bacaterus web banner retina
Bacaterus / Makanan / 10 Minuman Berbahan Susu dari Eropa yang Menyehatkan

10 Minuman Berbahan Susu dari Eropa yang Menyehatkan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 5 April 2021

Siapa yang tak kenal dengan susu? Produk ini tak hanya dijadikan minuman tapi juga bisa diolah menjadi beragam makanan atau produk minuman lainnya. Setelah India, Eropa merupakan benua pengkonsumsi susu terbanyak ke dua di dunia. Tak heran jika banyak produk olahan susu dijumpai di benua ini.

Tak hanya India yang memiliki produk minuman susu yang unik, Eropa pun punya. Di benua ini pun beberapa negara memiliki minuman khasnya sendiri. Berikut ini adalah jenis minuman berbahan susu dari Eropa. Simak yuk sampai habis!

1. Anijsmelk, Belanda

Anijsmelk, Belanda

Jenis minuman berbahan susu dari Eropa ini tidak boleh kamu lewatkan. Minuman panas Belanda yang terkenal ini yang disebut Anijsmelk atau Anise Milk. Anijsmelk merupakan minuman yang bagus diminum sebelum tidur khas tradisional Belanda.

Kehangatan yang ditawarkan oleh susu serta kualitas terapeutik dari adas manis akan membuat kamu ingin berbaring di tempat tidur dan merasa nyaman. Kombinasi susu panas, gula, dan madu atau gula saja sangat sempurna.

Minuman ini juga tersedia dalam berbagai variasi, namun versi aslinya, yaitu bebas gula, dibuat dengan biji adas manis yang harus direbus dengan susu. Sekarang ini juga umum menggunakan susu bubuk kemasan atau anijsblokjes, minuman tablet rasa adas manis yang hanya dilarutkan dalam susu panas.

2. Aguonų pienas, Lithuania

Aguonų pienas, Lithuania

Minuman perayaan tradisional Lituania ini termasuk dalam jenis minuman berbahan susu dari Eropa.  Agauonų pienas menawarkan minuman non-alkohol untuk penutup makan malam Natal. Biasanya minuman ini adalah salah satu dari 12 hidangan yang disiapkan untuk makan malam Natal.

Susu biji poppy ini merupakan minuman musim dingin favorit warga Lituania dan biasanya disajikan dengan Kūčiukai, biskuit tradisional Natal khas Lithuania. Untuk membuat minuman yang menggiurkan ini, dua cangkir biji poppy direndam selama beberapa hari dalam air panas.

Selanjutnya biji poppy tersebut dihancurkan menggunakan alu dan lesung. Proses ini dilakukan berulang kali sehingga dihasilkan susu kental dalam jumlah besar, yang kemudian diencerkan menggunakan air dingin. Untuk meningkatkan rasa, minuman ini tambahkan dengan madu atau gula.

Minuman adalah bagian inti dari hidangan Natal keluarga di Lithuania. Jadi kalau ingin merasakan minuman ini, kamu harus mengikuti acara makan malam Natal tradisional dengan keluarga setempat. Konon, restoran ikan Žuvinė di Vilnius mengadakan makan malam Natal tahun ini. Menunya berisi susu biji poppy tradisional dan biskuit untuk pencuci mulut.

3. Villi, Finlandia

Villi, Finlandia

Viili adalah produk susu fermentasi tradisional Finlandia yang sering digolongkan sebagai yogurt. Minuman ini mempunyai rasa yang ringan, dan bisa memiliki tekstur yang kental lengket atau konsistensi seperti krim, lebih mirip dengan varian yogurt standar yang dibuat secara komersial.

Jenis minuman berbahan susu dari Eropa ini biasanya dibuat dengan susu sapi, dan viili adalah sejenis kultur bakteri mesofilik yang berfermentasi pada suhu kamar, dan starternya dapat digunakan tanpa batas.

Jika starter tersedia, proses produksinya melibatkan pencampuran starter dengan susu dan kemudian membiarkan kombinasi tersebut berfermentasi pada suhu kamar. Bentuk tradisional viili itu kental dan stringy, atau seperti benang-benang, tidak seperti varian krim yang dibeli di toko.

Walaupun saat ini viili sebagian besar dikaitkan dengan Finlandia, kemungkinan besar berasal dari Swedia. Di sana viili dikenal sebagai filbunke yang secara tradisional dibuat oleh petani, sementara produksi industri dimulai pada 1950-an.

Viili disantap begitu saja sebagai sarapan atau kudapan, biasanya dicampur dengan kayu manis dan gula, tapi juga cocok dipadukan dengan granola, beri, madu, dan selai.

4. Kiselo Mlyako, Bulgaria

Kiselo Mlyako, Bulgaria

Dibaca kiselo mliako, minuman ini adalah yogurt Bulgaria. Kiselo mlyako merupakan salah satu hal yang membuat orang Bulgaria bangga menyebut diri mereka orang Bulgari. Minuman ini merupakan penemuan dan warisan eksklusif mereka yang sudah ada sejak berabad-abad lalu.

Yoghurt dengan rasa agak asam, kiselo mlyako tidak diragukan lagi adalah yang terbaik dan tersehat dari semua produk susu yang tersedia untuk konsumen sekarang ini. Dunia barat menyebutnya yogurt Bulgaria tapi di tanah airnya, Bulgaria, ini disebut susu asam.

Apapun namanya, makanan probiotik yang luar biasa ini mempunyai asal-muasal yang tak diragukan lagi, diyakini telah dikenal setidaknya selama 4000 tahun. Yoghurt Bulgaria termasuk dalam kategori umum yogurt yang mengandung bakteri hidup.

Agar yogurt dianggap sebagai varian Bulgaria, yoghurt perlu dibuat dengan dua bakteri starter spesifik, yaitu Lactobacillus delbrueckii subspesies bulgaricus (sering disebut Lactobacillus bulgaricus) dan Streptococcus salivarius subspecies thermophilus (sering disingkat jadi Streptococcus thermophilus).

Kebanyakan yogurt mengandung keduanya karena keduanya merupakan permulaan yang sangat baik tetapi kebanyakan yogurt "biasa" juga mengandung bakteri baik lainnya.

5. Ryazhenka, Rusia

Ryazhenka, Rusia

Minuman berbahan dasar susu ini merupakan produk susu Rusia terbaik. Rasanya sangat berbeda. Ryazhenka adalah produk fermentasi walaupun tidak asam sama sekali. Sebaliknya, rasanya sangat lembut, seperti krim, dan bahkan sedikit manis.

Bergantung pada konsistensinya, minuman ini bisa encer atau cukup kental, ryazhenka merupakan sesuatu di antara minuman dan makanan penutup. Tidak ada yang tahu pasti kapan dan siapa yang pertama kali membuat resep unik ini, tapi aslinya diciptakan di Ukraina.

Minuman ini kemudian menyebar ke seluruh wilayah Slavia. Nama ryazhenka asalnya dari kata Slavia Kuno yang artinya "menggoreng" dan terkait dengan cara proses memasak yang digunakan pada resepnya.

Di era Rus Kuno, mereka mencampurkan susu dengan krim dalam pot tanah khusus dan membiarkannya dimasak di atas kompor selama berjam-jam dengan api kecil sampai ryazhenka cukup mengental.

Ryazhenka terbuat dari apa yang disebut susu "panggang", yang cukup tersebar luas di Rusia walaupun nyaris tidak dikenal di negara-negara non-Slavia. Minuman ini dibuat dengan merebus susu menggunakan api kecil selama beberapa jam.

Sekarang ryazhenka bisa dibeli di hampir di semua tempat di Rusia walaupun beberapa masih lebih suka memanggang susu sendiri. Jika kamu belum pernah mencoba susu panggang, bayangkan susu sapi biasa dengan sedikit rasa dan warna karamel. Rasa yang mengejutkan bukan berasal dari pemanis, tapi berasal dari gula alami yang berkembang dalam susu yang mendidih.

6. Leche Merengada, Spanyol

Leche Merengada, Spanyol

Leche Merengada adalah hidangan penutup klasik, sejenis variasi dari milkshake, dan disajikan di toko es krim di seluruh Spanyol. Sungguh makanan pencuci mulut yang klasik sehingga lagu anak-anak yang terkenal berjudul "Tengo una vaca lechera"  yang artinya "Aku Punya Sapi Perah".

Lagu ini bercerita tentang seekor sapi yang memberi leche merengada yang manis dan enak. Jenis minuman berbahan susu dari Eropa ini terbuat dari susu yang dipanaskan dan ditambahkan dengan gula, kayu manis, dan kulit lemon.

Setelah disaring dan didinginkan, susu tersebut kemudian dicampur dengan putih telur yang sudah dikocok. Terakhir, campurkan semuanya dan bekukan. Tekstur yang dihasilkan seperti antara smoothie dan es krim. Ternyata minuman ini tergolong milkshake dengan putih telur.

Walaupun resep dasarnya tidak berubah, minuman ini memiliki beberapa variasi. Misalnya, beberapa juru masak menambahkan beberapa tetes espresso, jus lemon, atau vanili. Resepnya benar-benar seperti perpaduan antara milkshake dan sorbet susu.

Seringkali para ibu di Spanyol akan menyiapkan minuman di pagi hari sehingga memiliki cukup waktu untuk mendinginkan di lemari es atau freezer sebelum anak-anak mereka meminumnya.

Leche merengada telah menjadi salah satu minuman paling populer dan laris di kafe-kafe di Madrid sejak akhir abad ke-18 dan telah muncul di banyak novel sebagai minuman musim panas atau es krim yang dikonsumsi oleh karakternya, contohnya adalah Jacinto y Fortuna oleh Pérez-Galdós.

7. Cocio, Denmark

Cocio, Denmark

Cocio adalah susu coklat klasik Denmark yang diproduksi semenjak tahun 1951 dan pertama kali ditemukan oleh Anker Pallesen di Esbjerg. Minuman tersebut menggabungkan susu segar dari petani Denmark, gula, dan hanya kakao Afrika terbaik.

Produsen minuman berbahan susu ini mengklaim bahwa proses pemanasan yang unik memberikan rasa khas pada susu, rasa karamel ringan. Minuman ini tersedia dalam versi klasik dan pekat, serta Cocio One dan Cocio Energy yang lebih ringan.

Walaupun tersedia dalam kemasan kaleng, botol kaca merek dagang minuman susu ini masih menjadi favorit perusahaan, sedangkan pilihan favorit untuk disandingkan dengan cocio adalah hot dog pølser tradisional.

8. Tahn, Armenia

Tahn, Armenia

Tahn merupakan sejenis minuman susu tradisional Armenia yang dibuat dengan menggabungkan yogurt tawar (matzoon) dengan air dingin, garam, dan terkadang rempah-rempah cincang, irisan daun bawang, dan mentimun.

Bahan-bahan tersebut diblender sampai halus, dengan tambahan air atau yogurt hingga ramuan mencapai kekentalan yang diinginkan. Dingin dan menyegarkan, tahn adalah minuman khas Armenia yang dikonsumsi selama musim panas untuk memuaskan dahaga.

Daun peterseli atau mint segar ditambahkan ke dalam minuman untuk memberi rasa atau digunakan sebagai hiasan. Minuman gurih Timur Tengah ini menyerupai ayran di Turki, lassi atau majjiga di India, dan kefir atau doogh di Persia.

Di Armenia, mereka secara tradisional menyajikan tahn dalam cangkir keramik karena keramik membantu minuman tetap dingin untuk waktu yang lebih lama.

9. Žinčica, Slowakia

Žinčica, Slowakia

Žinčica adalah minuman susu Slowakia yang terbuat dari susu domba. Ini adalah minuman asam manis yang dihasilkan dari whey yang biasanya merupakan produk sampingan dari pembuatan keju bryndza. Žinčica mempunyai tradisi yang panjang.

Namun sampai pertengahan abad ke-20, sebagian besar žinčica disiapkan dan dinikmati oleh para gembala di daerah pegunungan. Di sana minuman tersebut masih disajikan secara tradisional dalam cangkir kayu tradisional yang dikenal sebagai črpák.

Žinčica juga dinikmati di Republik Ceko yang disebut dengan žinčice, dan Polandia, yang disebut dengan nama żętyca. Sekarang žinčica juga diproduksi secara komersial. Akan tetapi hanya varian berlabel Žinčica salašnícka yang dibuat mengikuti resep dan teknik tradisional. Secangkir žinčica sering disajikan dengan bryndzové halušky.

10. Cacolac, Prancis

Cacolac, Prancis

Minuman klasik Bordeaux ini menggabungkan susu segar dari Lot-et-Garonne, coklat, dan gula. Jenis minuman berbahan susu dari Eropa ini pertama kali dibuat pada tahun 1952, dan masih diproduksi mengikuti resep rahasia aslinya.

Cacolac pertama kali dijual dari bagian belakang van yang sedang melaju ke seluruh negeri dan pada awalnya dijual secara eksklusif dalam botol kaca. Pada tahun-tahun berikutnya, minuman ini jadi banyak tersedia di toko bahan makanan.

Perusahaan pembuatnya pun segera memperkenalkan kemasan kaleng dan karton. Selain rasa klasik, Cacolac juga tersedia dalam varian hazelnut-praline dan karamel. Saat ini, cacolac tersedia secara luas di seluruh negeri.

Beragam jenis minuman berbahan susu dari Eropa ini merupakan varian untuk minuman non-alkohol yang bisa kamu nikmati saat berada di benua biru ini. Beberapa resep minuman ini memiliki sejarah yang panjang. Jenis susu yang digunakan pun bermacam-macam, ada susu domba dan ada juga susu sapi.

Olahan susu ini ada yang dipadukan dengan coklat, rempah-rempah juga bakteri kultur pembuat yogurt. Untuk para penyuka susu, kamu bisa mencoba salah satu resep minuman dari Eropa ini. Selamat berkreasi!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram