bacaterus web banner retina
Bacaterus / Rumah / 10 Jenis Pompa Air yang Banyak Digunakan Saat Ini

10 Jenis Pompa Air yang Banyak Digunakan Saat Ini

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 23 April 2021

Pompa air adalah salah satu alat elektronik yang cukup penting dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jika sebelumnya kita telah membahas beberapa merek pompa air yang berkualitas, maka kali ini Bacaterus akan membahas 10 jenis pompa air yang biasa digunakan di masyarakat. Memilih jenis pompa air yang tepat memang sangat diperlukan. 

Selain agar mesin pompa tetap awet, hal itu juga dapat berpengaruh pada kelancaran pasokan air. Nah, ingin tahu jenis pompa air apa saja yang biasa digunakan oleh masyarakat tanah air? Yuk, kita simak ulasannya dalam artikel di bawah. Berikut adalah daftarnya:

1. Pompa Air Celup

Pompa Air Celup

Jenis pompa air pertama yang kerap digunakan oleh masyarakat tanah air adalah pompa air celup. Pompa air celup adalah salah satu dari jenis mesin pompa air yang bekerja dengan mencelupkannya di air. Jenis pompa air ini bekerja dengan mendorong air ke permukaan. Masyarakat sendiri mengenal jenis pompa ini dengan sebutan submersible pump

Jenis pompa air ini memiliki daya dorong air maksimal sekitar 5 meter. Bekerja dengan menggunakan sistem operasi sentrifugal. Dimana mesin ini mengubah energi kinetik menjadi energi potensial pada air untuk membantu mendorong air keluar.

2. Pompa Air Sumur Dangkal 

Pompa Air Sumur Dangkal

Pompa air selanjutnya yang sering digunakan adalah jenis pompa air sumur dangkal. Jenis pompa air ini biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan  rumah tangga. Jenis pompa air ini memiliki daya hisap yang maksimal untuk  kedalaman sekitar 8-9 meter. 

Untuk daya dorong sendiri tergantung dari tipe dan daya yang digunakan mesin, yaitu mulai dari 20 meter hingga yang paling tinggi sekitar 30 meter. Jenis mesin ini digunakan untuk skala penggunaan yang ringan dan sangat cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bagi keluarga. 

3. Pompa Air Booster

Pompa Air Booster

Pompa air booster adalah salah satu jenis pompa air yang biasa digunakan untuk menunjang keperluan air untuk sumur dangkal. Jenis pompa air ini berfungsi untuk menambah tekanan air jauh lebih besar. Mesin pompa ini tidak dapat digunakan untuk menghisap air dengan posisi sumber air di bawah. 

Pompa booster sendiri biasa dipasang pada instalasi pipa air untuk membantu memperbesar daya dorong air yang ada di rumah. Nah, jenis pompa ini biasanya digunakan di rumah yang memiliki mesin water heater atau pemanas air. 

4. Pompa Air Sumur Dalam

Pompa Air Sumur Dalam

Berikutnya ada jenis pompa air sumur dalam. Pompa air ini biasanya digunakan untuk menghisap air yang memiliki kedalaman di atas 9 meter. Jenis pompa ini biasa dilengkapi dengan mesin Jet Injector yang berfungsi supaya daya dorong dan hisap air jauh lebih kuat.  

Pompa air jenis ini terdiri dari terdiri dari dua jenis, yaitu pompa air semi jet dan pompa air jet. Keduanya dibedakan berdasarkan jangkauannya, dimana untuk mesin pompa jet sendiri mampu menjangkau jarak yang cukup dalam, yaitu mencapai 20 meter.

5. Pompa Air Otomotif 

Pompa Air Otomotif

Nah, salah satu jenis pompa air yang jarang diketahui oleh masyarakat adalah jenis pompa air otomotif. Pompa ini biasanya digunakan dalam mesin pada kendaraan bermotor. Pompa air otomotif ini memiliki fungsi untuk mengalirkan cairan yang bekerja sebagai pendingin ketika proses pembakaran terjadi. 

Cairan ini sendiri terdiri dari campuran glikol dan air. Senyawa ini memiliki fungsi untuk menurunkan titik beku saat proses pembakaran. Keberadaan pompa air ini sendiri sangat dibutuhkan terutama untuk mencegah overheat akibat pemakaian mesin yang lama.

6. Pompa Air Diesel 

Pompa Air Diesel

Selanjutnya ada pompa air diesel. Jenis pompa ini lebih sering digunakan untuk keperluan pengairan pada persawahan, perikanan atau perkebunan. Mesin pompa ini digunakan untuk memompa debit air dalam volume yang cukup besar. Berbeda dengan mesin pompa lain, jenis pompa ini menggunakan bahan bakar bensin atau solar untuk bisa dioperasikan.

Hal ini yang membuat jenis pompa ini jauh lebih hemat dari segi bahan bakar. Meskipun dikenal hemat, namun jenis pompa ini jarang digunakan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari. Masyarakat sendiri biasa menyimpan pompa ini sebagai mesin pompa cadangan ketika tidak ada suplai listrik.

7. Pompa Air Industrial 

Pompa Air Industrial

Nah, jenis pompa air lainnya adalah pompa air industrial. Jenis pompa ini biasanya digunakan di sebuah industri berskala besar. Mesin pompa ini biasa digunakan untuk membantu operasional industri. Beberapa diantaranya adalah untuk industri manufaktur, pengolahan minyak dan gas, industri pertambangan, industri pengolahan pangan, hingga kimia, dan juga industri farmasi. 

Untuk harga pompa jenis ini biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal, bahkan hingga puluhan juta untuk satu mesin pompa air. 

8. Pompa Sirkulasi Air Panas

Pompa Sirkulasi Air Panas

Sama seperti pompa air industrial, pompa air sirkulasi air panas juga biasanya digunakan oleh sebuah industri, khususnya yang membutuhkan tenaga panas dalam proses operasionalnya. Cara kerja dari Pompa air jenis cukup sederhana, dimana air yang telah dipanaskan dalam boiler akan didistribusikan melalui pipa dan penukar panas. 

Pompa sirkulasi air panas memang didesain untuk temperatur suhu air yang cukup tinggi. Jenis pompa ini biasanya memerlukan energi listrik yang cukup besar ketika beroperasi. 

9. Pompa Air Laut

Pompa Air Laut

Jenis pompa air berikutnya yang jarang diketahui oleh masyarakat adalah jenis pompa air laut. Pompa jenis ini dibuat khusus untuk membantu melarutkan kadar garam yang terkandung pada air yang dapat mengakibatkan korosi pada benda-benda yang terbuat dari material logam. Jenis pompa air yang satu ini sering digunakan pada kapal laut. 

Pompa ini berguna untuk menarik air laut ketika sedang dalam keadaan darurat. Salah satunya adalah untuk membantu memadamkan api jika terjadi kebakaran. Untuk bahan baku dari pompa air ini sendiri terbuat dari stainless steel atau perunggu yang diketahui cukup baik untuk mencegah korosi. 

10. Pompa Air Agrikultur

Pompa Air Agrikultur

Nah, selanjutnya adalah pompa air agrikultur. Jenis pompa ini biasanya digunakan untuk dalam mengatasi masalah pengairan sawah oleh para petani atau irigasi. Pompa air jenis ini digunakan untuk menyedot air tanah atau air permukaan untuk kemudian dipompa dan ditampung di area penampungan dan digunakan untuk kebutuhan lain seperti pengolahan pupuk kimia. 

Hampir sebagian besar para petani sendiri menggunakan jenis pompa ini untuk keperluan pertanian, terutama untuk sawah dan juga kolam ikan. 

Demikianlah 10 Jenis pompa air yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Setiap jenis pompa air memiliki fungsi serta spesifikasi tersendiri. Pastikan jenis pompa air yang akan kamu beli tersebut sesuai dengan kebutuhan. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu menemukan jenis pompa air yang kamu butuhkan.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram