bacaterus web banner retina

Jenis-Jenis Perkutut Langka, Ada yang Konon Berkekuatan Gaib

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Desember 2020

Burung perkutut (streptopelia) masih berkerabat dengan merpati dan burung tekukur, hanya saja ia lebih kecil dengan bulu yang indah. Burung ini hidup berkelompok di dataran rendah dengan ketinggian 900 mdpl. Ia menyukai daerah rerumputan luas, tepian hutan, sawah, dan ladang. Di Eropa sana burung ini dapat hidup di daerah urban.

Selain karena bulunya yang cantik, para pencinta burung mengoleksi burung yang berasal dari famili Columbidae ini karena suara kicaunya yang indah. Harga burung perkutut bervariasi tergantung dari jenis dan keunggulan perkutut. Jenis-jenis perkutut langka dengan suara kicau indah bisa dihargai sangat mahal. Apalagi jika sering menang lomba kicau.

Ciri Umum Burung Perkutut

Perkutut

* sumber: id.wikipedia.org

Ada banyak jenis perkutut yang termasuk ke dalam genus Streptopelia pada famili burung dara columbidae. Burung perkutut mempunyai ukuran kecil sampai ukuran sedang dengan bentuk tubuh yang ramping.

Burung perkutut mempunyai kepala dan paruh yang kecil dan sempit. Mereka tergolong herbivora, memakan rumput dan butir padi atau gandum. Kaki burung perkutut kecil dan pendek. Jika berjalan kepala mereka ikut bergerak ke depan dan ke belakang.

Burung perkutut termasuk binatang monogami yang setia. Sekali burung ini menemukan betina, seterusnya burung itu dan pasangannya akan terus hidup bersama membangun sarang yang terbuat dari ranting-ranting kering.

Sayangnya, sarang burung perkutut tidak cukup kuat untuk menahan beban perkutut di atasnya. Oleh karena itu, telur perkutut sering jatuh dan hilang.

Beberapa golongan menganggap bahwa burung perkutut adalah simbol kesetiaan dan kasih sayang. Selain itu juga perkutut disimbolkan sebagai sosok ibu karena kemampuannya memproduksi susu bagi anaknya, hal yang tidak biasa dilakukan oleh unggas.

Perkutut jantan dan betina akan bergiliran mengerami telur mereka. Proses pengeraman ini bisa memakan selama kurang lebih dua-tiga minggu sampai telur menetas.

Di samping suaranya yang bagus, burung perkutut mempunyai kemampuan adaptasi yang tinggi. Hal tersebut menguntungkan burung ini sebab ia dapat bertahan pada daerah mana pun.

Burung perkutut Eropa terkenal dengan migrasinya yang sangat jauh, bahkan dapat melintasi Eropa dan Afrika sejauh 1.100 km. burung-burung ini bermigrasi untuk mencari makanan di tempat lain ketika musim dingin tiba di suatu tempat.

Temperatur yang mulai rendah dan siang hari yang lebih cepat adalah pertanda bagi burung perkutut Eropa untuk segera mencari tempat lain yang suhunya lebih hangat.

Baca juga: Mitos Burung Perkutut, dari Pesugihan Sampai Pembawa Sial

Jenis-Jenis Burung Perkutut Langka

Jenis-Jenis Burung Perkutut Langka

* sumber: id.wikipedia.org

Terdapat banyak jenis burung perkutut yang ada di dunia. Di Indonesia, burung ini diklasifikasikan menurut daerah sebaran dan ukuran tubuhnya serta warna bulunya. Misalnya saja perkutut Jawa, Perkutut Sumatera, Perkutut, Bali dan Perkutut Nusa Tenggara.

Jenis burung tersebut ada yang tergolong langka dan kepemilikannya dianggap istimewa. Oleh sebab itu di beberapa populasi burung ini sudah mulai langka seiring banyaknya perburuan burung di alam liar.

1. Perkutut Songgo Ratu

Perkutut Songgo Ratu

* sumber: burungnya.com

Burung perkutut songgo ratu adalah jenis langka dan dianggap sebagai burung ningrat di antara jenis burung perkutut lainnya. Konon perkutut songgo ratu adalah titisan raja Bali pada zaman Majapahit.

Suara kicau burung perkutut ini sangat yang khas. Suaranya tidak begitu besar namun, terdengar indah. Perkutut songgo ratu mempunyai jambul yang unik yang tidak dimiliki oleh perkutut lain. Jambul tersebut mirip mahkota dengan semburat warna coklat.

Bulu pada paruh dan kaki burung ini berwarna hitam. Dilihat dari bentuk fisik dan ukurannya, burung perkutut songgo ratu sangat gagah dan tampak mengagumkan. Itulah mengapa burung ini disebut dengan perkutut songgo ratu.

Burung perkutut ini punya kemampuan lain yang tidak dimiliki oleh perkutut jenis lain. Hewan ini dapat berpuasa selama beberapa hari.

Burung ini dipercaya dapat berkomunikasi lewat mimpi. Selain itu juga dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya misalnya saja di dapat membantu pemiliknya naik pangkat, melancarkan rezeki dan sebagai penolak bala, itu kalau burung dan pemiliknya cocok.

Sering terjadi pemilik dan burung peliharaannya tidak cocok sehingga mendatangkan kesialan. Misalnya sakit, hilang barang dan dikucilkan oleh sebuah kelompok.

2. Perkutut Daringan

Perkutut Daringan

* sumber: www.99.co

Perkutut daringan disebut sebagai perkutut dengan kekuatan gaib. Ia tergolong langka dan mempunyai keistimewaan tersendiri. Bagi orang yang sudah berkeluarga disarankan untuk memelihara burung ini sebab ia yang dapat mendatangkan keberuntungan.

Burung ini mempunyai corak di leher yang indah. Corak tersebut membentuk garis lurik yang melingkari seluruh leher. Garis lurik tidak tersebut melingkar leher burung tanpa terputus ibarat kalung.

Orang percaya bahwa garis tersebut merupakan simbol rezeki yang tidak terputus dan akan terus mengalir sampai generasi-generasi selanjutnya.

3. Perkutut Lurah

Perkutut Lurah

* sumber: www.99.co

Nama lurah yang tersemat pada burung perkutut ini disebabkan karena burung ini merupakan burung peliharaan para menak dan orang yang mempunyai kedudukan tinggi di masyarakat. Oleh karena itu, kini di dikenal sebagai burung perkutut lurah.

Burung ini termasuk jenis perkutut langka dan dipercaya mempunyai kekuatan yang dapat meningkatkan wibawa pemiliknya. Perkutut lurah mempunyai corak unik dengan motif lurik.

Bulu di bagian dadanya lebih terang dibanding bulu di sekitar tubuh lainnya. Burung ini punya kebiasaan lain, yakni tidak mencari makan sendiri. Untuk makan, burung ini harus disuapi oleh orang lain ibarat seorang majikan disuapi oleh bawahannya.

4. Perkutut Putih

Perkutut Putih

* sumber: www.jalaksuren.net

Burung perkutut langka selanjutnya adalah perkutut putih. Perkutut putih sudah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit. Burung ini dikenal sebagai burung peliharaan para pejabat istana.

Burung perkutut ini sebetulnya adalah jenis burung albino. Hewan ini tidak mempunyai pigmen warna pada bulu dan kulitnya. Seluruh tubuh burung ini berwarna putih dan warna bola matanya merah terang jka terkena cahaya. Selain itu, burung ini susah bermutasi.

Jumlah burung ini terbatas, sebagai mana jenis mahluk albino di seluruh dunia ini tidak tersedia banyak. Oleh sebab itu perkutut putih ini susah dicari. Kalau pun ada harganya sangat mahal.

Mitosnya, kalau seseorang dapat memelihara burung perkutut putih dengan baik sampai waktunya burung meninggal orang tersebut akan hidup dengan kaya.

5. Perkutut Hitam

Perkutut Hitam

* sumber: www.metroworld.id

Burung yang disebut juga dengan kol buntet ini merupakan perkutut langka yang banyak diburu oleh pecinta burung. Ia dipercaya membawa aura keberuntungan untuk pemiliknya.

Burung dengan tampilan ekor cantik ini mempunyai warna bulu hitam dan terkesan agak seram karena seluruh paruh dan kaki perkutut ini berwarna serupa. Namun, jangan salah. Orang Jawa menganggap perkutut hitam merupakan rajanya perkutut, si pembawa rezeki.

Satu keunikan lain lagi yang ada pada burung perkutut adalah katurangga. Katurangga diartikan sebagai menyampaikan bentuk badan atau ciri fisik. Hal tersebut pada burung perkutut adalah sebuah parameter bagus dan tidaknya suara burung perkutut.

Nah itu dia jenis burung perkutut langka yang keberadaannya mulai punah. Memelihara burung perkutut memang menyenangkan namun jangan sampai menghancurkan populasinya ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram