Bacaterus / Pisang / Inilah Jenis-Jenis Pisang yang Patut Dicoba Untuk Diet

Inilah Jenis-Jenis Pisang yang Patut Dicoba Untuk Diet

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Juli 2019

Pisang merupakan buah sepanjang musim jadi, sangat mudah ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang enak harganya pun sangat terjangkau. Buah pisang ini bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi berbagai olahan makanan enak seperti yang mudah kita jumpai adalah pisang goreng, kolak pisang dan lain sebagainya.

Untuk yang sedang menjalankan program diet, buah pisang merupakan salah satu buah yang cocok untuk dimasukkan ke dalam program diet kamu. Karena pisang mengandung sumber serat, kalium, potasium,  vitamin B6, vitamin C, dan berbagai antioksidan lainnya yang sehat bagi tubuh. Kandungan serat dan potasium yang tinggi pada pisang akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Jenis-Jenis Pisang Untuk Diet

Tahukah kamu kalau pisang banyak sekali jenisnya? Yuk simak pembahasan Bacaterus berikut ini mengenai jenis pisang yang patut dicoba untuk diet kamu.

1. Pisang Cavendish

Pisang Cavendish

Pisang ini berbentuk lonjong dan ramping dengan kulit yang sangat mulus berwarna kuning kehijauan cerah dan kulitnya tebal. Bagian dagingnya memiliki tekstur yang lembut. Namun rasa dari pisang ini agak sedikit asam, jadi untuk yang pertama kali memakan buah pisang jenis ini mungkin akan merasa aneh.

Dengan kandungan kalori yang sedikit pisang ini aman dikonsumsi untuk diet. Pisang ini bisa dikonsumsi langsung ataupun dijadikan olahan makanan lezat lainnya seperti smoothies, jus ataupun dicampur dengan oat.

2. Pisang Kepok

Pisang Kepok

Pisang ini ada dua jenis yaitu pisang kepok putih dan pisang kepok kuning. Biasanya pisang yang biasanya dikonsumsi adalah pisang kepok kuning. Sedangkan pisang kapok putih biasanya dijadikan makanan burung karena rasanya yang agak kecut.

Bentuk buah pisang ini pendek, pipih dan lebar. Tekstur dagingnya lembut dan rasanya manis. Pisang ini rendah lemak dan rendah gula jadi aman untuk dikonsumsi bagi yang diet. Selain dikonsumsi langsung, biasanya pisang ini diolah menjadi pisang goreng atau pisang kukus.

3. Pisang Raja Bulu

Pisang Raja Bulu

Pisang raja bulu ini berbentuk panjang agak gemuk dan melengkung. Pisang yang rasanya manis ini cocok dijadikan untuk diet. Pisang ini memiliki kandungan zat-zat bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin A vitamin B dan magnesium.

4. Pisang Mas

Pisang Mas

Pisang yang kecil mungil ini memiliki rasa yang manis dan tekstur dagingnya lembut. Dengan warna kulit yang kuning mulus agak tebal. Walaupun pisang mas ini kecil mungil, namun kandungan vitamin dan mineralnya sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, jadi cocok dijadikan salah satu pilihan untuk diet kamu.

Manfaat Pisang Berdasarkan Warna Kulit Pisang

pisang

Selain jenis pisang yang disebutkan diatas, perlu diperhatikan pula warna kulit pisangnya. Karena masing-masing memliki manfaat yang berbeda terhadap tubuh. Berikut perbedaannya :

1. Hijau

Pisang dengan kulit berwarna hijau atau pisang yang belum terlalu matang ini memiliki kandungan gula yang sangat sedikit. Biasanya pisang ini cocok dikonsumsi bagi para penderita diabetes karena kandungan gulanya sangat sedikit. Sedangkan kandungan serat dengan sifat pati resistennya pada pisang ini tinggi. Pati resisten ini tidak langsung dicerna oleh tubuh melainkan difermentasi dahulu sebelum masuk ke usus besar yang nantinya akan menjadi sumber energi.

2. Kuning

Pisang dengan kulit kuning adalah pisang yang cocok untuk dikonsumsi bagi yang menjalankan diet. Karena kandungan pada pisang dengan kulit kuning ini memiliki kandungan nutrisi yang berimbang. Kadar gula dalam pisang ini tidak terlalu banyak namun kandungan seratnya masih tinggi.

3. Kuning Kecoklatan Atau Bintik Kehitaman

Pisang dengan kulit ini adalah pisang yang paling matang dengan rasa yang sangat manis. Pisang dengan kulit ini kandungan proteinnya tinggi dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini berfungsi untuk mencegah atau menunda beberapa kerusakan sel. Sehingga pisang dengan kulit kecoklatan atau bintik kehitaman ini cocok dikonsumsi untuk melawan sel kanker.

Nah itulah perbedaan dari jenis kulit pisang. Sehingga nanti bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Setelah mengetahui jenis pisang untuk diet dengan memperhatikan warna kulitnya, berikut diet pisang yang dapat kamu lakukan.

Tips Diet Pisang

Diet pisang yang terkenal adalah “morning banana” atau yang dalam bahasa Jepangnya disebut dengan 「朝バナナ」asa banana yang menjadi populer setelah kesuksesan seorang apoteker Jepang bernama Sumiko Watanabe yang menyarankan kepada suaminya untuk melakukan diet ini dan berhasil menurunkan hingga 18 kg. Kemudian mereka menceritakan keberhasilannya tersebut ke media sosial sehingga menjadi viral.

Berikut ini adalah beberapa aturan yang ada pada diet morning banana atau asa banana :

1. Sarapan

Sarapan merupakan hal yang wajib dilakukan baik untuk para pelaku diet maupun tidak. Karena dengan sarapan, asupan yang dimakan dapat memberikan energi untuk kegiatan pada hari tersebut serta menjaga metabolisme tubuh.

Pada diet morning banana ini kamu dianjurkan untuk sarapan buah pisang dan air mineral saja. Buah pisang yang dimakan bisa kamu makan sebanyak yang kamu mau. Jika kamu merasa bosan, kamu bisa mengganti dengan satu jenis buah saja. Dan jika dirasa masih lapar kamu bisa makan makanan lain misalnya nasi, tapi tunggulah sekitar 15-30 menit sebelum makan makanan selanjutnya.

2. Makan Siang

Untuk makan siang, tidak ada aturan yang ketat untuk makan. Kamu bisa makan apa pun yang kamu inginkan, jangan terlalu memaksakan diri untuk mengurangi makanan. Jika terlalu dipaksa mengurangi makan siang, takutnya kamu akan memperbanyak makan camilan.

3. Makan Malam

Sama halnya dengan makan siang, kamu bisa makan apa pun yang kamu mau. Waktu makannya jangan melebihi jam 8 malam. Supaya ada jeda dari makan malam ke waktu tidur yang tidak terlalu malam.

4. Tidur Cukup

Baik untuk yang sedang diet ataupun tidak, tidur yang cukup sangat dianjurkan. Tidur yang cukup sekitar 7-8 jam per harinya dapat membantu proses penurunan berat badan. Karena jika kurang tidur biasanya akan mudah merasa lapar sehingga akhirnya kamu akan makan makanan berat atau camilan pada malam hari.

5. Makanan Ringan

Makan makanan ringan atau camilan diperbolehkan. Namun dianjurkan untuk menghindari ice cream dan produk olahan susu lainnya. Untuk makan camilan pun hanya diperbolehkan makan satu jenis saja per harinya.

6. Minum Air Mineral

Kamu tetap dianjurkan minum air mineral setidaknya 8 gelas perhari dengan suhu air normal, jangan yang dingin. Dan jika ingin meminum air yang ada rasanya, sama seperti saat sarapan, kamu harus menunggu sekitar 15-30 menit. Namun jika bisa, lebih baik dihindari saja minum minuman yang berasa. Dan jika setelah minum air masih tetap merasa lapar, lebih baik kamu makan buah-buahan saja.

Itulah beberapa aturan yang ada pada diet morning banana. Sangat mudah bukan? Diet ini dapat dilakukan baik oleh laki-laki maupun perempuan. Tidak hanya mudah, diet dengan pisang pun bisa membantu kamu untuk menghemat pengeluaran dibandingkan dengan jenis diet lainnya.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan mengenai pisang ini dan salah satu cara diet dengan pisang ini ya. Jika ada yang mengetahui cara diet dengan memakan pisang atau jenis pisang yang cocok untuk diet lainnya silahkan tulis dikolom keomentar yang sudah tersedia ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar