bacaterus web banner retina

4 Jenis Studio XXI yang Perlu Diketahui Para Pecinta Film

Bagi para pecinta film, berkunjung ke bioskop akan menjadi suatu kegiatan yang rutin dilakukan setiap kali ada film terbaru yang tayang di layar lebar. Bagi sebagian orang, menonton film dalam gedung bioskop dengan layar berukuran lebar dan kualitas audio yang mumpuni di dalam ruangan tersebut akan memberikan pengalaman tersendiri yang tidak bisa dirasakan jika menonton film melalui media lain.

Saat ini di Indonesia ada cukup banyak jaringan bioskop yang tersebar di berbagai kota yang memutar banyak pilihan film yang bisa kamu tonton. Salah satu jaringan bioskop yang cukup besar di Indonesia dan banyak disukai oleh para pecinta film adalah Cinema XXI. Jika kamu juga merupakan pecinta film yang sering menonton film di bioskop ini, berikut jenis-jenis studio di Cinema XXI yang harus kamu coba.

Sejarah Cinema XXI

Sejarah Cinema XXI

* sumber: carapandang.com

Sebelum mengenali tipe-tipe studio yang dimiliki Cinema XXI, mari berkenalan terlebih dahulu dengan jaringan bioskop ini. Cinema XXI adalah salah satu jaringan bioskop terbesar di Indonesia yang merupakan bagian dari Cineplex 21 group milik PT Nusantara Sejahtera Raya. Cineplex 21 group juga merupakan pelopor jaringan Cineplex di Indonesia sejak tahun 1987.

Di tahun 2004, Cineplex 21 group membuka bioskop Cinema XXI pertama kalinya dan berlokasi di Plaza Indonesia Entertainment X’nter. Saat ini, Cinema XXI telah memiliki lebih dari 150 bioskop yang tersebar di berbagai kota di Indonesia dan menguasai hampir setengah dari jumlah layar bioskop yang ada di Indonesia.

Film-film yang diputar di Cinema XXI mayoritas merupakan film-film terbaru produksi Hollywood dan juga film-film terbaru dari Indonesia. Selain menayangkan berbagai judul film, Cinema XXI juga memberikan fasilitas lain dalam gedung bioskopnya, seperti café yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman, lounge, fasilitas games, hingga ruang untuk merokok di beberapa gerainya.

Jenis-jenis Studio di Cinema XXI

Saat kamu menonton di Cinema XXI, kamu juga bisa memilih beberapa tipe studio yang tersedia di bioskop tersebut. Masing-masing tipe studio yang tersedia di Cinema XXI ini memiliki keunggulannya masing-masing dan menawarkan fasilitas serta pengalaman menonton yang seru. Berikut sedikit penjelasan mengenai tipe-tipe studio tersebut.

1. Tipe Studio Reguler / Deluxe

Studio Reguler XXI

* sumber: www.gingsul.com

Studio dengan tipe reguler atau juga disebut dengan tipe deluxe merupakan salah satu tipe studio di Cinema XXI yang paling banyak dibuka di berbagai kota atau di lokasi berdirinya bioskop Cinema XXI. Studio dengan tipe reguler atau deluxe di Cinema XXI juga telah menggunakan teknologi bioskop digital untuk memutar film-filmnya.

Seluruh studio di Cinema XXI, termasuk untuk tipe studio deluxe juga telah memiliki sertifikat THX yang merupakan sertifikasi untuk tata suara terbaik berstandar dunia, sehingga kamu akan mendapatkan kualitas audio terbaik ketika menonton film di studio ini. Tipe studio deluxe juga telah dilengkapi dengan sofa empuk yang akan membuat kamu nyaman selama menonton.

Kisaran harga untuk menonton film di tipe studio deluxe Cinema XXI ini adalah sekitar Rp30.000 hingga Rp40.000 untuk hari kerja atau weekday dan sekitar Rp50.000 untuk akhir pekan atau weekend. Harga tiket ini juga akan bervariasi pada Cinema XXI di setiap kota.

2. Tipe Studio Dolby Atmos

Studio Dolby Atmos XXI

* sumber: www.facebook.com

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi menonton film dengan kualitas audio yang lebih memuaskan lagi, kamu bisa coba untuk menonton film di bioskop Cinema XXI dengan tipe studio Dolby Atmos. Tipe studio ini menggunakan teknologi tata suara terbaru yaitu Dolby Digital Surround 7.1 yang dikembangkan oleh Dolby Laboratories.

Ruangan studio dengan tipe Dolby Atmos dilengkapi dengan total 64 speaker yang dihubungkan dengan Atmos enabled amplifier. Teknologi ini mampu menginterpretasikan 128 jenis suara ke 64 speaker yang terpasang di ruangan tersebut. Teknologi ini akan memberi penonton pengalaman menonton film dengan sensasi suara seperti aslinya atau real surround system.

Tipe studio Dolby Atmos memiliki ciri tempat duduk penonton yang dibagi menjadi tiga kolom, yaitu kanan, tengah, dan kiri. Kisaran harga untuk menonton di studio Cinema XXI dengan tipe Dolby Atmos yaitu berkisar antara Rp50.000.

3. Tipe Studio IMAX

Studio IMAX XXI

* sumber: apabedanya.com

Jika kamu menginginkan pengalaman menonton film dengan visual yang lebih memuaskan, kamu bisa coba untuk menonton di bioskop Cinema XXI dengan tipe studio IMAX. IMAX merupakan singkatan dari Image Maximum. Teknologi IMAX merupakan teknologi yang mampu menampilkan gambar dengan ukuran dan resolusi lebih besar dari film konvensional lainnya.

Film-film yang diputar di studio IMAX merupakan film-film khusus yang diproduksi dengan menggunakan kamera berteknologi IMAX. Studio dengan tipe IMAX pertama kali dibuka oleh jaringan Cineplex 21 group pada tahun 2012. Tipe studio ini memiliki ukuran layar yang lebih lebar dibanding dengan tipe studio lainnya.

Standar layar untuk studio IMAX yaitu berukuran panjang 22 meter dan lebar 16 meter. Kisaran harga untuk menonton film di studio IMAX Cinema XXI ialah sekitar Rp50.000 untuk hari kerja atau weekday. Sementara untuk akhir pekan atau weekend, kisaran harga tiket studio IMAX adalah sekitar Rp75.000 hingga Rp100.000.

4. Tipe Studio The Premiere

Studio The Premiere XXI

* sumber: jendela360.com

Tipe studio The Premiere merupakan studio di Cinema XXI untuk kamu yang ingin merasakan pengalaman menonton film dengan kesan mewah dan eksklusif. Lobby yang disediakan untuk tempat pemesanan tiket dan ruang tunggu bagi para penonton The Premiere juga dibuat khusus dan terpisah. Tiket The Premiere juga memiliki tampilan eksklusif dengan terbungkus amplop.


Ruangan dalam studio The Premiere juga dibuat dengan desain yang mewah dengan ukuran sofa kulit yang besar dan nyaman. Kamu juga bisa mengatur kenyamanan posisi kursi kamu hingga posisi rebah dengan tombol yang ada di sekitar kursi tersebut. Jarak antar kursi juga dibuat berjauhan agar memberikan kesan private.

Sepanjang pemutaran film di studio The Premiere, kamu juga bisa memesan berbagai makanan atau minuman yang tersedia di café Cinema XXI dan makanan tersebut akan diantarkan langsung oleh petugas bioskop yang melayani kamu.

Di dalam laci setiap kursi studio ini juga dilengkapi dengan selimut yang bisa kamu gunakan ketika menonton film. Hingga kini, sudah ada 66 studio The Premiere yang tersebar di 26 kota dan memutar berbagai film Hollywood pilihan. Kisaran harga tiket untuk menonton film di studio The Premiere ialah mulai dari Rp60.000 hingga Rp150.000.

Nah, itulah beberapa jenis studio yang dimiliki oleh Cinema XXI dengan keunggulannya masing-masing yang akan membuat pengalaman menonton film semakin seru. Bagaimana dengan kamu sendiri? Tipe studio Cinema XXI yang mana yang menjadi studio favoritmu untuk menonton film? Atau kamu memiliki pengalaman seru ketika menonton film di salah satu studio yang ada di Cinema XXI tersebut? Bagikan cerita dan pengalamanmu di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram