Bacaterus / Kucing / Ini Dia 10 Jenis Sisir dan Alat Grooming untuk Kucing

Ini Dia 10 Jenis Sisir dan Alat Grooming untuk Kucing

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 April 2019

Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing harus dimandikan secara rutin agar mereka tidak bau dan bebas kutu. Sayangnya, sebagian besar salon grooming mematok biaya yang tidak murah untuk memandikan kucing dan anjing kesayangan Anda. Namun, grooming juga bisa dilakukan di rumah asalkan alat-alatnya sudah lengkap.

Nah, jika Anda ingin memandikan dan merawat penampilan kucing kesayangan tanpa perlu membawanya ke salon, sebaiknya lakukan grooming sendiri di rumah. Bacaterus akan mengajak Anda mengenal jenis sisir untuk kucing dan sejumlah alat grooming lainnya yang wajib Anda miliki jika ingin memandikan kucing di rumah.

10 Jenis Sisir dan Alat Grooming untuk Kucing

1. Sisir Jarum

Sisir jarum Jenis Sisir untuk Kucing

Jenis sisir untuk kucing yang satu ini bermanfaat untuk menyisir kucing yang bulunya tebal, seperti kucing persia. Kucing dengan bulu yang tebal sangat rentan mengalami kerontokan. Fungsi dari sisir jarum ini untuk menyikat bulu yang rontok agar tidak menggumpal pada tubuh kucing.

Rapikan bulu kucing dengan sisir jarum secara perlahan karena tekanan yang terlalu dalam dan gerakan yang terlalu cepat dapat menyakiti si kucing dan membuat mereka memberontak. Usahakan sisir tidak menyentuh ke tubuhnya, cukup sisir bagian bulunya saja. Sisir jarum ini bisa Anda beli melalui Bukalapak di link ini.

2. Sisir Kayu

Sisir kayu

Setelah menghilangkan bulu-bulu kucing yang rontok dan menggumpal dengan sisir jarum, saatnya merapikan tampilan bulu kucing. Apabila Anda sudah menaburkan bedak ke tubuh kucing, gunakan sisir kayu untuk merapikan tubuhnya. Sisir kayu memiliki permukaan yang lebih halus dan tidak seruncing sisir jarum.

Sisir bergerigi rapat dapat menghilangkan kutu yang ada di dalam bulu-bulu kucing. Sebaiknya pilih sisir kayu yang menyediakan sikat halus. Sikat ini juga berfungsi untuk merapikan bulu kucing. Biasanya sikatnya berada di bagian belakang sisir kayu.

3. Matt Splitter

Matt splitter

Untuk mempermudah proses grooming kucing maupun anjing kesayangan Anda, sebaiknya sediakan matt splitter. Ini merupakan alat untuk mengurai bulu yang kusut. Kucing dengan bulu yang lebat, seperti britania, persia, dan siberia biasanya memiliki bulu yang kusut dan menggumpal.

Jika Anda memaksa menguraikan bulu kusut dengan sisir jarum, kucing akan merasa kesakitan. Oleh karena itu, gunakan matt splitter untuk menguraikan bulu yang kusut. Alat ini akan membantu Anda meluruskan bulu-bulu yang kusut tanpa perlu menyakiti si kucing. Matt splitter juga bisa dipakai pada anjing dengan bulu yang rentan kusut, seperti anjing pudel misalnya.

4. Slicker Brush

Slicker brush

Satu lagi jenis sisir untuk kucing yang harus Anda miliki jika ingin melakukan grooming sendiri di rumah. Slicker brush merupakan sisir bergagang dengan ujung berbentuk pad datar dengan gerigi yang sangat lembut dan cenderung seperti jarum. Namun, ujung sisir ini tidak setajam sisir jarum.

Slicker brush cocok untuk menyikat bulu kucing dengan bulu yang jarang maupun lebat. Pad horisontal di ujung sisir ini berguna untuk menyikat bagian atas kepala kucing.

Sisir ini nampaknya sangat cocok untuk menyisir bulu kucing yang aktif bergerak. Satu tangan memegang kucing, sedangkan tangan Anda lainnya memegang slicker brush untuk menyikat bulu kucing kesayangan Anda. Produk ini bisa Anda beli melalui Bukalapak di link ini.

5. Grooming Pad

Grooming pad

Grooming pad atau palm brush adalah sisir yang geriginya terbuat dari karet sehingga terasa nyaman ketika menyentuh kulit hewan peliharaan Anda. Sisir jenis ini sangat membantu Anda untuk merapikan bulu kucing secara lebih mudah. Bahkan, sisir ini akan membuat si kucing nyaman karena bisa menghilangkan rasa gatal di tubuhnya.

Dewasa ini, grooming pad hadir dalam berbagai bentuk. Ada yang bentuknya seperti sarung tangan, sehingga ketika memakai sisir ini untuk merapikan bulu kucing, Anda lebih terlihat seperti sedang membelainya. Grooming pad berbentuk sarung tangan ini juga dapat mengecoh kucing karena ia akan merasa seperti sedang disayang oleh majikannya. Alat ini bisa Anda beli melalui Bukalapak di link ini.

6. Shampoo

Espree

Yang satu ini memang harus Anda miliki ketika ingin grooming kucing. Untuk keperluan grooming sebaiknya pakai shampoo khusus kucing atau shampoo untuk hewan peliharaan lainnya. Jangan menggunakan shampoo untuk manusia karena formulanya sudah pasti berbeda.

Apabila Anda ingin menjaga kecantikan dan kesehatan bulu binatang peliharaan Anda sebaiknya gunakan shampoo dan produk perawatan khusus lainnya yang memang disesuaikan untuk membersihkan bulu hewan tersebut. Shampoo untuk kucing juga dapat menjaga kesehatan kulit dan bulunya. Anda bisa membeli berbagai shampo untuk kucing di Bukalapak lewat link ini.

7. Cairan Pembersih Telinga

Cairan pembersih telinga

Sama seperti manusia, telinga kucing juga harus dibersihkan setiap beberapa waktu sekali. Akan tetapi, telinga kucing jauh lebih sensitif dari telinga manusia. Jadi, Anda harus menggunakan cairan pembersih telinga khusus.

Teteskan secukupnya ke dalam telinga kucing, lalu diamkan saja tanpa perlu disentuh. Selama beberapa menit, kotoran akan runtuh sendiri karena efek obat pembersih tadi. Untuk mengambil kotoran dari dalam telinga kucing gunakan kapas halus. Hindari penggunaan cotton bud karena alat tersebut bisa melukai telinga kucing. Produk ini bisa dibeli melalui Lazada di link ini.

8. Pemotong Kuku

Pemotong kuku

Gunting kuku atau nail trimmer adalah peralatan grooming yang paling wajib. Ketika grooming Anda harus turut memotong kuku kucing karena kukunya juga memanjang terus menerus. Untuk sekedar merapikan kuku kucing, Anda bisa mengandalkan alat pemotong kuku ini.

Hindari penggunaan gunting kuku manusia pada kucing untuk menghindari risiko kucing terluka. Hati-hati saat memotong kuku kucing. Jangan memotong terlalu dalam agar kulit si kucing tidak terkena gunting kuku. Pemotong kuku sebaiknya hanya dipakai untuk memotong kuku saja, bukan untuk memotong bulu. Anda bisa membeli pemotong kuku ini lewat Bukalapak di link ini.

9. Gunting

Gunting

Gunakan gunting berukuran kecil untuk memangkas bulu yang tumbuh di bagian telapak kaki kucing. Bulu tersebut hanya akan membuat kucing terpeleset saat berjalan. Jadi, saat sedang grooming sebaiknya bulu di telapak kaki sekalian saja dipotong.

Di samping itu, gunting juga bisa dipakai untuk merapikan bulu kucing yang tumbuh terlalu panjang. Tak perlu memiliki keahlian khusus untuk menggunting bulu yang kepanjangan, kira-kira saja untuk merapikan bulu kucing kesayangan Anda.

10. Blower

K-9

Setelah mengenal beberapa jenis sisir untuk kucing dan peralatan grooming lainnya, saatnya membahas peralatan grooming yang terakhir, yaitu blower. Ini adalah sejenis hair dryer untuk kucing. Bedanya blower menghasilkan udara yang sangat kencang sehingga bulu kucing jadi cepat kering.

Keberadaan blower sangat wajib untuk grooming kucing sendiri di rumah. Pasalnya, bulu kucing yang dibiarkan basah dapat membuat si kucing sakit. Setelah memandikan kucing, segera keringkan bulunya dengan blower. Alat ini bisa membantu Anda mengeringkan kucing berbulu lebat, seperti kucing persia, hanya dalam waktu 10 menit saja. Anda bisa membeli produk ini lewat Lazada di link ini.

Sejumlah jenis sisir untuk kucing dan peralatan grooming lainnya bisa Anda pakai untuk memandikan dan merawat kucing kesayangan di rumah. Sebaiknya miliki semua peralatan di atas agar Anda bisa membersihkan dan merawat kucing sendiri dengan lebih baik.

Grooming bisa dilakukan minimal seminggu sekali agar kucing tetap wangi dan bebas kutu. Apabila Anda ingin menggunakan shampoo, bedak, atau produk perawatan lain khusus kucing sebaiknya sesuaikan produknya dengan jenis kucing Anda.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “Ini Dia 10 Jenis Sisir dan Alat Grooming untuk Kucing”

  1. tulisannya cukup bagus. tapi perlu dibenahi dan ditambahkan di bagian akhir tentang beda antara grooming basah dan kering. grooming basah hanya boleh dilakukan 1-2 kali sebulan, jangan terlalu sering memandikan kucing apalagi setiap seminggu sekali. bukannya membuat kucing bersih dan sehat, namun hal tersebut justru dapat membuat kucing terlalu strees dan berakibat sakit. selain itu dimandikan setiap minggu justru dapat membuat rambut kucing lebih rapuh dan mudah rontok. apalagi jika proses pengeringan tidak sempurna, justru dapat menimbulkan jamuran. beda halnya dengan grooming kering (tidak dimandikan dan kucing hanya disisir, dibersihkan telinga dan kukunya), baru boleh dilakukan rutin setiap minggu. hal ini baik untuk menjaga rambut kucing tetap halus,membuang rambut rontok, melancarkan peredaran darah, dan mengurai rambut kusut.

    • Terima kasih atas masukannya. 👍🏻

Tinggalkan komentar