, kado yang kamu berikan akan meninggalkan kesan. Beliau akan mengingat kamu melalui kado yang kamu berikan.

4. Buku Jurnal

* sumber: unsplash.com

Seorang guru biasanya banyak mencatat. Pilihan yang tepat kalau kamu memberi kado berupa buku jurnal. Itu akan bermanfaat untuk menunjang kegiatan sehari-hari beliau. Buku jurnal juga nggak sulit dicari dan harganya pun terjangkau. Kamu bisa beli buku jurnal yang bagus dan sederhana di Bukalapak lewat link ini.

Atau, kamu bisa juga membelinya di toko buku atau toko alat tulis kantor. Kalau kamu ingin lebih spesial kamu bisa memesan khusus sehingga kamu bisa merancang sendiri kovernya, entah itu menghiasinya dengan tulisan atau ilustrasi yang berkesan. Ada banyak penjual yang menyediakan opsi ini. Kamu bisa mencarinya dengan mudah di internet.

5. Tempat Pensil

* sumber: unsplash.com

Guru mana yang nggak butuh tempat pensil? Sudah pasti akan sangat berguna kalau kamu memberi kado tempat pensil. Selain nggak mahal, tempat pensil juga pasti digunakan setiap hari. Kalau pergi ke toko buku, kamu bisa menemukan banyak pilihan. Atau, kalau nggak mau repot, bisa kunjungi Bukalapak di link ini.

Kalau ingin lebih spesial, kamu juga bisa memilih untuk membeli tempat pensil yang dikustomisasi. Misalnya yang terbuat dari kulit asli lalu ditambahkan dengan satu atau dua kalimat yang dibuat menggunakan laser, entah itu kalimat motivasi, atau ucapan terima kasih darimu. Menambahkan nama atau inisial? Bisa.

6. Saputangan

Kamu mungkin sering melihat banyak guru yang suka membawa saputangan di saku belakang celananya, atau kemejanya. Nah, kalau begitu, kamu juga bisa memberikannya sapu tangan, yang pastinya akan sering digunakan oleh gurumu.

Selain berguna untuk kehidupan sehari-hari, saputangan juga sangat terjangkau. Kamu bisa menambahkan tulisan atau nama gurumu pada saputangan itu menggunakan teknik bordir. Mudah dijumpai di pusat perbelanjaan toko daring seperti Bukalapak di link ini.

7. Buku

* sumber: unsplash.com

Pilihan kado yang satu ini nggak akan gagal. Umumnya guru-guru itu senang membaca. Namun susahnya adalah menebak selera bacaan beliau. Kalau kamu kebetulan sering mengobrol soal buku, mungkin kamu bisa menebak buku apa yang disukai beliau.

8. Tempat Minum

* sumber: unsplash.com

Harganya masih terjangkau dan sudah pasti akan sangat berguna. Gunakan kreativitasmu untuk memilih modelnya. Apakah beliau suka yang elegan? Atau lebih suka yang bergambar karakter lucu? Kalau kamu cukup akrab dengan gurumu, kamu pasti bisa menebaknya.

Tempat minum banyak pilihannya dan nggak susah dicari. Kamu bisa membelinya di mall atau melalui toko daring seperti Bukalapak di link ini. Kalau ingin pesan secara khusus juga ada banyak penjual yang bisa menerima pesanan di internet. Kamu bisa menambahkan tulisan, inisial, bahkan mencetak foto sekalipun di tempat minum itu.

9. Slideshow

Slideshow

* sumber: unsplash.com

Kalau kamu cukup kreatif, kamu juga bisa memberi kado dalam bentuk digital. Misalnya, mengumpulkan foto-foto kegiatan belajar mengajar menjadi sebuah slideshow. Kalau kebetulan punya potongan video dan kamu punya kemampuan mengedit, kamu juga bisa menyertakannya. Anggap saja kamu adalah seorang sutradara film dokumenter.

10. Tanaman Hias

* sumber: unsplash.com

Kalau kamu ingin sesuatu yang bisa menjadi simbol, tanaman hias boleh menjadi pilihan. Selain indah, memberi kado tanaman hias juga menyampaikan pesan yang kuat. Tentang proses, dari sesuatu yang belum menjadi apa-apa sampai tumbuh mekar menjadi sesuatu yang indah di kemudian hari.

Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa kamu pilih. Sesuaikan saja dengan kantongmu. Beliau pasti akan senang karena kemungkinan besar kado darimu berbeda dengan kado yang diberikan murid lain. Silakan cari tanaman hias yang cocok untuk gurumu di Bukalapak lewat link ini.

Dari beberapa rekomendasi di atas, adakah yang sekiranya cocok untuk gurumu? Atau, kalau kamu punya rekomendasi tambahan yang mau dibagikan untuk para pembaca, sangat dipersilakan. Berbagi itu memang kewajiban manusia.

Satu hal yang perlu diingat bahwa, beliau nggak akan peduli pada harganya. Apapun yang kamu berikan pasti akan bermakna karena pemberianmu dari bentuk dari sebuah ketulusan. Rasa terima kasih untuk ilmu yang telah diberikan.

Jadi, jangan takut apalagi malu ya! Apapun kado yang kamu berikan akan membuat beliau bahagia, kok. Beliau akan mengingat ketulusanmu untuk waktu yang sangat lama, sebagaimana kamu yang akan selalu membawa ilmu yang telah diajarkannya.

Nah, bagi kamu yang punya teman, saudara, atau bahkan anak perempuan yang akan berulang tahun, kamu juga perlu menyiapkan kado spesial, dong. Bingung memilih kado yang bagus? Jangan khawatir, kamu bisa baca artikel 10 Kado untuk Anak Perempuan yang sederhana namun disukai oleh anak perempuan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar