Bacaterus / Kuliah / Wow! Ini Dia 10 Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan

Wow! Ini Dia 10 Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Saat ini mencari pekerjaan yang tepat dan menjanjikan memang tidak seperti membalikkan telapak tangan. Pegangan yang kuat untuk menempuh profesi secara profesional dan menjanjikan tersebut adalah ijazah sesuai bidangnya dan tentunya minimal dengan gelar diploma, sarjana bahkan bisa jadi sampai magister.

Untuk itu mencari jurusan yang tepat sesuai bidang dan profesi yang diinginkan sangatlah berpengaruh bagi masa depan Anda. Anda juga harus memiliki passion yang kuat untuk masuk ke dalam jurusan tersebut supaya nantinya membuahkan hasil.

Disini Bacaterus akan memberikan seputar info mengenai 10 jurusan kuliah yang menjanjikan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji selangit. Hal tersebut tidak hanya fokus kepada jurusannya saja, tetapi juga kepada Spiritual, Emosional dan Intelektual yang Anda miliki.

1. Ilmu Kesehatan

Ilmu Kesehatan

* sumber: www.ctvnews.ca

Menurut majalah Forbes di Amerika Serikat jurusan kuliah di bidang kesehatan merupakan salah satu jurusan yang menjanjikan. Bukan hanya itu jurusan ini juga mempunyai rata-rata gaji yang cukup tinggi di Dunia yaitu sekitar 700 juta- 1 M per tahun.

Di Indonesia sendiri jurusan dari bidang kesehatan tak pernah sepi peminat, selain dikenal sebagai jurusan dengan masa depan cerah, jurusan ini juga dikenal sebagai jurusan yang melahirkan menantu idaman (hehehe).

Jurusan di bidang kesehatan yang paling banyak diminati adalah kedokteran dan keperawatan. Rata-rata gaji lulusan keperawatan di Indonesia mencapai 3-10 Juta, tergantung tempat dan jabatan yang ia terima.

Anda juga tidak akan kesulitan untuk memasuki jurusan ini, karena di Indonesia sendiri sudah banyak perguruan tinggi yang berjamur menawarkan jurusan kesehatan khususnya keperawatan. Tetapi perlu diingat ya, pastikan mencari perguruan tinggi yang unggul dan sudah terakreditasi dengan peringkat B atau A. Jangan sampai terkecoh dengan harga murah untuk masuk ke jurusan kesehatan tersebut.

2. Ilmu Komputer atau Teknik Informatika

Ilmu Komputer atau Teknik Informatika

* sumber: www.heidelberg.edu

Jurusan ini memiliki kerumitan tersendiri bagi mereka yang masuk ke dalamnya. Selain harus berhubungan dengan coding, data dan berbagai hal yang berhubungan dengan teknologi komputer. Jurusan komputer dan teknik informatika juga harus dibutuhkan ketelitian yang bagus serta harus dibutuhkan kecepatan dalam berpikir.

Namun usaha tidak akan mengkhianati hasil, lulusan jurusan komputer atau teknik informatika memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan di era digital saat ini.

Mereka bisa mencangkup beberapa pekerjaan yang highclass seperti data administrator, web progammer, freelancer programmer, atau beberapa ahli IT di berbagai perusahaan. Karena pada dasarnya seluruh perusahaan membutuhkan jasa IT dalam membantu perkembangan marketing, keamanan dan teknologi perusahaan.

3. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional

* sumber: www.nmbu.no

Tentunya Anda sudah tidak Asing lagi bukan mendengar kata Hubungan Internasional atau International Relations? Ya, jurusan ini merupakan salah satu jurusan dengan peminat yang cukup banyak di era milenial ini.

Dikutip dari Kumparan.com menyatakan bahwa sebuah penelitian asal Amerika Serikat yang dilakukan oleh Contiki. Memberikan hasil rata-rata kaum milenial dengan kelahiran tahun 1980-an sampai 2000-an menyatakan lebih tertarik kepada travelling ketimbang menghabiskan waktu menonton TV, hidup monoton atau meminum minuman keras.

Hal ini sejalan dengan tingginya peminat jurusan kuliah hubungan Internasional. Bagi anda yang hobi jalan-jalan, memiliki berbagai aktivitas yang berganti-ganti dan penuh tantangan. Jurusan kuliah ini sangat cocok untuk anda.

Bagaimana tidak, jurusan hubungan Internasional ini memiliki gaji yang lumayan besar dengan rata-rata di atas 10 juta rupiah. Jurusan ini juga menawarkan anda untuk pergi ke berbagai Benua di Dunia, apalagi jika anda bekerja di perusahaan besar dan kelas Internasional.

Lulusan jurusan hubungan Internasional ini dapat bekerja di Kedutaan, sebagai konsultan Internasional, atau sebagai staff ahli. Sungguh menarik bukan?.

4. Teknik Konstruksi

Teknik Konstruksi

* sumber: www.training-sdm.com

Siapa yang tak terpesona oleh karisma anak teknik konstruksi yang meliputi teknik sipil, arsitektur dan teknik industri. Anak-anak lulusan teknik konstruksi sendiri biasanya terkenal sebagai anak cerdas, teliti dan tentunya memiliki masa depan yang cukup cerah.

Pasalnya jurusan ini menjanjikan pekerjaan dengan gaji fantastis dan tentunya dengan berbagai tunjangan yang lainnya. Jurusan ini tak pernah sepi peminat, namun untuk dapat masuk dan duduk menjadi mahasiswa teknik konstruksi tidaklah mudah.

Persaingan yang ketat dan tentunya Anda harus jago matematika. Ibarat kata matematika di jurusan ini bagaikan smartphone dengan jaringan, apabila tak ada jaringan maka smartphone tak akan berguna.

Anda juga tak boleh kaget apabila masuk di fakultas teknik, karena selain bertemu cowok-cowok ganteng, cool dan apa adanya. Jurusan ini kebanyakan tak akan membiarkan Anda lulus tepat waktu apabila Anda tak memiliki niat yang kuat. Hampir rata-rata lulusan teknik ini lulus kisaran 4-5 tahun bahkan ada yang lebih. Bukan karena bodoh melainkan memang jurusan ini cukup sulit untuk dilewati setiap stasenya.

5. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi

* sumber: www.curry.edu

Jurusan Ilmu Komunikasi selain dikatakan menjanjikan, jurusan ini juga memberikan peluang dan wawasan yang cukup luas dalam berbagai aspek industri pertelevisian, entertainment dan lainnya.

Jurusan ilmu komunikasi ini mempelajari berbagai hal tentang cara berkomunikasi dalam lingkungan, jurnalistik, hingga broadcasting juga merupakan cabang dari ilmu komunikasi.

Lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja di perusahaan pertelevisian ternama, instansi pemerintahan, menjadi dosen atau pengajar ahli, pengamat ahli di bidang ilmu komunikasi, dan berbagai perusahaan berkembang lainnya.

6. Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Jurusan ini menjadi salah satu jurusan dengan peringkat tertinggi masa depan yang menjanjikan. Dengan rata-rata gaji tertinggi di dunia yaitu sekitar 1,2 – 2,2 Milyar per tahun, menjadikan 2 jurusan teknik ini diincar oleh berbagai kalangan.

Bahkan jurusan yang juga memiliki resiko tinggi kecelakaan ini memiliki minat tertinggi khususnya di dua universitas favorit di Indonesia yaitu ITB dan UPN Veteran Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin masuk ke dalam jurusan teknik perminyakan dan pertambangan tentunya harus memiliki jiwa petualang, mandiri, pemberani, rasa ingin tahu yang tinggi dan pantang menyerah.

Bayangkan apabila Anda sudah lulus dari jurusan ini, prospek kerja yang menjanjikan pasti bukan berada di pusat kota. Melainkan di pinggiran kota, daerah pelosok bahkan dengan akses yang susah di jangkau.

7. Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran

Jurusan pemasaran memang sudah tidak asing di masyarakat, jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang berakar pada ekonomi, keuangan dan target marketing. Jurusan ini juga disebut sebagai salah satu jurusan yang menjanjikan di dunia kerja.

Pasalnya jurusan pemasaran merupakan salah satu jurusan yang fokus kepada strategi, target dan daya tarik. Biasanya lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di perusahaan sebagai team marketing, di perbankan, atau juga bisa menjadi konsultan marketing.

Rata-rata jurusan ini memiliki gaji yang biasa saja atau rata-rata gaji kantor lainnya, namun bonus dari target pemasaran sangatlah besar bahkan bisa berlipat-lipat dari gaji pokoknya. Apabila Anda minat untuk masuk ke jurusan pemasaran, Anda wajib memiliki sistem analis yang kuat, kreatif dan tentunya optimis.

8. Teknik Kimia dan Teknik Nuklir

Teknik Kimia dan Teknik Nuklir

* sumber: www.bath.ac.uk

Hampir rata-rata jurusan yang menjanjikan gaji dan masa depan yang cerah adalah jurusan Teknik. Tak terkecuali teknik kimia dan teknik nuklir, 2 jurusan ini merupakan salah satu jurusan sepi peminat karena berbagai faktor.

Salah satu faktor yang membuat jurusan ini sepi peminat adalah pembahasan dan aspek mata kuliah yang sangat rumit dan tidak semua orang dapat mengerti mengenai materi kimia dan nuklir.

Resiko yang juga tinggi karena terpapar radiasi atau kecelakaan lainnya juga membuat banyak orang berpikir ulang untuk menekuni jurusan ini. Namun ternyata gaji fantastis ditawarkan untuk lulusan kedua jurusan ini, yaitu sekitar 800 Juta hingga 1,5 M per tahun.

9. Hukum

Hukum

* sumber: www.sharda.ac.in

Tentunya bagi Anda jurusan ini adalah jurusan yang sangat populer dan sudah cukup paham apa pembahasan dalam jurusan ini. Jurusan hukum merupakan salah satu jurusan dengan rata-rata daya tampung mahasiswa dalam suatu Universitas paling tinggi, baik Negeri maupun swasta.

Memang kebanyakan lulusan jurusan hukum ini tidak semua sukses, bahkan banyak juga yang keluar dari jalurnya ketika sudah lulus. Namun, bagi Anda yang memiliki jiwa pemberani, kuat, memiliki strategi yang baik dan tentunya penghafal yang baik. Jurusan ini sangat cocok untuk Anda.

Lulusan jurusan hukum bisa menjabat di badan pemerintahan, menjadi politikus, pengacara, bekerja di pengadilan dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri orang-orang bersuku Batak menjadi orang-orang dengan bukti sukses di Jurusan Hukum.

Seperti halnya Hotman Paris, Hotman Sitompul dan beberapa nama tenar lainya yang sudah menjadi lawyer terbaik di Indonesia. Untuk itu tak ada salahnya anda mencoba jurusan ini untuk memiliki masa depan yang menjanjikan.

10. Industri Penerbangan

Industri Penerbangan

* sumber: www.flickr.com

Jurusan yang terakhir ini adalah jurusan yang hampir rata-rata yang memasuki mereka yang memiliki finansial cukup. Bukan karena masuk lewat jalur dalam, melainkan biaya untuk kuliah di Jurusan penerbangan khususnya pilot, teknik penerbangan dan jajarannya cukup menguras kantong.

Bukan hanya dari segi finansial yang cukup, jurusan ini juga wajib dimasuki oleh mereka yang cerdas dalam matematika, bahasa Asing dan pemberani. Ketiga aspek itu harus seimbang karena alat-alat yang mereka gunakan rata-rata tidak menggunakan bahasa Indonesia melainkan bahasa asing.

Namun tenang, sesuai dengan biaya kuliah yang tinggi. Di Jurusan ini Anda juga akan memiliki gaji besar dan tunjangan yang pantas.

Demikian informasi mengenai jurusan kuliah yang paling menjanjikan. Kamu juga bisa membaca artikel jurusan yang jarang diminati tapi ternyata mempunyai prospek kerja yang cukup bagus.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *