Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 10 Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Tumbuh

10 Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Tumbuh

Tanaman aquascape adalah jenis tumbuhan yang sering diletakkan di dalam akuarium. Tanaman aquascape tidak hanya berfungsi sebagai hiasan saja, tetapi sering digunakan sebagai tempat tinggal ikan. Ikan-ikan dalam akurium sangat gemar bersembunyi di antara tanaman yang terdapat dalam akuarium. Oleh karena itu, penempatan tanaman aquascape dalam akuarium sangatlah penting.

Sama seperti tanaman yang hidup di darat, tanaman aquascape membutuhkan CO2 untuk proses fotosintesis. Tabung CO2 ditempatkan dekat akuarium untuk menyuplai gas CO2 pada tanaman aquascape. Namun, ada pula beberapa tanaman aquascape yang bisa hidup tanpa CO2.

Syarat agar tanaman aquascape bisa hidup di air tawar tanpa CO2 adalah rutin mengganti 30% air dalam akuarium seminggu sekali. Selain itu, Anda harus menjaga suhu akuarium tetap di bawah 30 derajat celcius. Namun, memang lebih baik jika tanaman aquascape mendapatkan asupan gas CO2.

Bagi Anda yang sudah lama menggeluti dunia aquascape tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai cara perawatan tersebut. Namun bagi para pemula, pasti akan kesulitan jika harus menanam sembarang tanaman aquascape.

Nah, bagi pemula sebaiknya memelihara tanaman aquascape yang perawatannya mudah. Aquascape yang cocok bagi pemula adalah tanaman yang mudah tumbuh tanpa CO2 atau tidak terlalu membutuhkan perawatan ekstra. Berikut adalah beberapa jenis tanaman aquascape yang cocok untuk pemula.

10 Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Tumbuh

1. Hygrophila Difformis

jenis tanaman aquascape Water Wisteria

Tanaman yang juga dikenal dengan nama Water Wisteria ini dapat tumbuh dengan cepat. Perawatannya mudah dan dapat mempercantik akuarium air tawar Anda. Tanaman ini bisa bertahan dalam suhu air 23 – 28 derajat celcius. Selain itu, tanaman ini hanya membutuhkan pencahayaan yang sedang. Water Wisteria sangat cocok digunakan untuk karpet pada akuarium.

2. Hemianthus Callitrichoides

Dwarf Baby Tears

Nama lain dari tanaman aquascape ini adalah Dwarf Baby Tears. Tanaman ini sering digunakan untuk karpet akuarium dan menjadi favorit bagi penggemar aquascape. Perawatan tanaman ini terbilang mudah jika dibandingkan dengan HC Cuba.

Dwarf Baby Tears dapat tumbuh dengan lebat memenuhi lantai akuarium. Suhu yang cocok untuk tanaman karpet aquscape ini berkisar pada 22 – 23 derajat celcius. Sifat dari tanaman ini adalah tumbuh mengikuti arah cahaya. Jadi, ketika Dwarf Baby Tears memperoleh pencahayaan yang kurang, maka tanaman ini akan tumbuh ke atas berusaha mencari sumber cahaya.

3. Java Moss

Java Moss

Sepintas tanaman aquascape ini terlihat seperti ganggang rumput laut. Namun, tanaman ini memiliki warna hijau terang, kontras dengan rumput laut yang memiliki warna putih kekuningan. Java Moss biasa tumbuh di kayu apung atau bebatuan. Boleh dibilang bahwa Java Moss adalah tanaman aquascape di sekitar kita yang mudah diperoleh.

Sama seperti Water Wisteria, Java Moss juga tidak memerlukan pemeliharaan ekstra. Tanaman ini bisa tumbuh di air bersuhu 21 – 32 derajat celcius, tetapi suhu yang paling tepat adalah 21 – 24 derajat celcius. Bayi-bayi ikan biasa berlindung di dalam tanaman ini. Java Moss bisa hidup di semua jenis pencayahaan.

4. Eleocharis Parvula

Eleocharis Parvula

Nama dari tanaman ini sedikit mirip dengan Hemianthus Callitrichoides, yakni Dwarf Hair Grass. Ketika diberikan sebuah batu di tengah-tengahnya, maka aquascape ini akan tumbuh dengan sangat menakjubkan di sekitar batu.

Karena pertumbuhan Dwarf Hair Grass terbilang cepat, maka Anda harus melakukan pemangkasan secara berkala. Suhu air yang tepat untuk aquascape ini adalah 22 – 25 derajat celcius. Dengan pencahayaan yang sedang, Dwarf Hair Grass tetap bisa tumbuh dengan baik. Akan tetapi, jika ingin tanaman ini tumbuh dengan cepat, berilah pencahayaan yang tinggi untuk aquascape ini.

5. Amazon Sword

Amazon Sword

Dinamakan Amazon Sword karena bentuk daun pada tanaman aquascape yang satu ini tampak seperti pedang. Amazon Sword adalah jenis tanaman aquascape yang sering dipakai sebagai latar belakang (background) akuarium.

Pada umumnya, pemilik akuarium akan meletakkan Amazon Sword ini di bagian belakang akuarium. Tanaman ini bisa bertahan di dalam air dengan suhu 22 – 28 derajat celcius. Selain itu, Amazon Sword membutuhkan sumber pencahayaan yang moderat agar bisa bertumbuh dengan baik. Ikan-ikan sangat gemar menjadikan Amazon Sword ini sebagai tempat persembunyian yang nyaman.

6. Lilaeopsis

Lilaeopsis

Bentuknya seperti rumput yang biasa Anda lihat di sekitar kita. Namun, Lilaeopsis bisa tumbuh setinggi 5 cm dan menyebar dengan cepat di lantai akuarium. Apabila Anda mengkombinasikan Lilaeopsis dengan aquascape lainnya, sebaiknya Anda rutin melakukan pemangkasan terhadap tanaman ini. Karena jika dibiarkan, maka Lilaeopsis yang tumbuh dengan cepat dapat menyerang tanaman aquascape lain di sekitarnya.

Gunakan pencahayaan sedang untuk merangsang pertumbuhan Lilaeopsis. Air dengan suhu 23 – 29 derajat celcius adalah yang terbaik untuk tanaman yang kerap kali digunakan sebagai tempat persembunyian bayi-bayi ikan ini.

7. Echinodorus Amazonicus

Amazon Sword

Tanaman yang satu ini merupakan salah satu jenis tanaman aquascape yang paling diminati oleh pemula. Daun ini memiliki bentuk seperti pedang. Bahkan, panjang daun ini dapat mencapai 50 cm. Amazon Sword sering dipakai untuk mempercantik bagian belakang akuarium. Toleransi suhu air yang cocok untuk aquascape ini adalah 22 – 27 derajat celcius.

Echinodorus Amazonicus tidak bisa hidup tanpa CO2. Untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman ini, sangat dianjurkan untuk memasang tabung yang menyuplai CO2 ke dalam akuarium Anda.

8. Anubias Nana

Anubias Nana

Kriteria jenis tanaman aquascape untuk pemula adalah yang mudah dirawat dan tidak memerlukan berbagai perawatan yang rumit. Nah, jika Anda mencari tanaman aquascape yang cocok untuk pemula, Anubias Nana adalah sebuah pilihan yang cocok. Tanaman ini bisa ditemukan di sungai atau di alam liar dengan sangat mudah.

Tanaman ini mampu bertumbuh dengan tinggi hingga 15 cm dan daun dari tanaman ini berwarna hijau gelap. Tak perlu melakukan perawatan khusus pada Anubias Nana. Sama seperti Amazon Sword, tanaman ini dapat bertahan dalam air bersuhu 22 – 28 derajat celcius.

Lantas, di mana tempat yang cocok untuk meletakkan Anubias Nana? Sejatinya, tanaman ini bisa diletakkan di segala sudut akuarium Anda. Karena fungsi utama dari Anubias Nana ini memang untuk menambah keindahan pada akuarium.

9. Microsorum Pteropus

Java Fern

Java Fern adalah nama dari tanaman aquascape ini. Karena mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan ekstrem, maka Java Fern sangat direkomendasikan untuk pemula. Meskipun perawatannya mudah, tanaman ini juga dikoleksi oleh pemain lama aquascape. Hal ini dikarenakan Java Fern memiliki bentuk dan tampilan yang sangat menarik.

Untuk memelihara tanaman ini, Anda harus menempatkannya di dalam air dengan suhu 22 – 25 derajat celcius. Hebatnya lagi, Java Fern bisa hidup dengan pencahayaan yang sangat minim sehingga Anda bisa menghemat penggunaan listrik.

10. African Water Fern

African Water Fern

Ada Java Fern, ada pula African Water Fern. Tanaman ini memiliki tampilan yang cukup unik dan menarik. Africa Fern sering digunakan sebagai latar belakang akuarium. Tidak sulit untuk merawat aquascape yang satu ini. Anda hanya perlu menempatkannya dalam air dengan suhu 20 – 27 derajat celcius.

Tak perlu pencahayaan yang tinggi untuk membuat Africa Fern tetap tumbuh, karena tanaman ini bisa tumbuh meski mendapatkan pencahayaan yang minim. Dengan begitu, tanaman ini sangat cocok dikombinasikan dengan Java Fern.

Tanaman Rekomendasi Lainnya

Selain 10 jenis tanaman aquascape yang sudah kami sebutkan di atas, ternyata masih ada beberapa jenis tanaman yang sangat best seller di pasaran. Berikut ini Bacaterus sudah merangkum 5 jenis tanaman aquascape lainnya yang bisa Anda jadikan referensi untuk menghias akuarium.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Referensi dan Sumber Gambar :

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment