Bacaterus / Kelinci / Inilah 10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

Inilah 10 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Juli 2019

Kelinci adalah salah satu hewan yang sering dipelihara manusia. Sebagai hewan pemakan tumbuhan atau herbivora, kelinci tergolong mudah dipelihara karena makanan mereka mudah ditemukan. Meskipun demikian, terdapat beberapa makanan dan sayuran yang tidak boleh dimakan kelinci.

Memberi makan kelinci dengan makanan yang salah dan tidak cocok bagi mereka bisa menyebabkan mereka jatuh sakit dan bahkan mati. Hal ini perlu diketahui dengan baik jika Anda berencana memelihara kelinci di rumah.

Hewan kelinci memiliki sistem pencernaan yang khusus. Kemampuan khas mereka dalam memproses serat dan nutrisi makanan membuatnya dapat beradaptasi dengan banyak lingkungan yang berbeda. Akan tetapi, keunikannya tersebut bukan berarti kelinci dapat memakan segala jenis makanan. Berikut adalah daftar beberapa makanan yang tidak boleh dimakan oleh kelinci.

1. Buah Alpukat

Pohon alpukat

* sumber: wow.tribunnews.com

Alpukat adalah buah yang bermanfaat bagi manusia (dalam jumlah konsumsi tertentu), tapi tidak bagi kelinci. Daging buah alpukat mengandung zat yang beracun bagi kelinci. Di dalam alpukat terkandung banyak lemak dan tidak banyak serat sehingga sangat tidak sehat untuk kelinci. Seekor kelinci bahkan bisa mati jika memakan daging buah alpukat dalam jumlah besar.

Kebutuhan nutrisi kelinci pastinya berbeda dengan manusia dan alpukat bukanlah makanan yang cocok untuk mereka. Hewan ini suka makan makanan yang sebagian besar terdiri dari makanan rendah lemak, rendah kalori, dan tinggi serat. Jadi, alpukat sama sekali tidak masuk dalam kategori makanan yang baik untuk kelinci.

Kandungan lemak yang tinggi pada alpukat dapat menyebabkan obesitas pada kelinci yang pada akhirnya akan mempersingkat masa hidup mereka. Sedangkan kadar serat yang rendah di dalamnya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada kelinci (utamanya kesehatan pencernaan mereka).

2. Coklat

Coklat Hitam

Meskipun rasanya lezat, jangan coba-coba memberikan makanan ini pada kelinci karena bisa sangat berbahaya bagi mereka. Coklat mengandung theobromine, yang beracun bagi kelinci. Mengapa coklat aman bagi manusia? Tubuh manusia memiliki enzim yang dapat memecah zat beracun ini, tetapi kelinci tidak.

Kelinci yang mengkonsumsi coklat sangat berpotensi mengalami detak jantung yang tinggi dan kejang-kejang. Selain theobromine, coklat juga mengandung kafein yang berbahaya bagi kelinci. Dua bahan kimia ini dapat merangsang sistem saraf kelinci yang dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan detak jantung kelinci.

Kelinci yang telah mengonsumsi coklat juga berpotensi mengalami kepanasan, serangan jantung, dan bahkan menderita gagal pernapasan. Jadi, jangan pernah memberi makan kelinci dengan coklat ya.

3. Roti, Kue Kering, Cracker, dan Sereal

Roti Pisang

* sumber: resepkakak.com

Empat jenis makanan di atas sering dikonsumsi manusia karena lezat, bergizi, dan mengenyangkan. Akan tetapi, mereka bukanlah makanan yang cocok untuk kelinci. Memberi makan kelinci dengan makanan-makanan di atas berarti Anda sudah tidak sayang dengan kelinci Anda.

Roti, kue kering, dan cracker adalah makanan manis dengan kadar karbohidrat yang tinggi yang tidak baik bagi kesehatan kelinci. Hindari juga memberi makan kelinci dengan makanan-makanan lain yang mengandung banyak gula atau bahan-bahan buatan, karena berpotensi menyebabkan enterotoksemia.

Apa itu enterotoksemia? Menurut situs ini, enterotoksemia adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri di mana kelinci dapat terinfeksi secara alami olehnya. Bakteri yang muncul secara alami di dalam perut kelinci dapat berkembang biak dan menyebabkan diare parah dan gejala lainnya.

Singkatnya, enterotoksemia adalah diare parah yang mungkin dialami kelinci Anda. Masalah ini paling sering terjadi pada kelinci muda yang berusia 4-8 minggu, namun, dapat pula berdampak pada kelinci di segala usia. Gejala enterotoksemia bisa terjadi secara tiba-tiba dan berkembang dengan cepat.

Tidak ingin kan kelinci Anda mengalami hal yang demikian? Jadi, jauhkan makanan-makanan di atas dari mereka. Sereal juga tidak baik bagi kelinci. Makanan ini dapat menyebabkan masalah gigi dan perut pada kelinci.

4. Selada Bokor, Silverbeet, dan Kembang Kol

Anda mungkin terkejut melihat selada bokor dalam daftar ini. Ya, sayuran ini tidak baik bagi kelinci karena dapat mengandung lactucarium, sejenis bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kelinci jika termakan. Selada bokor juga sebagian besar hanya terdiri dari air dengan sedikit atau tidak ada nilai gizi sama sekali.

Kadar air yang tinggi pada selada bokor dapat menyebabkan diare pada kelinci. Diare pada kelinci bahkan dapat menyebabkan kematian dengan cepat, jadi sebaiknya hindari memberi makan kelinci dengan selada bokor. Kandungan gizi selada bokor dapat Anda lihat di sini.

Seperti selada bokor, silverbeet atau chard adalah sayuran lain yang tidak boleh dimakan oleh kelinci. Menurut pusat dokter hewan di Selandia Baru, sayuran silverbeet dapat menyebabkan kelinci menderita kolik dan kembung. Cek kandungan gizi silverbeet di sini.

Bagaimana dengan kembang kol? Ini juga termasuk sayuran yang tidak baik bagi kelinci karena dapat menyebabkan kelinci menggembung (perutnya dipenuhi gas). Jadi, agar perut kelinci baik-baik saja, jauhkan ketiga sayuran ini dari mereka.

5. Kentang

* sumber: www.specialtyproduce.com

Kentang adalah jenis sayuran mengandung karbohidrat dan pati yang tinggi. Kedua hal ini dapat menyebabkan masalah bagi sistem pencernaan kelinci Anda. Meskipun kentang tidak beracun bagi kelinci, sayuran ini tetap tidak ideal untuk hewan dengan saluran pencernaan yang kecil seperti kelinci.

Sebagai informasi, gigi dan sistem pencernaan kelinci didesain untuk memakan makanan yang tinggi serat, rendah lemak, dan rendah karbohidrat. Makanan yang tidak bersifat demikian membutuhkan proses cerna yang lebih lama, sehingga akan berdampak buruk bagi sistem pencernaan kelinci yang dipelihara.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan kelinci karena sangat tidak baik bagi mereka. Makanan-makanan lainnya yang juga berbahaya bagi kelinci adalah yogurt drops, kacang kenari, oatmeal, rhubarb, dan masih banyak lagi. Informasi lebih lengkapnya dapat Anda tanyakan pada mereka yang ahli di bidangnya.

Sebagai informasi, agar kelinci peliharaan Anda tetap sehat, mereka membutuhkan asupan tiga jenis makanan berbeda, yaitu jerami atau rumput segar (85-90%), berbagai sayuran segar dan sayuran hijau (10%), dan sejumlah kecil pelet berserat tinggi (5%). Sebelumnya Anda harus sudah mengetahui berbagai jenis makanan (termasuk sayur dan buah) yang boleh dimakan kelinci agar tidak terjadi kekeliruan.

Misalnya, contoh sayuran yang baik untuk kelinci adalah bayam, kangkung, selada air, brokoli, seledri, dan daun dandelion. Perlu diingat bahwa sayuran lain seperti wortel, ubi jalar dan buah-buahan, seperti apel, memang boleh dimakan kelinci, tetapi makanan-makanan itu mengandung gula dan pati yang tinggi sehingga harus diberikan hanya dua kali dalam seminggu (selengkapnya dapat Anda baca di sini).

Makanan kelinci sejenis sayuran dapat Anda beli dengan mudah di warung sayur atau pasar. Sedangkan untuk pelet kelinci kami sarankan untuk membelinya dengan mudah secara online di Bukalapak. Cukup klik di sini dan dapatkan makanan kelinci yang Anda cari. Tersedia juga jerami kering untuk kelinci dengan harga yang bersahabat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar