Bacaterus / Pepaya / 9 Jenis Pepaya Paling Mahal yang Bisa Ditemukan di Indonesia

9 Jenis Pepaya Paling Mahal yang Bisa Ditemukan di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pepaya adalah salah satu jenis buah tropis yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Meski keberadaannya cukup melimpah, namun pepaya bukanlah salah satu buah favorit masyarakat tanah air. Padahal kandungan gizi dan serat yang tinggi pada buah pepaya sering kali menjadi solusi bagi orang-orang yang sedang menjalankan diet atau mengalami gangguan pencernaan.

Pepaya sendiri terdiri dari banyak jenis yang tersebar di berbagai belahan dunia. Nah, jika kamu salah satu orang yang suka dengan buah eksotis ini, maka kamu wajib untuk menyimak jenis-jenis buah pepaya paling mahal yang dapat ditemukan di Indonesia. Jenis apa saja itu? Yuk, simak ulasan yang akan Bacaterus bahas dalam artikel di bawah. Berikut adalah daftarnya.

1. Pepaya Merah Delima

Pepaya Merah Delima

* sumber: m.facebook.com

Pepaya Merah delima adalah salah satu jenis pepaya paling mahal yang bisa ditemukan di Indonesia. Pepaya merah delima memiliki karakter buah yang hampir mirip dengan pepaya california. Meski demikian, dari tekstur dan juga rasa, keduanya masih bisa dibedakan dengan mudah.

Ciri umum yang paling mudah untuk membedakan kedua jenis pepaya ini adalah dengan melihat bagian punggung buah dan rongga tengah pada buah pepaya. Punggung buah pepaya california diketahui lebih lurus dan rata dibandingkan dengan pepaya merah delima yang terlihat lebih bergelombang. Selain itu pada bagian rongga pepaya merah delima berbentuk seperti bintang sementara california tidak beraturan.

2. Pepaya Bangkok

* sumber: samudrabibit.com

Pepaya bangkok adalah salah satu jenis pepaya unggulan yang memiliki harga jual cukup tinggi. Sama seperti namanya, pepaya bangkok memang berasal dari negeri gajah putih, Thailand. Pepaya bangkok memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding dengan jenis pepaya lain yang ada di pasaran. Berat pepaya ini bisa mencapai satu kilogram.

Pepaya bangkok memiliki daging yang cukup tebal serta memiliki rasa manis yang menyegarkan. Selain itu, tekstur daging yang padat berwarna jingga kemerahan membuat pepaya bangkok cukup menggoda untuk disantap.

3. Pepaya Hawai

Pepaya Hawai

* sumber: www.idntimes.com

Pepaya hawai memiliki ukuran buah yang kecil dibanding dengan jenis pepaya lain. Bentuk buahnya sendiri bulat dan sedikit memanjang. Pepaya ini sering disebut juga sebagai pepaya solo. Ukurannya yang kecil memang pantas dinikmati hanya untuk satu orang. Berat buah pepaya ini sekitar 0,5 kilogram.

Pepaya hawai memiliki rasa yang manis dan juga segar. Daging buahnya tebal berwarna merah atau kuning cerah. Meski berukuran mini, namun pepaya jenis ini memiliki harga jual yang cukup tinggi di pasaran.

4. Pepaya California

Pepaya California

* sumber: ilmubudidaya.com

Meski pepaya ini bernama california, namun pada dasarnya buah pepaya ini memang asli dari Indonesia. Masyarakat sendiri mengenal jenis pepaya yang satu ini dengan nama calina. Pepaya california memiliki daging yang manis dan tebal. Karena kualitas rasa yang baik, pepaya jenis ini banyak disukai oleh masyarakat tanah air.

Budidaya pepaya jenis ini terbilang cukup mudah. Pepaya ini dapat dipanen ketika berumur 7 bulan. Selain proses panen yang cepat, kualitas rasa dari salah satu pepaya unggulan dalam negeri ini memang tidak perlu diragukan. Pepaya california sendiri menjadi salah satu jenis pepaya yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia.

5. Pepaya Carica

Pepaya Carica

* sumber: phinemo.com

Jenis pepaya selanjutnya yang memiliki harga jual tinggi adalah pepaya carica. Karakteristik pepaya carica berdaging tebal dengan warna daging jingga kemerahan. Salah satu keunggulan pepaya jenis ini adalah kadar gula yang dapat mencapai 14 brix.

Nah, karena hal itu pula jenis pepaya ini sangat disukai oleh masyarakat. Meski harganya cukup tinggi di pasaran, namun pepaya jenis ini mampu menarik minat beli masyarakat.

Buahnya sendiri memiliki ukuran jauh lebih kecil dari jenis pepaya lokal lainnya, yaitu sekitar 500-600 gram. Pepaya jenis ini memiliki tekstur yang lembut, sehingga tidak perlu dipotong pada saat dikonsumsi. Masyarakat bisa langsung membelah dua pepaya dan langsung menyantapnya menggunakan sendok.

6. Pepaya Madu

Pepaya Madu

* sumber: manfaatbuahpepaya.wordpress.com

Pepaya madu atau pepaya chikita F1 adalah jenis pepaya hibrida. Jenis pepaya yang satu ini memiliki pertumbuhan tanaman yang cukup cepat dan juga kuat. Karakteristik pepaya ini berbentuk bulat lonjong dan memiliki warna daging jingga tua. Berat pepaya madu cukup beragam, mulai dari 0.5-1.2 kg.

Pepaya ini dijuluki dengan nama pepaya madu karena rasanya yang manis seperti madu. Pepaya jenis ini diketahui memiliki kadar gula yang cukup baik, yaitu sekitar 13-16 brix. Jenis pepaya madu sendiri kerap menjadi incaran para pedagang. Selain karena kualitas rasanya yang enak, proses budidaya jenis pepaya ini terbilang mudah dengan hasil yang melimpah.

7. Hawaiian Citrus

Hawaiian Citrus

* sumber: globalfarmernetwork.org

Nah, salah satu jenis pepaya yang dikenal memiliki harga cukup mahal lainnya adalah pepaya hawaiian citrus. Pepaya ini merupakan jenis pepaya hibrida, di mana varietas Hawaii yang asli disilangkan dengan jenis lain, sehingga menghasilkan varian baru yang diberi nama hawaiian citrus.

Dinamakan citrus karena cita rasa buahnya yang sedikit asam seperti diberi perasan jeruk. Selain memiliki rasanya yang unik, aroma dari jenis pepaya ini pun jauh lebih segar. Sementara karakteristik buahnya sendiri berukuran sekitar 400-500 gram.

8. Pepaya Red Lady

Pepaya Red Lady

* sumber: m.tokopedia.com

Pepaya red lady merupakan varietas baru yang cukup digemari masyarakat tanah air. Pepaya red lady memiliki permukaan kulit cenderung lebih halus dibandingkan dengan jenis pepaya lain, terutama jenis pepaya bangkok. Selain dagingnya yang manis, pepaya jenis ini juga memiliki kelebihan dari sisi pembudidayaan, di mana waktu panen yang relatif lebih singkat.

Berbeda dengan pepaya lain yang sering kita lihat berbentuk bulat memanjang. Pepaya red lady memiliki bentuk bulat penuh. Karena keunikannya, pepaya ini pun memiliki daya jual yang cukup tinggi. Meski kurang begitu populer dibanding dengan pepaya bangkok, namun pepaya red lady sendiri cukup banyak dicari para pembeli.

9. Pepaya Aloha prime

Pepaya Aloha prime

*

Pepaya aloha prime adalah salah satu jenis pepaya yang juga dikenal mahal. Aloha prime merupakan pepaya impor dari Malaysia. Pada awalnya pepaya aloha prime ini dikembangkam di Sukabumi, Jawa Barat. Namun, karena respon masyarakat cukup baik terhadap jenis pepaya ini, aloha prime pun kini lebih mudah untuk ditemukan di berbagai daerah yang ada di tanah air.

Aloha prime memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Selain rasanya yang enak, aroma dari buah ini cukup menggoda selera. Kandungan air yang terdapat dalam jenis pepaya ini memang jauh lebih banyak. Karakteristik buahnya berwarna kuning kehijauan dengan daging yang lembut.

Nah, itulah 9 jenis pepaya paling mahal yang bisa ditemukan di Indonesia. Selain memiliki rasa yang enak, manfaat dari buah yang satu ini memang cukup baik bagi tubuh. Semoga informasi yang telah Bacaterus sampaikan di atas bisa menggugah ketertarikan kamu pada buah eksotik yang satu ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *