bacaterus web banner retina

10 Jenis Koi Langka dan Istimewa yang Harganya Selangit

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 7 Agustus 2021

Ikan Koi adalah salah satu jenis ikan mas atau dikenal dengan nama ilmiah Cyprinus carpio. Selain memiliki pola sisik yang indah, ikan Koi juga kerap dianggap oleh masyarakat Jepang sebagai ikan pembawa keberuntungan.

Nah, di dunia sendiri terdapat beberapa jenis spesies Koi yang kerap dipelihara para kolektor. Salah satunya beberapa jenis ikan Koi yang akan Bacaterus bahas kali ini. Selain tergolong langka, ikan Koi yang akan dijelaskan dalam artikel di bawah juga memiliki harga yang cukup tinggi. Jenis Koi apa saja itu? Berikut adalah daftarnya.

1. Koi Slayer

Koi Slayer

Ikan Koi pertama yang dikenal langka dan sulit didapatkan adalah ikan Koi Slayer. Dinamakan ikan Koi Slayer karena ikan ini memiliki sirip memanjang yang indah. Di dunia sendiri ikan jenis ini kerap disebut dengan berbagai nama mulai dari Butterfly Koi, Longfin Koi, dan Dragon Carf. Sementara di negara asalnya, ikan ini dikenal juga dengan nama Nishikigoi.

Koi Slayer dikenal memiliki beragam jenis. Namun demikian, Koi Platinum dan ikan Koi Kumpay adalah dua dari jenis ikan Slayer yang cukup banyak dicari oleh para kolektor. Harga untuk jenis ikan ini sekitar Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000. Sementara untuk harga tertinggi ikan Koi jenis ini bisa mencapai sekitar 5 juta rupiah, bahkan ratusan juta.

2. Budo Goromo

Budo Goromo

* sumber: mnkoilady.com

Nah, ikan Koi langka selanjutnya adalah Budi Goromo. Ikan Koi Budo Goromo adalah jenis ikan yang sebagian besar corak tubuhnya berwarna hitam dengan sedikit merah kebiruan di bagian tepiannya. Pada dasarnya corak ikan ini memiliki kesamaan dengan ikan Koi Kohaku. Namun, yang membedakan hanya warna corak pada ikan yang dominasi warna putih dan merah.

Harga untuk jenis ikan Koi satu ini sekitar Rp 600.000 – Rp 800.000. Meskipun terbilang cukup majal, namun jenis ikan ini cukup disukai karena coraknya yang unik.

3. Kikokuryu

Kikokuryu

Ikan langka selanjutnya yang cukup sulit ditemukan adalah jenis Koi Kikokuryu. Ikan jenis ini memiliki dasar putih dengan corak berwarna hitam. Spesies Koi ini merupakan kombinasi antara Komonryu dan ikan Koi Platinum. Ikan Koi Kikokuryu memiliki sisik mengkilat berwarna metalik.

Ikan Kikokuryu sendiri adalah jenis ikan Komonryu, namun memiliki sisik mengkilat yang jauh lebih mempesona daripada ikan Koi Komonryu biasa. Ikan Kikokuryu sendiri dibanderol dengan harga yang bervariasi, yaitu mulai dari Rp 200.000 - Rp 800.000 tergantung corak dan warna.

4. Beni Komonryu

Beni Komonryu

* sumber: gilakoi.com

Selanjutnya ada ikan Koi Komonryu. Ikan ini termasuk yang cukup diminati oleh pembeli karena memiliki keunikan. Ikan Koi ini memiliki bentuk serta warna yang indah. Selain itu ikan Koi Komonryu kenal juga karena memiliki kemampuan yang cukup unik, yaitu merubah pola warna pada tubuh mereka.

Pada umumnya ikan jenis ini memiliki corak berbentuk besar dengan perpaduan tiga warna yaitu warna hitam, putih dan juga Jingga. Harga untuk jenis ikan ini terbilang cukup mahal. Di Jepang sendiri, ikan jenis ini banyak dipelihara oleh orang-orang kaya. Harga untuk ikan ini sekitar Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000.

5. Midori Goi

Midori Goi

* sumber: www.koiphen.com

Ikan Koi langka yang juga cukup menarik dan banyak diburu oleh para kolektor karena warnanya yang menarik adalah Midori Goi. Midori sendiri memiliki arti hijau dalam bahasa Jepang. Midori Goi sendiri adalah jenis ikan Koi Doitsu yang memiliki warna kehijauan. Nah, pada bagian punggung dari ini terdapat corak seperti tulang rusuk yang memanjang berwarna hitam.

Ikan Koi Midori Goi sendiri tergolong ke dalam jenis ikan yang sangat langka. Harga untuk jenis ikan ini diketahui bisa mencapai jutaan rupiah. Untuk harga ikan berukuran kecil saja sekitar Rp 600.000 – Rp 2.000.000.

Baca juga: Pecinta Ikan Wajib Tahu! Inilah 8 Jenis Ikan Koi Terbaik

6. Hikarimoyomono

Hikarimoyomono

* sumber: ikanhiasairtawarok.blogspot.com

Hikarimoyomono adalah salah satu jenis ikan Koi yang juga dikenal berharga cukup tinggi dan cukup sulit untuk didapatkan oleh para pecinta ikan hias, khususnya para kolektor ikan Koi. Hikarimoyomono memiliki tubuh berwarna putih pucat dengan pola corak berwarna merah sedikit blur yang membentuk seperti tulang di bagian punggung.

Nah, harga satuan yang ditawarkan untuk jenis ikan Koi ini tergolong tinggi, yaitu sekitar Rp 700.000 – Rp 900.000. Namun, bagi para pecinta ikan Koi, hal tersebut tentu bukan sebuah masalah mengingat corak dan warna yang dimiliki ikan ini sangat mempesona.

7. Koi Tancho

Koi Tancho

* sumber: ikanhiasairtawarok.blogspot.com

Jenis ikan Koi langka yang juga banyak dicari di pasaran adalah Koi Tancho. Ikan Koi jenis ini memiliki tubuh berwarna putih susu. Ikan jenis ini memiliki ciri khas pada kepalanya, yaitu corak berwarna jingga kemerahan yang membentuk warna mirip seperti koin.

Masyarakat Jepang sendiri memiliki kepercayaan bahwa ikan Koi ini dapat memberikan keberuntungan bagi pemiliknya. Tak heran jika ikan ini banyak dicari oleh para kolektor. Harga jual di pasaran untuk jenis ikan Koi unik tersebut sekitar Rp 800.000 - Rp 1.000.000.

8. Ki Utsuri

Ki Utsuri

* sumber: kolamkoi.id

Selanjutnya ada ikan Koi Ki Utsuri. Ikan Koi ini adalah jenis yang juga jarang ditemukan. Ki Utsuri sendiri merujuk pada warna kuning yang menghiasi tubuh ikan ini atau dapat diartikan ikan Utsuri yang sebagian besar tubuhnya berwarna kuning. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil dibanding jenis ikan Koi lain. Selain itu, ikan Koi Ki Utsuri juga memiliki sirip dan ekor berwarna hitam.

Nah, jika kamu berminat memelihara jenis ikan ini, maka kamu harus menyiapkan budget sekitar Rp 850.000 – Rp 900.000 untuk setiap ekornya.

9. Aka Matsuba

Aka Matsuba

* sumber: gilakoi.com

Akan Matsuba adalah salah satu Ikan Koi yang memiliki warna merah yang cukup menarik. Akan Matsuba sendiri adalah jenis ikan Koi langka yang cukup jarang ditemukan di pasaran. Ikan jenis ini memiliki karakteristik warna merah dengan pola membentuk sebuah jaring berwarna gelap. Aka sendiri berarti berwarna merah yang merujuk pada warna tubuhnya.

Ikan jenis ini cukup banyak diincar oleh para kolektor karena warnanya yang memikat. Nah, untuk bisa mendapatkan ikan jenis Koi unik dan langka ini. Kamu harus mengeluarkan budget sekitar Rp 500.000 – Rp 600.000.

10. Goshiki

Goshiki

Nah, Ika Koi langka yang sering diburu oleh para pecinta ikan Koi selanjutny adalah Goshiki.  Ikan Koi ini memiliki 5 warna pada tubuhnya. Umumnya ikan Koi jenis ini memiliki warna biru, biru muda, merah, hitam dan putih. Goshiki sendiri memiliki karakteristik yang mirip dengan jenis ikan Sanke, dimana bagian kepalanya membentuk pola berwarna merah dengan dasar berwarna abu-abu.

Jenis ikan ini sangat diminati para kolektor karena cukup sulit ditemukan di pasar lokal. Untuk satu ekor Koi jenis ini dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, yaitu sekitar Rp 700.000 – Rp 750.000.

Nah, demikianlah jenis ikan Koi langka dan unik berharga tinggi yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Bentuk dan warnanya yang indah memang dapat memikat orang yang melihat. So, jenis ikan Koi mana yang kamu suka? Tulis komentar di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram