Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / 10 Jenis Pohon Peneduh yang Rindang dan Bikin Adem

10 Jenis Pohon Peneduh yang Rindang dan Bikin Adem

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 November 2018

Menanam pohon di pinggir jalan dapat mengurangi polusi udara. Pasalnya, tumbuhan akan menghirup karbon dioksida (CO2) dan mengeluarkan oksigen (O2) di siang hari. Selain itu, daun-daun pohon yang rimbun dapat membuat kita merasa teduh ketika berada di bawahnya. Panas terik sinar matahari akan terhalang oleh dedaunan yang rimbun itu.

Bila Anda berencana menanam pohon yang rindang untuk menjadi peneduh, Bacaterus akan merekomendasikan 10 jenis pohon peneduh yang rindang dan dijamin bisa membuat adem suasana di sekitarnya. Yuk, lakukan penghijauan sederhana dengan menanam salah satu jenis pohon ini.

10 Jenis Pohon Peneduh

1. Trembesi (Ki Hujan)

Trembesi Jenis Pohon Peneduh

* sumber: travel.tribunnews.com

Jenis pohon peneduh yang mulai banyak ditanam di pinggir jalan protokol di kota besar adalah pohon trembesi. Pohon ini memiliki bentuk seperti payung raksasa dengan akar, batang, dan dahan yang tampak berukuran besar.

Pohon yang usianya bisa mencapai ratusan tahun ini merupakan pohon peneduh yang sempurna. Satu pohon trembesi dapat menyerap karbon dioksida sebanyak 28,5 ton setiap tahunnya. Tentu saja jumlah ini benar-benar menakjubkan mengingat pohon lain hanya mampu menyerap karbon dioksida sebanyak 20 ton seumur hidupnya.

2. Pucuk Merah

Pucuk Merah

* sumber: desainlanskap.blogspot.com

Pucuk merah merupakan jenis pohon peneduh yang sangat cantik. Daun-daunnya berwarna hijau tapi tampak sedikit warna merah di bagian pucuknya. Semakin tua daunnya, maka warnanya akan berubah menjadi hijau. Ketika daunnya diremas, maka akan keluar aroma yang sangat khas.

Pohon ini cocok ditanam sebagai pohon peneduh karena daunnya sangat banyak dan terlihat rimbun. Ukurannya yang tidak terlalu besar memungkinkan Anda untuk turut menanam pohon ini di rumah. Bahkan, Anda bisa menanam pohon pucuk merah ini tidak hanya sebagai tanaman peneduh saja, tapi juga untuk menghias pekarangan rumah Anda.

3. Tanjung

Tanjung

* sumber: alampriangan.com

Di siang hari yang terik paling enak memang berlindung di bawah pohon tanjung. Pohon yang sudah banyak ditanam di pinggir jalan perkotaan ini merupakan pohon yang sangat favorit untuk dijadikan peneduh. Bagaimana tidak, pohon ini memiliki ukuran yang besar dengan dahan membentang ke atas seperti payung.

Tanjung adalah pilihan pohon yang tepat untuk ditanam di mana saja. Daun pohon ini tidak mudah rontok sehingga Anda tidak perlu khawatir daun-daunnya akan mengotori jalan. Di samping itu, pohon tanjung juga memiliki batang dan ranting yang tidak mudah patah sehingga lebih aman ketika ada hujan lebat disertai angin kencang.

4. Kiara Payung

Kiara Payung

* sumber: www.jurnalasia.com

Sesuai dengan namanya, pohon kiara payung nampak berbentuk seperti payung. Hanya saja pohon ini tidak selebar trembesi. Daun-daun pohon ini juga tampak lebih besar dan lebar dibanding trembesi. Meskipun tidak lebar, dedaunannya yang tumbuh dengan rimbun membuat kiara payung cocok menjadi salah satu jenis pohon peneduh.

Kiara payung adalah pohon yang dapat menyerap karbon dioksida dengan sangat baik. Alhasil, ketika berada di bawah pohon ini kita akan merasa sangat teduh karena jumlah oksigen yang dikeluarkan pohon ini juga terbilang banyak.

Jenis pohon ini sudah banyak ditanam di jalan-jalan atau taman kota. Ukurannya yang tidak terlalu besar dan tingginya yang maksimal mencapai 11 meter saja membuat pohon ini memungkinkan untuk ditanam di pekarangan rumah Anda.

5. Mahoni

Mahoni

Pohon mahoni adalah pohon yang sangat bermanfaat. Bagaimana tidak, kayunya sering dijadikan sebagai bahan baku pembuatan mebel. Selain itu, pohonnya juga bermanfaat sebagai peneduh karena dedaunannya tumbuh dengan sangat rindang.

Mahoni dapat tumbuh dengan sangat tinggi. Apabila Anda menanam beberapa pohon mahoni secara berdekatan, maka daunnya yang rindang akan menghalangi sinar matahari yang panas terik. Yang menarik, mahoni mampu hidup hingga puluhan bahkan ratusan tahun. Jenis pohon ini sangat kuat karena tidak mudah terserang hama dan penyakit.

6. Bambu

Bambu

Pernahkah Anda berkunjung atau sekedar melihat gambar hutan bambu? Hutan bambu menawarkan suasana yang sangat teduh karena daun-daun pohon bambunya menutupi sinar matahari yang panas terik. Rindangnya dedaunan pohon bambu ini membuktikan bahwa bambu bisa menjadi pohon peneduh yang efektif.

Tanamlah beberapa pohon bambu sekaligus untuk menciptakan suasana yang teduh. Tak hanya menjadi peneduh saja, bambu juga merupakan tanaman hias yang dapat meningkatkan nilai estetika. Keunggulan lain dari pohon bambu adalah tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah meskipun tidak mendapat asupan air setiap hari. Bahkan, pohon bambu dapat melahirkan “anak-anak” pohon baru di sekitarnya.

7. Beringin

Mitos Pohon Beringin

* sumber: m.kwikku.com

Keteduhan yang ditawarkan pohon beringin memang tidak perlu diragukan lagi. Pohon ini memiliki batang yang diameternya bisa mencapai 2 meter. Selain itu, daun-daun pohon ini nampak rapat dan tumbuh dengan sangat rimbun.

Meskipun banyak mitos yang mengatakan bahwa beringin adalah tempat tinggal bagi makhluk astral, tapi toh pohon ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selain bisa menjadi tempat berteduh, beringin juga menghasilkan oksigen dan membantu mengurangi polusi udara. Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar mitos tentang pohon beringin, kunjungi artikel mitos pohon beringin ini.

8. Asam Jawa

Asam Jawa

* sumber: kireinabonsai.blogspot.com

Asam jawa tergolong jenis pohon peneduh yang bisa tumbuh di mana saja, lho. Pohon asam jawa bisa tumbuh dengan subur tanpa perawatan yang ribet. Menariknya, pohon ini menghasilkan buah asam jawa yang bisa dimanfaatkan untuk memasak atau membuat obat tradisional.

Terlepas dari pohonnya yang bermanfaat, asam jawa memiliki daun yang sangat banyak. Selain itu, dahan-dahan pohon ini nampak membentang lebar sehingga dapat menghasilkan tempat teduh yang lebih besar. Pohon asam jawa memiliki peran penting untuk penghijauan kawasan tandus dan menahan angin kencang.

9. Angsana

Angsana

* sumber: bibithijau.blogspot.com

Sama seperti mahoni, angsana merupakan jenis pohon peneduh yang kayunya bernilai tinggi. Angsana adalah pohon yang biasa ditanam di pinggir jalan-jalan perkotaan. Tak hanya mampu menghijaukan lingkungan, angsana adalah pohon yang akan menghiasi lingkungan karena bunga-bunganya yang berwarna kuning akan terlihat cantik ketika bermekaran.

Dengan tinggi yang bisa mencapai 40 meter, angsana menawarkan keteduhan bagi siapa pun yang berada di bawahnya. Namun, mengingat ukurannya bisa menjadi sangat besar maka angsana kurang cocok ditanam di pekarangan rumah yang tidak terlalu besar.

10. Kersen

Kersen

* sumber: hanikrosidah.blogspot.com

Pohon kersen sebenarnya adalah tanaman liar yang bisa tumbuh tanpa memerlukan perawatan apapun. Bahkan, Anda tidak perlu menyiram pohon ini setiap hari. Kersen menghasilkan buah-buah seukuran kelereng yang rasanya manis jika sudah memerah. Buah kersen ini aman untuk dikonsumsi.

Kersen merupakan pohon peneduh yang cocok untuk ditanam di pinggir jalan atau pekarangan rumah. Mengingat perawatannya memang sangat mudah, pohon kersen sangat ideal bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus tanaman tapi ingin memiliki pohon peneduh di rumah.

Inilah 10 jenis pohon peneduh yang paling banyak dijumpai di Indonesia. Pohon-pohon ini menawarkan keteduhan dan mampu menghijaukan lingkungan sekitar. Bila Anda memiliki rekomendasi jenis pohon lainnya, silakan tulis rekomendasi Anda di kolom komentar.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment