Bacaterus / Tanaman / Jenis dan Manfaat Pohon Bidara Bagi Kesehatan Manusia

Jenis dan Manfaat Pohon Bidara Bagi Kesehatan Manusia

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Salah satu jenis tumbuhan ini memang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Banyak dari praktisi herbal memanfaatkan pohon bidara untuk mengobati sejumlah penyakit yang berbahaya. Tumbuhan yang biasa digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk menghilangkan sihir ini memang terkenal kaya manfaat.

Karena hal tersebut, banyak dari petani Indonesia membudidayakan tumbuhan yang satu ini. Pohon bidara sendiri memang memiliki banyak jenis yang tersebar di beberapa negara termasuk di Indonesia.

Kali ini Bacaterus akan membahas tentang beberapa jenis dan manfaat pohon bidara bagi kesehatan yang harus kamu ketahui. Bagi kamu yang ingin mencoba memanfaatkan buah yang satu ini. Berikut adalah ulasannya:

Manfaat dan kegunaan pohon Bidara bagi kesehatan

Manfaat dan kegunaan pohon Bidara bagi kesehatan (Copy)

Bidara adalah pohon kecil berbuah yang tumbuh di daerah kering. Meskipun demikian, pohon bidara yang memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana bisa tumbuh di wilayah yang beriklim tropis seperti Indonesia atau negara Asia lainnya.

Pohon ini memang memiliki banyak manfaat yang berguna untuk manusia. Mulai dari akar, batang, daun dan buahnya dapat digunakan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Buah bidara memang memiliki beberapa kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti sumber Karoten, vitamin A, vitamin C dan lemak yang cukup banyak terkandung di dalamnya..

Buah bidara bisa dikonsumsi langsung, dibuat olahan minuman segar atau dibuat dalam bentuk manisan. Sementara daunnya dapat dimanfaatkan sebagai sayuran atau sebagai pakan ternak. Selain daun dan buah yang dapat dikonsumsi, batang dan akar dari pohon bidara dapat dimanfaatkan pula sebagai jamu untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Selain itu daun bidara juga sejak dulu sering dipakai untuk pengganti sabun. Karena daunnya akan mengeluarkan busa bila terkena air. Daun bidara juga sering digunakan untuk memandikan jenazah orang yang meninggal.

Jenis-jenis pohon bidara

Tumbuhan yang dikenal memiliki beragam manfaat ini mempunyai banyak nama daerah, secara umum orang Indonesia menyebutnya dengan pohon bidara atau widara. Di Indonesia sendiri terdapat 5 jenis pohon bidara yang sering dimanfaatkan masyarakat untuk kesehatan.

Selain memiliki karakteristik yang berbeda dari tiap jenis. Manfaat dari setiap jenis pohon bidara pun berbeda-beda. Adapun jenis-jenis pohon bidara adalah sebagai berikut.

1. Bidara Upas

Bidara Upas (Copy)

Salah satu jenis tumbuhan bidara yang pertama adalah Bidara Upas. Jenis tanaman bidara ini memiliki nama latin Merremia Mammosa. Bidara Upas memiliki daun berbentuk oval cukup lebar dengan pangkal berbentuk hati.

Jenis Bidara ini menghasilkan Umbi yang cukup besar. Umbi bidara sendiri dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat. Sedangkan serat batangnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakaian karena memberi rasa sejuk bagi pemakainya.

Bidara Upas mengandung triterpenoid yang bermanfaat sebagai anti bakteri. Senyawa yang terkandung dalam tumbuhan Bidara Upas juga dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit seperti penyakit diabetes, gangguan kulit, malaria, gangguan haid dan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan racun akibat gigitan ular.

Bidara Upas bisa menghasilkan 6-7 buah umbi yang memiliki berat bisa mencapai 5 kg. Kamu tertarik untuk membudidayakan jenis bidara yang satu ini? Dijamin kamu tidak akan menyesal dengan manfaat yang terkandung dalam tumbuhan yang satu ini

2. Bidara laut

Bidara laut (Copy)

Bidara Laut memiliki nama latin Strychnos Ligustrina. Bidara laut memiliki daun yang berbentuk lonjong dan agak lebat. Buah Bidara laut berbentuk bulat berwarna merah dengan rasa manis sampai masam. Bidara laut biasa tumbuh di hutan yang berada di dekat di pinggiran pantai.

Sama seperti Bidara Upas, Bidara laut pun memiliki banyak manfaat yang sering digunakan oleh masyarakat untuk kesehatan. Selain bisa untuk mengobati diabetes dan penyakit kencing berdarah. Bidara jenis ini juga sering dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit reumatik.

Bidara laut juga sering dimanfaatkan untuk kecantikan karena dapat mencegah keriput dan penuaan dini. Jenis Bidara Laut biasa diolah sebagai bahan baku untuk membuat kosmetik. Memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit, bidara laut sering digunakan untuk campuran dalam sabun mandi.

3. Bidara Cina

Bidara China (Copy)

Bidara Cina atau Ziziphus Jujuba adalah salah satu jenis pohon Bidara yang memiliki daun rindang dan berbuah lebat seperti apel ketika berumur muda. Pohon Bidara Cina bisa tumbuh 5-10 meter dengan ranting yang sedikit berduri.

Pohon Bidara Cina memiliki kelopak bunga berwarna hijau kekuningan. Sementara buahnya berwarna hijau berbentuk bulat oval. Rasa buahnya mirip seperti apel. Bila terlampau matang buahnya akan terlihat mengkerut berwarna coklat agak kemerahan. Mirip dengan buah kurma namun sedikit keras seperti buah Zaitun.

Bidara Cina biasa digunakan untuk mengobati diabetes, jerawat, penyakit bisul dan untuk mengobati penyakit gangguan pencernaan.

4. Bidara Arab / Sidr

Bidara Arab (Copy)

Bidara Arab atau Ziziphus Spinal Christi adalah jenis pohon bidara yang biasa tumbuh di daerah Tropis dan Asia Barat. Pohon ini biasa tumbuh di ketinggian 500 meter. Berdaun lebar serta bergerigi pada bagian pinggir daun, berwarna hijau namun tidak mengkilat. Batangnya berwarna coklat dengan duri yang cukup tajam. Sementara buahnya berwarna hijau berbentuk oval berukuran kecil.

Bila matang buahnya akan berwarna merah dan memiliki rasa manis. Pohon Bidara Arab atau Sidr adalah pohon yang biasa digunakan untuk menghilangkan gangguan sihir. Pohon ini juga biasa di gunakan dalam proses ruqyah oleh para pakar spiritual.

Selain sering dianjurkan sebagai sunah dalam pengobatan. Pohon Bidara Sidr juga memang kaya akan manfaat mulai dari akar sampai dengan daun. Para pakar pengobatan biasa memanfaatkan Bidara Arab untuk pengobatan lambung, sariawan, melancarkan haid dan membantu meringankan luka bakar.

Bidara Sidr juga biasa dipakai untuk memandikan jenazah atau membersihkan rumah dari gangguan makhluk halus.

5. Bidara Putsa / Apel India

Bidara Putsa (Copy)

Bidara Putsa atau Apel India adalah adalah jenis pohon bidara yang banyak tumbuh di wilayah India. Namun, pohon Bidara Putsa ini juga banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia. Bidara Putsa memiliki daun berukuran agak besar, berbentuk oval dengan warna mengkilat serta bergerigi dan berwarna putih pada bagian ujung daun.

Pohon Bidara Putsa memiliki batang yang berduri namun sangat jarang dan berbentuk pendek-pendek. Sementara buahnya sendiri berukuran seukuran bola golf. Memiliki rasa yang manis mirip dengan rasa buah apel.

Sama seperti jenis bidara yang sudah dibahas sebelumnya. Bidara Putsa juga memiliki banyak manfaat diantaranya untuk memberi perlindungan pada tulang, mengatasi asma, mengontrol penyakit diabetes, mengikis kolesterol dan baik di konsumsi oleh orang yang sedang melakukan penurunan berat badan atau diet.

Karakteristiknya yang seperti apel memang bisa membuat kenyang orang yang memakan buahnya. Bagi kamu yang sedang melakukan pola diet, buah Bidara Putsa sepertinya sangat membantu. Tertarik untuk mencoba?

Nah, itulah jenis-jenis dan manfaat pohon bidara untuk kesehatan manusia. Simak Bacaterus untuk informasi menarik lainnya yang lebih bermanfaat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *