Bacaterus / Tanaman Hias / 10 Jenis Puring Langka untuk Menghiasi Pekarangan Rumah

10 Jenis Puring Langka untuk Menghiasi Pekarangan Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Puring atau Codiaeum variegatum merupakan jenis tanaman hias untuk pekarangan yang memiliki bentuk dan warna daun yang cantik dan beragam. Puring sendiri termasuk dalam keluarga Euphorbiaceae yang memiliki banyak penggemar. Meskipun demikian, beberapa jenis yang akan Bacaterus bahas kali ini dikenal langka dan berharga jauh lebih mahal dari jenis biasa.

Nah, jika kamu ingin membuat pekarangan rumahmu jauh lebih menarik, maka tanaman Puring pun bisa menjadi alternatif yang bagus dan sangat direkomendasikan. So, biar kamu tidak menunggu lama. Berikut adalah daftarnya.

1. Puring Liliput

Puring Liliput

Puring Liliput adalah salah satu jenis  langka yang memiliki harga cukup mahal. Puring Liliput memiliki karakteristik daun berwarna indah perpaduan antara merah, hijau dan kuning. Sementara daunnya sendiri membentuk trisula yang membuat tanaman ini terlihat lebih eksotis. Karena keunikannya, Puring jenis ini sangat diminati oleh para penggemar tanaman hias pekarangan.

Meskipun dikenal indah, namun keberadaan tanaman jenis ini sendiri terbilang jarang dan sangat sulit ditemukan.

2. Puring Anggur

Puring Anggur

* sumber: thegorbalsla.com

Jenis Puring lainnya yang juga dikenal langka dan memiliki bentuk daun yang unik adalah Puring Anggur. Puring anggur memiliki karakteristik daun berbentuk oval dengan daun lebar berwarna merah, coklat, kuning dan hijau.

Pada bagian tengah daun memiliki pola membentuk seperti kain batik. Hal tersebut membuat tanaman ini terlihat semakin unik dan menarik. Puring Anggur sendiri adalah salah satu jenis tanaman yang cukup sulit ditemukan dan memiliki harga yang lumayan mahal. Masyarakat sendiri biasa menyimpan tanaman ini di halaman depan atau sebagai pagar hidup.

3. Puring Kura-Kura

Puring Kura-Kura

* sumber: blogssemangat.blogspot.com

Tanaman Puring lain yang juga unik dan langka adalah Puring Kura-Kura. Dinamakan dengan puring Kura-Kura karena bentuk dan corak daunnya yang mirip dengan tempurung kura-kura. Puring jenis ini memiliki karakteristik warna daun yang didominasi dengan warna merah, hijau, dan juga kuning.

Puring Kura-kura dikenal karena perawatannya yang cukup mudah sehingga menjadi favorit para pecinta tanaman hias. Keberadaan jenis tanaman ini juga dikenal cukup langka dan sulit ditemukan di pasaran.

4. Puring Dasi

Puring Dasi

* sumber: thegorbalsla.com

Nah, tanaman Puring yang juga sulit ditemukan di pasaran adalah Puring Dasi. Puring Dasi memiliki karakteristik Daun berukuran panjang membentuk seperti dasi dengan kombinasi warna hijau dan kuning. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 20-30 cm. Puring Dasi sendiri menjadi salah satu yang paling diminati.

Selain karena mudah dalam hal perawatan. Puring Dasi memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menyerap unsur plumbum di udara. Harga untuk jenis tanaman ini juga bisa dibilang cukup mahal di banding jenis Puring biasa.

5. Puring Apel Daun Bulat

Puring Apel Daun Bulat

* sumber: www.gudangbibitku.com

Salah satu jenis Puring yang sangat disukai karena bentuk dan warnanya yang mempesona adalah Puring Apel. Dinamakan puring Apel karena daunnya berbentuk bulat seperti buah apel yang bulat. Puring Apel sendiri adalah jenis tanaman impor yang dibudidayakan di Indonesia.

Tanaman ini biasanya didatangkan langsung dari negara Thailand. Jenis Puring ini cukup digemari dan diincar oleh para kolektor tanaman Puring tanah air. Harga untuk jenis tanaman ini pun sangat mahal, bahkan bisa mencapai ratusan ribu tergantung pada jenis dan ukurannya.

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Bagus untuk Menghias Rumah

6. Puring Kipas Dewa

Puring Kipas Dewa

* sumber: keboenalma.blogspot.com

Puring Kipas Dewa adalah salah satu jenis tanaman Puring yang cukup menjadi primadona karena bentuk serta warnanya yang indah dan menyegarkan. Puring Kapas Dewa merupakan jenis tanaman impor lainnya yang cukup langka dan sulit ditemukan di pasaran.

Tanaman ini memiliki karakteristik daun berbentuk lebar yang didominasi warna hijau dengan semburan berwarna merah transparan di belakang daun. Dinamakan dengan Puring Kipas Dewa karena daun berukuran cukup besar mirip seperti kipas yang sering dibawa oleh pada dewa dalam mitologi Cina.

7. Jengkol Bewe

Jengkol Bewe

* sumber: thegorbalsla.com

Puring jenis lain yang juga dikenal sulit untuk ditemukan adalah Jengkol Bewe. Jenis tanaman ini dinamakan dengan Puring Jengkol Bewe karena memiliki daun berbentuk bulat kecil yang menyerupai Jengkol. Daun pada tanaman ini didominasi dengan warna hijau dengan bagian sisi daun berwarna kuning.

Pada beberapa jenis tanaman Puring Jengkol juga memiliki daun berwarna sedikit gelap kehitam-hitaman mirip dengan kulit Jengkol yang telah matang. Jenis Puring yang satu ini cukup diminati oleh para pecinta tanaman hias karena bentuknya yang unik. Hanya saja keberadaannya sendiri dikenal cukup langka dan mahal.

8. Puring Worten Beauty

Puring Worten Beauty

Worten Beauty adalah salah satu tanaman Puring import yang juga dikenal sangat langka. Worten beauty adalah jenis Puring yang banyak dibudidayakan oleh para petani tanah air. Tanaman ini memiliki karakteristik daun berukuran cukup lebar dengan perpaduan warna hijau dan merah. Jenis Puring ini juga sangat disukai oleh para pecinta tanaman karena bentuknya yang cantik.

Worten beauty biasa digunakan sebagai pagar hidup atau sebagai tanaman hias mengingat estetikanya yang menawan. Di tengah menjamurnya jenis Puring yang dijual di pasaran, Worten beauty sendiri masih cukup diminati meskipun harga yang ditawarkan pun terbilang tinggi.

9. Puring Keris

Puring Keris

* sumber: nusabudidaya.com

Tanaman Puring Keris memiliki karakteristik daun berbentuk panjang, lebar, dan sedikit bergelombang. Dinamakan Puring Keris karena bentuk daunnya berbentuk memanjang dan tidak terlalu lebar serta memiliki lekukan mirip dengan Keris.

Tekstur daun cukup tebal serta memiliki perpaduan warna dan corak yang cukup beragam mulai dari hijau, merah, kuning, dan hitam. Tanaman jenis termasuk jenis tanaman yang tidak mudah untuk ditemukan.

Meskipun demikian, para kolektor sendiri kerap memburu tanaman ini karena perpaduan warna yang dimiliki jenis Puring ini bisa memanjakan mata yang melihat. Jenis Puring ini sendiri dikenal sebagai salah satu jenis tanaman berharga mahal.

10. Puring Sembilan Bintang

Puring Sembilan Bintang

* sumber: rebanas.com

Puring yang satu ini dikenal karena coraknya yang unik. Masyarakat sendiri kerap menyebut jenis Puring ini dengan nama Puring Sembilan Bintang. Harga untuk jenis Puring ini relatif lebih tinggi dibanding dengan Puring Seribu Bintang.

Puring Sembilan Bintang memiliki karakteristik daun berukuran lebar dan besar dengan perpaduan warna yang menarik antara hijau, kuning, hitam, dan merah. Pada bagian daun sendiri terdapat corak atau bintik menarik yang mirip seperti sebuah galaksi.

Tanaman ini menjadi salah satu jenis tanaman yang cukup diincar oleh para pecinta tanaman hias. Hanya saja jenis tanaman ini sendiri dikenal langka. Kalau pun ada harga yang ditawarkan cukup mahal.

Itulah 10 Jenis Puring langka untuk menghiasi pekarangan yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Keberadaan jenis tanah ini memang bisa menambah estetika pekarangan rumahmu. Nah, jenis tanaman mana yang menjadi kesukaanmu. Tulis komentar di bawah, ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *