Bacaterus / Dapur / Mau Beli Kulkas? Ketahui Dulu 8 Jenis Kulkas yang Umum Ini

Mau Beli Kulkas? Ketahui Dulu 8 Jenis Kulkas yang Umum Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Desember 2018

Kulkas yang biasa digunakan untuk keperluan domestik dan rumah tangga pertama kali ditemukan oleh Fred W. Wolf dari Fort of Wayne, Indiana, Amerika Serikat pada tahun 1913 silam. Sejak pertama kali ditemukan dan dikembangakan, kulkas telah memiliki beragam jenis dengan bentuk, ukuran, kapasitas, warna dan desain yang berbeda-beda.

Kali ini, saya ingin mengajak Kamu untuk membahas mengenai 8 jenis kulkas yang di jual di pasaran. Penasaran, kan? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

8 Jenis Kulkas yang Banyak Digunakan

1. Top Freezer

8 jenis kulkas perkulkasan6 (Copy)

* sumber: www.consumerreports.org

Pertama, ada kulkas berjenis top freezer. Kulkas jenis ini adalah yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang terutama di Indonesia. Kulkas berjenis Top Freezer ini memiliki dua pintu. Satu pintu untuk freezer di bagian atas dan satu pintu di bagian bawah.

Kulkas jenis top freezer dilengkapi dengan beragam jenis rak, di antaranya dua rak multifungsi, rak untuk sayuran dan rak buah yang terletak di bagian paling bawah, rak untuk botol susu atau minuman, sampai tempat untuk menyimpan telur. Kulkas top freezer biasanya dipasarkan dengan kisaran harga dua hingga puluhan juta rupiah, tergantung dari brand, kapasitas, fitur, dan kualitasnya. Beli kulkasnya di Bukalapak lewat link ini.

 2. Freezer-less

freezerlesskukas

Jenis kulkas freezer-less adalah kulkas paling umum kedua setelah top freezer. Kulkas jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari Top Freezer dan hanya dilengkapi dengan satu pintu saja. Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, kulkas jenis ini cocok untuk dapur yang memiliki ukuran kecil dan tidak memiliki banyak ruang.

Seperti namanya, kulkas frezeer-less tidak dilengkapi dengan freezer dan biasanya dilengkapi dengan dua rak multifungsi, satu rak khusus sayuran dan buah (yang umumnya tidak terpisah), serta rak khusus botol di bagian dalam pintu serta tempat untuk menyimpan telur. Meski kulkas dengan tampilan dan jenis yang lebih modern telah marak di pasaran, kulkas freezer-less masih cukup banyak diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Kulkas jenis ini termasuk jenis kulkas yang hemat listrik dan hemat di kantong karena harganya yang cukup bersahabat. Di Indonesia sendiri kulkas freezer-less dipasarkan dengan harga yang cukup terjangkau yakni mulai dari satu jutaan saja.

 3. Kulkas Mini

mini kulkas

Nah, selanjutnya, ada kulkas mini. Sesuai namanya, jenis kulkas yang satu ini memiliki ukuran yang paling kecil dibandingkan semua jenis kulkas lainnya. Meski begitu, kulkas mini tidak se-mini namanya. Kulkas jenis ini biasanya memiliki ukuran beragam, ada yang berukuran 45x47x51 cm dengan kapasitas 46 liter, ada pula yang memiliki ukuran dan kapasitas yang lebih besar lagi.

Kulkas mini yang hanya memiliki satu pintu ini dilengkapi dengan dua sampai tiga rak untuk menyimpan makanan, rak untuk menyimpan botol minuman berukuran satu sampai dua liter (tergantung brand dan ukuran serta kapasitas kulkas).

Kulkas Mini sangat cocok buat kamu yang tidak terlalu membutuhkan kulkas dengan ukuran besar. Kulkas mini juga memiliki konsumsi listrik yang tergolong kecil yakni mulai dari 70 watt saja. Harganya? Di Indonesia sendiri kulkas jenis ini dipasarkan dengan kisaran harga ratusan ribu sampai satu setengah jutaan saja dan bisa dibeli di Bukalapak lewat link ini.

4. French Door

perkulkasan4

* sumber: www.consumerreports.org

Salah satu jenis kulkas yang populer lainnya adalah kulkas french door. French door merupakan kulkas sejenis side by side dengan dua pintu samping dan dilengkapi dengan satu atau bahkan dua pintu lagi di bagian bawahnya. Kulkas ini juga termasuk jenis kulkas yang juga banyak dipilih masyarakat (umumnya menengah ke atas) karena kapasitasnya yang besar.

Kulkas french door dilengkapi dengan cukup banyak rak penyimpanan yang berukuran lumayan besar dan dapat diatur ketinggiannya. Di dalam pintu yang terletak di bagian bawah biasanya merupakan freezer yang biasanya terdiri dari enam tempat penyimpanan.

Kulkas french door memiliki harga yang lumayan menguras kantong. Kulkas jenis ini dipasarkan dengan kisaran harga belasan hingga puluhan juta rupiah tiap unitnya. Meski begitu, kualitas serta kapasitasnya sebanding dengan harga yang ditawarkan. Desainnya juga sangat elegan sehingga menciptakan kesan mewah di dapur pemiliknya. Silakan kunjungi Bukalapak di link ini untuk membelinya.

5. Side by Side

Perkulkasan8

Selain keempat jenis kulkas di atas, ada jenis kulkas side by side yang tidak kalah elegan dari kulkas berjenis french door. Kulkas jenis ini dilengkapi dengan dua pintu samping yang besar. Di dalam kulkas jenis ini umumnya terdapat sekitar delapan rak mutifungsi di bagian paling atas, empat tempat penyimpanan freezer kulkas yang terletak di bagian bawah serta sepuluh rak yang menempel pada bagian dalam kedua pintu  kulkas.

Terkadang, kulkas jenis side by side juga memiliki satu pintu tambahan terpisah di luar dua pintu samping utama. Pintu ini biasanya terletak di bagian atas kiri atau kanan kulkas yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan minuman tambahan.

Sama halnya dengan kulkas jenis french door, kulkas side by side yang memiliki kapasitas sekitar 500 liter ini juga dibanderol dengan harga belasan hingga puluhan juta rupiah. Tertarik untuk memilikinya? Klik link ini untuk beli di Bukalapak.

6. Bottom Freezer

perkulkasan5

* sumber: www.consumerreports.org

Selanjutnya, ada kulkas berjenis bottom freezer. Kulkas ini hampir sama dengan kulkas berjenis side by side maupun french door yang dilengkapi dengan banyak rak serta tempat penyimpanan. freezer dari kulkas ini juga terletak di bagian bawah. Kulkas bottom freezer ada yang dilengkapi dengan dua pintu samping seperti yang ada pada kulkas side by side, ada juga yang dilengkapi satu pintu seperti kulkas top freezer.

Kulkas jenis bottom freezer biasanya dipasarkan dengan kisaran harga belasan hingga puluhan juta rupiah. Ada juga brand yang menjual kulkas jenis ini dengan harga dibawah sepuluh jutaan. Mau? Beli produknya di Bukalapak lewat link ini.

7. Kulkas Wine

winekulkas

Jenis kulkas lainnya adalah kulkas khusus untuk menyimpan wine. Yep, kulkas yang satu ini cocok buat kamu yang menyukai dan sering menyimpan berbagai jenis wine di rumah. Kulkas khusus wine tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas.

Ada yang berukuran seperti kulkas mini dengan konsumsi daya listrik yang sama dan dapat menampung sekitar sepuluh sampai delapan belas botol. Ada pula yang berukuran sedang yang mampu menampung sekitar empat puluh lima botol dan ada ukuran yang lebih besar, tentunya mampu menyimpan lebih dari puluhan botol wine.

Kulkas wine dijual dengan harga yang beragam, mulai dari dua juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung ukuran serta brand kulkasnya. Kulkas wine tersedia di Bukalapak melalui link ini.

8. Kulkas Komersil

showcase

Kulkas komersil atau yang biasa disebut showcase adalah kulkas yang digunakan untuk keperluan komersil. Kulkas seperti ini biasanya sering kita temui di berbagai toko atau supermarket sampai rumah makan. Biasanya kulkas jenis ini digunakan untuk menyimpan minuman dingin.

Kulkas komersil umumnya dilengkapi dengan satu pintu kaca yang dapat menampilkan isinya. Di dalamnya terdapat sekitar empat sampai lima rak penyimpanan. Kulkas ini dibanderol dengan harga di bawah sepuluh juta saja per-unitnya. Berminat? Silakan dapatkan kulkas jenis ini di Bukalapak lewat link ini.

Nah, itulah delapan jenis kulkas yang di jual di pasaran. Semoga informasi mengenai jenis-jenis kulkas ini dapat bermanfaat dan membantu menambah wawasan kamu. Jika kamu ingin tahu cara menyimpan sayuran di kulkas dengan baik, simak artikel 10 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas dari Bacaterus ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment