Bacaterus / Ubi / 5 Jenis Ubi Jalar Enak dan Bergizi serta Contoh Olahannya

5 Jenis Ubi Jalar Enak dan Bergizi serta Contoh Olahannya

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 April 2020

Ubi jalar merupakan salah satu umbi-umbian yang masih dikonsumsi masyarakat hingga kini. Jenis umbi ini lazim diolah dengan cara dikukus, dibakar, atau bahkan dijadikan bahan kue dan kolak. Ubi jalar sendiri terdiri atas beberapa jenis.

Tiap jenisnya mempunyai cita rasa dan manfaatnya masing-masing. Di artikel ini, kami akan menjabarkan beberapa jenis di antaranya. Adapun jenis-jenis ubi jalar tersebut bisa kamu simak sebagai berikut.

1. Ubi Jalar Kuning

Ubi Jalar Kuning

* sumber: www.idntimes.com

Ini merupakan jenis ubi jalar yang paling lazim dikonsumsi masyarakat. Sesuai namanya, jenis ubi jalar ini mempunyai daging buah yang berwarna kekuningan. Warna kuning tersebut konon berasal dari adanya betakaroten yang terkandung dalam ubi jalar ini.

Banyak kandungan gizi yang terkandung dalam ubi jalar kuning. Mulai dari vitamin A, zat kolin, hingga vitamin C. Ubi ini juga mempunyai kalori yang tidak terlalu banyak, sehingga cocok disantap bagi para pelaku diet.

Baca juga artikel olahan ubi jalar kuning ini untuk mengetahui inspirasi hidangan lainnya yang terbuat dari ubi jalar kuning.

2. Ubi Jalar Orange

Ubi Jalar Orange

* sumber: kominfo.jatimprov.go.id

Sesuai namanya, ini merupakan ubi jalar dengan daging buah berwarna orange. Seperti halnya ubi kuning, warna yang terkandung dalam ubi ini juga disebabkan oleh zat betakaroten. Jenis ubi jalar ini punya kandungan vitamin A yang tinggi.

Kandungan tersebut membuat ubi jalar ini punya sejumlah khasiat. Mulai dari mencegah gangguan otot, sengatan matahari, katarak, hingga stroke dan penuaan dini. Selain diolah dengan cara dibakar atau direbus, jenis ubi jalar ini sering dijadikan bahan kolak maupun candil.

3. Ubi Jalar Ungu

Ubi Jalar Ungu

* sumber: www.republika.co.id

Ini merupakan jenis ubi yang populer beberapa tahun terakhir. Warna ungu pada ubi ini tak hanya pada daging buahnya saja. Kulitnya pun juga mengandung warna tersebut. Ada banyak kandungan gizi dalam ubi satu ini.

Mulai dari protein, karbohidrat, vitamin A, B1, C, hingga zat besi dan antosianin. Khusus yang terakhir, zat tersebut diyakini membuat ubi jalar ungu mampu mencegah sejumlah penyakit. Semisal hipertensi dan gangguan fungsi hati. Ubi jalar ini bisa diolah dengan beragam cara. Entah itu direbus atau bahkan dijadikan bahan dasar kue basah.

4. Ubi Jalar Putih

Ubi Jalar Putih

* sumber: www.idntimes.com

Kalau ubi jalar satu ini punya ciri khas berupa warna dagingnya yang keputihan. Ciri khas lainnya dari ubi jalar ini adalah teksturnya yang agak rapuh. Dalam tiap buahnya, ubi jalar putih punya sejumlah nutrisi penting.

Semisal selulosa, antioksidan, kalium, hingga vitamin. Khasiatnya pun juga tidak main-main. Menyantap ubi ini bisa membantu pencernaanmu lebih lancar. Selain itu, kekebalan tubuhmu pun juga akan meningkat bila menyantap ubi jalar satu ini.

5. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu

Ini merupakan jenis ubi jalar yang berasal dari Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi yang sudah dikenal sejak 1990-an ini memiliki ciri khas pada daging buahnya. Saat dipanggang, daging buah pada ubi ini akan mengeluarkan cairan lengket yang mirip gula madu.

Cairan tersebut membuat cita rasa ubi ini manis semanis madu. Ciri khas lainnya dari ubi ini adalah bentuknya yang panjang, serta bagian kulitnya mengandung urat-urat panjang menonjol. Selain dipanggang, jenis ubi ini juga lazim diolah menjadi sejumlah makanan, seperti keripik, dodol, dan selai.

Untuk kandungan gizi, ubi cilembu mempunyai kandungan vitamin A, kalsium, vitamin B1, kalsium, hingga vitamin C.

Contoh Olahan Ubi Jalar

Selain jenis-jenis ubi jalar, kami juga bakal memberimu beberapa contoh olahannya. Siapa tahu kamu tertarik untuk membuat atau mencicipi olahan dari beberapa jenis ubi jalar di atas. Adapun beberapa contoh tersebut bisa kamu simak di bawah ini:

  • Kue Talam Ubi Jalar Kuning
Kue Talam Ubi Jalar Kuning

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ahju9sOGk8I

Ubi talam tak hanya bisa dibuat dari tepung beras ataupun tepung sagu. Kamu pun juga bisa menggunakan ubi jalar kuning sebagai bahan dasarnya. Caranya, kukus terlebih dulu ubi jalar kuning yang telah dikupas kulitnya.

Setelah itu, potonglah ubi dalam beberapa bagian dan kemudian haluskan. Blenderlah ubi kuning tersebut dengan tepung sagu, beras, santan, gula pasir, garam, air dan santan.  Kemudian, masukkan ke dalam cetakan sebanyak ¾ bagian dan kukus selama 10 menit.

Sambil menunggu matang, buatlah adonan berbahan dasar 15 gr tepung beras, 160 ml santan, 30 gr tepung beras, dan ½ sendok teh garam. Bila sudah jadi, tuangkan adonan tersebut ke dalam cetakan berisi ¾ adonan kue talam yang sudah matang.

Kukus lagi adonan tersebut selama 10 menit. Bila sudah matang, tiriskan adonan yang sudah menjadi kue talam itu sejenak. Habis itu, keluarkan dari cetakan dan dipotong beberapa bagian. Kue talam ubi jalar kuning pun siap disajikan.

  • Kolak Ubi Ungu
Kolak Ubi Ungu

* sumber: id.tastemade.com

Sesuai namanya, ini adalah kolak berbahan dasar ubi ungu. Untuk membuatnya, kamu harus memotong kotak-kotak ubi ungunya. Kemudian, ubi tersebut direbus hingga setengah  matang. Sembari menunggu, buatlah kuah kolak dengan cara mencampurkan santan dan air ke dalam panci berapi sedang.

Kalau campuran santan dan air itu agak mendidih, kamu harus segera masukkan ubi ungu bersama dengan garam, daun pandan, dan gula merah. Biarkan sejenak sambil sesekali diaduk hingga ubi ungunya mengempuk.

Sajikan kolak ubi ungu di atas mangkok yang sudah disediakan. Tiriskan sejenak dan kolak ubi ungu pun siap untuk disantap. Sajian kolak berbahan ubi jalar ungu ini sangat cocok disantap sebagai menu buka puasamu nanti.

  • Bola Ubi Kopong
Bola Ubi Kopong

* sumber: www.idntimes.com

Olahan ini merupakan salah satu jajanan kekinian yang cukup digemari. Olahan ini bisa dibuat dari beragam jenis ubi jalar. Namun, ubi jalar kuning, orange, dan ungu adalah jenis ubi jalar yang recommended untuk dipakai.

Untuk membuatnya, kamu harus mencuci ubinya terlebih dahulu. Setelah itu, kukus ubi hingga benar-benar matang. Dinginkan sejenak, lalu kupaslah kulit ubinya. Tumbuk ubi tersebut hingga halus. Pastikan bagian serat ubinya kamu singkirkan setelah ubinya ditumbuk.

Ubi yang ditumbuk tersebut lantas dicampur dengan sejumlah bahan. Semisal gula pasir, baking powder, dan tepung tapioka. Setelah itu, bentuklah adonan tersebut menjadi bulatan berukuran sedang. Diamkan sejenak hingga adonannya agak dingin.

Kemudian, gorenglah adonan-adonan tersebut ke dalam minyak dengan api kecil. Saat menggoreng, pastikan kamu membolak-balikkan adonannya secara teratur. Hal itu dilakukan agar adonan tidak gosong saat digoreng.

Gorenglah adonan hingga warnanya kuning kecokelatan. Bila kamu memakai ubi ungu, gorenglah adonan hingga warna ungunya agak sedikit gelap. Bila sudah begitu, angkat adonan yang telah menjadi bola ubi kopong tersebut dari penggorengan.

Tiriskan hingga minyaknya tak menempel. Bola ubi kopong pun siap untuk disantap. Agar rasanya lebih manis, kamu bisa menambahkan gula bubuk atau kental manis cokelat di bagian atasnya. Olahan ini sangat cocok disantap bersama dengan secangkir teh tawar hangat.

Itulah beberapa jenis ubi jalar beserta contoh olahannya. Semoga bisa menambah wawasanmu soal jenis-jenis ubi jalar. Di antara jenis-jenis ubi jalar tersebut, mana yang pernah atau ingin kamu coba? Yuk ceritakan ke kami via komentar!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *