Bacaterus / Pisang / Inilah 10 Jenis Pisang di Dunia yang Rasanya Paling Enak

Inilah 10 Jenis Pisang di Dunia yang Rasanya Paling Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Di seluruh dunia saat ini terdapat lebih dari 1.000 jenis pisang. Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak dikonsumsi tak hanya oleh orang Indonesia tapi juga masyarakat dunia. Buah ini sangat populer di dunia, terutama Asia Tenggara. Pisang dapat dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai makanan dikarenakan kandungan vitamin dan karbohidratnya.

Beberapa orang memasukkan pisang dalam menu diet mereka. Karena kandungan karbohidratnya, pisang bisa digunakan sebagai pengganti nasi saat makan pagi. Pisang yang paling populer di kalangan orang Indonesia di antaranya pisang ambon, pisang mas, juga pisang Cavendish yang berasal dari Amerika. Masih ada lagi jenis pisang lain yang ada di dunia. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Pisang Raja

Pisang Raja (Copy)

Orang luar menyebutnya plantain atau jenis pisang olahan, Pisang raja merupakan pisang yang populer di Indonesia. Orang Malaysia menyebutnya pisang rastali, di Filipina disebut latundan sedangkan orang Thailand menyebutnya kluai nam. Pisang raja memiliki warna dari kuning ke oranye dan rasanya seperti custard rasa madu dengan konsistensi halus dan lembut.

Ukurannya sedikit lebih kecil dari pisang Cavendish. Rata-rata panjang pisang raja antara 4 inci (sekitar 10 cm) sampai 6 inci (sekitar 15 cm). Pisang ini bisa disantap langsung tapi di Indonesia umumnya pisang ini diolah menjadi makanan lain, seperti nagasari, sale pisang, atau keripik pisang. Bentuknya ramping dan dagingnnya tebal dan padat.

2. Pisang Barangan

Pisang Barangan (Copy)

Di Malaysia pisang ini disebut dengan nama pisang berangan, di Filipina disebut lakatan dan di Thailand disebut khuai hom maew. Pisang ini memiliki rona kuning cerah pada kulitnya yang cukup tebal dengan lapisan dalam yang mudah dipisahkan. Pisang Barangan memiliki aroma yang enak dan nikmat saat dimakan langsung.

Dagingnya juga memiliki warna kuning ke oranye yang menunjuk tingkat kandungan vitamin A yang tinggi. Rasa pisang barangan manis, sedikit tajam, dan seperti custard. Dari segi tekstur, pisang ini memiliki teksturnya kenyal tidak terlalu kenyal dibandingkan pisang kapok. Jika kamu menyukai pisang beku untuk smoothie atau krim yang enak, pisang ini pas untuk digunakan sebagai bahannya.

3. Blue Java Ice Cream

Blue Java Ice Cream (Copy)

Meskipun memiliki nama Java, anehnya pisang ini bukan berasal dari Jawa melainkan dari Hawaii. Pisang ini sudah ditanam di Hawaii dari tahun 1920 oleh para petani di sana. Pisang blue java ice cream bisa tumbuh di iklim tropis yang agak dingin. Pisang ini toleran dan tahan terhadap suhu dingin dan angin yang sangat kencang. Warna kulitnya kebiruan dan rasanya seperti es krim pisang.

Ukuran pisang ini cukup besar hingga bisa mencapai 18 cm panjangnya. Diameternya juga relatif besar. Ketika matang, pati yang terkandung dalam pisang berubah menjadi zat gula karena itu pisang ini akan mengeluarkan rasa manis. Pisang blue java ice cream sangat baik untuk dimakan langsung ataupun diolah terlebih dahulu dan sangat enak disajikan dengan es krim vanilla dan saus cokelat.

4. Orinoco

Orinoco (Copy)

Jenis pisang Orinoco sebagian besar sudah ditanam di California sebagai tanaman lansekap dan buahnya yang memiliki rasa lezat sering diabaikan. Ketika ditanam dengan benar, tanaman pisang Orinoco menghasilkan tangkai besar dengan buah yang memiliki tekstur dan rasa yang sempurna untuk roti pisang.

Orinoco bisa tumbuh sampai berukuran sedang dengan tinggi mulai dari tiga hingga enam meter. Pisang ini sering dipanen saat hijau saat dagingnya masih mengkal. Jika dibiarkan matang di pohon, kulit pisang akan menguning dan berubah menjadi gelap. Teksturnya lembut dan sedikit berserat ketika matang. Pisang orinoco mengandung banyak zat tepung yang membuat pisang menjadi manis saat matang.

5. Manzano/Apple/Raja Sereh

Manzano (Copy)

Di Indonesia dikenal dengan nama pisang raja sereh sementara di Filipina disebut latunda. Ukuran pisang ini sekitar setengah ukuran pisang Cavendish biasa dan tumbuh di seluruh pulau Hawaii. Pisang ini juga umum ditanam di Asia Tenggara. Teksturnya sedikit lebih padat dibanding pisang Cavendish dan memiliki rasa segar seperti apel yang sangat lezat.

Manzano paling enak dikonsumsi saat matang, yaitu ketika muncul beberapa spesifikasi kecoklatan di kulitnya. Pisang Manzano sangat manis, maka nama lain dari pisang ini adalah Candy Apple Banana. Pisang ini sangat cocok dijadikan camilan atau digunakan dalam makanan penutup dan sangat cocok untuk ditambahkan pada salad buah dan olahan mentah lainnya.

6. Cavendish

Cavendish (Copy)

Pisang Cavendish merupakan jenis yang paling umum di Amerika Serikat. Cavendish adalah jenis pisang meja berbeda dengan plantain yang merupakan pisang untuk olahan. Pisang kuning panjang, dengan rasa sedikit manis ini banyak ditemui di supermarket di sekitar AS.

Pisang ini berubah dari hijau saat belum matang ke matang sempurna dengan warna kuning lembut, ke matang seutuhnya dengan warna kuning tua ditambah satu atau dua bintik cokelat kemudian berubah menjadi super lembut dan kecokelatan. Kematangan sempurna tergantung pada selera pribadi.

Pisang super matang dan kecokelatan dapat disimpan di lemari es, dikupas dan digunakan untuk membuat smoothie atau roti pisang. Pisang Williams sama dengan Giant Cavendish. Pisang ini besar, lembut, dan manis. Di tempat tumbuhnya, pisang ini sering dijual masih hijau dan setengah matang. Seperti semua pisang, Williams menjadi matang setelah dipetik.

7. Senorita

Senorita (Copy)

Juga dikenal sebagai pisang Empat Pulu Hari (Malaysia) dan pisang Lampung (Indonesia) merupakan pisang yang berasal dari Filipina. Memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis lain. Señorita mirip dengan pisang barangan dalam banyak hal, dengan warna kuning-oranye pada kulitnya. Hanya saja Señorita lebih tipis kulitnya.

Tekstur daging pisang mengkal tetapi lembut. Rasa pisang ini manis dan memiliki aroma yang enak. Pisang ini hampir selalu dimakan langsung. Karena pisang ini terlalu rapuh, membuatnya sulit untuk menyimpan atau mengangkutnya dari jarak jauh. Pisang ini juga jarang diolah atau digunakan dalam memasak.

8. Burro

Burro (Copy)

Di Indonesia pisang ini dikenal dengan nama pisang batu. Burro kadang-kadang dijual dengan nama chunky banana. Pisang ini lebih keras dan lebih gemuk dibandingkan Cavendish. Burro ditanam di Meksiko dan sering tersedia di pasar Amerika Latin  dan di seluruh AS. Tak hanya di Meksiko, pisang ini juga ditanam di Asia dan Asia Tenggara.

Di Filipina disebut dengan matavia dan di Malaysia disebut pisang abu keling. Seperti banyak varietas non-Cavendish, pisang ini sebaiknya dibiarkan sampai matang, sampai kulitnya berubah kuning agar rasa manis dan asam bisa dinikmati sepenuhnya. Pisang ini seperti persilangan antara pai lemon meringue dan pai krim pisang.

9. Merah Kuba

Merah Kuba (Copy)

Pisang ini aslinya dari Asia Tenggara. Di Indonesia dikenal dengan nama pisang susu merah, di Malaysia disebut pisang raja udang dan di Filipina disebut morado. Pisang merah Kuba yang creamy dan lembut adalah alternatif yang sangat menarik untuk pisang kuning biasa. Pisang ini matang setelah kulitnya menjadi merah tua, gelap dan dagingnya berwarna oranye pucat dengan baunya yang enak.

Pisang merah dimakan sama seperti pisang kuning, yaitu dengan cara dikupas terlebih dahulu. Pisang ini sering dimakan langsung atau dipotong-potong, dan ditambahkan ke makanan penutup dan salad buah, tetapi bisa juga digoreng dan dipanggang. Pisang merah memiliki lebih banyak beta karoten dan vitamin C daripada jenis pisang kuning.

10. Nino

Nino (Copy)

Mungkin pisang yang paling lucu dari semua jenis pisang adalah pisang Baby atau Nino. Panjangnya hanya sekitar tiga inci (sekitar 7-8 cm) dan rasanya sangat manis. Di Indonesia dan Malaysia dikenal dengan nama pisang emas dan di Australia disebut Lady Finger Banana. Nino tumbuh di semua daerah tropis di dunia.

Pisang Nino adalah sumber vitamin B6 yang sangat baik dan cara pemanfaatan untuk pisang jenis ini tidak terbatas, bisa di panggang sampai di-grilling. Pisang Nino seringkali lebih mahal dibandingkan pisang jenis lainnya.

Pisang tak hanya lezat tapi juga mengenyangkan karena mengandung karbohidrat. Orang Indonesia sangat menyukai pisang dan hampir selalu dihidangkan disetiap kesempatan. Kalau kamu, jenis pisang apa yang menjadi favoritmu?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar