Bacaterus / Tanaman / 10 Jenis Pohon Beringin yang Paling Banyak Tumbuh di Dunia

10 Jenis Pohon Beringin yang Paling Banyak Tumbuh di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat mendengar kata beringin yang mungkin pertama kali terlintas adalah pohon yang angker. Bentuk pohon beringin yang besar dan sangat rimbun seperti semak membuat kita mengasosiasikan dengan hal yang seram. Tetapi di negara yang lain seperti India, pohon beringin adalah pohon yang dianggap suci dan dinobatkan sebagai pohon nasional India.

Di negara kita pohon beringin digunakan sebagai satu simbol dalam Pancasila, yang melambangkan Persatuan Indonesia. Jika kita ingin tahu mengapa pohon ini dianggap suci dan dianggap sebagai lambang persatuan, kita bisa lihat karakteristik beberapa jenis beringin berikut ini.

Karateristik umum

Pohon beringin sesungguhnya masih kerabat dekat dengan pohon Ara atau pohon Tin, keduanya berasal dari genus yang sama. Pohon beringin tumbuh di atas tumbuhan yang lain atau disebut juga epifit. Pohon beringin biasanya memiliki akar gantung atau akar angin, daunnya biasanya hijau mengkilap dan berbentuk elips.

Jenis-jenis pohon beringin

Berikut ini adalah beberapa jenis pohon beringin yang dikenal di dunia.

1. Beringin India (Ficus benghalensis)

Beringin India

Pohon beringin jenis ini adalah jenis yang biasa terdapat di India. Pohon beringin adalah satu jenis pohon yang terkadang juga dipanggil dengan nama ara pencekik. Kenapa dinamakan juga ara pencekik karena cara tumbuhnya yang muncul di antara lubang dan rekahan pohon yang sudah berdiri. Nama-nama umum yang lain untuk pohon ini adalah ara Bengal atau ara India.

Pohon ini bersifat efifit dan menyerap kelembaban dari udara. Beringin India memilki batang uyang  besar, struktur yang berlekuk-lekuk dengan warna kulit abu-abu yang terang. Daunnya berbentuk bulat panjang dan kasar, ukurannya dari 4 hingga 8 inci. Cabangnya berbentuk seperti akar yang menjulur ke tanah dan menancap membentuk batang yang lain.

2. Beringin Kimeng (Ficus microcarpa)

Beringin Kimeng

Beringin Kimeng atau beringin Cina adalah pohon beringin yang masih satu spesies dengan pohon ara pencekik. Di daerah topis pohon ini biasanya ditanam di pinggir jalan, dan biasanya digunakan untuk dibuat pohon bonsai. Seperti nama latinnya, pohon ini memiliki buah yang kecil. Daunnya  berbentuk lonjong dan halus, ukurannya sekitar 2 hingga 2,5 inci.

Pohon ini sama dengan beringin India, cabangnya yang menjulur panjang di udara sehingga batangnya dapat menyebar sampai jauh. Kisaran sebaran batangnya dapat mencapai 200 kaki atau lebih. Pohon ini kini dapat tumbuh di beberapa daerah tropis di Amerika serikat, terutama di daerah Hawaii dan Florida.

3. Pohon Wimba (Ficus citrifolia)

Pohon Wimba

Pohon beringin ini adalah pohon dengan mahkota yang menyebar ke udara, tingginya dapat mencapai 18 meter. Diamater batangnya bisa sampai 75 cm. Pohon ini awalnya tumbuh dengan tumbuh pada cabang pohon lain. Saat tumbuh besar pohon ini akan menjulurkan batangnya dan ketika mencapai tanah dengan cepat, pohon ini akan membentuk akar yang semakin besar dan kuat.

Pohon ini memasok nutrisi ke buahnya yang membuatnya dapat tumbuh besar dengan capat dari pada tumbuhan inangnya. Akarnya yang berada di udara secara perlahan mengelilingi pohon induknya sehingga batang utama tidak dapat berkembang. Pohon ini batangnya berwarna abu-abu muda, daunnya hijau tua dan berbentuk oval dengaan alas yang bulat serta ujung yang runcing. 

4. Beringin (Ficus benjamina)

Beringin

Pohon beringin ini tingginya dapat mencapai 30 m, bentuk daunnya oval dengan ujung yang tajam dan mengkilap dengan ukuran daun 6 sampai dengan 13 cm. Pucuknya berwarna hijau muda dan sedikit bergelombang, sedang yang tua berwarna hijau dan halus. Kulit batangnya berwarna abu-abu muda dan halus, sedangkan batang-batang yang muda biasanya berwarna kecoklatan.

5. Beringin Putih (Ficus benjamina variegata)

Beringin Putih

Beringi putih memiliki ciri yang hampir sama dengan pohon beringin biasa, yang membedakan adalah pada warna daunnya. Pohon beringin ini memiliki warna daun hijau dengan warna putih di pinggirannya. Pohon jenis ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias dikarenakan keunikan daunnya.

6. Beringin Preh (Ficus retusa)

Beringin Preh

Ficus rentusa biasa dipanggil pohon preh oleh orang Jawa. Pohon ini daunnya tumbuh seperti semak, dan warna daunnya selalu hijau. Kulit dari batangnya berwarna keabu-abuan dengan dengan bintik-bintik yang horizontal yang sering disebut dengan lentisel. Pohon ini memliki akar gantung atau biasa disebut  juga dengan akar angin. Akar ini biasanya keluar disaat musim hujan.

Pohon ini dapat tumbuh dengan cepat, dan dapat mencapai tinggi hingga 10 meter dengan sebaran yang rata. Batangnya yang keabua-abuan itu dapat tumbuh hingga 1 meter, sehingga dapat menopang dedaunan yang tumbuh bercabang dengan luas. Pohon ini biasanya dijadikan tanaman hias yang dibentuk menjadi bonsai.

7. Beringin Afrika (Ficus nerifolia/salicifolia)

Beringin Afrika

Pohon ini dapat tumbuh hingga 15 meter dengan  batangnya yang halus dan cabangnya berwarna abu-abu gelap. Daunnya berbentuk oval yang menyerupai tombak dan tidak berbulu, panjangnya sekitar 8-18 cm dan lebarnya 3-6.6 cm. Pohon beringin ini mememiliki buah yang berbentuk oval dan tumbuh berpasangan di setiap cabang yang tua.

Habitat asli dari pohon ini adalah di daerah sekitar selatan Tibet, daerah Yunnan China, dan India, dan beberapa negara Asia Tengah. Di Nepal, daun dari pohon ini biasa digunakan sebagai pakan ternak dan sebagai obat tradisional. Pohon ini dianggap baik apabila dijadikan bonsai yang disimpan dalam ruangan dengan iklim yang sedang. Selain itu, pohon ini mudah dibentuk dan dipangkas. 

8. Karet Kebo (Ficus elastica)

Karet Kebo

Pohon ini berasal dari daerah India, China, Bhutan, Myanmar, Malaysia juga Indonesia. Pohon ini juga masuk ke dalam kelompok beringin, dengan batangnya yang dapat tumbuh mencapai 25 sampai dengan 30 meter dan memiliki akar angin atau akar yang menggantung, dan akar yang menjuntai ke tanah akan berfungsi sebagai jangkar untuk menopang  berat dari cabangnya.

Daunnya yang masih muda tumbuh dalam selaput yang berbetuk kerucut yang berwarna merah muda. Ukuran daun mudanya bisa mencapai lebih dari 35 cm dan memiliki lebar 15 cm. Setelah dewasa daunnya akan mengecil dengan ukuran panjangnya sekitar 10 – 15 cm dan lebarnya sekitar 5 – 7 cm.

Daunnya berbentuk lonjong dengan bagian ujung dan pangkalnya meruncing. Daunnya juga memilki tepi yang rata dan permukaan yang mengkilat. Daunnya tumbuh pada tangkainya dengan berselang-seling. Bunga pada pohon ini kelopaknya mirip dengan mangkok, memiliki warna hijau dan benangsarinya berwarna putih sedang kepala putiknya berwaran hitam.

9. Beringin Teluk Moreton (Ficus macrophylla)

Beringin Teluk Moreton

Pohon jenis ini sering disebut juga dengan beringin Australia. Beringin jenis ini memiliki akar yang melangkung besar yang terbentuk di atas permukaan. Pohon ini adalah pohon yang terlihat dalam film Jurassic park. Pohon jenis ini melambangkan hutan hujan nan eksotik. Beringin Australia memiliki daun yang kasar besar hingga 12 inci.

Batangnya yang besar menopang struktur pohon dengan kuat, dengan kulit pohon berwarna abu-abu tua. Pohon in termasuk ke dalam jenis beringin pencekik. Pohon ini di alam liar benihnya berkecambah dan mulai tumbuh di puncak pohon yang lain, secara perlahan menutupi pohon inangnya.

10.Beringin Pencekik Florida  (Ficus aurea)

Beringin pencekik Florida

Ficus aurea dikenal dengan nama beringin pencekik Florida atau juga biasa disebut ara emas. Pohon ini berasal dari daerah bagian Florida, Amerika Serikat bagian utara. Getahnya dapat dibuat sebagai permen karet. Pohon yang masih muda biasanya dijadikan tanaman bonsai karena akarnya  masih bisa di atur tetapi apabila sudah tua sulit dipelihara karena cabangnya yang terus berkembang.

Pohon beringin ini dapat tumbuh hingga 30 meter, pohon ini memiliki bentuk daun yang bervarisi. Pada beberapa pohon yang masih sejenis memiliki daun yang panjangnya kurang dari 10 cm, dan sebagian yang lain memiliki daun yang lebih besar. Beberapa tanaman yang sejenis memiliki daun yang lonjong serta bulat panjang dan yang lain daunnya ada yang menyerupai hati atau oval.

Pohon beringin tidak hanya memiliki makna angker karena bentuknya yang besar dan akarnya-akarnya yang menjuntai. Pohon beringin telah menjadi bagian penting dari sejarah negara kita. Pohon yang melambangkan kekuatan dari persatuan negara kita. Apa kamu termasuk orang yang percaya dengan keangkeran pohon beringin?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *