Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Desember 2018

Perkara memilih kado nggak semudah pergi ke mal lalu memilih salah satu barang yang dijual di sana. Apalagi kalau untuk anak laki-laki. Pasti ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Selain memikirkan harga yang terjangkau, orang tua juga harus memikirkan dampaknya untuk si anak.

Biasanya orang tua memilih untuk memberi kado mainan untuk anak-anaknya. Namun, mainan juga beragam jenisnya. Mungkin ada ribuan jenis mainan berbeda dengan manfaat masing-masing. Selain harga, membeli mainan untuk anak juga harus disesuaikan dengan umur si anak.

Untuk alasan itulah Bacaterus merangkum barang-barang yang cocok untuk dijadikan kado untuk si jagoan kecil. Harapannya, supaya para orang tua punya bahan pertimbangan dan sudut pandang baru ketika hendak membelikan kado untuk anak laki-laki. Entah itu untuk anak sendiri, atau anak kerabat yang sedang berulang tahun.

10 Kado untuk Anak

1. Buku Cerita

Buku Cerita

Ini salah satu jenis kado yang nggak pernah salah. Cocok untuk segala usia tergantung jenis buku yang dibeli. Harganya akan sepadan dengan manfaatnya. Bahkan mungkin nggak seberapa dibanding manfaat yang dihasilkan di kemudian hari.

Untuk anak yang usianya di bawah lima tahun, bisa dipilih buku bergambar. Seperti nama-nama hewan. Pengenalan abjad dan angka, dan lain-lain. Karena anak seusia itu belum bisa membaca. Untuk anak kecil yang sudah bisa membaca, di toko buku ada banyak buku cerita anak yang inspiratif.

Perlu diketahui, minat baca orang Indonesia itu sangat rendah. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan menumbuhkan minat baca sejak dini. Memberikan buku sebagai kado bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Nggak sempat ke toko buku? Beli buku cerita anak di Bukalapak lewat link ini.

2. Puzzle

Puzzle

* sumber: unsplash.com

Mainan itu nggak melulu soal mobil-mobilan atau robot-robotan. Ada juga mainan yang dibuat dengan tujuan mengedukasi salah satunya adalah puzzle. Sangat direkomendasikan untuk anak yang sedang dalam masa perkembangan.

Selain seru untuk dimainkan bersama, puzzle juga mengasah kemampuan berpikir si anak. Sekarang ini banyak sekali puzzle yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Gambarnya juga beragam, mengikuti apa yang sedang digemari anak-anak pada waktu itu. Ada karakter superhero, karakter kartun, flora dan fauna. Tinggal disesuaikan dengan minat si anak. Beli puzzle di Bukalapak lewat link ini.

3. Lego

Lego

Kalau yang satu ini digemari oleh segala usia. Bahkan bapak-bapaknya pun banyak yang suka bermain lego. Salah satu mainan yang seru dan awet. Biasanya tingkat kerumitan lego dikelompokkan berdasarkan kelompok umur. Ada lego yang dibuat untuk anak balita, remaja, sampai dewasa.

Temanya pun sangat beragam. Dari mulai yang kecil seperti mobil, motor, pesawat, sampai yang besar seperti bandara, stasiun, dan istana. Kita juga bisa mendesain sendiri apa yang ingin kita buat dengan lego. Harganya beragam, ada yang terjangkau ada juga yang mahal. Tinggal disesuaikan dengan minat dan kemampuan. Lego juga bisa dibeli di Bukalapak di link ini.

4. Rubik

Rubik

* sumber: unsplash.com

Ini juga termasuk salah satu mainan edukasi yang digemari banyak orang. Dari anak-anak sampai orang tua. Tingkat kerumitannya pun beragam. Sangat bagus untuk melatih kemampuan berpikir si anak.

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dan diasah melalui rubik. Salah satunya adalah ketekunan, dan keseriusan mencari solusi. Mungkin nggak semua anak menyukai permainan ini, tetapi nggak ada salahnya kalau memberikan rubik sebagai kado. Siapa tahu dia suka, karena kalau nggak dicoba diperkenalkan kita nggak akan pernah tahu. Dapatkan rubik di Bukalapak melalui link ini.

5. Monopoli

Monopoli

Salah satu media belajar yang menyenangkan. Monopoli bukan cuma soal mengocok dadu sampai menang. Di dalam permainan ini si anak akan belajar banyak hal. Tentang jual beli, manajemen, pengambilan keputusan, dan hal lainnya.

Monopoli juga bisa dimainkan bersama teman atau orang tua. Alat bantu yang menarik kalau orang tua ingin mengajarkan anaknya tentang kehidupan dengan cara yang seru dan menyenangkan. Akan ada banyak hal dalam diri si anak terasah ketika memainkan permainan yang satu ini, asalkan orang tua bisa mendampingi dan mengarahkan dengan baik. Beli Monopoli lewat Bukalapak dengan klik link ini.

6. Sepeda

Sepeda

* sumber: www.sustrans.org.uk

Kebanyakan anak suka bersepeda. Berbeda dengan orang tua yang bersepeda dengan tujuan berolahraga. Kebanyakan anak bersepeda untuk bersenang-senang, itu bagus karena meskipun bersenang-senang sebenarnya dia juga sedang berolahraga tanpa dia sadari.

Kalau kebetulan dia belum punya sepeda, memberi kado sepeda bisa jadi pilihan yang baik. Selain karena dia akan senang, bersepeda juga akan melatih melatih ketahanan fisik si anak. Ada risiko jatuh dan segala macamnya. Bukan masalah selama orang tua memastikan kelengkapan keselamatan seperti helm lalu mengawasi dari jarak yang cukup. Beli sepeda tanpa ribet di Bukalapak lewat link ini.

7. Model Kit

Model Kit

* sumber: www.cgtrader.com

Mainan yang satu ini terlihat sama seperti mobil-mobilan dan robot-robotan. Ada satu hal yang membedakannya, yakni mainan ini harus dirakit dulu. Jadi, ketika dikeluarkan dari kemasan mainannya masih belum berbentuk.

Cocok untuk melatih kreatifitas si anak. Kalau kebetulan orang tuanya suka, mainan ini juga bisa jadi media yang cocok untuk menghabiskan waktu bermain bersama anak. Tingkat kerumitannya beragam, disesuaikan dengan usia si anak. Yuk, beli model kit melalui Bukalapak di link ini.

8. Sepatu Roda

Sepatu Roda

Mainan yang satu ini biasanya musiman. Ada satu waktu mainan ini menjadi tren, seolah-olah mainan ini menjadi benda wajib yang harus dimiliki semua anak. Beberapa waktu kemudian, meredup karena bosan atau digantikan tren lainnya.

Terlepas dari semua itu, sepatu roda merupakan mainan yang bermanfaat. Si anak jadi banyak bergerak ketika memainkannya sekaligus melatih keseimbangan juga. Bermain sepatu roda nggak semudah berjalan atau berlari. Perlu dilatih dan didampingi. Namun, akan menjadi permainan yang seru ketika si anak sudah bisa memainkannya. Sama seperti sepeda. Sepatu roda dapat dibeli secara online di Bukalapak lewat link ini.

9. Alat Gambar

Alat Gambar

Ada pepatah yang bilang, semua anak adalah seniman. Memberi alat gambar sebagai kado akan melatih jiwa seni si anak. Kreatifitas si anak jadi tersalurkan, siapa tahu anakmu punya bakat menjadi seniman, kan? Kalau nggak dicoba kita nggak akan pernah tahu.

Biarkan dia berekspresi dengan kertas dan alat gambar lainnya. Jangan terlalu banyak diberi aturan. Supaya semua yang tertuang adalah kejujuran dari dalam dirinya. Bebaskan anakmu dan jangan memberi nilai untuk menghakimi. Biarkan jiwanya lepas selepas-lepasnya. Dapatkan alat gambar dengan harga terjangkau di Bukalapak di link ini.

10. Celengan

Celengan

Sekarang ini celengan sudah banyak sekali bentuknya. Nggak cuma berbentuk ayam jago dan terbuat dari tanah liat. Ada yang bentuknya kasir, mesin ATM, karakter jagoan kesukaannya. Memberi kado celengan juga bagus untuk perkembangan si anak.

Dengan benda ini, secara nggak langsung kita membiasakan anak itu untuk rajin menabung sejak dini. Sebuah keterampilan yang akan berguna untuk jangka waktu yang sangat lama. Sampai nanti ketika dia sudah dewasa. Jangan lupa, ceritakan juga kenapa dia harus menabung dan apa gunanya menabung supaya dia paham nggak cuma sebatas tahu. Temukan berbagai jenis celengan di Bukalapak lewat link ini.

Dari beberapa pilihan di atas, ada yang menarik hatimu? Atau kamu punya rekomendasi lain? Bisa tulis di kolom komentar ya. Di luar sana ada banyak orang yang sedang kebingungan mencari kado untuk anak laki-laki. Kalau kamu meluangkan waktu untuk berbagi, pasti mereka akan sangat terbantu.

Sebagai penutup, memberi kado itu yang utama bukan harganya. Namun, manfaat dan ketulusannya. Pilihlah kado yang paling mampu kamu beli sekaligus bermanfaat untuk dia. Kamu nggak perlu membandingkan kado yang kamu pilih dengan kado dari orang lain, apalagi kalau sampai merasa kecil karena itu.

Pilih yang terbaik untuk kamu dan dia. Jangan khawatirkan apa kata orang, jangan pula terintimidasi kalau seandainya ada orang lain yang memberi kado lebih bagus atau lebih mahal. Karena kemampuan setiap orang berbeda-beda.

Temukan juga barang-barang yang cocok dijadikan kado untuk anak perempuan dengan mengintip rekomendasinya di artikel kado untuk anak-anak perempuan.