Bacaterus / Nanas / 15 Jenis Nanas Paling Enak di Seluruh Penjuru Dunia

15 Jenis Nanas Paling Enak di Seluruh Penjuru Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di Indonesia, salah satu jenis nanas yang enak dikenal dengan nama nanas madu. Nanas ini dibudidayakan di beberapa daerah seperti, Pemalang, Bogor atau Subang. Di dunia, masih terdapat beragam jenis nanas lain yang juga tak kalah lezat. Sebelum membahas jenis nanas yang ada di dunia, mari cari tahu tentang asal-usulnya juga nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Asal-Usul Nanas

Asal-Usul Nanas

Meskipun mungkin buah nanas merupakan buah asli dari Brasil tapi buah ini muncul di semua  daerah tropis Amerika saat Columbus menemukan buah ini di pulau Guadeloupe pada 1493 dalam perjalanan keduanya. Penduduk asli menyebutnya “anana” tapi oleh penjelajah Spanyol disebut “Pina de Indes” sementara oleh elit Eropa yang mampu membeli buahnya disebut “King Pine”.

Nutrisi

Nutrisi

Berdasarkan informasi dari Dole Encyclopedia of Fruits and Veggies, satu porsi yang terdiri dari dua irisan nanas mengandung 25 persen dari jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan. Dua irisan nanas juga memberikan 60 kalori, 16 g karbohidrat juga 13 g gula. Selain itu, terdapat kandungan bromelain dan enzim dalam nanas yang dapat membantu pencernaan.

Jenis-Jenis Nanas untuk Dikonsumsi

Ada beragam jenis nanas yang enak untuk dikonsumsi, berikut ini merupakan beberapa jenis nanas yang populer di dunia:

1. Red Spanish

Red Spanish

Red Spanish merupakan varietas nanas yang tangguh yang ditanam di Hindia Barat, Meksiko, dan Venezuela. Buahnya berwarna kuning muda, memiliki serat yang tinggi dan aromatik. Red Spanish hampir tidak selembut “Abacaxi,” sehingga tidak terlalu mudah rusak ketika dalam proses pengiriman dan penanganan.

Varietas nanas ini termasuk “Cabezona” yaitu varietas nanas dengan buah yang besar. Untuk memanennya harus memotong tanaman dengan parang karena batangnya yang besar dan kuat. Satu lagi yaitu “Valera”. Varietas ini ukuran buahnya kecil dengan warna ungu dan hijau dan ukuran daunnya sempit. Kulitnya berwarna ungu dan daging buahnya berwarna putih.

Nanas Red Spanish di Indonesia memiliki beragam nama, seperti rakyat hijau dan rakyat merah di Purwokerto, Gadut dari Bukit Tinggi, madu dan kebo dari Bali. Sementara di Pontianak tembaga, towon, biasa, emas dan barak. Red Spanish di Bondowoso dikenal dengan nama kuning, di Sumenep disebut lomot, dan di Palangkaraya disebut bubur.

2. Spanish Jewel

Spanish Jewel

Spanish Jewel memiliki daun yang panjang dengan warna hijau tua dan bintik-bintik kemerahan. Nanas jenis ini memiliki bentuk silinder dengan bagian luar berwarna putih dan bagian dalamnya berwarna oranye.

3. Queen

Queen

Varietas nanas ini ditanam di wilayah Hluhluwe di Afrika Selatan. Hampir 90 persen nanas yang dijual di pasar Afrika asalnya dari wilayah ini. Nanas queen memiliki daging berwarna kuning kaya dengan tekstur renyah dan rasa ringan.

Juga dikenal sebagai “Common Rough” nanas queen merupakan varietas nanas berukuran kerdil yang padat yang memiliki toleransi yang lebih baik terhadap cuaca dingin dan penyakit. Tanaman menghasilkan buah berwarna kuning gelap, aroma yang harum dengan mata berukuran kecil.

Nanas ini lebih umum dikonsumsi sebagai makan segar karena kurang baik jika diawetkan. Varietas queen termasuk natal queen dan MacGregor dari Afrika Selatan. Varietas nanas ini memiliki buah dengan daging yang keras yang tumbuh dari tanaman yang menyebar, berdaun lebar dan kuat.

Di Indonesia varietas queen yang terkenal berasal dari Bogor yang bernama gati, kiara, dan kapas. Selain itu ada juga nanas queen dari Palembang, batu juga Kediri. Daerah lain ada juga yang memiliki varietas ini, seperti nanas Cina dari Pontianak, nanas Betawi dari Palangkaraya, nanas batu dari Purwokerto, nanas Bali/Jawa dari Kediri, monserat dan Bali dari Jember, atau kidang dan uling dari Bondowoso.

4. Smooth Cayenne

Smooth Cayenne

Smooth Cayenne merupakan kultivar nanas tak bertulang yang menawarkan daging bergula rendah serat dengan daun bergaris. Nanas ini berasal dari Hawaii. Dagingnya yang kuning mempunyai kadar gula dan asam yang tinggi. Daun Cayenne tidak berotot dan berbentuk silinder.

Varietas nanas ini  mempunyai berat sekitar 2,5 hingga 3 kg dan khususnya digunakan untuk pengalengan. Di Indonesia, varietas Cayenne memiliki nama yang bermacam-macam. Di Palembang dan daerah Salatiga dikenal dengan nama Cayennelis sedangkan di Bukit Tinggi disebut Suka Menanti.

Serawak merupakan nama yang dikenal di Tanjung Pinang dan Pacitan. Sementara di Probolinggo, Pontianak dan Purbalingga dikenal dengan nama nanas Bogor. Nanas Cayenne tumbuh dengan sangat baik di daerah Subang.

Tak heran jikan nama nanas Subang menjadi identik dengan nanas Cayenne. Berdasarkan informasi dari Universitas Purdue, Smooth Cayenne menyumbang 90 persen dari buah kalengan di dunia walaupun varietas ini rentan terhadap penyakit.

5. Abacaxi

Abacaxi

Nanas abacaxi merupakan varietas nanas berduri yang tahan penyakit dan menghasilkan nanas yang panjang dengan daging berwarna putih yang hampir tembus pandang. Teksturnya lembut, berair dan tebal. Walaupun dianggap sebagai salah satu jenis nanas yang paling lezat, tanaman dan banyak varietasnya mempunyai kualitas yang buruk karena rapuh sekali.

6. Sugarloaf

Sugarloaf

Sugarloaf merupakan varietas dari nanas abacaxi dengan daging yang sama lembutnya, tebal dan berbentuk kerucut. Beberapa turunan telah dikembangkan dari Sugarloaf termasuk Black Jamaica dan Montufar yang berair dengan buah berwarna kuning. Nanas Sugarloaf juga dikenal dengan nama “Pan de Azucar,” dengan daging berwarna putih.

Beratnya sugarloaf sekitar 2,3 hingga 2,7 kg dengan rasa yang manis dan berair. Nanas Sugarloaf biasanya ditanam di Meksiko dan Venezuela. Tanaman tumbuh hingga 5 kaki dengan penyebaran 3 hingga 4 kaki.

7. Purple Spanish

Purple Spanish

Nanas Purple Spanish memiliki berat antara tiga sampai enam kilogram dan biasanya memiliki warna oranye-merah dan merupakan varietas utama nanas yang ditemukan di Karibia. Purple Spanish yang memiliki buah yang mungkin berwarna kuning muda, sangat harum, dengan serat yang berlimpah. Meski tidak selembut varietas yang lain tapi buah ini dikirim hampir ke berbagai  belahan dunia.

8. Champaka

Champaka

Nanas ini memiliki ukuran yang sangat besar dan mempunyai buah yang berwarna oranye kemerahan di bagian luar sementara bagian dalamnya berwarna kuning. Daun jenis nanas ini berwarna hijau tua dengan bintik-bintik kemerahan.

9. Maipure

Maipure

Nanas Maipure mempunyai bentuk silinder dengan buah yang berwarna sangat kuning walaupun bagian dalam buahnya berwarnanya agak lebih terang. Maipure memiliki beberapa duri di ujung daunnya dan daun yang berwarna hijau gelap tersebut memiliki bintik-bintik merah di atasnya.

10. James Queen

James Queen

James Queen merupakan varietas nanas yang kuat dan sangat bulat. Nanas ini memiliki warna kuning keemasan di luar dan bagian dalamnya berwarna kuning tua. Adapun daunnya berukuran panjang dengan warna hijau pucat dan memiliki banyak duri yang sangat kuat.

11. Mauritius

Mauritius

Nanas ini ukurannya sangat kecil dan padat. Varietas Mauritius memiliki daun berwarna hijau gelap dan sempit, bentuk kerucut. Bagian dalam dan luar buah ini berwarna kuning cerah. Nanas ini juga memiliki mata yang sangat menonjol.

12. Perolera

Perolera

Tanaman nanas ini mempunyai bintik-bintik kemerahan pada buahnya dan tepiannya halus. Buahnya memiliki bentuk balok dan berwarna kuning.

13. Roja Espanola

Roja Espanola

Buah ini memiliki bentuk seperti tong dengan warna kuning oranye. Tanaman ini sebenarnya terdiri dari buah-buah kecil individual yang berkumpul dan membuat banyak buah yang kita sebut nanas. Jenis nanas ini mempunyai rasa yang sangat manis dan enak. Masing-masing buah mempunyai penutup, atau mata dengan daun kecil.

14. Pernambuco

Pernambuco

Pernambuco merupakan jenis tanaman nanas yang sangat kuat yang mempunyai banyak duri di sepanjang ujung-ujungnya. Buah ini memiliki bentuk yang lonjong dengan warna kuning baik di dalam maupun luar. Nanas ini memiliki mata bundar di bagian atas tanaman dan jauh di dasar.

15. Montufar

Montufar

Montufar merupakan tanaman dengan ukuran rata-rata dan daun pendek atau sedang yang berwarna hijau kekuningan atau hijau. Buah nanas varietas ini berwarna hijau kekuningan di bagian luar sementara di bagian dalam berwarna kuning.

Ternyata selain nanas Subang, masih banyak nanas lain di dunia yang terkenal akan kelezatannya. Apakah kamu familiar dengan nama-nama nanas yang disebutkan di atas?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *