Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / Minum Jus Buah dalam Kemasan, Sehat Tidak, Ya?

Minum Jus Buah dalam Kemasan, Sehat Tidak, Ya?

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Oktober 2018

Di era serba modern seperti sekarang ini, kebanyakan orang-orang memiliki aktivitas yang padat, sehingga akan mencari hal-hal praktis dalam memenuhi setiap kebutuhan hidupnya. Salah satunya adalah menggunakan produk-produk yang instan, terutama dalam hal makanan dan minuman.

Bahkan, vitamin juga sudah dikemas sedemikian rupa dalam bentuk suplemen tablet maupun dalam bentuk cairan, sehingga lebih mudah dan praktis penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Minuman-minuman seperti jus buah yang diharapkan dapat menjaga kesehatan tubuh juga sudah banyak yang diproduksi dalam bentuk kemasan, supaya nggak membuat orang-orang kerepotan dengan membuat jus buah sendiri dirumah.

Tapi tahukah kamu dibalik kepraktisan yang ditawarkan oleh produk-produk minuman kemasan jus buah, ada zat-zat yang tidak sehat untuk dikonsumsi untuk jangka panjang? Kamu pasti sudah tahu kan, kalau semua makanan dan minuman dalam kemasan pastinya mengandung bahan-bahan pengawet yang tentunya kurang baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Lalu bagaimana sih caranya kita untuk tahu apakah jus tersebut terbuat dari buah asli atau tidak dan bagaimana dengan keutuhan kandungan-kandungan nutrisi di dalam jus buah pada kemasan tersebut? Sebelum kamu memutuskan untuk mengkonsumsi jus buah asli buatan sendiri atau jus buah dalam kemasan, ada baiknya  perhatikan beberapa hal berikut ini yang sudah Bacaterus rangkum untuk kamu:

Minum Jus Buah dalam Kemasan, Sehat Tidak, Ya?

1. Baca labelnya dengan seksama

Baca labelnya dengan seksama

Setiap jus buah dalam kemasan pastinya memiliki gambar buah-buahan segar pada kemasannya. Hal ini dilakukan untuk mengundang selera konsumen untuk membeli jus buah dalam kemasan tersebut. Biasanya pada kemasannya juga akan tertera tulisan-tulisan yang akan membuat kamu lebih tertarik lagi.

Seperti nama buah di dalam kemasan jus, kandungan berbagai macam vitamin didalamnya dan kelebihan jus buah dalam kemasan tersebut dibanding dengan produk sejenis yang lainnya. Tapi jangan hanya tulisan-tulisan atau gambar buah-buahan itu saja yang kamu perhstikan.

Kalau juga harus benar-benar memastikan tulisan dalam kemasan tersebut. Apakah tertulis dengan jelas “jus buah” atau tidak. Karena jika tulisannya adalah “minuman buah” atau “jus rasa buah”, biasanya yang ada di dalam kemasan tersebut bukanlah rasa jus buah asli seperti buatan sendiri seperti yang kamu harapkan.

2. Baca komposisinya dengan baik

Jus Buah dalam Kemasan

Kalau kamu beli jus buah dalam kemasan, apa sih yang kamu harapkan didalamnya? Pastinya kamu akan berharap isi dari jus buah dalam kemasan tersebut adalah jus buah asli seperti buatan kamu sendiri, bukan?. Tapi sangat disayangkan karena ternyata nggak semua jus buah dalam kemasan adalah benar-benar jus buah asli seperti yang kamu buat sendiri.

Di dalam kemasan jus buah itu, bisa saja hanya berisi air, konsentrat buah, dan penambah rasa buah seperti yang tertera pada kemasan jus tersebut. Dan tentunya dengan tambahan mineral, vitamin, pemanis buatan, sirup gula, dan yang lebih tidak menyehatkan lagi yaitu pengawet.

3. Bandingkan dengan rasa jus buah asli buatan sendiri

Bandingkan rasa jus buah asli

Buat kamu yang terbiasa mengkonsumsi jus buah asli buatan sendiri, pastinya akan sudah hapal dengan rasa dari buah tersebut. Untuk mengetahui apakah jus buah dalam kemasan tersebut asli atau tidak, kamu cukup melakukan tes yang sederhana.

Saat kamu mencicipi rasa kedua jus buah tersebut, maka kamu akan menyadari perbedaan rasa dari keduanya. Dan kamu bisa memutuskan sendiri jus buah mana yang paling kamu sukai dan akan terus kamu konsumsi seterusnya.

4. Bandingkan masa kedaluwarsanya

Bandingkan masa kedaluwarsanya

Saat kamu membuat jus buah asli sendiri, berapa lama sih jus buah tersebut dapat bertahan pada suhu ruangan maupun di dalam lemari pendingin? Biasanya nggak akan lebih dari beberapa jam, bukan? Bahkan disarankan kamu untuk langsung meminum habis jus buah tersebut dalam hitungan menit supaya kamu akan tetap mendapatkan manfaat yang optimal dari jus buah tersebut.

Sedangkan pada jus buah kemasan, biasanya akan bertahan dalam hitungan bulan bahkan sampai satu tahun, tentunya pada kemasan yang belum dibuka ya. Jadi apakah masih mungkin jus buah pada kemasan itu asli dan baik untuk kesehatan tubuh kamu?

5. Cari bulir buah di dalamnya

Cari bulir buah di dalamnya

Salah satu keunggulan yang akan dapatkan dari mengkonsumsi jus buah asli buatan sendiri adalah adanya bulir buah didalamnya. Bulir buah asli dalam jus akan lebih terasa di lidah kamu, bukan?. Dan  tekstur pada jus buah asli buatan sendiri akan lebih padat bila dibandingkan dengan tekstur pada jus buah dalam kemasan.

Kamu bisa mengetesnya dengan memasukkan jus buah dalam kemasan tersebut ke dalam gelas yang bening, lalu kamu terawangkan gelas berisi jus dalam kemasan tersebut pada cahaya lampu. Maka jus buah dalam kemasan yang kandungan buahnya lebih sedikit daripada jus buah asli buatan sendiri, akan terlihat tembus cahaya. Sedangkan pada jus buah asli buatan sendiri, cahaya tidak akan mudah menembus cairan jus.

Nah, jadi dengan penjelasan di atas, kamu jadi bisa mempertimbangkan apakah kamu masih mau mengkonsumsi jus buah asli buatan sendiri atau jus buah dalam kemasan.

Jika kamu ingin mengkonsumsi jus buah dalam kemasan, pilihlah jus buah dalam kemasan yang merk-nya sudah kamu tahu, dan sudah kamu ketahui pula rasa dan keaslian jus buah dalam kemasan tersebut. Karena tidak semua jus buah dalam kemasan adalah benar-benar jus.

Tapi jika kamu menginginkan manfaat terbaik dari buah, lebih baik pilih jus buah segar yang asli dibandingkan dengan kemasan. Dan, sebenarnya akan lebih baik lagi kalau kamu memakan buah tersebut secara langsung dan utuh, karena kalau kamu mengolah buah tersebut menjadi  jus maka akan mengurangi nutrisi dan vitamin di dalamnya. Jadi kamu pilih yang mana, jus buah asli buatan sendiri atau jus buah dalam kemasan?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

35 thn, ibu rumah tangga, punya dua anak , jualan online, senang menjahit, menonton film, mendengarkan musik, membaca novel, memasak dan membuat cemilan sehat.

Leave A Comment