Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 10 Jenis Tanaman Karpet Aquascape untuk Menghias Akuarium

10 Jenis Tanaman Karpet Aquascape untuk Menghias Akuarium

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2018

Memelihara ikan di akuarium bisa membawa kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. Melihat ikan-ikan berenang di dalam akuarium dapat mengurangi kadar stres kita, lho. Akuarium akan semakin terlihat indah jika Anda memberinya tanaman aquascape. Aquascape ini akan mempercantik akuarium dan menjadi “rumah” bagi ikan-ikan yang Anda pelihara, terutama ikan-ikan kecil.

Agar akuarium terlihat semakin “hijau” dan menyegarkan mata, tambahkan aquascape karpet di dasar akuarium. Tanaman karpet aquascape ini akan menjadi alas agar akuarium terlihat lebih berwarna. Yuk, simak 10 jenis tanaman karpet aquascape yang Bacaterus rekomendasikan ini.

10 Jenis Tanaman Karpet Aquascape

1. Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears Jenis Tanaman Karpet Aquascape

Bagi pemula yang ingin menjajal tanaman karpet aquascape di akuariumnya, Dwarf Baby Tears adalah tanaman klasik yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Tanaman yang memiliki nama lain Hemianthus callitrichoides ini perawatannya sangat mudah dan bisa tumbuh dengan subur memenuhi dasar akuarium Anda.

Jenis tanaman karpet aquascape ini membutuhkan pencahayaan yang banyak dan injeksi CO2 agar tumbuh dengan subur. Kalau ingin Dwarf Baby Tears tumbuh dengan rapi, Anda harus lebih sering memangkas tanaman ini. Akuarium bergelombang adalah yang paling ideal untuk ditanami aquascape ini. Pasalnya, Dwarf Baby Tears akan memberikan efek bukit berumput pada jenis akuarium itu.

2. Dwarf Hairgrass

Dwarf Hairgrass

Walaupun berasal dari Amerika Latin, Dwarf Hairgrass adalah jenis tanaman karpet aquascape yang cukup populer di Indonesia, lho. Banyak pecinta aquascape yang menggunakan tanaman bernama Eleocharis Acicularis ini untuk menghias akuariumnya.

Syarat agar tanaman ini bisa tumbuh subur adalah berikan pencahayaan yang lebih banyak. Dwarf Hairgrass akan telrihat semakin memesona apabila Anda menyandingkan aquascape ini dengan batu-batu atau karang.

Dwarf Harigrass adalah jenis aquascape yang cenderung lebih pendek dibanding jenis hairgrass lainnya. Namun, tanaman karpet ini yang paling cocok diletakkan di segala ukuran akuarium.

3. Pygmy Chain Sword

Pygmy Chain Sword

Ingin mempercantik bagian depan akuarium? Gunakan tanaman aquascape Pygmy Chain Sword. Daun-daunnya yang nampak berbentuk seperti pedang membuat tanaman ini dinamakan Pygmy Chain Sword. Pada awalnya, tanaman ini ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Utara. Akan tetapi, tanaman ini justru terkenal karena aquscaper dari Jepang bernama Takashi Amano.

Jika dilihat sekilas, Pygmy Chain Sword ini mirip dengan Dwarf Hairgrass. Hanya saja, daun Pygmy Chain Sword lebih tampak lebih lebar. Sama seperti beberapa tanaman aquascape lainnya, tanaman ini akan berkembang dengan cepat apabila mendapat pencahayaan yang bagus dan injeksi CO2.

4. Sagittaria Dwarf

Sagittaria Dwarf

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Sagittaria subulata ini juga menjadi salah satu tanaman karpet aquscape yang cukup favorit. Apabila Sagittaria Dwarf ini mendapatkan sinar matahari yang baik, makan tanaman ini akan membentuk hamparan karpet indah di dalam akuarium.

Perawatan Sagittaria Dwarf mungkin sedikit lebih susah. Pasalnya, kalau daunnya terlalu panjang, kita harus memotongnya agar tidak tumbuh menjulang tinggi ke atas akuarium. Oleh karena itu, disarankan untuk memangkas daun tanaman ini secara teratur. Selebihnya, Sagittaria Dwarf tidak memerlukan perawatan yang sulit kok.

5. Marsilea Hirsuta

Marsilea Hirsuta

Yang satu ini adalah jenis tanaman karpet aquascape yang unik dan mudah perawatannya. Marsilea Hirsuta memiliki bentuk seperti paku payung yang unik. Tanaman aquascape yang satu ini benar-benar cocok bagi pemula yang ingin terjun dalam dunia aquascape.

Marsilea Hirsuta adalah tanaman aquascape yang dapat hidup meskipun tidak mendapat sinar matahari yang mencukupi. Akan tetapi, kalau Anda mau memberikan injeksi CO2 pada tanaman ini, alhasil Marsilea Hirsuta ini tidak bisa tumbuh sesubur yang diharapkan. Agar pesona tanaman ini lebih menonjol sebaiknya hindari meletakkan batu-batu di sekitar tanaman ini.

6. Micro Sword Grass

Micro Sword Grass

Jenis tanaman karpet aquascape yang satu ini merupakan jenis rumput. Micro Sword Grass akan tumbuh di dasar akuarium seperti rerumputan. Ketika melihat tanaman ini Anda akan merasa seperti melihat rumput di tanah, sungai, atau rawa-rawa. Daun-daunnya yang panjang akan menciptakan kesan natural pada akuarium Anda.

Tanaman dengan nama ilmiah Lilaeopsis brasiliensis ini merupakan tanaman aquascape yang mudah tumbuh. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan ekstra hanya butuh perawatan standar seperti pencahayaan yang cukup dan injeksi CO2. Jika ingin menyuburkan Micro Sword Grass Anda juga boleh menambahkan pupuk secukupnya saja.

7. Christmas Moss

Christmas Moss

Kalau Micro Sword Grass adalah jenis tanaman karpet aquascape rumput, Christmas Moss adalah tanaman karpet aquascape berbentuk lumut. Ini merupakan tanaman karpet terbaik bagi pemula yang mungkin belum memiliki pengalaman dalam mengurus aquascape.

Adapun tanaman yang nama ilmiahnya adalah Vesicularia montagneii tidak memerlukan injeksi CO2 seperti tanaman karpet aquascape pada umumnya. Sebagai saran, untuk membuat tampilan akuarium jadi lebih menarik sebaiknya tanam tumbuhan ini di samping hardscape berupa batu atau kayu. Daun-daunnya yang tumbuh subur akan menciptakan kesan alami pada akuarium Anda.

8. Downoi

Downoi

Downoi atau yang lebih dikenal dengan nama Pogostemon helferi merupakan tanaman aquascape yang berbeda dari tanaman aquascape karpet pada umumnya. Apabila Anda bosan dengan aquascape berbentuk rumput dan lumut, downoi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Daun tanaman ini nampak berbentuk keriting dengan pola zig-zag. Tanaman ini tidak bisa tumbuh terlalu tinggi dan warna daunnya hijau terang. Sejatinya, downoi bisa ditanam dengan antar tanaman saling berjauhan, tetapi jika ingin dibuat karpet penuh sebaiknya berikan cahaya yang cukup dan substrat ternutrisi.

9. Staurogyne Rubescens

Staurogyne Rubescens

Percantik dasar akuarium dengan tanaman karpet aquascape Staurogyne Rubescens. Tanaman ini memiliki batang yang dipenuhi daun yang akan tumbuh lebat memenuhi dasar akuarium Anda. Jangan khawatir tanamannya jadi membuat tampilan akuarium jadi sumpek karena aquascape ini tidak dapat tumbuh terlalu tinggi.

Jika ingin merapikan Staurogyne Rubescens, potong saja sedikit batangnya karena tanaman ini masih bisa tumbuh lagi dengan subur. Untuk pencahayaannya, tanaman ini tidak membutuhkan pencahayaan yang terlalu banyak dan bisa tumbuh tanpa asupan CO2.

10. Anubias Nana

Anubias Nana

Satu lagi pilihan tanaman aquascape yang tidak berbentuk rumput maupun lumut. Anubias Nana akan menjadi tanaman karpet yang sangat cantik dengan daun-daunnya yang lebar dan besar. Tanaman ini sangat cocok dikombinasikan dengan hardscape kayu.

Anubias Nana sejatinya adalah tanaman aquascape jenis rambat. Meskipun bukan sepenuhnya jenis tanaman karpet asli, tapi banyak aquascaper yang memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman karpet. Daunnya yang tumbuh dengan lebat akan menjadi tempat bermain bagi ikan-ikan dalam akuarium.

Dari 10 jenis tanaman karpet aquascape ini, manakah yang paling menarik perhatian Anda? Semua tanaman karpet aquascape ini akan mempercantik akuarium Anda. Bahkan, sebagian besar tidak membutuhkan perawatan khusus, lho. Kini, Anda hanya perlu memilih model tanaman karpet yang sesuai dengan selera. Mau tahu jenis tanaman aquascape lainnya? Yuk, baca artikel jenis tanaman aquascape yang mudah tumbuh.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment