Bacaterus / Bioskop / Inilah 9 Jenis Studio yang Ada di Bioskop CGV, Sudah Coba?

Inilah 9 Jenis Studio yang Ada di Bioskop CGV, Sudah Coba?

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

씨제이 씨지브이㈜ atau CJ CGV adalah perusahaan bioskop multiplex terbesar di Korea Selatan. CGV sendiri merupakan singkatan dari Cultural, Great, dan Vital. CGV merupakan bisnis raksasa.

Di negara asalnya saja, CGV hadir di 85 lokasi, dengan total 681 layar lebar dan 100 ribu kursi. Makanya, wajar sekali ketika CGV juga punya cabang di negara lainnya seperti Tiongkok, Vietnam, Amerika Serikat, dan Indonesia.

Di Indonesia, CGV hadir pertama kali sebagai Blitzmegaplex dan CGV blitz, tapi sekarang berganti nama jadi CGV Cinemas. Orang lokal yang terbiasa dengan bioskop XXI (dulu Cinema 21) akan merasakan sensasi berbeda ketika nonton di bioskop CGV. Kehadiran CGV sendiri mematahkan kesan ‘monopoli’ XXI yang mendominasi pasar bioskop Indonesia.

Perbedaan yang paling utama dari CGV adalah, mereka banyak menayangkan film luar negeri yang tidak biasa masuk XXI seperti film-film Jepang, Korea, India, bahkan mereka sering menayangkan anime dan konser atau diskografi dari entertainer dunia seperti Queen, BTS dan Twice.

CGV juga mendukung dan menayangkan industri perfilman ‘kecil’ seperti arthouse dan film festival. Buat yang ingin tahu jenis-jenis studio bioskop CGV, Bacaterus sudah mengumpulkan semuanya di sini.

1. Starium

* sumber: id.bookmyshow.com

Studio CGV yang akan pertama kali kita bahas adalah Starium. Ini adalah regular studio-nya CGV, sebenarnya. Cinema ini memiliki lebar dan dimensi layar cekung 19.5 x 8.1 meter. Studio ini dilengkapi Barco Proyektor 4K dan sound system Dolby Digital 7.1. Dengan big screen berteknologi tinggi, kamu akan dimanjakan dengan visual yang lebih jernih dan juga gambarnya yang lebih tajam.

Studio Starium terbaru memiliki kapasitas tempat duduk hingga 425 kursi. Tapi, tak ada yang spesial, karena studio ini memang yang paling ‘sederhana’ diantara studio CGV lainnya. Kursinya tegak tapi tetap nyaman dan empuk untuk bersandar. Berbeda dengan kursi bioskop XXI, kursi di Starium CGV ini terlipat sendiri kalau tidak ada yang menduduki.

Terus, yang menyenangkannya, jarak antar kursi depan dan belakang cukup luas. Sehingga orang yang kakinya jenjang tidak merasa tertekuk kakinya. Ini juga mengurangi kemungkinan orang yang duduk di belakang untuk menendang atau menyenggol kursi kita.

Karena studio regular, harga tiket film-nya pun jadi yang termurah di CGV, yaitu berkisar Rp 35.000-65.000 saja tergantung lokasi bioskop, film yang ditayangkan, dan hari penayangan.

Starium juga dilengkapi dengan kursi Sweetbox (akan dibahas di bawah). Beberapa studio dilengkapi 17 seat Sweetbox, tapi ada juga yang cuma sedikit, tergantung kota dan mall-nya. Uniknya, studio Starium ini bisa disewa untuk tempat meeting, seminar, hingga konser juga.

2. RealD 3D

* sumber: prettyinsider.blogspot.com

Film 3D sangat beken, bahkan sudah sejak lama 3D ada di dunia per-bioskop-an. Tapi, kalau di CGV ada studio-nya sendiri untuk menonton film seperti ini, namanya adalah studio RealD 3D. Studio ini menggunakan teknologi proyeksi stereoskopik buatan RealD Inc.

Kamu juga akan diberi kacamata 3D yang dibuat dari circular polarized (proyeksi gelombangnya berputar), jadi, walaupun kamu gerak-gerak tetap bisa menonton film 3D dengan nyaman.

Teknologi ini juga memiliki perbedaan dengan kacamata 3D bioskop lain. Kamu justru akan merasa ‘masuk ke dalam film’ alih-alih ‘film yang ke luar menghampiri kamu’.

Sedangkan perbedaan studio RealD 3D dengan studio CGV regular adalah, layarnya lebih lebar dan besar,  terus deretan kursinya lebih ‘tinggi’ dan jarak antar kursinya lebih jauh. Kamu juga bisa membuat kursinya agak turun supaya bisa senderan gitu.

3. 4DX

* sumber: www.forbes.com

Setingkat di atas 3D, CGV punya studio bernama 4DX. Tentunya studio ini lebih keren dari yang 3D, karena 4DX dilengkapi dengan 5 sensor seperti gerakan, percikan air, cahaya, hingga hembusan udara dan aroma. Sehingga, kamu bisa benar-benar merasa ‘ikut bermain bersama para aktor di film’ tersebut.

Studio ini memiliki tagline “Absolute Cinema Experience” dengan harapan bisa memberikan pengalaman sinema yang mutlak buat kamu. Sayangnya studio ini terbatas banget dan baru tersedia di lima kota saja, yaitu di CGV Grand Indonesia (Jakarta Pusat), CGV Central Park (Jakarta Barat), CGV Marvel City (Surabaya), CGV Paris Van Java (Bandung), dan CGV Hartono Mall (Yogyakarta).

4. Sphere X

* sumber: id.bookmyshow.com

Selanjutnya ada Sphere X. Bisa kamu lihat sendiri, studio ini jauuuh lebih luas dari studio-studio sebelumnya. Jarak antar kursi depan dan belakang juga sangat jauh. Soalnya, kursi di studio Sphere X bisa direbahkan hingga 45°. Lalu, layar studio ini juga beda banget.

CGV menyediakan Curve Screen alias layar melengkung dengan ukuran 26 x 14 meter. Makanya, jajaran kursinya juga ikut melengkung mengikuti layar. Iya, gambar di atas itu bukan diedit tapi memang karena studionya didesain melengkung!

Studio ini bisa dipakai untuk menonton film biasa (2D) dan juga 3D. Terus, katanya, sound system yang dipakai studio ini juga lebih canggih dari studio IMAX, loh! Di setiap sisi studio Sphere X, tertanam 60 buah pengeras suara Vive Chirstie Audio dan Dolby Atmos. Jadi, kelebihan Sphere X dibandingkan studio reguler adalah layar, suara, dan kursi.

5. ScreenX

* sumber: id.bookmyshow.com

Ini lebih canggih lagi, sih. Coba lihat layarnya yang terbagi pada tiga sisi studio! Membuat kita yang menonton merasa benar-benar tersedot ke dalam film. Studio Screen X adalah platform sinematik imersif multi proyeksi pertama di dunia yang menyediakan pengalaman baru buat para penonton, yaitu menonton film dengan sudut 270°.

Bayangin kamu nonton film yang berbau laut seperti “Pirates of the Carribean” misalnya, pasti terasa lebih nyata dengan layar yang lebih luas (hingga ke dinding kanan dan kiri studio) ini, kan. Atau, ketika kamu menonton film Queen “Bohemian Rhapsody”, kamu akan merasa seolah-olah sedang berada di Wembley Stadium.

Atau, ketika kamu menonton konser megastar seperti BTS dan Twice, pasti jauh lebih bermakna jika menonton dengan format studio ScreenX ini. Harga tiket studio ini pun tak terlalu mahal, yaitu Rp 60.000-70.000 saja. Sayangnya, studio ini baru tersedia di satu lokasi saja, yaitu di CGV Grand Indonesia (Jakarta Pusat).

6. Sweetbox

Sebenarnya ini bukan jenis studio, tapi jenis kursi tambahan. Sweetbox adalah dua kursi bersekat tinggi berwarna merah. Tujuan kursi ini adalah untuk memberikan privasi lebih buat keluarga, teman, atau pasangan. Soalnya kadang risih juga sebelah-sebelahan sama orang asing, kan, apalagi kalau mereka main hp atau ngobrol!

Mini sofa Sweetbox ini bisa kamu temukan nyempil di jajaran belakang studio Starium. Harga tiketnya lumayan, yaitu Rp 110.000-140.000 tapi itu untuk dua orang, jadi kamu dan teman bisa urunan! Sweetbox saat ini baru tersedia di CGV Grand Indonesia, CGV Harbour Bay Batam, dan CGV Miko Mall Bandung saja.

7. Velvet Class

Velvet Class, dari namanya saja sudah berkelas banget, ya. Ini adalah bioskop tipe 1st class. Dilengkapi dengan layar lebar dan sound system maksimal, sofa bed untuk dua orang (atau empat, dengan anak kecil), dan juga selimut dan bantal yang lembut.

Rasanya seperti menonton di home theater rumah sendiri! Hebatnya lagi, di setiap sofa bed ada Service Button untuk memesan makanan dan minuman tanpa perlu beranjak dari tempat kamu.

Area Velvet Class juga diberi ruang tunggu berupa lounge exclusive dengan nuansa retro yang eye catchy. Sejauh ini, fasilitas Velvet class baru ada di CGV Pacific Place (Jakarta Selatan), CGV Mall of Indonesia, CGV Central Park (Jakarta Barat), dan CGV Paris Van Java (Bandung). Harga tiket Velvet di bioskop-bioskop tersebut adalah Rp 75.000.

Sedangkan CGV Hartono Mall (Yogyakarta), CGV Kawanua City Mall (Manado), dan CGV Social Market (Palembang) dikenai biaya Rp 50.000 saja. Sangat murah, bukan, melihat semua fasilitas yang bisa kamu dapatkan. Kalau juga kamu bawa anak kecil. Untuk anak umur 1 tahun tidak dikena biaya, kalau anaknya berusia 2-5 tahun baru kena charge tambahan. Oh, ya, batas tinggi anaknya 100 cm, ya!

8. Gold Class

* sumber: menurutio.wordpress.com

Selanjutnya ada Gold Class. Sebenarnya Gold dan Satin Class (akan dibahas di bawah) satu tipe, yaitu VVIP cinema. Studio tipe ini memungkinkan penonton mendapatkan pengalaman menonton film lebih nyaman. Kursi studionya memiliki sandaran kaki dan bisa digeser ke kanan-kiri karena itu adalah reclining seat. Setiap studionya hanya berisi 70 kursi sehingga lebih sepi dan private.

fasilitas Service Button yang sama dengan Velvet Class agar kamu bisa memesan snack, makanan dan minuman tanpa melangkah ke luar auditorium. Kamu juga bisa makan dengan lebih nyaman karena ada meja kecil untuk menaruh makanan dan minuman.

Studio ini baru hadir di CGV Grand Indonesia, CGV Mall of Indonesia, dan CGV The Plaza Balikpapan. Harga tiket studio ini adalah Rp 60.000 (Senin-Kamis), Rp 70.000 (Jumat), dan Rp 90.000 (Sabtu-Minggu, dan hari libur nasional).

9. Satin Suite

Terakhir, ada Satin Class atau Satin Suite. Ini adalah perpaduan antara Velvet dan Gold Class di dalam satu auditorium. Kamu bisa menikmati kelebihan dua studio VVIP dengan harga yang lebih terjangkau di sini! Studio ini dilengkapi kursi sofa berwarna hitam yang elegan.

Karena tiap kursinya berdempetan dua-dua, mungkin akan lebih bagus jika kamu datang bersama teman atau pasangan. Kamu juga akan dimanjakan dengan layar yang lebih lebar dan juga melengkung agar bisa terlihat dari sudut mana pun kamu duduk.

Nah, sekarang sudah tahu kan jenis studio di bioskop CGV? Semua jenisnya bisa digunakan oleh siapa pun dengan fasilitas yang berbeda. Jika ingin yang lebih private dan lebih nyaman, mungkin Satin Suite dan Gold Class bisa menjadi opsi terbaik. Namun, harganya juga agak lebih pricey dibandingkan jenis studio biasa, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *