bacaterus web banner retina
Bacaterus / Makanan / 12 Jenis Pancake di Dunia dengan Rasa dan Bentuk Beragam

12 Jenis Pancake di Dunia dengan Rasa dan Bentuk Beragam

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 18 Februari 2021

Kita sudah akrab dengan crêpe dan kue serabi yang merupakan versi pancake dari Prancis dan Indonesia. Ternyata masih banyak lagi versi pancake dari berbagai negara lain di dunia.

Jika kamu suka dengan pancake, kamu bisa mengetahui beberapa jenis pancake di dunia yang menarik untuk dicoba ini. Jika ada bahan dan alatnya, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah daftarnya.

1. Pfannkuchen & Dutch Baby, Jerman

* sumber: www.scrumdiddlyumptious.com

Sering kali pfannkuchen dari Jerman dibandingkan dengan crepes, walaupun sebenarnya lebih tebal dan biasanya disajikan dengan selai, saus apel, atau olesan lainnya, bukannya diberi isian. Kalau pfannkuchen dimasak di oven dan bukan di kompor, hasilnya adalah pancake dutch baby, yang merupakan makanan Jerman meski namanya merujuk pada Belanda.

Adonan pancake dutch baby menjadi besar dan mengembang di bagian tengah. Namun adonan ini segera turun ke dalam membentuk seperti mangkuk dengan tepi yang renyah dengan bagian tengah yang lembut. Pancake dutch baby biasanya disajikan dengan gula, jus lemon, buah atau sirup.

2. Okonomiyaki, Jepang

* sumber: tokyotreat.com

Jenis pancake di dunia memang beragam, salah satunya adalah okonomiyaki. Pancake gaya Jepang ini adalah kombinasi dari kata okonomi, yang artinya "apa yang kamu suka", dan yaki, yang artinya "panggang". Singkatnya, pancake ini merupakan versi panggang dari apa pun yang kamu inginkan.

Adonan okonomiyaki menggunakan bahan tepung, umbi-umbian, telur, dan kubis parut. Bahan-bahan lain dicampur ke dalam adonan atau dilapiskan di atasnya setelah dimasak akan bergantung daerah di mana kamu berada saat di Jepang.

Bahan apa saja yang kamu pilih untuk kamu masukkan, langkah terakhir tetap menambahkan mayones Jepang dan saus okonomi yang beraroma. Tambahan dan topping bisa mencakup apa saja, mulai dari cumi-cumi sampai sayuran juga perut babi dan segala sesuatu di antaranya.

3. Crempog or ffroes, Wales

* sumber: welshposters.com

Crempog or ffroes merupakan pancake dari Wales yang dibuat dengan mengkombinasikan buttermilk, tepung, mentega, garam, gula, cuka, telur, dan soda bikarbonat. Setelah disiapkan, adonan halus dituangkan di atas batu panas atau wajan, dan dimasak sampai kedua sisinya jadi cokelat keemasan.

Pancake ini tidak sama dengan crêpes karena jauh lebih tebal, mirip dengan pancake Amerika. Biasanya crempog ditumpuk dan diolesi mentega. Selain itu, tumpukannya juga bisa diiris seperti kue dan dikonsumsi sebagai makanan penutup minum teh.

Hidangan ini umumnya disajikan pada Shrove Tuesday. Dan selain mentega, kamu bisa menyajikannya dengan selai buah, sirup, pisang, kismis, atau saus cokelat.

4. Tortitas de yuca, Guatemala & Amerika Latin

* sumber: www.quirch.com

Tortitas de yuca merupakan pancake bundar tebal yang dibuat dari bahan singkong yang dimasak dan dihaluskan. Hidangan Guatemala ini bisa dibuat dalam versi manis atau gurih. Selain singkong, bahan khas yang digunakan untuk persiapannya adalah tepung, telur, susu kental, soda kue, margarin atau mentega, garam, gula, dan keju parut.

Biasanya campuran singkong dibentuk menjadi pancake bulat yang digoreng sampai kedua sisinya menjadi cokelat keemasan. Pancake singkong manis, atau tortitas de yuca dulce umumnya disantap untuk sarapan.

Umumnya pancake singkong manis dihidangkan dengan taburan madu dan ditemani secangkir kopi, teh, atau susu. Sementara itu, pancake singkong gurih sering disantap untuk makan siang, dan biasanya disantap dengan saus tomat, saus hijau, nasi, atau daging.

5. Chorreadas, Kosta Rika

* sumber: www.recipesfromcostarica.com

Chorreadas merupakan pancake jagung dari Kosta Rika yang bisa diklasifikasikan menjadi tiga kategori utama, yaitu chorreadas polos, keju, dan manis. Pancake ini hanya terdiri dari jagung, dan umumnya dikonsumsi untuk sarapan, meskipun beberapa suka memakannya sebagai camilan.

Biasanya camilan sederhana ini dihidangkan dengan sedikit krim asam dan ditemani oleh segelas jus segar. Dipercaya bahwa hidangan tersebut berasal dari sekitar seratus tahun yang lalu, ketika para istri biasa menggiling jagung dan membuat pancake seperti tortilla untuk suami mereka yang petani.

6. Pikelet, Australia

* sumber: www.taste.com.au

Pancake dari Australia biasa disebut pikelet yang dibuat dengan mencampurkan tepung, telur, dan susu. Di Australia hidangan ini biasanya disiapkan untuk sarapan. Selain Australia, pancake ini juga populer di Skotlandia dan Selandia Baru.

Adonan untuk pikelet sedikit lebih kental dibandingkan yang digunakan untuk pancake khas Amerika, yang membuatnya menjadi berat setelah mengembang di wajan.

Ukuran pancake Australia ini kecil, dan sering dibuat dengan ragi, sedangkan pancake Amerika dibuat dengan baking powder. Setelah matang, pikelet bisa disajikan panas atau dingin, sebaiknya ditambahkan mentega, sirup, dan buah-buahan, yang digunakan sebagai topping.

7. Blini, Rusia

* sumber: id.pinterest.com

Pancake tradisional asal Rusia ini dibuat dari tepung, susu, telur, ragi, dan sedikit garam. Yang membuat pancake ini berbeda dari pancake lain adalah penambahan ragi, karena padanan serupa kebanyakan tidak menambahkan ragi.

Adonan yang sudah jadi dituangkan di atas wajan panas, dibentuk lingkaran, dan digoreng selama beberapa menit di kedua sisinya. Tradisi menyiapkan hidangan tradisional Rusia ini berasal dari zaman kuno.

Pancake ini merupakan hidangan seremonial yang dihidangkan selama liburan pagan yang disebut Maslenitsa. Acara ini merupakan pesta selama seminggu yang memuji akhir musim dingin dan perayaan musim semi. Bentuk dan warna blini melambangkan matahari yang sudah lama ditunggu.

Akan tetapi, blini tidak hanya dinikmati secara eksklusif selama Maslenitsa. Blini kini telah menjadi salah satu hidangan paling populer di Rusia, dan juga biasa disantap di seluruh dunia. Blini sangat serbaguna dan dapat disajikan dengan isian manis atau gurih.

Beberapa makanan favorit Rusia termasuk berbagai selai, susu kental bisa dijadikan isian blini. Sementara versi gurih dari blini yang paling terkenal dilengkapi dengan telur ikan atau kaviar.

8. Jianbing, Tiongkok

* sumber: culinarybackstreets.com

Jianbing merupakan salah satu sarapan kaki lima yang populer di Tiongkok. Crêpes goreng renyah yang gurih ini memiliki hal kontras yang mencolok antara rasa dan tekstur. Telur tersebar di permukaan gandum dan pancake tepung kacang hijau ketika dimasak. Potongan pangsit goreng yang renyah juga ada di dalamnya.

Campuran daun ketumbar, daun bawang pedas, dan acar tajam juga lapisan hoisin dan saus cabai yang manis dan pedas juga ada. Dan masing-masing dimasak segar sesuai pesanan, seperti yang kamu inginkan, di atas panggangan besi cor melingkar.

Jianbing dilipat menjadi dua seperti kipas, dan saus hoisin dan sambal lajiao ditaburkan di atasnya sesuai selera. Untuk kerenyahan, penjual melipat bing di sekitar selembar pangsit goreng renyah dan selada, sebelum memotongnya menjadi dua agar lebih mudah dimakan.

9. Pancake, Kanada & Amerika Utara

* sumber: www.bbc.co.uk

Pancake umumnya disantap di Kanada dan Amerika Utara dan dibuat dari adonan bertepung, telur, susu, dan mentega. Mungkin asal hidangan ini dari Jerman, dengan resep pfannkuchen tradisional dibawa oleh imigran Jerman yang menetap di Amerika Serikat pada abad ke-18 dan ke-19.

Hidangan lembut ini mempunyai penampilan dan rasa yang mirip dengan crêpe Prancis, tapi berbeda dalam ukuran, dengan diameter sekitar 5 sampai 10 cm, dan ketebalannya. Ketebalannya dihasilkan dari penggunaan zat ragi, baik soda kue atau ragi nutrisi.

Pancake Amerika dan Kanada biasanya dihidangkan untuk sarapan dan disajikan dengan cara ditumpuk dengan tambahan sirup maple dan mentega. Makanan ini sering dihidangkan dengan pendamping seperti roti panggang, bacon, telur, atau sosis.

Topping populer lainnya di antaranya berbagai selai, selai kacang, buah, kacang-kacangan, madu, sirup tebu, dan molase atau tetes tebu. Rempah-rempah seperti kayu manis, pala, dan vanila juga bisa ditambahkan ke dalam adonan.

10. Baghrir, Maroko

* sumber: edibledelmarva.ediblecommunities.com

Pancake asal Maroko ini populer di seluruh wilayah Afrika Utara. Baghrir merupakan hidangan sarapan yang populer. Ini merupakan pancake kecil kenyal yang terbuat dari semolina atau tepung dan berlubang-lubang kecil ketika dimasak dan menyerap saus apa pun yang disajikan dengannya.

Lubang-lubang pada pancake ini diakibatkan oleh gelembung yang dihasilkan ragi pada adonan yang terbentuk dan pecah saat pancake dimasak. Dianjurkan untuk menyajikan baghrir dengan selai buah atau sirup yang dibuat dengan mentega dan madu.

11. Crêpe, Prancis

* sumber: thecollegehousewife.com

Makanan ini sudah terkenal juga di Indonesia. Crêpe adalah makanan pokok masakan Prancis. Hidangan manis ini yang bisa berupa kolak berry, lemon dan keju ricotta, gula merah dan kayu manis, Nutella dan pisang, menjadi favorit dan bisa dibuat di rumah atau dimakan saat makan di luar.

Kombinasi gurih yang lezat seperti pesto, tomat dan mozarella, ham dan gruyere, atau prosciutto dan melon merupakan bahan yang juga bisa ditambahkan pada makanan Prancis ini dan rasanya pasti lezat.

Intinya ada crêpe untuk setiap dan semua makanan hari ini. Itu karena hidangan ini bisa disantap saat sarapan, makan siang, atau makan malam dan perutmu pasti akan kenyang.

12. Serabi, Indonesia

* sumber: id.tastemade.com

Pancake tradisional asal Indonesia ini memiliki ukuran yang kecil dan padat dan dibuat dengan tepung beras dan santan. Makanan ini sering dihidangkan dengan berbagai macam topping manis, seperti kacang tanah, nangka, pisang, buah, gula, dan cokelat.

Ada juga serabi versi gurih seperti keju dan daging. Walaupun pancake ini biasanya berwarna keemasan pucat, tetapi ada juga yang berwarna hijau, karena ditambahkannya jus daun pandan yang beraroma. Selain itu, serabi versi tradisional biasanya diberi oncom atau polos dan diberi kinca gula merah.

Meski bentuk dan namanya beragam, tetapi makanan di atas memiliki kesamaan dengan pancake yang biasa disantap oleh orang Kanada dan Amerika Utara. Namun tak ada salahnya kalau kamu ingin bereksperimen membuat pancake dari negara lain. Kira-kira mau coba pancake yang mana?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram