Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Desember 2018

Indonesia merupakan salah satu Negara dengan sumber alam yang cukup besar di Dunia. Selain itu, Indonesia juga menjadi salah satu Negara dengan flora dan fauna yang amat lengkap. Tentunya sebagai warga Negara yang baik kita harus mengetahui mengenai berbagai hal yang ada di sekitar kita.

Salah satu favorit orang Indonesia adalah konsumsi buah dan sayuran, walaupun masih terbilang rendah dibandingkan dengan Negara Jepang atau yang lainnya. Namun dapat dipastikan Indonesia merupakan salah satu Negara dengan konsumsi buah yang relatif cukup banyak.

Buah yang banyak di konsumsi di Indonesia adalah pisang, tentunya Anda sudah tidak asing bukan dengan jenis buah yang satu ini. Pastinya jenis buah ini juga memiliki berbagai kandungan vitamin C, A, serta magnesium yang tinggi. Berikut simak ulasan dari Bacaterus mengenai manfaat dan jenis berbagai pisang terenak di Indonesia yang wajib Anda coba.

8 Jenis Pisang yang Wajib Dicoba

1. Pisang Raja

Pisang Raja

* sumber: www.pasarindukbali.com

Pisang raja merupakan salah satu jenis buah pisang terenak di Indonesia. Selain itu, pisang raja juga menjadi pisang favorit bagi masyarakat Indonesia walaupun harga pisang raja relatif cukup mahal ketimbang pisang lainnya.

Pisang raja memiliki ciri daging buah yang tebal dan cukup padat, pisang ini dapat dimakan secara langsung tetapi juga dapat digunakan sebagai isian es pisang atau nagasari.

2. Pisang Cavendish

* sumber: bibitbunga.com

Pisang Cavendish bukanlah salah satu pisang yang diimpor dari luar Negeri, namun rata-rata supermarket menjual jenis pisang ini karena kulitnya yang mulus dan bersih. Pisang Cavendish sebenarnya adalah pisang asli Indonesia yang mana perkebunan terbesarnya terletak di daerah Lampung.

Ciri fisik pisang Cavendish sendiri yaitu terlihat lebih cerah, ramping dan bersih. Pisang Cavendish biasanya digunakan untuk topping ice cream atau cake, dan bisa juga dikreasikan sebagai olahan makanan dari pisang yang unik dan lezat.

3. Pisang Susu

Pisang susu

* sumber: www.jussehat.com

Pisang susu merupakan salah satu jenis pisang yang sangat cocok digunakan diet maupun dijadikan cemilan bagi anak-anak. Hal ini dikarenakan rasa pisang susu yang manis dan legit.

Kandungan vitamin D dan magnesium yang cukup tinggi dalam pisang susu sangat baik digunakan bagi pertumbuhan balita. Ukuran pisang susu juga lebih kecil dibandingkan dengan pisang pada umumnya. Serta, warnanya yang kuning tipis kecoklatan dengan bintik-bintik membuat pisang ini terlihat sangat imut.

4. Pisang Kepok

pisang kepok

Pisang kepok merupakan salah satu pisang andalan orang Jawa untuk digunakan sebagai sajian ritual atau kegiatan kemasyarakatan tertentu. Selain rasanya yang enak dan lezat, pisang kepok juga sangat mudah dikenali di masyarakat karena bentuknya yang lebar dan lebih kecil dibandingkan pisang raja.

Pisang kepok sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Namun untuk pisang kepok putih lebih digunakan untuk konsumsi makan burung sedangkan yang kuning digunakan untuk keripik pisang atau pisang goreng.

5. Pisang Ambon

Pisang Ambon

* sumber: www.redaksiweb.com

Pisang ambon merupakan salah satu pisang yang dijual di pasaran dengan harga termurah, karena pisang ambon sendiri merupakan jenis pisang yang kulitnya cepat layu dan berwarna coklat.

Pisang ambon sendiri dikenal sebagai pisang dengan tekstur buah yang lembut dan manis, serta pisang ini bisa digunakan sebagai bolu pisang atau kolak pisang. Pisang ambon dibagi menjadi tiga jenis yaitu ambon lumut, ambon putih, dan ambon kuning.

Perbedaan ketiga jenis pisang tersebut hanya sebatas bentuk corak warna dan kegunaannya. Untuk pisang ambon putih cocok untuk keripik sama halnya ambon lumut. Sedangkan untuk bolu biasanya hanya cocok menggunakan pisang ambon putih.

6. Pisang Nangka

* sumber: www.redaksiweb.com

Pisang Nangka merupakan salah satu bahan yang bisa diolah sebagai kudapan, yakni kue epe. Pisang ini mempunyai rasa yang gurih dan manisnya sangat pas di lidah, apalagi pisang Nangka sendiri juga relatif murah dibeli. Jadi, pisang jenis ini sangat cocok untuk usaha keripik pisang maupun sale pisang.

Pisang nangka juga menjadi salah satu pisang khas karena dalam kondisi mentah atau matang warnanya tetap hijau. Bahkan, pisang ini memiliki daging buah yang berwarna kuning kemerahan dengan tekstur agak keras.

7. Pisang Tanduk

* sumber: www.bertaniorganik.com

Pisang tanduk, mungkin Anda sudah tidak asing dengan jenis pisang yang satu ini. Pisang dengan tekstur yang keras ini lebih cocok diolah menjadi pisang goreng dan sale pisang. Hal ini karena ukuran pisang lebih panjang dari semua jenis ukuran pisang lainnya. Pisang ini banyak dibudidayakan oleh warga desa karena penjualannya yang cukup mudah dan dibutuhkan setiap hari.

8. Pisang Mas

Pisang Mas

Pisang mas menjadi salah satu jenis pisang yang sangat banyak sekali manfaatnya, apalagi pisang mas sangat cocok digunakan untuk adonan brownies dan kue kukus. Pisang mas juga memiliki tekstur yang lembut dan ukuran yang imut.

Pisang mas sendiri selain digunakan sebagai pisang untuk kue, ternyata pisang mas juga sangat cocok untuk dimakan setelah makan sahur sebagai penambah energi. Potasium dalam pisang mas cukup banyak, hal ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan jantung.

Manfaat Buah Pisang

* sumber: www.consumerreports.org

Manfaat pisang sangatlah banyak bahkan pisang juga bisa dijadikan sumber makanan dengan karbohidrat yang cukup baik bagi kesehatan jantung, hipertensi serta berbagai penyakit lainnya. Kandungan potasium yang tinggi pada pisang dapat menekan kinerja cepat jantung dan membuat kinerja jantung lebih stabil.

Pisang di Indonesia juga dapat digunakan sebagai terapi diet sehat bagi penderita obesitas, ginjal serta menyehatkan jaringan otak. Selain itu, kandungan Vitamin D pada pisang dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tulang dan gigi, serta memberikan kekuatan bagi penderita osteoporosis. Bagi penderita hiperkalemia tidak dianjurkan konsumsi buah pisang karena sangat bertentangan dengan prinsip potassium.

Itulah beberapa hal mengenai jenis pisang di Indonesia dan manfaat pisang bagi kesehatan. Perlu diketahui bahwa pisang baik dikonsumsi setiap hari tetapi juga tidak boleh berlebih karena dapat memengaruhi kadar mineral dalam tubuh.

Anda perlu juga mengolah pisang untuk dijadikan berbagai jenis makanan supaya rasa dan tampilan tidak membosankan. Punya pengalaman menarik tentang pisang? Atau punya informasi menarik lainnya tentang pisang? Yuk, bagikan cerita Anda melalui kolom komentar.