Bacaterus / Kuliah / 10 Jurusan yang Jarang Diminati Padahal Punya Prospek Luas

10 Jurusan yang Jarang Diminati Padahal Punya Prospek Luas

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Semua orang tentu saja harus memiliki cita-cita setinggi mungkin bahkan setinggi langit. Hal ini bertujuan agar masa depan seseorang dapat terjamin dengan penghidupan layak dan tentunya bahagia. Beberapa cita-cita yang paling populer diantaranya adalah polisi, dokter, guru, pilot, dan masih banyak lagi.

Tentu saja untuk menggapai cita-cita tersebut, harus dilakukan aksi atau usaha yang tak mudah dan tak instan. Bahkan tak sedikit diantara mereka mengeluarkan banyak uang untuk memperoleh pendidikan tinggi sebagai salah satu upaya untuk menggapai cita-cita tersebut. Salah satunya dengan cara berpendidikan hingga bangku perkuliahan.

Dalam menentukan jurusan di bangku perkuliahan, tentu saja kita harus memilih jurusan yang sesuai dengan passion dan cita-cita kita agar kita merasa nyaman dalam menjalaninya. Tapi tahukah kamu bahwa terdapat beberapa jurusan yang sepi peminat padahal memiliki prospek kerja yang sangat luas dan menjanjikan?

Penasaran kan apa saja sih jurusan yang sepi peminat padahal memiliki prospek kerja yang sangat luas? Yuk, simak informasi lengkap dari Bacaterus ini.

1. Filsafat

Filsafat

* sumber: warnetbiznet.blogspot.com

Jurusan filsafat menjadi jurusan yang sepi peminat di Indonesia. Jurusan ini mempelajari suatu ilmu pengkajian mengenai suatu informasi secara mendalam kemudian dikaitkan dengan beberapa aspek lain secara realistis dan logis. ilmu filsafat ini merupakan suatu ilmu yang sangat penting sehingga sangat dibutuhkan dalam mengkaji kebenaran.

Meskipun demikian, jurusan filsafat ini jarang diminati karena secara umum, lulusan dari jurusan ini tidak memiliki posisi khusus dalam suatu industri. Akan tetapi, terlepas dari industri, lulusan filsafat ini memiliki prospek kerjanya sendiri, seperti menjadi penasihat penelitian ataupun penasihat negara.

2. Ilmu Perpustakaan

Ilmu Perpustakaan

* sumber: www.sintiaastarina.com

Ilmu perpustakaan juga menjadi satu diantara sekian banyak jurusan yang kurang peminat. Jurusan ilmu perpustakaan ini mempelajari kearsipan dan pengkatalogan secara fokus sehingga lulusannya diharapkan mampu mengelola suatu arsip dan memiliki kemampuan manajerial perpustakaan yang baik.

Lulusan dari ilmu perpustakaan ini banyak dicari dan dibutuhkan oleh instansi-instansi tertentu terutama instansi pemerintahan seperti lembaga arsip dan lembaga informasi. Jadi, jangan remehkan jurusan sepi peminat yang satu ini karena lulusannya ternyata banyak dibutuhkan oleh instansi pemerintahan, lho!

3. Aktuaria

Aktuaria

* sumber: readiproject.or.id

Aktuaria merupakan jurusan yang tepat bagi kamu golongan pencinta bidang keuangan. Aktuaria ini mempelajari ilmu-ilmu keuangan terutama pengelolaan risiko keuangan di masa depan. Lulusan dari jurusan aktuaria ini biasa disebut aktuaris yang mana aktuaris merupakan suatu unsur penting dalam perusahaan asuransi untuk mengelola keuangan.

Akan tetapi, sangat disayangkan jurusan aktuaria ini memiliki peminat yang sedikit jika dibandingkan dengan jurusan lainnya. Padahal, prospek kerja dari seorang aktuaris sangatlah menjanjikan terlebih saat ini pemerintah telah mengeluarkan keputusan bahwa dalam satu perusahaan asuransi, diharuskan memiliki minimal seorang aktuaris.

4. Teknik Biomedis

Teknik Biomedis

* sumber: www.sukita.info

Berbicara jurusan soal ilmu kesehatan, tak melulu tentang dokter ataupun keperawatan. Diluar itu, terdapat bidang lain yang tak kalah penting di dunia kesehatan yaitu seorang biomedis atau biomedical engineering. Seorang biomedis ini biasanya lahir dari jurusan teknik biomedis.

Dalam jurusan teknik biomedis ini para mahasiswa belajar menggabungkan ilmu teknik desain dan cara pemecahan masalah insinyur dengan ilmu medis. Meskipun sepi peminat, jurusan yang satu ini punya peluang kerja yang cukup luas dan menjanjikan, lho diantaranya menjadi seorang ahli biomedis di laboratorium, rumah sakit, maupun farmasi.

5. Oseanografi

Oseanografi

* sumber: www.aanwijzing.com

Mungkin jurusan ini agak sedikit asing terdengar di telinga, akan tetapi perlu kita ketahui bahwa jurusan Oseanografi memiliki prospek kerja yang cukup luas terutama di Indonesia yang memiliki daerah perairan yang sangat luas karena jurusan Oseanografi ini mempelajari tentang ilmu kelautan seperti ekosistem, gelombang, hingga arus samudera.

Prospek kerja untuk jurusan Oseanografi ini juga cukup luas, khususnya di Indonesia yang merupakan Negara maritim. Para lulusan Oseanografi dapat bergabung dengan para peneliti pemerintahan yang bergerak di bidang kelautan maupun bekerja di dunia perindustrian khususnya pertambangan.

6. Radiologi

Radiologi

* sumber: www.mandayahospital.com

Next, ada jurusan Radologi. Bukan jurusan yang mempelajari ilmu-ilmu radio, jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari ilmu-ilmu radiodiagnostik dan radioterapi atau yang bergerak di bidang kesehatan. Jurusan ini juga tergolong pada jurusan yang memiliki jumlah peminat sedikit padahal lulusannya sangat dibutuhkan.

Para lulusan dari jurusan Radiologi biasanya bekerja di Rumah Sakit dan Klinik atau tempat lain yang serupa sebagai radiografer. Para Radiografer semakin hari semakin dibutuhkan mengingat semakin banyaknya tempat pelayanan kesehatan seperti Rumah sakit.

Meskipun lulusannya banyak dibutuhkan, banyak orang yang tak ingin masuk pada jurusan ini karena rasa takut dan khawatir akan paparan radiasi. Padahal, semua itu tak akan terjadi asalkan seorang radiografer bekerja sesuai dengan prosedur keselamatan kerja.

7. Sastra Rusia

Sastra Rusia

* sumber: id.rbth.com

Bahasa Rusia terkenal sangat sulit dalam mempelajarinya sehingga jurusan sastra Rusia sangat sepi peminat jika dibandingkan dengan jurusan sastra lainnya seperti sastra Inggris, sastra Indonesia, maupun sastra Korea. Padahal, para lulusan sastra Rusia ini juga cukup banyak dicari, lho!

Para lulusan sastra Rusia memiliki prospek kerja yang cukup luas diantaranya adalah sebagai translator atau penerjemah hingga menjadi Tour Guide bagi para wisatawan. Tak hanya itu, masih banyak lagi prospek kerja yang menjanjikan bagi para lulusan sastra Rusia dengan salary tinggi yang ditawarkan salah satunya berwirausaha membuka kelas bahasa.

8. Ilmu Arkeolog

Ilmu Arkeolog

* sumber: parayap.net

Jurusan Ilmu Arkeolog atau Arkeologi juga tergolong pada jurusan yang memiliki sedikit peminat. Jurusan ini mempelajari tentang ilmu-ilmu sejarah dengan cara melakukan penelitian terhadap peninggalan-peninggalan terdahulu yang dinilai dapat dijadikan sebagai sumber informasi bermanfaat.

Di Indonesia sendiri jurusan Arkeolog masih terbilang sedikit karena hanya terdapat pada beberapa Universitas saja seperti Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Meski demikian, jurusan yang dinilai sepi peminat ini menawarkan prospek kerja yang luas dengan gaji yang cukup besar!

Para lulusan arkeolog dapat bekerja pada beberapa bidang baik dalam ruang lingkup pemerintahan maupun swasta. Beberapa posisi pekerjaan yang ditawarkan untuk lulusan ini diantaranya adalah Jurnalis Arkeolog, Ahli Antropologi, hingga Sejarawan.

9. Teknik Nuklir

Teknik Nuklir

* sumber: paktanidigital.com

Bagi kamu yang senang dengan ilmu-ilmu fisika, Teknik Nuklir mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu dalam menentukan jurusan saat kuliah!  Teknik Nuklir ini mempelajari secara mendalam mengenai cara penerapan fenomena interaksi pengion dengan sebuah materi, yang mana pengion ini menciptakan sebuah proses ionisasi.

Tak hanya itu, sesuai namanya, teknik nuklir juga mempelajari ilmu-ilmu nuklir secara luas dan mendalam. Para lulusan Teknik Nuklir ini memiliki banyak sekali prospek kerja yang siap diduduki diantaranya bekerja pada perusahaan pertambangan, perminyakan, hingga perusahaan yang bergerak di bidang energi seperti PLN ataupun PLTN.

10. Astronomi

Astronomi

* sumber: pro-papers.com

Bagi kamu yang tertarik dengan tata surya, planet, galaksi, hingga antariksa, rupanya jurusan Astronomi ini patut kamu geluti. Bagaimana tidak? Jurusan Astronomi ini mempelajari tentang ilmu-ilmu luar angkasa. Tak hanya itu, pada jurusan ini kamu juga akan belajar ilmu-ilmu lainnya seperti fisika.

Jurusan Astronomi ini tergolong pada jurusan sepi peminat dan menjadi jurusan yang langka di Indonesia karena hanya ada di Institut Teknologi Bandung (ITB) saja. Prospek kerja yang ditawarkan untuk lulusan Astronomi ini juga cukup luas dan menjanjikan, di antaranya adalah menjadi seorang tenaga pengajar hingga bahkan menjadi Ilmuwan!

Itu dia sederet jurusan sepi peminat yang ternyata memiliki prospek kerja sangat luas dan sangat dibutuhkan di masa depan sehingga dinilai cukup menjanjikan. Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan jurusan beserta prospek kerja yang ditawarkannya? Apapun itu pilihanmu, semoga jurusan yang kamu pilih merupakan jurusan yang tepat dan sesuai dengan passion-mu, ya!

Semoga informasi mengenai Jurusan yang jarang diminati sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dalam memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan serta dapat dijadikan referensi jurusan bagi kamu yang hendak melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan! Kamu juga bisa membaca artikel prospek kerja akuntansi berikut untuk menambah wawasanmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar