Bacaterus / Pasta / Inilah Jenis-Jenis Saus Pasta yang Jarang Diketahui Orang

Inilah Jenis-Jenis Saus Pasta yang Jarang Diketahui Orang

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Juli 2019

Setelah kemarin membahas mengenai macam-macam pasta, kali ini, bacaterus akan membagikan informasi mengenai 13 jenis saus pasta yang sangat jarang diketahui oleh banyak orang. Selain saus jamur, ada banyak saus pasta asli dari Italia yang ternyata juga memiliki citarasa yang tak kalah lezat. Nah, kira-kira, saus pasta apa sajakah yang masuk dalam daftar? Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

1. Marinara

marinara sauce jenis-jenis sauce pasta

* sumber: www.inspiredtaste.net

Yang pertama, ada saus marinara. Saus ini terbuat dari bahan-bahan seperti tomat, bawang putih, bawang merah  sebagai bahan utamanya. Terkadang, bahan-bahan lain seperti minyak zaitun, wine dan rempah-rempah.

Saus marinara biasa digunakan untuk macam-macam pasta seperti spaghetti, vermicelli dan hidangan Italia lainnya. Kamu bisa membeli saus marinara di Bukalapak dengan cara  klik link ini.

2. Pesto

pesto jenis saus pasta

* sumber: cooking.nytimes.com

Pesto adalah saus berwarna hijau yang berasal dari Genoa, ibukota wilayah Liguria, Italia. Pesto terbuat dari campuran kacang pinus, bawang putih, basil, garam kasar serta keju parmesan yang dihaluskan. Saus ini juga menggunakan minyak zaitun.

Pesto sendiri punya beberapa varian. Ada pesto alla siciliana, atau pesto rosso. Saus pesto ini berasal dari Sisilia, Italia. Bahan yang digunakan untuk membuat pesto alla siciliana sama dengan pesto dari Genoa, tetapi menggunakan tomat sebagai tambahannya.

Selain pesto alla siciliana, ada juga pesto alla calabrese yang berasal dari Calabria. Saus ini punya citarasa yang pedas karena menggunakan paprika dan merica sebagai bahan tambahannya.

Terkadang, pesto juga dibuat dengan kacang almond sebagai pengganti kacang pinus, lho. Pesto biasa digunakan sebagai saus untuk aneka hidangan pasta. Saus pesto khas Italia bisa kamu beli di Bukalapak dengan cara klik link ini.

3. Alfredo

alfredo sauce jenis saus pasta 2

* sumber: www.tasteofhome.com

Selain pesto, alfredo juga adalah saus pasta yang paling banyak digunakan. Saus ini dibuat di restoran Alfredo di Roma pada tahun 1914. Saus kental ini terbuat dari krim kental, mentega, keju parmesan parut, garam, merica dan air serta beberapa bahan lainnya.

Saus ini dibuat dengan cara melelehkan mentega dengan api kecil, lalu dicampur dengan krim kental serta keju parmesan. Kemudian, sausnya dibiarkan mendidih hingga matang dan mengental. Setelahnya, baru saus diberi garam dan merica sebagai penyedap rasa. Umumnya, saus alfredo diberi tambahan air agar teksturnya lebih encer.

Saus alfredo tentu saja cocok untuk dihidangkan dengan berbagai macam pasta. Hidangan Italia populer, Fettuccine Alfredo juga menggunakan saus ini, lho. Ya, hidangan tersebutlah yang pertama kali mempelopori penggunaan saus alfredo pada pasta. Ingin mencoba kelezatan saus alfredo? Kamu bisa membeli sausnya di supermarket atau membuatnya sendiri di rumah.

4. Ragù (Bolognese)

bolognese sauce

* sumber: www.epicurious.com

Dibuat oleh Alberto Alvisi di abad ke-18 lalu, ragù atau yang dikenal dengan nama bolognese sauce adalah satu dari sekian banyak jenis-jenis saus pasta yang paling populer. Saus ini berbahan dasar daging yang dicampur dengan bahan lainnya seperti susu dan tomat yang kemudian dimasak.

Saus ini biasa disajikan dengan spaghetti. Saus dengan citarasa lezat ini mudah didapatkan dimana-mana. Kamu juga bisa membeli sausnya di Bukalapak lewat link ini.

5. Amatriciana

bucatini-all-amatriciana

* sumber: www.bonappetit.com

Amatriciana adalah saus pasta yang berbahan dasar pipi babi asap, keju pecorino atau keju yang terbuat dari susu kambing, tomat dan juga bawang merah dan minyak zaitun. Saus ini berasal dari Kota Amatrice, Italia.

Saus amatriciana ini biasanya menjadi pelengkap berbagai jenis pasta. Salah satunya pasta bucatini yang memiliki bentuk yang mirip dengan spaghetti dalam hidangan bucatini all’ Amatriciana.

6. Arrabbiata

Arrabbiata-Sauce-Recipe-1-1392x2073

* sumber: www.gimmesomeoven.com

Selanjutnya ada saus arrabbiata. Saus asal Lazio ini terbuat dari bawang putih, tomat dan cabai merah yang dikeringkan. Saus arrabbiata yang bercitarasa pedas ini kerap kali dihidangkan dengan pasta penne. Terkadang, saus arrabbiata juga ditambahkan dengan basil, parsley atau oregano. Kamu bisa membeli saus arrabbiata di Bukalapak melalui link ini.

7. Aglio e Olio

resep fettucini aglio olio

Aglio e Olio adalah saus pasta yang terbuat dari bawang putih dan terkadang dicampur dengan fillet ikan teri dan merica, yang dibuat dengan cara dimasak menggunakan minyak zaitun. Saus ini biasa dijadikan pendamping untuk hidangan spaghetti aglio e olio. Bukan hanya spaghetti, pasta lain seperti fettuccine juga bisa dihidangkan dengan saus ini. Silakan klik link ini untuk membeli saus aglio e olio instan via situs jual beli online Bukalapak.

8. Cacciatore

cacciatore 2

* sumber: www.foodnetwork.com

Selanjutnya, ada Cacciatore. Saus ini terbuat dari campuran rempah-rempah, bawang dan tomat. Terkadang, bahan lain seperti paprika dan wine juga ditambahkan. Saus cacciatore biasanya disajikan dengan ayam yang direbus. Namun tak jarang juga dijadikan saus pelengkap untuk pasta.

9. Frutti di Mare

frutti di mare sauce

* sumber: www.bonappetit.com

Frutti di mare adalah saus yang dibuat dari bahan-bahan seperti bawang putih yang dihaluskan, bawang merah, garam dan merica, fillet ikan teri, tomat, basil, cabai merah kering, sari kerang dan beberapa bahan lainnya. Saus ini cocok untuk menu pasta seafood, lho. Kamu bisa membuat hidangan pasta seperti fettuccine atau linguine dengan menggunakan saus ini.

10. Salsa di Noci

salsa di noci

* sumber: blog.giallozafferano.it

Salsa di Noci atau walnut sauce (saus kenari) adalah saus yang menggunakan kacang kenari, bawang vessalico, keu parmesan, extra virgin olive oil dan garam sebagai bahannya. Saus ini berasal dari Liguria, Italia. Sama seperti saus pasta lainnya, Salsa di Noci juga cocok untuk digunakan pada pasta seperti penne atau fettuccine.

11. Romana

romana sauce

* sumber: www.tes.com

Next, ada romana sauce. Saus ini dibuat dari campuran bahan seperti bawang putih, bawang merah, aneka jamur, garam, heavy cream, minyak zaitun, anggur putih Italia dan unsalted butter.  Sama seperti Salsa di Noci, romana sauce yang punya citarasa lezat ini cocok dihidangkan dengan pasta seperti fettuccine dan juga penne.

12. Tartufata

tartufata

Tartufata adalah saus yang terbuat dari jamur truffle, bawang putih, fillet ikan teri, garam dan merica serta minyak zaitun. Saus ini dimasak selama sekitar 20 menit dengan api kecil. Biasanya saus tartufata dijadikan saus untuk spaghetti atau pasta tagliatelle.

13. Pomodoro

pomodoro

* sumber: www.foodnetwork.com

Pomodoro adalah sejenis saus tomat  khas Italia yang terbuat dari campuran minyak zaitun, bawang putih, tomat dan garam. Saus ini dimasak selama kurang lebih lima belas menit dengan menggunakan api sedang hingga matang. Saus pomodoro biasa disajikan dengan segala jenis pasta, termasuk spaghetti.

Nah, itulah tiga belas jenis-jenis saus pasta yang jarang diketahui banyak orang. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, saus pasta yang masuk dalam daftar cocok untuk disajikan atau menjadi pelengkap dari hampir semua jenis pasta yang ada. Nah, adakah satu diantara semua saus pasta di atas yang belum pernah kamu coba?

Oh ya, jika kamu memiliki informasi mengenai macam-macam saus pasta lainnya, atau kamu mengetahui cara dan tips yang benar dalam memasak pasta beserta sausnya, silakan sampaikan secara langsung melalui kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar