Bacaterus / Tanaman Hias / 10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Bagus untuk Menghias Rumah

10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Bagus untuk Menghias Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tanaman hias bunga yang terkenal karena keindahan bunganya, tanaman hias daun pun memamerkan keindahan daunnya, seperti dari segi warna hingga bentuk daun yang indah dan unik. Dahulu konsep tanaman hias berarti tanaman bunga atau segala bentuk tanaman yang menghasilkan bunga.

Seiring perkembangan zaman, tanaman hias kini diartikan sebagai segala jenis tanaman yang mempunyai nilai hias dan menimbulkan kesan indah (artistik) atau kesan seni. Baik itu bunga, batang, tajuk, cabang, daun, akar, aroma, dan sebagainya. Selain dinikmati keindahannya tanaman hias punya fungsi lain lho.

Tanaman hias mengeluarkan oksigen (O2) dan menyerap karbon dioksida (CO2), dengan kata lain mereka berperan dalam lingkungan sebagai pemberi udara bersih dan pembersih udara kotor. Kamu tertarik memeliharanya tanaman hias daun di rumah atau di kantor? Jangan khawatir, Bacaterus punya referensi tanaman hias daun yang mungkin pas dengan seleramu!

1. Kuping Gajah

Kuping Gajah

Daun yang cukup populer ini pasti pernah kamu lihat. Memiliki nama latin Anthurium crystallinum, kuping gajah banyak diminati orang karena bentuknya yang unik. Daunnya lebar berbentuk jantung, karena besar dan lebar inilah daunnya dianggap menyerupai kuping gajah.

Daun kuping gajah berwarna hijau tua dengan guratan urat yang menonjol berwarna putih seperti kristal. Perawatannya pun terbilang mudah, tanaman ini bisa diletakkan di dalam atau diluar ruangan.

2. Asparagus

Asparagus

Memiliki nama latin Asparagus plumosus, tanaman ini merupakan tanaman hias berjenis tumbuhan paku. Dilihat dari jauh daunnya seperti renda berwarna hijau, namun jika kamu perhatikan dari dekat bentuk daunnya kecil dan lebat meyerupai jarum.

Potongan batangnya yang berdaun biasa digunakan dalam rangkaian bunga potong sebagai hiasan. Pada tanaman asparagus juga terdapat beberapa bunga yang menarik. Tanaman ini lebih cocok dijadikan sebagai tanaman dalam ruangan atau indoor plant. Hal ini karena asparagus lebih menyukai tempat tumbuh yang lembap.

Namun, sebenarnya tak apa jika kamu ingin meletakkannya di halaman rumah. Kamu hantya perlu memastikan asparagus tak terkena cahaya matahari langsung dan memastikannya tak kekurangan air.

3. Sri Rejeki

Sri Rejeki

* sumber: www.dekoruma.com

Satu lagi tanaman hias daun yang cukup populer, sri rejeki memiliki bentuk daun lonjong dengan ujung daun yang lancip, namun ada juga yang bergelombang dan memanjang. Warna daunnya cantik, dari mulai warna hijau bintik-bintik atau garis abu keperakan hingga garis merah muda.

Kini berbagai macam Aglaonema telah dikembangkan, mencapai sekitar 30 spesies. Sri rejeki tergolong tanaman yang mudah ditanam karena tidak memerlukan perawatan intensif. Mereka juga menyukai tempat dengan intensitas kelembapan yang tinggi dan tak terkena sinar matahari langsung.

4. Lidah Mertua

Lidah Mertua

Tak mau kalah populer, Sansevieria atau lidah mertua sangat digemari oleh pencinta tanaman hias. Tak hanya cantik, tanaman ini juga dapat menyerap racun di udara. Bentuk daunnyya terbilang tebal dengan ujung merucing seperti duri.

Pola daunnya yang unik berhasil menjadi daya tarik utama tanaman ini. Lidah mertua dapat diletakan didalam maupun diluar ruangan. Hal ini karena lidah mertua memiliki adaptasi yang baik diberbagai suhu, mereka juga tak memerlukan banyak air.

5. Philodendron

Philodendron

Philodendron kebanyakan hidup di daerah yang lembap seperti rawa, habitatnya pun berada di hutan hujan tropis. Bentuk daunnya yang indah menjadikannya banyak digemari pencinta tanaman hias. Karena daunnya yang indah itulah, tanaman ini cocok diletakkan di dalam ruangan misalnya disamping jendela.

Tanaman ini juga dapat merambat ke pohon lain melalui akarnya. Memiliki nama ilmiah Philodendron monstera deliciosa, tanaman ini sangat mudah dirawat. Kamu hanya perlu pastikan menyimpannya di tempat yang lembap dan teduh, karena jika tidak philodendron akan mudah layu.

6. Pastazanum

Pastazanum

Tanaman ini masih satu keluarga dengan philodendron, diihat sekitas keduanya memang mirip. Namun, Patazanum tak memiliki aksen robek di daunnya. Daunnya berwarna hijau tua dan terlihat segar dengan bentuk hati yang besar juga urat kontras yang lebih ringan.

Panjang daunnya dapat tumbuh hingga sekitar dua kaki, sedangkan batangnya tertancap langsung pada tahan atau pot. Patazanum mudah sekali bertumbuh, namun kamu tak perlu khawatir karena perawatannya sangatlah mudah.

7. Puring

Puring

* sumber: bloomscape.com

Dikenal karena warna daunnya yang eksotis, tanaman ini masih menjadi primadona dalam kelompok tanaman hias daun. Gradasi warnanya yang unik dan indah menghadirkan kesan menyejukan. Puring memiliiki warna daun yang pekat juga penuh akan gradasi corak perpaduan warna kuning, merah, hijau, jingga, hingga ungu.

Selain warna, bentuk daunnya pun beragam ada yang berbentuk oval, memanjang, dan bergelombang. Codiaeum variegatum atau puring adalah tanaman yang terbilang mudah dirawat sehingga kamu tak akan kerepotan merawatnya.

8. Philodendron Orang Juice

Philodendron Orang Juice

* sumber: gardengoodsdirect.com

Satu lagi keluarga philodendron yang bisa kamu jadikan koleksi tanaman hias daun di rumah. Dikenal juga dengan nama Philodendron price of orange, tanaman ini adalah varietas yang berkelas dikarenakan keunikan warna daunnya. Dinamai sesuai warna daun yang mengesankan kesegaran seperti jus.

Jenis warna daunnya lebih beragam dibanding keluarga philodendron lainnya, seperti warna hijau muda, kuning, jingga, hingga merah. Perawatannya juga mudah karena ia dapat hidup di tempat minim cahaya dan tempat teduh. Kamu juga bisa meletakkannya didalam atau diluar rumah.

9. Palem Hias

Palem Hias

Tanaman ini biasanya sering terlihat sebagai hiasan didalam gedung perkantoran, hotel, mall, hingga rumah sakit. Namun bukan berarti kamu tak bisa merawatnya dirumah, karena perawatan palem hias relatif mudah. Dapat kamu siram secukupnya saja, karena palem hias mampu menyimpan air dengan baik.

Palem hias bisa menambah kesan alami dan asri dalam rumah. Jenis dari pohon palem hias sangatlah beragam. Bentuk daunnya yang menyerupai duan kelapa namun dalam versi mini membuatnya cocok diletakkan didalam ataupun diluar ruangan.

10. Lili Paris

Lili Paris

Memiliki nama ilmiah Chlorophytum comosum, Lili paris mudah sekali dirawat. Warna daunnya yang hijau dengan gradasi  kuning pada tengah daun membuatnya terlihat cantik. Bentuk daunnya panjang dan ramping dengan ujung lancip.

Lili paris mudah beradaptasi di berbagai tempat, kamu bisa menanamnya dalam pot duduk maupun pot gantung baik diluar atau didalam ruangan. Tanaman ini cocok sekali untuk kamu yang butuh tanaman mungil dalam ruang yang terbatas.

Itulah 10 tanaman hias daun yang bisa kamu jadikan referensi pilihan tanaman hias yang sesuai dan cocok dengan selera kamu. Memelihara dan merawat tanaman di dekat kita bisa memperoleh kepuasan batin yang tak ternilai harganya.

Seperti namanya, tanaman hias difungsikan menjadi penghias dan dimaksudkan sebagai pemberi keindahan yang bisa dinikmati secara visual. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan membantu kamu mengenal jenis tanaman hias daun.

Kamu boleh menambahkan info atau pertanyaan seputar tanaman hias daun di kolom komentar. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar tanaman yang Bacaterus siapkan buat kamu. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *