Bacaterus / Pet / 10 Jenis Landak Mini Yang Bisa Dipelihara di Rumah

Bacaterus / Pet / 10 Jenis Landak Mini Yang Bisa Dipelihara di Rumah

10 Jenis Landak Mini Yang Bisa Dipelihara di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2019

Tahukah kamu? hewan landak mini bisa kamu pelihara di rumah. Landak mini atau lebih dikenal dengan sebutan  hedgehog termasuk hewan dalam kelas mamalia. Nama ilmiah dari landak mini adalah Erinaceus europaeus.

Landak mini ini banyak dipelihara oleh orang-orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hewan ini juga bisa kamu pelihara sendiri di rumah tapi apakah kamu mengetahui berasal  dari manakah landak mini ini? Tempat asal hewan landak mini ini adalah Negara Afrika.  Sebutan untuk landak mini di Afrika adalah African Pygmy Hedgehog.

Landak mini ini tubuhnya dilapisi oleh rambut-rambut yang terlihat seperti duri. Namun, duri-duri tersebut tidak berbahaya jika kita pegang atau kita sentuh. Jenis Landak mini ini dapat mempertahankan dirinya dari bahaya dengan cara menggulungkan badannya sehingga dirinya merasa aman.

Landak mini memiliki sifat nocturnal, karena hewan landak mini ini dapat beraktifitas pada malam hari. Saat siang hari landak mini ini senang bersembunyi di tempat yang gelap dan menggulungkan badannya.  Pada umumnya landak mini ini dapat bertahan selama 6 tahun sampai 10 tahun. Nah, berikut beberapa jenis-jenis landak mini yang bersahabat dengan manusia dan tidak berbahaya, yuk simak informasi nya!

1. White Bellied: Salt & Pepper

 landak saltnpepper

Landak mini jenis salt and pepper ini memiliki warna putih dan di selimuti oleh warna hitam. Pada bagian bahu landak mini jenis ini berwarna hitam pekat, bagian mata landak mini berwarna hitam dan hidungnya juga berwarna hitam. Namun pada bagian bawah tubuhnya landak mini ini berwarna putih.

Selain itu jenis salt and pepper ini ada juga yang berwarna coklat yang di selimuti oleh warna abu-abu. Jenis ini bisa kamu pelihara dan landak mini ini dapat kamu jumpai di pasar hewan atau toko khusus hewan peliharaan landak mini. Landak mini ini harganya cukup mahal berkisar antara Rp 200.000 sampai dengan Rp 300.000. Harga tersebut disesuaikan dengan besar kecilnya landak dan pemilihan warnanya.

2. Albino

landak albino

Nah, berikutnya adalah landak berjenis albino. Namanya saja albino, jelas dong ya warnanya di dominasi oleh warna putih atau terlihat pucat. Tidak adanya pigmen di dalam tubuhnya membuat warna landak mini ini bermata merah. Selain itu warna kulit dan bagian hidungnya memiliki ciri khas berwarna merah muda.

Landak mini jenis albino ini tentu bisa dipelihara dengan baik. Perlu kamu ketahui bahwa duri-durinya tersebut tidak beracun jadi aman untuk kita pegang. Landak mini ini berebentuk oval mempunyai panjang badan sekitar 15cm sampai 20cm. Berat badan dari landak mini ini sekitar 200gram sampai 600gram. Harga landak mini jenis albino ini adalah sekitar Rp.100.000 sampai Rp.300.000

3. Pinto

landak pinto

Jenis landak mini selanjutnya bernama Pinto. Landak mini Pinto ini memiliki daya tarik yang sangat unik. Nama Pinto diambil dari kelainan bercak putih yang muncul di warna asli pada landak mini.

Landak mini ini dapat bertahan hidup sekitar 6 tahun sampai 10 tahun. JIka kamu merawat landak mini dengan baik dan benar serta mengatur pemberian makannya maka jenis landak ini bisa bertahan hidup lebih lama lagi. Harga untuk landak jenis Pinto sekitar  Rp. 175.000 sampai 300.000.

4. Cinnicot

landak cinnicot

Untuk Jenis hewan landak berikutnya adalah cinnicot. Jenis cinnicot merupakan hasil perkawinan silang landak mini cinnamon dengan apricot. Akibat persilangan itu, warna yang dimiliki landak mini ini sangat unik yakni warna keemasan yang terlihat memudar. Bagian matanya berwarna merah dan bagian bawah badannya berwarna putih.

Ada yang harus kamu ketahui sebelum memelihara jenis landak ini, kamu harus mempunyai tempat yang cukup luas untuk menyimpan landak mini ini karena hewan landak ini sangat menyukai tempat yang luas dan suka berlarian kesana-kemari.

5. Apricot

landak apricot

Jenis landak mini ini berjenis apricot. Kita bisa melihat bahwa duri landak mini ini berwarna putih diselimuti dengan warna orange sedangkan bagian perut bawah berwarna putih. Namun, bagian hidungnya berwarna merah muda, warna  itu sama seperti bagian matanya.

Makanan untuk landak mini adalah serangga atau bisa juga diberikan makanan seperti pakan kucing. Untuk kesehatan dan pertumbuhan yang baik, dapat juga diberikan ulat berjenis ulat jerman, jangkrik ataupun serangga lainnya.

6. Cinnamon

landak cinnamon

Selanjutnya adalah jenis landak mini cinnamon. Apakah jenis landak mini ini salah satu yang ingin kamu pelihara? Landak mini cinnamon memiliki warna hitam dibaluti warna coklat. Pada bagian bawah perutnya memiliki warna putih, kulit pundaknya berwarna merah muda dan warna hidungnya merah muda juga.  Seperti gambar di atas terlihat bahwa jenis cinnamon ini memiliki kemiripan dengan salt and pepper.

Untuk membedakan jenis landak betina dan jantan kita dapat mengetahuinya sejak landak mini masih bayi. Jenis  landak mini jantan bagian kelaminnya jaraknya lebih jauh dengan anus. Sebaliknya, untuk jenis landak mini betina bagian jarak kelamin dan anus berdekatan.

7. Snowflake

landak snowflake

Landak mini selanjutnya yang dapat kamu pelihara adalah jenis snowflake. Snowflake memiliki warna campuran yang indah antara putih dan coklat. Bagian hidungnya berwarna coklat. Pada bagian mata memiliki warna hitam dan kulit di atas bahu berwarna merah muda dengan sejumlah kecil pigmentasi abu-abu.

8. Algerian

landak algerian

Landak mini yang akan dibahas selanjutnya adalah jenis Algerian. Landak mini ini memiliki hidung berwarna coklat gelap, matanya berwarna hitam dan kulit dipundaknya berwarna abu-abu gelap atau agak kehitaman.

Landak mini ini tidak memiliki duri yang berbahaya, jadi kalian tentunya jangan khawatir untuk mencoba memeliharanya. Ukuran tubuhnya yang kecil dan sangat lucu dapat kamu pelihara di rumah dengan aman dan tidak berbahaya. Bagaimana apakah kalian menyukai landak mini jenis Algerian ini?

9. Platinum

landak platinum

Nah kalau yang ini landak mini yang berjenis platinum. Tahukah kamu? Jenis platinum ini memiliki warna putih dan abu-abu. Landak mini ini memiliki pundak yang berwarna hitam pekat, hidungnya berwarna hitam, dan matanya berwarna hitam. Landak mini ini terlihat lucu bukan?

Landak mini memang aktif pada malam hari sehingga waktu siang hari mereka banyak menghabiskan waktu untuk tidur atau bangun sebentar hanya untuk sekedar makan dan minum saja.

10. Champagne

landak champagne

Landak mini jenis berikutnya yang bisa kamu pelihara adalah champagne. Apakah kalian pernah mendengar landak mini jenis champagne? Landak mini ini memiliki duri berwarna putih, dengan dibalut warna abu-abu agak tua. Landak mini jenis tersebut memiliki kulit di atas bahu berwarna pink, hidungnya berwarna pink, dan pada bagian mata berwarna merah.

Itulah beberapa jenis landak mini yang dapat kamu pelihara di rumah. Hal yang sangat perlu di ingat ketika memelihara landak mini adalah selalu bersihkan atau mandikan landak mini secara teratur. Untuk landak betina dapat dimandikan 2 minggu sekali dan untuk jenis landak mini yang masih bayi dapat dimandikan 4 minggu sekali.

Selain kebersihan tubuhnya, kebersihan kandangnya juga harus selalu dijaga dan dibuang kotoran-kotorannya. Apabila kalian mempunyai saran atau ingin berbagi ilmu pengetahuan lainnya tentang landak mini jangan lupa berbagi di kolom komentar ya!

[sharethis-inline-buttons]
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar