Bacaterus / Tanaman Hias / 10 Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Rumah

10 Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Januari 2019

Rumah akan tampak lebih indah bila dihiasi dengan aneka tanaman. Tidak hanya ditanam di halaman rumah, tapi juga bisa didalam rumah maupun diteras rumah. Dengan pemilihan aneka jenis tanaman yang tepat serta media tempat menanam yang menarik maka Anda dapat membuat hunian rumah Anda menjadi lebih semarak.

Untuk Anda yang mungkin memiliki lahan sempit sehingga tidak dapat menanam langsung tanaman dipekarangan rumah, Anda masih tetap bisa lho mempercantik rumah Anda dengan aneka tanaman hias. Anda bisa menggunakan media pot gantung yang digantung dibeberapa spot diteras rumah Anda. Lalu jenis tanaman hias gantung apa saja yang sebaiknya Anda pilih? Berikut diantaranya:

1. Tanaman Anggrek

tanaman anggrek

* sumber: www.handyman.net.au

Anggrek memiliki bunga yang sangat indah dan variasinya pun cukup banyak. Anggrek sering digunakan sebagai simbol cinta, kemewahan dan keindahan. Cattleya, dendrobium, grammatophylum, oncidium, phalaenopsis, spathyphyllum, dan vanda adalah beberapa jenis nama anggrek hias yang populer.

Anggrek bisa ditanam dengan media gantung. Usahakan untuk menempatkan tanaman anggrek yang terkena sinar matahari yang cukup baik berdasarkan dengan intensitas matahari yang harus diterima oleh jenis tanaman anggrek itu sendiri.

Tempatkan pula di area yang sedikit angin, supaya kelembaban tanaman anggrek dapat terjaga. Pilihlah tanaman anggrek yang sudah berbunga dan memiliki akar yang bagus atau tidak busuk. Supaya tanaman anggrek dapat tumbuh dengan baik.

2. Tanaman Begonia

tanaman begonia

* sumber: www.cleevenursery.co.uk

Tanaman begonia bisa ditanam di area yang terkena sinar matahari cukup rendah. Sehingga tanaman begonia juga bisa disimpan didalam ruangan. Tanaman begonia memiliki aneka jenis seperti begonia rex, begonia rhizomatus, begonia cane, begonia shrubs, begonia semperflorens, tuberous begonia, trailing atau scandent begonia, dan thick-stemmed begonia.

Tanaman begonia harus disiram sehari dua kali. Tanaman begonia tidak perlu sinar matahari langsung, bisa diletakkan di teras, didalam rumah atau di area yang teduh lainnya. Tanaman hias begonia bisa di steak untuk proses pengembangbiakannya. Berikan pupuk yang mengandung unsur N, P, K setiap 6 bulan sekali.

3. Tanaman Black Eyed Susan-Vine

tanaman black eyed susan-vine

* sumber: www.bakker.com

Tanaman Black Eyed Susan-Vine  atau Thunbergia Alata merupakan tanaman hias gantung yang mudah tumbuh ditempat yang dingin. Tanaman hias ini cukup mudah perawatannya. Tanaman Black Eyed Susan-Vine sebaiknya media tanahnya selalu dalam kondisi lembab, namun tidak terlalu basah. Tanaman ini juga memerlukan kebohongan sinar matahari yang cukup.

Tanaman Black Eyed Susan-Vine memiliki daun yang berbentuk hati dan bunga yang berbentuk lonceng. Pertumbuhannya cukup cepat, bisa mencapai 180-240 cm. Tanaman Black Eyed Susan-Vine memiliki banyak kegunaan, bisa digunakan untuk penghias jalan, teralis, pagar rumah, tirai, atau juga bisa ditanam di pot keranjang.

Tanaman ini memiliki bunga yang besarnya 2,5-5 cm bisa berwarna oranye, kuning dan putih dengan pusat mahkota yang kontras yang berwarna hitam pekat. Bunga ini mudah tumbuh dari biji. Berhati-hatilah terhadap hewan seperti laba-laba yang bisa menjadi ancaman ketika datang musim kemarau. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pemberantas serangga.

4. Tanaman geranium

tanaman geranium

* sumber: www.evergreendirect.co.uk

Tanaman geranium merupakan salah satu tanaman yang tidak disukai nyamuk. Bau yang dikeluarkan dari tanaman ini benar-benar ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini juga sering digunakan dalam produk losion anti nyamuk.

Tanaman geranium memiliki bunga dengan warna yang mencolok yang dominan merah. Tanaman geranium memiliki daun dengan tangkai yang cukup panjang. Tanaman ini memerlukan pencahayaan  sekitar 6-8 jam agar bunganya bisa mekar dengan baik.

Pada siang hari tanaman ini membutuhkan temperatur sekitar 60-70 derajat Fahrenheit, sedangkan pada malam hari sekitar 55 derajat Fahrenheit. Anda sebaiknya memastikan tanaman ini agar terhindar dari serangan hama. Anda juga harus menyiramnya sehari dua kali supaya media tanah selalu lembab.

Hati-hati memberikan air yang berlebih, karena akar tanaman ini malah akan membusuk. Jangan lupa memberikan pupuk kompos setiap 3 bulan sekali. Dan jika ada daun atau bagian yang layu, sebaiknya dipotong supaya tidak mengganggu proses pertumbuhan tanaman geranium ini.

5. Tanaman Fuchsia

tanaman fuchsia

* sumber: www.almanac.com

Tanaman Fuchsia bisa ditempatkan pada suhu yang sedang. Tanaman Fuchsia tidak perlu terkena sinar matahari penuh sepanjang hari, sebab panas matahari yang berlebihan bisa menyebabkan tanaman ini menjadi lemah dan memperlambat proses pertumbuhannya. Sebaiknya menggunakan media tanam tanah yang lembab dan tidak terlalu basah. Tanah yang basah bisa mengakibatkan akar tanaman membusuk.

Lakukan pemupukan secara rutin setiap 2 minggu sekali. Anda juga harus merawat dan menjaga tanaman hias ini agar terhindar dari gangguan serangga dan hama lainnya.

6. Tanaman Lobelia

tanaman lobalia

* sumber: www.swallowtailgardenseeds.com

Tanaman Lobelia memiliki bunga berwarna biru muda keungu-unguan dan daun berwarna kekuning-kuningan. Untuk batuan lainnya, ada juga yang berwarna merah, putih, pink dan biru. Tanaman Lobelia biasanya tumbuh sekitar 3 sampai 5 inchi, namun ada juga yang tumbuh sampai 3 kaki atau sekitar 90 cm.

Tanaman hias gantung Lobelia sebaiknya digantung pada tempat yang terkena sinar matahari penuh. Karena media tanahnya harus lembab, maka lakukan penyitaan sehari dua kali. Berikan pupuk setiap 6 minggu sekali dengan pupuk cair.

7. Tanaman sweet allysum

tanaman sweet allysum

* sumber: id.pinterest.com

Tanaman sweet allysum memiliki tampilan yang indah, rapi, dengan aroma wangi serta bunga yang berwarna hijau dan bentuknya yang lancip mirip tombak.

Tanaman ini sebaiknya diletakkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, tanah yang lembab dan memiliki pengairan yang cukup. Pertumbuhan tanaman ini akan terganggu jika kekurangan air. Selain itu Anda juga harus memastikan tanaman ini  terhindar dari gangguan hama.

8. Tanaman Lantana

tanaman lantana

* sumber: www.babikow.com

Tanaman Lantana mudah tumbuh, dan memiliki warna bunga yang lebih cerah. Tanaman ini juga memiliki waktu mekar yang panjang, baik ketika musim hujan atau musim kemarau . Tanaman ini bisa tumbuh 6 inchi atau sekitar 15 cm. Variasi warnanyapun banyak orange, kuning, ungu, merah dan putih.

Tanaman Lantana  sebaiknya disiram pada sore hari. Serta berikan pupuk kompos setiap tiga bulan sekali. Media tangannya berupa tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Tanaman Lantana  dapat ditanam dari mulai benruk biji maupun memotong batang utama dari tanaman induk. Hati-hati jangan sampai terkena akarnya ya.

9. Tanaman Zygocactus

tanaman zygocactus

* sumber: www.zygocactus.net

Tanaman Zygocactus memiliki bunga yang sangat cantik dengan ciri khas warna magenta. Tanaman Zygocactus memerlukan sinar matahariyang cukup. Serta memerlukan tingkat kelembapan media tanam yang tinggi. Meskipun pertumbuhannya tergolong lambat, namun saat berbunga, kuncupnya akan berbunga secara bersamaan.

10. Tanaman Portulaca

tanaman portulaca

* sumber: id.pinterest.com

Tanaman portulaca dapat tumbuh antara 15-30cm. Bunga tanaman ini biasanya mekar pada pagi hari dan layu pada sore hari. Warna bunganya ada yang merah, putih, oranye, dan kuning. Tanaman portulaca  cukup disiram sehari sekali. Jangan lupa untuk memberikan pupuk setiap sebulan sekali dengan pupuk organik.

Supaya tanaman portulaca atau tanaman krokot ini lebih rajin berbunga lakukan pemangkasan. Pemangkasan ini juga dapat dilakukan untuk mereplant bunga portulaca.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “10 Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Rumah”

  1. Ini belinya di mana ya bunga2 nya? Bagus2. Bisa di area kayak bekasi ga?

    • Anda bisa browsing di internet ya untuk tempat yang menjual bunga. Semoga menemukan bunga yang dicari. 😊

Tinggalkan komentar