Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Suka Mangga? Inilah 10 Jenis Mangga Paling Enak di Dunia

Suka Mangga? Inilah 10 Jenis Mangga Paling Enak di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Kalau sedang ingin makan mangga, kita hanya perlu berjalan ke pasar tradisional atau supermarket dekat rumah maka kita akan menemukan buah tersebut. Ya, boleh dibilang bahwa mangga adalah buah yang paling mudah ditemukan di Indonesia selain pisang. Hal tersebut tak lepas dari fakta bahwa negara kita merupakan salah satu negara penghasil mangga terbesar di Asia.

Mangga gadung atau mangga manalagi adalah jenis mangga lokal yang biasa kita jumpai di pasaran. Namun, di luar negeri ternyata ada beberapa jenis mangga populer yang mungkin tidak bisa kita temukan di Indonesia. Bacaterus telah merangkum 10 jenis mangga paling enak di dunia. Yuk, cari tahu lebih dalam mengenai varietas mangga internasional ini.

10 Jenis Mangga Paling Enak di Dunia

1. Alphonso

Alphonso Jenis Mangga Paling Enak di Dunia

Kalau ditanya mengenai jenis mangga paling enak di dunia, mangga alphonso inilah jagonya. Bahkan, mangga yang varietasnya berasal dari India ini disebut sebagai “King Mango” atau raja mangga. Dalam segi rasa, alphonso menawarkan cita rasa manis, legit, dan segar. Tekstur mangga alphonso ini sangat lembut dan hampir tidak berserat.

Mangga alphonso memiliki tampilan yang sangat cantik dengan bentuk sempurna dan warna kulit yang kuning cerah. Konon, biji mangga ini tidak bisa menumbuhkan buah secara alami. Ada trik khusus untuk bisa membudidayakan mangga jenis ini. Karena kelangkaannya inilah alphonso menjadi salah satu mangga kualitas ekspor yang harganya cukup tinggi.

2. Ataulfo

Ataulfo

Setelah berkenalan dengan jenis mangga paling enak di dunia yang berasal dari India, kini kami akan mengajak Anda mengenal varietas mangga unggulan dari Meksiko, namanya adalah ataulfo. Kulit mangga ataulfo juga berwarna kuning cerah. Sementara bentuknya tampak lonjong sempurna seperti bentuk mangga yang sangat ideal.

Ataulfo menawarkan daging buah yang keras tapi tetap lembut ketika digigit (tidak lembek sama sekali). Rasa daging buahnya begitu manis dan tidak ada serat sama sekali. Ataulfo adalah mangga terbaik untuk dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai jenis makanan.

3. Kesar

Kesar

Tak hanya alphonso, mangga kesar juga menjadi komoditas ekspor mangga dari India. Varietas ini dibudidayakan di Gujarat, India dan selalu dipanen pada pertengahan Juni-Juli. Banyak yang bilang bahwa kesar adalah mangga dengan rasa yang unik. Mangga ini memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang cukup.

Aroma kesar juga sangat menggoda iman. Keharuman mangga ini memang sangat tajam dan bisa tercium dari jarak jauh. Namun dari segi bentuk, mangga kesar ini terlihat tidak menarik dan terkesan biasa-biasa saja. Akan tetapi, tampilan tidak terlalu penting jika Anda sudah merasakan kelezatan mangga kesar ini.

4. Francis

Francis

Tidak semua jenis mangga paling enak di dunia menawarkan rasa manis dan segar. Ada beberapa varietas yang menawarkan rasa yang unik, seperti mangga kesar yang ada sedikit sentuhan rasa asam di dalamnya. Justru keunikan rasa itulah yang membuat jenis-jenis mangga tersebut semakin populer.

Di Haiti, ada jenis mangga yang sangat populer dan memiliki label kualitas ekspor, yakni mangga francis. Mangga ini menawarkan rasa manis dan sedikit pedas. Daging buahnya memiliki serat tapi sangat lembut dan teksturnya berair. Mangga dengan bentuk S-shape yang sempurna ini sangat cocok dijadikan salad karena rasanya yang unik.

5. Keitt

Keitt

Berasal dari Florida Selatan dan Miami, Keitt juga termasuk jenis mangga paling enak di dunia dan dianggap sebagai varietas yang paling unggul. Mangga jenis ini memiliki ketahanan terhadap segala jenis penyakit tumbuhan sehingga buahnya dapat dipanen dengan kualitas tinggi untuk diekspor ke berbagai negara.

Keitt merupakan mangga dengan tampilan yang cantik dan tidak terlalu panjang. Kulit buahnya berwarna hijau kekuningan, meskipun terkadang ada juga yang berwarna kemerahan. Daging buahnya sangat manis dan minim serat sehingga kita pun merasa nyaman saat menyantapnya.

6. Haden

Haden

Berikutnya ada varietas mangga unggul di berbagai negara yang tampil mempesona dengan kulitnya yang berwarna merah. Mangga haden adalah mangga dengan daging buah yang padat dan memiliki serat yang sangat halus. Aromanya tidak begitu menyengat seperti beberapa varietas mangga berserat lainnya.

Mangga ini memiliki bentuk oval-bulat dengan ukuran yang sedang. Haden adalah jenis mangga yang bisa Anda temukan di Meksiko sampai dengan Florida Selatan. Musim panen mangga haden dimulai sejak bulan April sampai dengan Mei.

7. Kent

Kent

Selera orang dalam menyantap mangga tentu berbeda-beda. Ada yang suka mangga halus tanpa serat, ada yang suka mangga padat dengan sedikit serat, dan ada pula yang gemar menyantap mangga yang berair. Kalau Anda suka mangga berair dengan sedikit kandungan serat di dalamnya, maka Anda harus mencoba mangga kent.

Varietas mangga dari Florida ini benar-benar memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Kent merupakan jenis mangga yang paling sering diolah menjadi jus. Mangga berwarna hijau gelap dengan sedikit sentuhan warna merah ini memiliki bentuk lonjong dan ukuran yang cukup besar dibanding varietas mangga lainnya. Walaupun berasal dari Florida, mangga ini juga sangat populer di Meksiko, Ekuador, dan Peru.

8. Banganapalli

Baganapalli

Nama Banganapalli diambil dari daerah asal tempat budidaya mangga ini, yakni di Banganapalle, sebuah kota di negara bagian Andhra Pradesh, India. Dari segi tampilan, mangga jenis ini memang terlihat tidak menarik. Kulit luarnya berwarna kuning pucat dan tidak menggugah selera.

Akan tetapi, ketika Anda membelahnya, Anda akan menemukan daging buah yang manis, minim serat, dan sedikit berair. Tekstur daging buah mangga banganapalli ini merupakan tekstur sempurna dari sebuah mangga. Tak heran jika varietas ini juga cukup banyak dicari di India.

9. Tommy Atkins

Tommy Atkins

Dari banyaknya jenis mangga paling enak di dunia yang berasal dari Florida, nampaknya hanya mangga Tommy Atkins lah yang menjadi jenis mangga paling banyak diekspor ke Amerika Serikat. Bahkan, komoditas ekspor Tommy Atkins ini hampir sama dengan jumlah ekspor mangga kent.

Tommy Atkins merupakan mangga dengan kulit warna merah kekuningan. Rasa buah ini sebenarnya tidak terlalu manis, lalu dagingnya pun cenderung berserat. Akan tetapi, mangga jenis ini merupakan favorit bagi masyarakat Amerika Serikat. Bukan cuma di Florida saja, Tommy Atkins juga dibudidayakan di Peru, Meksiko, Guatemala, Brasil, dan Ekuador.

10. Valencia Pride

Valencia Pride

Tak ada yang menarik dari tampilan jenis mangga yang satu ini. Namun, percaya atau tidak Valencia Pride adalah varitas mangga yang cukup populer di dunia. Popularitas mangga ini membuatnya masuk sebagai jenis mangga berkualitas premium.

Dengan tampilan yang lonjong dan biji yang besar, Valencia Pride ternyata memiliki daging buah yang sempurna. Daging buahnya lembut dan tanpa serat. Selain itu, tekstur daging buahnya juga berair meskipun tidak terlalu banyak. Yang menarik, aroma mangga ini benar-benar menggugah selera.

Itulah 10 jenis mangga paling enak di dunia. Anda juga bisa membaca artikel jenis buah mangga paling enak di Indonesia jika ingin berburu mangga lokal atau internasional yang dijual di Nusantara. Atau ingin menyicipi mangga terbesar di dunia? Caro tahu informasi selengkapnya dalam artikel Mangga Terbesar di Dunia ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment