Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 5 Cara Membuat Masker Tomat untuk Kulit Wajah Lebih Terawat

5 Cara Membuat Masker Tomat untuk Kulit Wajah Lebih Terawat

Merawat kulit wajah bisa dilakukan dengan menggunakan beragam masker yang dijual di pasaran atau melakukan facial secara rutin di salon langganan Anda. Sayangnya, seringkali perawatan khusus ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun, dengan memanfaatkan bahan-bahan alam di sekitar kita, seharusnya perawatan kulit bukan lagi sebagai momok yang menguras kantong.

Dalam kesempatan kali ini, Bacaterus akan berbagi informasi seputar penggunaan buah tomat untuk masker wajah. Sebagai salah satu alternatif perawatan wajah yang alami, tomat tidak hanya murah dan mudah dijumpai di pasaran, namun juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Selain itu, Anda bisa membuat masker ini sendiri di rumah. Simpel, bukan?

Ingin tahu bagaimana cara memakai tomat sebagai masker wajah serta kegunaan tomat untuk kulit? Yuk, langsung saja simak pembahasan mengenai kandungan gizi tomat dan cara membuat masker tomat yang sesuai dengan kebutuhan jenis kulit Anda di bawah ini.

Kegunaan Tomat untuk Kulit

Kegunaan tomat untuk kulit

Sebelum beranjak ke pembahasan mengenai jenis-jenis masker tomat serta cara memakainya, ada baiknya kita memahami apa kandungan gizi yang terkandung di dalam tomat.

Buah tomat kaya akan senyawa lycopene yang mampu melindungi kulit dari sinar UV dan meremajakan kulit. Sebagai antioksidan, lycopene juga berfungsi sebagai penghambat proses penuaan sel-sel kulit dan mampu melindunginya dari kanker.

Tomat mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, magnesium, dan potasium. Vitamin A pada tomat berfungsi untuk menyamarkan noda hitam dan menghaluskan kulit wajah yang kasar, sedangkan vitamin B serta vitamin C-nya mampu memperlambat proses penuaan dengan cara mempertahankan kekenyalan dan melawan radikal bebas yang berbahaya bagi sel-sel kulit.

Selain vitamin-vitamin tersebut, berbagai mineral seperti kalsium dan potasium yang ada pada tomat mampu mempertahankan kelembaban dan mencegah kulit kering. Sementara itu, magnesium berfungsi mencerahkan kulit Anda. Lengkap sudah kandungan vitamin dan mineral tomat yang sempurna untuk Anda yang mendambakan kulit cerah, lembab, sehat, dan awet muda.

Cara Membuat Masker Tomat

1. Masker Tomat untuk Kulit Berjerawat

Tomat

Kulit berjerawat pasti sangat mengganggu aktivitas Anda. Selain karena mengganggu penampilan, jerawat juga membuat kulit terasa gatal dan bekasnya yang kehitam-hitaman sulit sekali dihilangkan. Beruntung, tomat memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang bisa mengurangi dan bahkan mencegah jerawat mampir di kulit wajah.

Jika wajah Anda sedang berjerawat ringan, Anda bisa memakai tomat untuk mengobatinya. Caranya, potong tomat menjadi dua bagian dan oleskan salah satu bagian tomat tersebut langsung pada wajah Anda. Untuk kulit berjerawat yang lebih parah, haluskan satu tomat segar dan pakai sebagai masker selama satu jam, kemudian bilas hingga bersih.

2. Masker Tomat untuk Mengecilkan Pori-pori Kulit

Masker Tomat untuk Mengecilkan Pori-pori Kulit

Bermasalah dengan pori-pori yang besar? Tidak perlu khawatir karena tomat mampu menjadi solusi untuk masalah kulit Anda yang satu ini.

Untuk mengecilkan pori-pori, potong dua bagian tomat, dan haluskan salah satu bagian. Campurkan yang sudah dihaluskan tadi dengan dua tetes air lemon. Oleskan masker tersebut secara merata dengan gerakan melingkar. Biarkan 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Keringkan dengan handuk, dan kemudian tepuk-tepuk wajah dengan minyak zaitun agar kulit tetap lembab.

Penggunaan campuran masker tomat dan lemon ini akan efektif mengecilkan pori-pori kulit wajah Anda jika digunakan secara teratur. Selain itu, masker ini juga berfungsi untuk membersihkan kulit, mencerahkan warna kulit, serta menyamarkan noda bekas jerawat dan menjaga kulit agar bebas dari jerawat.

3. Masker Tomat untuk Peremajaan Kulit

Masker Tomat untuk Peremajaan Kulit

Mencegah penuaan tidak harus selalu dengan krim perawatan yang mahal. Perawatan dengan tomat dan timun juga bisa untuk meremajakan kulit karena kandungan nutrisinya yang efektif menjaga kelembaban dan memperbarui sel-sel kulit mati.

Untuk membuat masker tomat dan timun ini, siapkan satu tomat yang sudah dipotong dua bagian dan satu timun yang telah dipotong empat bagian. Campurkan satu potongan tomat dan satu potongan timun yang sudah disiapkan, dan haluskan.

Pakai masker ini dengan gerakan memutar di kulit wajah dan biarkan selama 15 menit. Kemudian, bilas hingga bersih. Rasakan manfaat masker ini dengan memakainya secara teratur. Jika Anda memiliki masalah dengan kulit berminyak, Anda juga bisa memakai masker ini untuk mengontrol jumlah minyak dan mencegah jerawat mampir di wajah Anda.

4. Masker Tomat untuk Perawatan Kulit jenis Kulit Kombinasi

Masker Tomat untuk Perawatan Kulit jenis Kulit Kombinasi

Memiliki jenis kulit kombinasi? Kulit kombinasi merupakan jenis kulit dengan karakter minyak yang tidak merata. Biasanya berminyak di area T (dahi, hidung, dan dagu), namun kering di tempat yang lain. Selain itu, kulit yang berminyak biasanya lebih tebal sedangkan area kulit yang kering memiliki lapisan yang lebih tipis.

Untuk jenis kulit kombinasi ini, padukan tomat dan alpukat sebagai masker untuk wajah Anda. Campuran dua buah ini efektif untuk jenis kulit kombinasi karena tomat bersifat asam yang baik untuk menghilangkan minyak dan alpukat kaya akan vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit.

Haluskan setengah bagian tomat dan setengah bagian alpukat yang sudah dikeruk dari kulit buahnya. Pakaikan sebagai masker di wajah dengan gerakan memutar, dan bilas wajah setelah 20 hingga 30 menit dengan air hangat. Pakailah masker ini dengan rutin untuk perawatan kulit kombinasi Anda agar kulit tetap lembab, bebas jerawat, dan cantik terawat.

5. Masker Tomat untuk Mencegah/Mengobati Kulit Terbakar

Masker Tomat untuk Mencegah Kulit Terbakar

Musim kemarau bukan musim yang menyenangkan untuk kulit. Panasnya matahari bisa membuat kulit menghitam atau malah terbakar, terutama jika aktivitas sehari-hari Anda lebih banyak dihabiskan di bawah terik matahari langsung. Kulit yang terbakar ini ditandai dengan rasa gatal dan kulit yang kasar atau kehitaman akibat terlalu lama terpapar sinar matahari.

Jangan khawatir jika kulit Anda rentan terbakar sinar matahari. Untuk melindungi atau mengobati kulit terbakar, pakai campuran masker tomat dan yoghurt. Caranya, haluskan tomat yang sudah dibagi dua dan campurkan dengan dua sendok makan yoghurt. Oleskan masker ini ke wajah, leher, tangan dan kaki. Kemudian, cuci dengan bersih setelah 20 menit.

Pakailah masker ini sebelum atau sesudah beraktivitas di luar ruangan dengan rutin. Selain bermanfaat untuk mengobati kulit terbakar, masker ini juga bermanfaat untuk membuat kulit kembali lembut, kenyal, dan lembab.

Wah, ternyata banyak sekali, ya, manfaat dari buah tomat. Merawat kulit dengan masker tomat ini pun tidak hanya murah dan aman karena tanpa campuran zat berbahaya, tapi juga ramah lingkungan.

Selain itu, masker-masker ini sangat simpel karena bisa langsung Anda buat di rumah. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki saran lain mengenai penggunaan tomat sebagai masker wajah? Jika ada, silakan bagikan di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Rizky Maisyarah
Sarah. INTP. Saya senang menonton anime bergenre shonen, membaca fiksi (bergenre mystery dan thriller), memasak, belajar bahasa asing, dan menulis.

Leave A Comment