Bacaterus / Tanaman Hias / Suka dengan Bonsai? Inilah 10 Jenis Pohon Bonsai Termahal

Suka dengan Bonsai? Inilah 10 Jenis Pohon Bonsai Termahal

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Maret 2020

Pohon Bonsai mempunya kriteria yang unik. Dengan keunikannya tersebut, ia menjelma seperti primadona. Banyak kolektor tumbuhan yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkannya.

Bonsai sendiri sebenarnya merupakan sebuah proses mengubah pohon menjadi berbentuk kerdil. Kata Bonsai dalam bahasa Jepang berarti ‘Bon’ (mangkuk yang tipis) semantara ‘sai’ (pohon atau tanaman).

Meski berasal dari bahasa Jepang, berdasarkan sejarahnya, teknik bonsai ini sudah ada di China sejak abad 6. Setelah itu bonsai mulai dibudidayakan di Jepang oleh masyarakatnya yang datang dari China.

Teknik membonsai tanaman ini memerlukan kemahiran. Kamu tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Bentuknya yang kerdil, tidak tercipta begitu saja. Ia membutuhkan teknik yang cukup rumit mulai dari dipangkas secara rutin, diokulasi, dipasangi kabel dan beberapa teknik lain.

Oleh karena itu, jangan heran jika pohon bonsai dibanderol dengan harga yang mahal. Selain teknik yang rumit, waktu yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah pohon hingga menjadi bonsai juga terhitung lama, bahkan bisa mencapai puluhan tahun; mulai dari 10 tahun, 35 hingga 45 tahun.

Waktu perawatan dan pembentukkan yang lama tersebut, otomatis berpengaruh pada biaya yang dikeluarkan, termasuk biaya untuk pupuk yang dipakai. Selain ditentukan oleh biaya perawatan, harga bonsai juga ditentukan oleh pot yang digunakan.

Apakah pot tersebut merupakan barang antik atau tidak? Jika termasuk antik, apalagi datang dari Jepang atau China, sudah pasti harga pohon bonsai menjadi jauh lebih mahal.

Tingginya harga pohon bonsai juga ditentukan oleh jenis tanaman yang dibonsai. Lalu, apakah kamu penasaran dengan apa saja jenis pohon bonsai termahal? Jika jawabannya ya, ulasan di bawah ini semoga dapat memuat informasi yang dibutuhkan. Berikut ulasannya!

1. Bonsai Ficus Misrocarpa

Bonsai Ficus Misrocarpa

Pada 2018 lalu, di Festival Bonsai Surabaya, dipamerkan bonsai yang usianya diperkirakan mencapai 100 tahun lebih. Bonsai yang berasal dari Taiwan tersebut milik seorang kolektor dari Jakarta. Jenis tanamannya adalah Ficus microcarpa.

Pohon jenis Ficus microcarpa tersebut tergolong berukuran besar dan banyak tumbuh di dataran tinggi. Harganya sendiri mencapai 1 milliar. Harga tersebut bukan tanpa alasan. Batang pada pohon bonsai yang besar dan akarnya yang sudah menjadi pohon dirawat dan diperoleh dalam waktu puluhan tahun. Tidak terjadi secara instant.

2. Bonsai Kunio Kobayashi

Bonsai Kunio Kobayashi

Kunio Kobayashi adalah salah satu sosok di belakang terciptanya pohon bonsai cantik termahal yang pernah ada di dunia. Pohon bonsai miliknya, diperkirakan sudah berusia 800 tahun. Kobayashi merupakan seniman bonsai yang terkenal di dunia. Beberapa penghargaan prestisius pernah dimenangkannya.

Bonsai dengan batang berwarna putih miliknya tersebut, pada 2016 lalu bahkan sudah ditawar di angka USD 90.000 atau jika dirupiahkan saat ini menjadi sekitar 1,2 miliar. Bisa membayangkan berapa harganya sekarang?

3. Pohon Bonsai A Centuries Old Pine

Pohon Bonsai A Centuries Old Pine

Bicara mengenai jenis pohon bonsai termahal, tidak lengkap jika tanpa memasukkan pohon bonsai jenis A Centuries Old Pine. Pada 2011 lalu di sebuah acara Asia-Pacific Bonsai and Suiseki Convention & Exhibition, pohon bonsai yang disinyalir berusia ratusan tahun tersebut ditaksir memiliki nilai seharga USD 1,3 juta.

Jika ditukar ke dalam rupiah saat ini, harganya sekitar 18,4 miliar. Pada 2011 harga bonsai tersebut sudah sangat fantastis, bagaimana dengan saat ini kamu bisa membayangkannya sendiri.

4. Pohon Bonsai Sargent Juniper

Pohon Bonsai Sargent Juniper

Jenis pohon bonsai termahal yang pernah ada selanjutnya bernama Sargent Juniper. Bonsai ini merupakan karya seorang seniman bonsai bernama Masahiko Kimura. Menurut informasi, usia pohon istimewa ini sudah mencapai 250 tahun.

Lalu berapa harganya? Sargent Juniper buatan seniman Kimura ditaksir dengan harga sekitar USD 350.000 atau sekitar 4,9 miliar. Tertarik untuk memilikinya?

5. Bonsai Protector of The Spirits Karya Seniman John Y. Naka

Bonsai Protector of The Spirits Karya Seniman John Y. Naka

Melihat gambar di atas, bisakah kamu menebak berapa kira-kira harga yang pantas dibandrolkan pada pohon bonsai tersebut? Pada beberapa sumber, taksiran harga bonsai ini tidak disebutkan secara pasti.

Hanya, jika dilihat berdasarkan riwayatnya, bonsai tersebut rasanya pantas dihargai dengan sangat tinggi. Dalam beberapa literasi, namanya juga kerap disebut sebagai bonsai dengan harga termahal.

Bonsai Protector of The Spirits atau Feomina Junipers merupakan karya seniman bonsai dunia, John Y. Naka. Naka membuat bonsai ini untuk yang pertama kali pada 1948 lalu. Menurut informasi, satu batang pohon yang ada pada bonsai tersebut, merupakan perwakilan satu orang cucunya.

6. Shohin Bonsai Karya Morten Albek

Shohin Bonsai Karya Morten Albek

Pohon bonsai yang istimewa, baik konsep hingga perawatan, tentu pantas dinilai dengan harga fantastis. Salah satu jenis pohon bonsai termahal dunia selanjutnya, adalah karya seniman bonsai dari luar Jepang. Dia adalah Morten Albek.

Salah satu karyanya yang fenomenal adalah bonsai Shohin dengan tema Rockspary Cotoneaster. Bonsai karyanya memiliki tinggi sekitar 9 cm saja. Menariknya, pada akhir musim semi dan awal musim panas, Shohin karya Morten Albek dapat berbunga. Sedangkan saat musim dingin, tumbuh buah-buahan berwarna merah.

Lalu berapa harganya? Seberapa mahal pohon bonsai tersebut? Tidak berlebihan jika kamu menaksirnya di angka ratusan juta hingga milyaran rupiah.

7. Flowering Azalea Bonsai Karya Wolfgang Putz

Flowering Azalea Bonsai Karya Wolfgang Putz

Jika kamu menyukai bunga Azalea, bonsai karya Wolfgang Putz yang satu ini pasti langsung menarik hati. Bentuknya yang mini tidak mengurangi kecantikannya. Bunga Azalea yang tumbuh, punya warna yang lembut dan sedap dipandang.

Flowering Azalea Bonsai karya Wolfgang Putz hanya setinggi 14 cm. Namun, pesonanya membuat siapa saja tertarik. Bagaimana dengan harganya? Yang jelas, bonsai ini masuk dalam daftar bonsai termahal yang pernah ada.

8. Pinus Sylvestris Bonsai Karya Stefano Frisoni

Pinus Sylvestris Bonsai Karya Stefano Frisoni

Bonsai dari jenis pohon pinus ini mulanya dibeli oleh Stefeno Frisoni untuk menambah daftar koleksinya. Kemudian, dia mengubahnya hingga tercipta sebuah pohon bonsai yang berbentuk realistis. Stefano mengubah dan merawat daun yang ada pada pohon menyerupai awan.

Pinus Sylvestris bonsai karya Stefano Frisoni ini juga ditaksir memiliki harga yang cukup fantastis. Jika boleh menebak, berapa kira-kita harga yang pantas untuk bonsai ini?

9. Brazilian Rain Tree Bonsai Karya Budi Sulistyo

Brazilian Rain Tree Bonsai Karya Budi Sulistyo

Jenis pohon bonsai termahal selanjutnya yang memukau adalah Brazilian Rain Tree Bonsai karya Budi Sulistyo. Ia dinilai sebagai salah satu pohon bonsai bertema tropis paling cantik dan terkenal di dunia.

Dilihat secara sepintas, rasanya tidak ada yang istimewa darinya. Namun, siapa sangka bahwa pohon bonsai ini dirawat dan dibentuk melalui pemotongan yang rumit. Pantas saja jika ia disebut-sebut sebagai salah satu pohon bonsai termahal.

10. Chinese Hackberry

Chinese Hackberry

Jenis pohon bonsai termahal selanjutnya adalah Chinese Hackberry. Selain mahal, disebutkan bahwa bonsai ini juga salah satu yang tertua. Usianya kurang lebih sudah lewat dari 65 tahun. Secara bentuk, Chinese Hackberry memiliki tinggi sekitar 20 inchi atau sekitar 50 cm.

Hackberry (Celtic) sendiri merupakan pohon dengan struktur ranting yang halus. Saat musim semi, pohon ini akan berbunga pada musim semi dan berbuah saat awal musim panas. Lalu berapa harganya? Kamu bisa menebaknya sendiri di angka ratusan juta hingga bukan tidak mungkin mencapai milyaran.

Beberapa jenis pohon bonsai termahal yang pernah ada, memiliki harga yang sangat fantastis. Bagi para penggemarnya, kerumitan perawatan pohon hingga dapat menjadi bonsai memang pantas diganjar dengan harga yang tinggi. Bagaimana menurut kamu? Berniat untuk mengoleksinya?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *