Bacaterus / Pisang / 5 Jenis Pisang yang Biasa Diolah dengan Cara Digoreng

5 Jenis Pisang yang Biasa Diolah dengan Cara Digoreng

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Pisang adalah salah satu buah yang sangat populer di Indonesia dan dunia. Buah yang umumnya berbentuk panjang dan melengkung ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi sehingga menjadi sumber pendapatan bagi banyak orang.

Buah yang kaya akan manfaat ini sangat mudah ditemukan di toko-toko buah di pinggir jalan, di pasar, hingga di supermarket. Indonesia sendiri terkenal sebagai salah satu penghasil buah pisang terbesar di dunia! Jadi, menemukan keberadaan buah ini di tanah air bukanlah perkara yang sulit.

Pisang memiliki banyak varietas yang berbeda-beda. Beberapa jenis pisang ada yang dapat dimakan langsung (mentah) dan ada pula yang perlu diolah terlebih dahulu, seperti melalui proses penggorengan, perebusan, atau pengukusan.

Olahan pisang yang digoreng seperti keripik pisang dan goreng pisang terbilang sangat populer di Indonesia. Di antaranya banyaknya jenis-jenis pisang yang terdapat di pasaran, berikut ini adalah lima jenis pisang yang sering diolah dengan cara digoreng menjadi aneka macam hidangan yang menggugah selera.

1. Pisang Raja

Pisang Raja

* sumber: www.pasarindukbali.com

Pisang raja adalah salah satu jenis pisang untuk digoreng yang paling populer. Pisang ini tergolong mudah ditemukan di pasar-pasar tanah air karena pohon pisang raja banyak ditemukan tumbuh di Indonesia.

Rasa manis dan aroma harum dari pisang raja membuat banyak orang menyukainya. Pisang ini dapat dikonsumsi secara langsung tanpa harus digoreng, direbus, atau dikukus terlebih dahulu. Sedangkan pisang raja yang diolah menjadi makanan lain dengan cara digoreng biasanya pisang yang belum matang.

Pisang raja dapat diolah menjadi berbagai macam makanan manis yang lezat seperti pisang goreng, sale pisang, bolen pisang, pisang coklat keju, dan masih banyak lagi. Selain itu, isian beberapa makanan tradisional seperti nagasari pisang ijo juga sering menggunakan pisang raja.

2. Pisang Tanduk

Pisang Tanduk

* sumber: www.bertaniorganik.com

Pisang tanduk adalah jenis pisang untuk digoreng lainnya yang populer di Indonesia. Disebut dengan pisang tanduk kemungkinan karena buah ini memiliki bentuk yang sedikit melengkung, cukup panjang, dan terlihat seperti tanduk badak.

Dengan panjang sekitar 25 cm hingga 35 cm, pisang tanduk merupakan salah satu varietas pisang yang berukuran besar. Pisang tanduk dicirikan dengan kulit yang agak tebal yang akan menguning saat matang dan daging buah yang berwarna putih kekuningan.

Pisang yang memiliki rasa manis yang agak asam ini kurang cocok jika dikonsumsi mentah-mentah karena dagingnya yang agak keras. Oleh karena itu, mengolahnya terlebih dahulu seperti menjadi pisang goreng akan terasa lebih nikmat dan lezat.

Olahan pisang tanduk yang populer lainnya antara lain seperti, keripik pisang tanduk, bolu pisang tanduk, kolak pisang tanduk, dan masih banyak lagi.

3. Pisang Nangka

pisang nangka

* sumber: www.redaksiweb.com

Ini adalah salah satu jenis pisang yang unik karena kulit pisang nangka akan selalu hijau bahkan ketika sudah matang. Pisang nangka juga memiliki kulit yang agak tebal dengan daging yang berwarna kuning kemerahan dan rasa yang manis tetapi sedikit asam.

Karena memiliki tekstur daging yang tidak terlalu lembut, pisang nangka kurang cocok untuk dimakan secara langsung. Oleh karena itu, pisang ini sebaiknya diolah dulu menjadi makanan lain agar menjadi hidangan yang lebih lezat.

Untuk mengetahui apakah pisang nangka sudah matang atau belum, Anda dapat melakukannya dengan menekan dengan lembut pisang tersebut. Jika teras lunak, maka pisang nangka sudah dipastikan matang.

Anda juga dapat memeriksa ujung pisang nangka. Jika kuncup bunga telah mengering, berubah menjadi hitam, dan terlihat akan lepas, maka pisang nangka tersebut sudah matang dan siap untuk digoreng.

Pisang nangka yang terlalu matang biasanya dicirikan dengan kulit yang agak kekuningan. Jika kondisinya sudah seperti ini, pisang nangka jadi kurang cocok digoreng karena hasilnya akan lembek dan berminyak.

4. Pisang Kepok

pisang kepok

Pisang kepok adalah jenis pisang lain yang dapat diolah dengan cara digoreng. Beberapa penjual gorengan sering menggunakan pisang kepok untuk membuat pisang goreng yang lezat. Pisang kepok cukup mudah ditemukan di pasar-pasar dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis-jenis pisang yang sudah disebutkan di atas.

Pisang kepok dicirikan dengan kulit tebal berwarna kuning saat matang serta bentuk yang pipih melebar, pendek, tidak melengkung, dan agak persegi. Ukuran pisang kepok kira-kira berkisar antara 10-15 cm panjang dan 3-5 cm lebar.

Pisang kepok sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Pisang kepok kuning disebutkan memiliki daging yang lebih padat dan rasa yang lebih manis dibanding pisang kepok putih. Oleh karena itu, pisak kepok putih lebih sering dijadikan pakan burung karena tekstur yang agak keras dan rasan yang agak sepat.

Karena kurang cocok dimakan mentah-mentah, pisang kepok sebaiknya diolah terlebih dahulu menjadi makanan lain seperti pisang goreng kepok agar lebih lezat dan bermanfaat.

5. Pisang Ambon

Pisang Ambon

* sumber: www.redaksiweb.com

Meskipun lebih cocok diolah menjadi kue bolu pisang yang manis dan lezat, pisang ambon juga dapat diolah menjadi makanan goreng seperti keripik pisang ambon. Pisang jenis ini tergolong murah dan mudah didapatkan sehingga tidak perlu banyak upaya untuk mencarinya.

Pisang ambon memiliki ciri-ciri ketebalan kulit yang sedang yang warnanya kehijau-hijauan hingga kuning serta daging berwarna putih kekuning-kuningan dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Selain itu, pisang ambon juga terkenal memiliki aroma yang harum sehingga sangat cocok diolah menjadi makanan manis.

Pisang yang dapat dimakan secara langsung ini memiliki dua macam, yaitu pisang ambon lumut dan pisang ambon kuning. Pisang ambon lumut memiliki beberapa kelebihan dibanding pisang ambon kuning, seperti harga yang lebih murah, rasa yang lebih manis, aroma yang lebih harum, serta daging buah yang lebih kenyal yang membuatnya lebih tahan lama.

Nah, itulah beberapa jenis buah pisang yang cocok untuk digoreng. Rata-rata buah pisang di atas kurang enak jika dimakan secara langsung karena dagingnya yang keras dan rasanya yang agak masam. Oleh karena itu, mengolahnya terlebih dahulu menjadi makanan lain akan lebih terasa nikmat dan lezat.

Nah, itulah beberapa jenis pisang untuk digoreng yang paling populer dan kemungkinan masih ada lagi jenis pisang lainnya yang belum disebutkan di sini.

Harga pisang-pisang di atas bisa berbeda-beda di tiap daerah. Selain itu, kelangkaan juga mungkin bisa terjadi sehingga mengakibatkan harganya jauh lebih tinggi. Pasar merupakan tempat yang tepat untuk menemukan berbagai jenis pisang, baik untuk dikonsumsi secara langsung atau diolah kembali seperti kelima pisang di atas.

Bacaterus menyediakan banyak informasi lain mengenai pisang, seperti tentang aneka olahan pisang goreng unik, jenis-jenis pisang yang paling enak, manfaat pisang untuk kesehatan, olahan pisang yang kekinian, resep pisang goreng kremes yang lezat, dan masih banyak lagi informasi menarik lainnya. Klik di sini untuk mendapatkan semua informasi tadi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *