Bacaterus / Tanaman Langka / Yuk, Kenalan dengan Jenis-Jenis Mawar Langka di Dunia!

Yuk, Kenalan dengan Jenis-Jenis Mawar Langka di Dunia!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mawar, bunga cantik dan harum ini sering menjadi lambang kasih sayang antar kekasih ataupun teman. Bersinonim dengan cinta, bunga mawar adalah salah satu bunga yang paling digemari dan diminta oleh pasar, terutama untuk dijadikan bouquet (karangan bunga) dan bunga hias acara pernikahan.

Tapi, pernahkah Anda perhatikan, kalau setiap mawar berbeda-beda? Itu karena mawar ada banyak jenisnya. Ada mawar yang masih dikembangkan hingga kini untuk keperluan produsen flower shop, ada juga mawar yang dijadikan hiasan di taman rumah.

Tapi, ada juga jenis mawar langka yang mungkin dulu ada banyak, tapi sekarang sudah punah. Atau, ada mawar yang hanya dibuat ketika momen tertentu saja dan tidak dilanjutkan, sehingga menjadi one time flower yang legendaris. Ingin tahu ada apa saja jenis mawar langka di dunia? Bacaterus telah mengumpulkannya di sini.

1. Grasshopper

* sumber: www.hgtv.com

Bunga mawar Grashopper adalah salah satu varietas mawar eksotis yang tidak biasa. Mawar yang bersumber langsung dari pemasok di Belanda ini tak terhitung jumlahnya, alias sangat sedikit. Setiap bunga yang disediakan benar-benar berkualitas tinggi dan segar. Varietasnya juga tak biasa, sehingga wajar jika mawar ini menjadi sangat langka.

Ini adalah varietas mawar ‘taman’ tradisional yang dikembangkan untuk industri bunga potong komersial (buket bunga di flower shop). Bunga yang kelopaknya sangat indah ini sangat harum juga, loh. Mereka dihargai karena bentuknya yang indah, warna yang unik dan aroma yang semerbak.

2. British Rose

* sumber: www.edenblooms.co.uk

British Rose tercium sangat manis seperti wujudnya. Bunga mawar yang asli berasal dari Inggris ini memiliki nama lengkap Impresario David Austin Charity, jadi kadang ia disebut juga Charity Rose atau David Austin Rose.

Pada mulanya, bunga ini ada untuk ditampilkan dalam penghormatan Neill Strain atas bunga mawar untuk RHS Chelsea Flower Show 2015. Aromanya sangat dihargai karena bunga ini memiliki harum mawar klasik yang memabukkan.

3. Madame Caroline Testout

Madame Caroline Testout

* sumber: asperupgaard.dk

Madame Caroline Testout adalah jenis tea rose warisan yang dikembangbiakkan pada tahun 1890 oleh Joseph Pernet-Ducher. Bunga ini termasuk ‘climbing rose‘ alias bunga mawar yang bisa tumbuh tinggi dan merayap ke tembok rumah atau pagar.

Ciri-cirinya adalah kelopaknya besar dan berwarna merah muda. Bunga mawar ini memiliki aroma yang ringan, tapi tubuhnya kokoh dan tahan lama. Biasanya mawar ini menjadi bunga taman daripada menjadi buket bunga.

4. Norma Jeane

* sumber: eufloriaflowers.com

Bunga mawar putih ini dikembangkan oleh W. Kordes and Sons di Jerman. Tanamannya bisa tumbuh setinggi 60 cm. Norma Jeane Rose yang wangi dan indah ini biasanya tersedia sepanjang tahun, tapi tidak tersebar, hanya ada di negara itu saja.

Makanya bunga ini tergolong langka. Fun fact: entah berhubungan atau tidak, tapi nama bunga ini sama dengan Marilyn Monroe. Karena, nama lahir aktris dan simbol seks dari Amerika ini adalah Norma Jeane Mortenson.

5. Cara Luna Gold

* sumber: buyflowerpower.com

Cara Luna Gold atau bunga mawar Caraluna adalah sebuah mawar langka berwarna kuning keemasan. Jika Anda mencari mawar terbaru yang paling tidak biasa, inilah jawabannya.

Kelopak yang bertumpuk dan bicolors inilah yang menjadi daya tarik utama sang mawar bertangkai panjang tersebut. Ini adalah varietas mawar taman tradisional yang dikembangkan untuk industri bunga bunga potong komersial. Selain indah dan unik, mawar berwarna gold ini cenderung sangat harum.

6. Bourbon Rose

* sumber: hedgerowrose.com

Cocok dengan namanya, Bourbon Rose memiliki aroma yang memabukkan layaknya minuman beralkohol. Bunga dengan nama ilmiah Rosa Bourbon Group ini merupakan kelompok budidaya. Bunga antik ini dikembangkan pada tahun 1843 dari kultivar mawar Souvenir de la Malmaison. Pada awalnya, mawar ini dikenal sebagai Ratu Kecantikan dan Aroma. Kerennya lagi, ia memiliki aroma teh yang kuat!

Orang Prancis mengembangkan mawar ini menjadi perpaduan sempurna antara kekuatan dan keindahan. Mawar ini memamerkan rasa kerajaan keanggunan. Dibuktikan dengan cabangnya yang kokoh yang memberi jalan pada kelopak bunga yang tembus cahaya.

Biasanya, bunga ini memiliki kelopak berwarna merah tua, merah muda sempurna, hingga merah muda semu pipi dan putih bersih. Sangat kontras dengan dedaunannya yang tebal dan kasar, serta duri yang banyak pada batangnya. Varietas ini tumbuh dengan kuat dan unggul di iklim sedang, menghasilkan bunga yang banyak dari awal musim semi hingga musim gugur.

7. Boscobel

* sumber: www.davidaustinroses.com

Boscobel termasuk jenis mawar bare rooted, yaitu tanaman yang dipasok tanpa tanah di sekitar akar. Karenanya, bunga ini harus berada di dormansi musim dingin ketika ia ‘tidur’. Bunga ini aktif berbunga dari akhir bulan Mei sampai akhir bulan Agustus.

Menampilkan bunga berwarna pink salmon kecil yang terbentuk dengan indah. Bunga yang masih satu rumpun dengan mawar Inggris David Austin ini memiliki aroma myrrh kuat hingga menengah dengan sedikit aroma elderflower, pir dan almond. Bunga yang seperti parfum!

Kuncup merah muda koral yang terbuka membuat mawar ini terbentuk indah. Kelopaknya kecil dengan beragam corak, bercampur menjadi satu untuk memberikan efek yang enak dipandang.

Fun fact: Charles II bersembunyi di pohon ek di Boscobel House selama Perang Saudara Inggris. Mungkin, kejadian ini yang menginspirasi nama mawar tersebut.

8. Kaiserin Auguste Victoria

Bunga mawar langka selanjutnya adalah Kaiserin Auguste Victoria. adalah jenis rose tea yang dikembangbiakkan pada tahun 1891 oleh Peter Lambert. Fakta menyenangkan tentang bunga ini, Augusta Victoria dari Schleswig-Holstein VA adalah permaisuri dan ratu Prusia terakhir yang menikah dengan Wilhelm II, Kaisar Jerman. Dan, nama mawar ini sepertinya terinspirasi dari beliau.

9. Ophelia

* sumber: www.davidaustinroses.co.uk

Bunga mawar langka yang satu ini bernama Ophelia. Neill Strain Floral Couture London merayakan sejarah panjang pemuliaan mawar di tokonya, menyebut tea rose warisan ini sebagai Golden Ophelia pada tahun 1918. Jika dideskripsikan, tunas merah muda pucat memerah dengan formasi sangat bagus. Mawar ini beraroma kuat.

Ini adalah jenis mawar panjat (bisa merambat). Ia memiliki kelopak bunga yang besar, tunggal ataupun dalam kelompok kecil. Jika Anda ingin membuat kebun yang tinggi dari mawar, pilihlah jenis ini. Anda tidak perlu membabat dan menanam ulang mawar ini, karena ia tipe yang tumbuh berulang. Sayangnya, si Ophelia yang cantik ini hanya ada di koleksi toko bunga Neill Strain.

Fun fact: Ophelia adalah sebuah karakter fiksi dalam drama “Hamlet” karya penulis legendaris, William Shakespeare. Ophelia adalah wanita muda bangsawan dari Denmark, sekaligus istri potensial dari Pangeran Hamlet.

10. Blue Rose

* sumber: www.littleflowerhut.com.sg

Terakhir, ada blue rose. Ini mungkin tergolong bunga mawar paling langka yang pernah ada. Pasalnya, tidak ada bunga berwarna biru natural, semuanya buatan. entah itu dicelup atau dibudidayakan melalui modifikasi genetik. Bunga mawar biru dapat dibeli di toko bunga tertentu. Tapi, karena ia langka dan unik, perkirakan harganya juga mahal.

Sudah tahu, kan, apa saja jenis-jenis bunga mawar yang langka? Kalau Anda berminat untuk menanamnya atau memeliharanya, sebaiknya siapkan dana yang banyak ya. Pasalnya, harga mawar langka biasanya dijual dengan harga tinggi. Tidak hanya itu saja, perawatan bunganya juga menjadi perhatian khusus agar tidak mudah layu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *