Bacaterus / Aquascape / 10 Tanaman Aquascape yang Mudah Dirawat Tanpa Pupuk Dasar

10 Tanaman Aquascape yang Mudah Dirawat Tanpa Pupuk Dasar

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menekuni hobi aquascaping menjadi sebuah tantangan tersendiri. Selain dituntut memiliki kreativitas yang tinggi, para penggila hobi ini pun harus memiliki pengetahuan berbagai jenis tanaman aquascape dan juga cara untuk melakukan perawatan. Nah, meskipun kamu seorang pemula, namun kamu tidak perlu khawatir bila ingin mencoba menekuni hobi yang satu ini.

Jika sebelumnya kita membahas beberapa jenis tanaman aquascape low CO2, maka kali ini Bacaterus akan mengulas jenis-jenis tanaman aquascape tanpa pupuk dasar yang bisa kamu aplikasikan pada akuarium yang ada di rumahmu. Apa saja itu? Yuk, ketahui daftarnya di sini!

1. Anubias

Anubias

* sumber: aquascapebatang.blogspot.com

Anubias adalah tanaman yang kerap menjadi pilihan para pecinta hobi akuarium karena perawatannya yang mudah. Selain low CO2, tanaman air yang  banyak ditemukan di wilayah bagian tengah dan barat Afrika ini juga mampu berkembang dengan sangat baik tanpa pupuk dasar. Tanaman ini bisa dengan mudah ditemukan, terutama di kawasan sungai dan juga rawa-rawa.

Anubias memiliki karakteristik daun lebar dengan warna gelap dan cukup tebal. Nah, jika kamu salah satu pemula yang ingin menekuni hobi aquascaping, maka Anubias tentu bisa menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan.

2. Amazon Sword

Amazon Sword

* sumber: aqualeafaquatics.com

Sama seperti Anubias, Amazon Sword pun merupakan jenis tanaman low CO2 yang bisa berkembang dengan baik tanpa pupuk dasar. Tanaman bernama ilmiah Echinodorus Amazonicus ini dikenal secara luas oleh masyarakat dunia dengan Amazon Sword atau tanaman pedang Amazon.

Tanaman jenis ini biasa digunakan untuk menghiasi kolam air buatan. Di Indonesia sendiri jenis tanaman ini cukup populer karena perawatannya yang cukup mudah serta memiliki visual yang indah. Amazon Sword pun bisa menjadi pilihan lain bagi pemula yang ingin mencoba hobi aquascaping tanpa harus pusing memikirkan pupuk dasar.

3. Cryptocoryne

Cryptocoryne

* sumber: trinsfish.com

Cryptocoryne merupakan satu dari sekian banyak tanaman semi akuatik yang juga bagus ditanam dalam akuarium tanpa pupuk dasar. Tanaman yang tergolong dalam keluarga Araceae ini merupakan tanaman asli yang dibawa dari daerah tropis India, kawasan Asia Tenggara dan juga Papua.

Cryptocoryne sendiri biasa hidup di kawasan aliran sungai yang tidak terlalu deras, di wilayah hutan yang berada di dataran rendah. Tanaman ini memiliki karakteristik daun berwarna hijau muda, berbentuk lebar, dan tebal. Jenis tanaman ini cukup banyak diminati karena memiliki beragam jenis bentuk dan warna yang unik.

4. Buchepalandra

Buchepalandra

* sumber: www.shadowaquarium.com

Buchepalandra atau yang lebih populer dengan nama Buce ini menjadi salah satu tanaman favorit bagi para penggemar aquascaping. Tanaman yang biasa tumbuh di hutan pedalaman ini memang dikenal memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Di Indonesia sendiri tanaman ini banyak ditemukan di wilayah Borneo, Kalimantan.

Bentuknya yang unik serta proses pertumbuhan yang lambat membuat tanaman jenis ini kerap dipilih oleh mereka yang ingin membangun akuarium tanpa menggunakan pupuk dasar. Nah, karena permintaan untuk tanaman ini cukup tinggi. Masyarakat yang berasal dari luar daerah tempat tanaman ini berasal pun mulai banyak membudayakan jenis tanaman ini.

5. Egeria Densa

Egeria Densa

* sumber: ilmubudidaya.com

Tanaman lain yang juga cukup baik untuk akuarium tanpa pupuk dasar adalah Egeria Densa. Tanaman yang berasal dari daerah Amerika ini kerap dijadikan pilihan oleh para penggemar aquascaping karena kelebihan yang dimilikinya.

Egeria Densa sendiri diketahui memiliki kemampuan untuk menyerap kelebihan nutrisi yang dibutuhkan alga. Hal inilah yang membuat tumbuhan ini bisa lebih tumbuh dan berkembang dengan cepat tanpa pupuk dasar.

Selain dapat menekan pertumbuhan alga, tanaman jenis ini mampu menyeimbangkan kondisi akuarium yang memiliki kelebihan nutrisi. Hal ini tentu cukup membantu bagi para pemula yang hobi dengan akuarium.

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Aquascape Low Light untuk Hiasan Akuarium

6. Kadaka/Java Fern

Kadaka Java Fern

* sumber: www.z-aquatics.com.au

Jenis tanaman aquascape lainnya yang sering dipilih oleh para pecinta akuarium tanpa pupuk dasar adalah Kadaka, atau lebih populer dengan nama Java Fern atau Pakis Lidah. Tanaman jenis ini memang sering menjadi pilihan utama para pemula atau mereka yang menekuni hobi aquascaping.

Selain karena perawatan yang relatif lebih mudah, visual yang ditampilkan oleh tanaman pemilik nama ilmiah Asplenium scolopendrium ini pun cukup menakjubkan. Kadaka sendiri memiliki banyak varietas dengan bentuk yang unik dan sangat indah untuk dijadikan hiasan dalam akuarium.

7. Rumput Mini Dwarf

Rumput Mini Dwarf

* sumber: ilmubudidaya.com

Rumput Mini Dwarf atau Carpet Seed adalah salah satu jenis tanaman yang kerap digunakan untuk forefround atau alas pada akuarium. Jenis tanaman ini juga biasa digunakan tanpa pupuk dasar. Rumput Mini Dwarf dikenal juga dengan nama Eleocharis Parvula di dunia aquascaping.

Jenis tanaman ini kerap dipilih untuk membuat tampilan akuarium lebih terlihat estetik. Dengan warna hijau terang tanaman ini memang mampu memukau siapapun yang memandang. So, tanaman ini pun bisa menjadi pilihan yang bagus untuk akuariummu yang ada di rumah.

8. Cabomba

Cabomba

* sumber: aquariumtidings.com

Dikenal karena memiliki daun yang indah, jenis tanaman ini cukup populer di daerah Amerika Selatan. Tanaman ini sendiri diketahui cukup baik tanpa pupuk dasar karena pertumbuhannya yang lambat. Para penggiat hobi ini memang kerap memilih tanaman yang bisa bertahan dengan intensitas cahaya rendah bila ingin menciptakan akuarium tanpa bantuan pupuk dasar.

Cabomba sendiri memiliki berbagai spesies dengan bentuk dan warna yang mengagumkan. Nah, jenis tanaman ini pun bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin menciptakan taman akuarium yang indah untuk ikan-ikan peliharaanmu.

9. Hydrilla

Hydrilla

* sumber: www.invadingspecies.com

Hydrilla adalah tanaman aquascape tanpa pupuk dasar selanjutnya yang kerap digunakan oleh para penggemar akuarium. Hydrilla sendiri adalah jenis tanaman air yang berasal dari perairan dingin. Hydrilla dikenal karena memiliki resistensi yang tinggi terhadap kadar garam yang larut di dalam air dibandingkan dengan banyak tumbuhan air lainnya.

Selain karena visualnya yang indah, Hydrilla termasuk jenis tanaman yang tidak membutuhkan perlakuan khusus dalam perawatannya. Hal inilah yang membuat tanaman jenis ini sering dipilih untuk menghiasi akuarium tanpa menggunakan pupuk dasar.

10. Fissiden Moss

Fissiden Moss

Tanaman aquascape tanpa pupuk dasar selanjutnya yang juga kerap menjadi pilihan adalah Fissiden Moss. Hampir sebagian jenis tanaman Moss memang memiliki banyak keunggulan. Selain karena bentuknya yang indah, perawatannya sendiri cukup mudah.

Nah, Fissiden Moss menjadi salah satu yang sering digunakan oleh para pecinta aquascaping karena pertumbuhannya yang cukup lambat. Orang-orang sendiri biasanya menggunakan pupuk cair untuk membantu pertumbuhan tanaman yang satu ini. Nah, hal ini tentu sangat cocok bagi pemula yang akan menjalankan hobi ini.

Demikianlah daftar 10 tanaman aquascape tanpa pupuk dasar yang wajib diketahui pemula. Semoga informasi mengenai jenis tanaman tanpa pupuk dasar di atas bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin menciptakan taman air di akuarium rumahmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *