Bacaterus / Badminton / Jenis-Jenis Pukulan dalam Bulutangkis yang Perlu Diketahui

Jenis-Jenis Pukulan dalam Bulutangkis yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2019

Pukulan merupakan salah satu bagian dari olahraga bulutangkis. Pemain harus dapat memukul bola atau kok masuk ke area lapangan lawan untuk meraih poin. Pukulan dalam bulutangkis ada bermacam-macam, mulai dari pukulan lob yang membuat bola melambung tinggi dan pukulan smash yang membuat bola menurun tajam dengan cepat.

Jenis-jenis pukulan bulutangkis ini harus digunakan pada waktu yang tepat agar bisa menjadi alat pertahanan dan serangan. Menguasai pukulan-pukulan ini dengan taktik dan strategi yang baik dan benar dapat membantu pemain menguasai jalannya permainan.

Semua pukulan dalam olahraga bulutangkis dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian besar, yaitu pukulan ofensif (serangan) dan pukulan defensif (pertahanan). Berikut adalah beberapa yang paling populer yang perlu diketahui.

Pukulan Pertahanan

Seorang pemain bulutangkis harus memiliki pertahanan (defense) yang kuat agar area lapangannya tidak mudah kemasukan bola. Ada dua pukulan pertahanan (defensive shot)yang dapat digunakan, yaitu:

1. Pukulan Clear atau Lob

* sumber: www.masterbadminton.com

Pukulan clear atau lob adalah jenis pukulan yang menghasilkan bola tinggi. Ini adalah pukulan paling penting dalam sebuah permainan bulutangkis, terutama dalam permainan tunggal. Pukulan lob biasanya digunakan oleh pemain yang memerlukan waktu untuk kembali ke basis pertahanan sebelum pengembalian bola berikutnya.

Pukulan lob merupakan salah satu teknik bermain bulutangkis paling mudah. Para pemain, khususnya pemain pemula, perlu menguasai pukulan lop dengan baik agar mampu bertahan saat bermain rally-rally panjang dengan lawan.

Tujuan menggunakan pukulan lob adalah untuk membuat bola terbang tinggi di udara dan mendarat dengan tepat di lapangan belakang lawan. Untuk mencapai tujuan tersebut, bola harus bersentuhan dengan area tengah raket saat dipukul. Setiap pemain harus mempunyai strategi sendiri agar pukulan lob mereka dapat menjadi pertahanan yang baik.

2. Pukulan Drive

* sumber: www.masterbadminton.com

Jika pukulan lob menghasilkan bola-bola tinggi maka pukulan drive menghasilkan bola-bola datar yang terbang tepat di atas net. Pukulan drive merupakan jenis pukulan cepat dan bisa menjadi serangan balik yang powerful jika dilakukan dengan benar.

Pukulan drive biasanya digunakan oleh pemain ganda untuk menjaga bola tetap terbang rendah. Dengan demikian, lawan hanya memiliki sedikit kesempatan untuk menyerang menggunakan pukulan smash mereka. Pemain ganda yang terlalu sering mengangkat bola tanpa memiliki pertahanan yang kuat akan mudah digembur oleh lawan.

Tujuan melakukan pukulan drive adalah untuk memberikan drive datar dan cepat untuk membuat bola terbang ke belakang lawan sehingga mereka melakukan pengembalian yang lemah. Jika pukulan drive dilakukan dengan benar, hal itu akan memaksa lawan untuk memukul balik bola ke atas, sehingga memberikan peluang untuk melakukan serangan yang menghancurkan.

Pukulan drive dapat dimainkan baik di forehand maupun backhand. Untuk melakukannya, raket harus dipegang dengan kepala menghadap lurus ke depan untuk mengunci pergelangan tangan saat bola bersentuhan dengan raket.

Pukulan Serangan

Pukulan serangan (offensive shot) yaitu pukulan yang bertujuan untuk menghancurkan pertahanan lawan. Jenis pukulan ini ada dua, yaitu pukulan drop (drop shot) dan pukulan smash.

1. Pukulan Drop

* sumber: www.masterbadminton.com

Pukulan drop yaitu jenis pukulan yang dilakukan untuk menurunkan bola di bagian depan lapangan lawan. Ada dua jenis pukulan drop, yaitu drop cepat dan drop lambat. Keduanya sama-sama digunakan untuk menghasilkan poin dengan sedikit tipuan (biasanya dilakukan oleh pemain yang sudah pro).

Pukulan drop cepat adalah pukulan yang membuat bola bergerak turun dengan curam dan mendarat lebih jauh dari jaring, sedangkan pukulan drop lambat membuat bola turun dengan curam tapi mendarat lebih dekat ke jaring. Tujuan utama dari pukulan drop adalah untuk memaksa lawan keluar dari posisinya atau memvariasikan laju permainan.

Saat akan melakukan pukulan drop, pemain harus bisa membuatnya terlihat seperti pukulan drive, tetapi hanya menggunakan sedikit kekuatan untuk mendorong bola di atas net. Pukulan drop ini ideal digunakan saat posisi lawan sedang condong ke area belakang lapangan, sehingga mereka memiliki sedikit kesempatan untuk meraih bola depan yang turun tajam.

Semakin dekat bola turun ke net, maka semakin sulit pula untuk dikembalikan. Namun, pukulan drop yang terlalu dekat dengan net juga bisa berisiko tidak melewati net, sehingga akhirnya berbuah poin bagi lawan.

2. Pukulan Smash

* sumber: www.masterbadminton.com

Smash adalah pukulan yang sangat populer dalam bulutangkis yang membuatnya sebagai olahraga tercepat di dunia. Menurut Guinness World Record, rekor pukulan smash tercepat di dunia dipegang oleh pemain bulutangkis asal Denmark yang bernama Mads Pieler Kolding. Hal itu ia raih saat bermain di Badminton Premier League, di Bangalore, India.

Smash dianggap sebagai pukulan paling kuat dalam bulutangkis dan biasanya dimainkan di forehand. Pukulan smash seringkali sulit untuk dikembalikan karena kecepatan dan sudut pukulan ke bawah. Pukulan ini ideal digunakan ketika bola sedang melambung tinggi di udara dan dilakukan dengan jumping agar pukulan semakin curam dan menghancurkan.

Seringkali sulit untuk kembali karena kecepatan dan sudut ke bawah tembakan, menganggapnya sebagai penggerak ke bawah. Paling baik digunakan ketika pesawat ulang-alik tinggi di udara sehingga dapat miring ke bawah.

Seorang pemain dapat membidik titik-titik terjauh dari posisi lawan saat melakukan smash agar sulit untuk diraih dan dikembalikan. Taktik berguna lainnya adalah dengan mengarahkan pukulan ke tubuh bagian atas lawan, sehingga bisa membuat mereka sulit untuk bertahan. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan pukulan smash:

  • Angkat lengan non-raket untuk memukul bola sebelum melakukan smash.
  • Pastikan untuk menggunakan ibu jari, pergelangan tangan, lengan, dan bahu sepenuhnya ketika mengulurkan tangan untuk melakukan smash.
  • Pukul bola pada saat titik tertingginya di udara.
  • Ambil napas dalam-dalam dan buang napas saat mengayunkan raket ke depan.
  • Samarkan pukulan agar tidak mudah diprediksi oleh lawan.

Nah, itulah beberapa jenis pukulan bulutangkis yang perlu diketahui dan dikuasai dengan baik jika Anda ingin menjadi seorang pemain bulutangkis. Tentu saja menguasai pukulan-pukulan di atas memerlukan niat dan fisik yang kuat serta latihan yang baik dan benar.

Pukulan-pukulan di atas adalah pukulan inti dalam bulutangkis yang harus dikuasai terlebih dahulu. Perlu diketahui kalau jenis raket yang digunakan dapat mempengaruhi kekuatan pukulan serta kontrol bola. Oleh karena itu, produsen raket mengeluarkan banyak jenis raket yang sesuai dengan peruntukannya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar