Bacaterus / Parenting / 6 Ide Kado Kekinian untuk Anak Perempuan Usia Sekolah Dasar

6 Ide Kado Kekinian untuk Anak Perempuan Usia Sekolah Dasar

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2019

Semakin dekat menuju hari ulang tahun anak, para orang tua pasti sudah bersiap-siap untuk membeli kado spesial untuk si buah hati. Khususnya untuk anak perempuan, banyak sekali pilihan hadiah yang bisa Anda berikan, seperti boneka, mainan, sepatu, hingga gaun princess.

Namun, ketika anak sudah memasuki usia sekolah dasar, tentunya minat dan hal yang disenanginya mulai berubah dan berbeda dari pada saat usia mereka masih balita. Mainan masak-masakan yang dulu jadi favoritnya, kini sudah mulai membosankan dan diabaikannya.

Apalagi di zaman yang serba online seperti sekarang ini, banyak trend baru yang sedang happening di kalangan anak-anak seusia mereka. Maka dari itu, Anda pun tidak boleh ketinggalan informasi terbaru agar kado ulang tahun yang Anda berikan tidak ketinggalan zaman.

Lalu, apa saja sih kado untuk anak perempuan usia SD yang kekinian? Agar Anda tidak salah pilih, mari simak selengkapnya rekomendasi yang telah Bacaterus siapkan.

10 Kado untuk Anak Perempuan

1. Perayaan Ulang Tahun

* sumber: happybirthdayworld.net

Berapa pun usia anak Anda, merayakan ulang tahun akan selalu jadi momen yang tidak tergantikan. Apalagi setelah memasuki sekolah dasar, anak tentu memiliki lebih banyak teman dan sering menghabiskan waktu bermain dan belajar bersama.

Anda bisa bayangkan betapa gembiranya ia ketika dapat meniup lilin dan bernyanyi bertepuk tangan bersama teman-temannya di hari ulang tahunnya. Jika sebuah pesta meriah terlalu menguras isi tabungan Anda, buatlah perayaan sederhana dengan membawa kue ulang tahun dan bagikan bingkisan pada teman-temannya selepas kelas usai. Anak senang, Anda pun senang.

2. Jalan-jalan

 

* sumber: www.parents.com

Liburan atau jalan-jalan adalah salah satu alternatif hadiah yang pasti disukai anak-anak. Rasa ingin tahu mereka yang besar memang baiknya Anda salurkan dengan mengajaknya menjelajahi tempat baru. Pilihan tempatnya bisa apa saja. Anda tentu lebih paham tempat seperti apa yang disenangi dan cocok untuk anak Anda.

Selain ke tempat-tempat yang berbau alam seperti gunung atau pantai, Anda juga bisa membawanya ke wahana permainan, kolam renang, dan juga kafe-kafe bertema lucu yang instagramable. Bukan sekedar kado ulang tahun biasa, dengan liburan atau jalan-jalan bersama keluarga juga dapat mempererat kasih sayang antara anak dan orang tua.

3. Mainan

Meskipun telah memakai seragam merah putih, namun hakikatnya mereka tetaplah anak-anak yang senang bermain. Maka itu, mainan adalah kado mutlak yang ditunggu-tunggu oleh anak. Namun, perbedaannya adalah jenis mainan yang disukai anak masa kini tentunya berbeda dengan zaman ketika Anda kecil dulu. Beberapa mainan yang populer di kalangan anak perempuan saat ini, dan mungkin baru Anda kenal, di antaranya adalah:

  • Slime

* sumber: isupermetro.blogspot.com

Ramai dibicarakan sejak beberapa tahun terakhir, mainan slime ini lebih mirip seperti lendir kental dan kenyal. Karena berbahan dasar lem, maka tidak heran jika slime juga bertekstur lembut dan terasa sedikit lengket.

Dengan warna-warni yang beraneka ragam, cara memainkan slime sebenarnya terbilang sangat sederhana, yaitu cukup ditekan, diremas, dan dibentuk sesuka hati.

Makanya tidak heran jika mainan ini cepat sekali digandrungi dan menjadi viral di kalangan anak-anak. Alasannya tidak lain karena mudahnya bahan baku untuk membuat slime, dan juga banyaknya tutorial cara membuat slime yang tersebar cepat melalui platform youtube.

Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa menghadiahkan slime yang sudah siap pakai, ataupun satu paket perlengkapan membuat slime atau biasa disebut dengan Slime Kit. Anda bisa dapatkan slime juga secara online melalui Bukalapak lewat link ini.

  • Squishy

* sumber: www.bukalapak.com

Dimainkan dengan cara diremas-remas, squishy merupakan mainan yang terbuat dari sejenis spons yang elastis. Sehingga apabila digenggam atau ditekan, benda ini akan tetap kembali ke bentuk awalnya. Bisa dibilang, semakin elastis squishy tersebut, maka semakin mahal pula harga jualnya.

Berbagai macam rupa squishy yang sangat lucu, membuat anak perempuan senang dan tertarik untuk mengoleksinya, mulai dari bentuk karakter tokoh kartun, makanan, buah-buahan, hingga binatang, dan masih banyak lagi.

Dengan kisaran harga mulai dari puluhan hingga ratusan ribu, Anda bisa memberikan karakter squishy yang belum ia miliki sebagai kado ulang tahunnya. Anak Anda pasti gembira ketika koleksi squishy-nya bertambah banyak. Beli berbagai macam squishy imut di Bukalapak melalui link ini.

  • LOL Surprise

* sumber: www.youtube.com

 

Mainan yang berbentuk seperti bola ini, terdiri dari beberapa lapisan kemasan. Uniknya, ketika setiap lapisannya dibuka, selalu ada kejutan di dalamnya. Mungkin itulah alasan kenapa mainan ini dinamai LOL Surprise.

Kejutan yang tersembunyi dalam lapisan tersebut dapat berupa boneka berukuran kecil atau disebut boneka LOL, ataupun aksesoris boneka seperti tas, sepatu, kacamata atau botol susu. Lucunya lagi, boneka LOL ini juga bisa menangis, muntah, bahkan buang air kecil.

Banyaknya vlogger dan selebgram yang membuat video unboxing mainan ini, membuat LOL Surprise langsung naik daun dan menjadi mainan yang banyak dikoleksi anak-anak. Sayangnya, harga mainan ini tergolong cukup mahal yaitu berkisar antara 300 ribu sampai 500 ribu rupiah per satu buah. Bahkan untuk LOL Surprise edisi tertentu harganya mampu mencapai kurang lebih 2 juta rupiah.

Namun, dikarenakan banyaknya permintaan, maka jangan kaget jika Anda menemukan replika mainan sejenis ini yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Temukan mainan LOL Surprise di Bukalapak lewat link ini.

4. Outfit of The Day atau OOTD

* sumber: sk.pinterest.com

 

Sebagai bagian dari generasi “anak zaman now” atau kekinian, mereka sudah lebih peka terhadap gaya berpakaian atau biasa disingkat OOTD (Outfit of the day). Keserasian antara pakaian, tas, dan sepatu sudah mulai mereka perhatikan.

Supaya OOTD yang Anda hadiahkan sesuai dengan kesukaannya, sebaiknya Anda mengajaknya untuk memilih langsung baju, tas, dan sepatu yang diinginkannya. Hal ini penting, karena anak sudah memiliki trend fashion sendiri.

Contohnya saja di tahun ini, sedang ramai sekali tas dengan glitter yang bertema unicorn dan untuk model baju yang sedang hits saat ini adalah jaket dengan tudung atau “hoodie”, dan trend ini akan terus berubah seiring waktu. Maka dari itu, penting sekali untuk melibatkan peran anak dalam memilih.

5. Sepeda

* sumber: www.sustrans.org.uk

Tinggi badan anak yang semakin tinggi dari tahun ke tahun membuat sepeda yang Anda belikan, ketika ia masih di bangku taman kanak-kanak, tentu sudah terlalu kecil. Selain melatih kembali gerak motoriknya, sepeda baru di hari ulang tahunnya juga akan membuatnya kembali antusias untuk mengayuh pedal sepedanya.

6. Gadget

* sumber: clicktek.co.za

Opsi selanjutnya adalah gadget. Keberadaan gadget saat ini memang sudah lumrah bagi anak-anak. Berbagai aplikasi hiburan, permainan, musik dan juga fitur kamera video membuat anak betah berlama-lama memainkan gadget. Anak Anda pun tentu akan senang menerima gadget terbaru pemberian Anda.

Namun, menghadiahkan gadget pada anak, berarti Anda sudah harus siap untuk ikut mengawasi penggunaannya. Karena bagaimanapun screen time yang terlalu lama tidak baik bagi tumbuh kembangnya.

Selain memastikan aplikasi yang terpasang di gadget-nya sudah sesuai dengan usianya, maka selanjutnya ingatkan anak untuk tetap fokus dan mau membagi waktunya pada kegiatan penting yang lain, seperti makan,beribadah, belajar, istirahat, dan bermain bersama teman-temannya.

Demikian rekomendasi kado ulang tahun kekinian untuk anak perempuan yang telah masuk usia sekolah dasar. Semoga dapat menginspirasi dan semoga kado yang Anda pilih mampu mewakili rasa sayang dan perhatian Anda terhadap si cantik kesayangan Mama dan Papa. Punya rekomendasi lainnya? Bagikan di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *